Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 5T

HP Huawei Terbaru
Spesifikasi Huawei Nova 5T
  • Rilis September 2019
  • Layar 6.26 inci IPS LCD ~412 ppi
  • Chipset Kirin 980 (7 nm)
  • GPU Mali-G76 MP10
  • Eksternal Tidak tersedia
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 16 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 3750 mAh, Fast charging 22.5W
  • Harga Rp 4.300.000
Selengkapnya : Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 5T
Huawei Nova 5T merupakan pilihan menarik dalam jagat ponsel Huawei. Keistimewaan terletak pada kombinasi spesifikasi kelas atas yang ditawarkan dengan harga yang sangat menggiurkan. Awalnya dijual dengan harga Rp6.899.000, namun dengan cepat, harga resmi Huawei Nova 5T mengalami penurunan menjadi Rp5.499.000.

Dengan banderol tersebut, Huawei Nova 5T menjadi opsi yang menarik di segmen harga Rp6 jutaan. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang kemampuan ponsel ini? Mari kita telaah kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 5T berikut ini.

Kelebihan Huawei Nova 5T

Huawei Nova 5T menyuguhkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menonjol di pasar ponsel. Berikut adalah poin-poin yang perlu diperhatikan:

Desain Premium yang Elegan

Keunggulan utama dari Huawei Nova 5T terletak pada desainnya yang sangat premium. Dengan pola gradasi dan efek reflektif yang menawan, ponsel ini memberikan kesan eksklusif dan berkelas. Meskipun memiliki kemiripan dengan Honor 20, desainnya tetap menarik dan kompak, memberikan kenyamanan saat digunakan.

Layar Berkualitas Tinggi

Layar Huawei Nova 5T menggunakan panel IPS dengan ukuran 6,26 inci dan resolusi 1080 x 2340 piksel. Meskipun bukan tipe layar AMOLED, layarnya menampilkan gambar dengan reproduksi warna akurat dan tingkat kontras yang baik.

Dengan tingkat kecerahan sebesar 412ppi, layar ini menawarkan pengalaman visual yang memuaskan, dilengkapi dengan opsi mode layar normal dan vivid untuk pengaturan tampilan yang lebih personal.

Kamera Unggulan dengan Empat Lensa

Huawei Nova 5T menawarkan pengalaman fotografi yang memukau dengan empat kamera belakangnya. Mengusung kamera depan Sony IMX586 48 MP F/1.8 dengan fitur PDAF, kamera ultrawide 16 MP F/2.2, kamera makro 2 MP F/2.4, dan kamera depth sensor 2 MP, ponsel ini menghadirkan kemampuan fotografi yang luar biasa untuk kelas harganya.

Hasil jepretan kamera Nova 5T secara keseluruhan mendapat pujian. Menurut TabloidPulsa, kamera ini mengandalkan fitur kecerdasan buatan (AI) pada chipset untuk menghasilkan foto yang menawan, dengan kontras yang baik. Mode malam juga memberikan hasil yang kompetitif dibandingkan dengan ponsel sekelasnya.

Tek.id juga memberikan apresiasi terhadap kemampuan kamera Huawei Nova 5T. Mereka menyoroti kualitas efek bokeh yang baik dan rapi, sambil mempertahankan detail yang tajam dan warna yang menarik dalam beberapa hasil foto.

Yugatech mencatat kualitas gambar yang sangat baik, terutama dalam kondisi cahaya terang. Meskipun, mereka mencatat bahwa kecerdasan buatan (AI) pada kamera dapat terlalu agresif saat menggunakan mode HDR.

Performa kamera Nova 5T dalam kondisi cahaya rendah juga mencuri perhatian. Meskipun terdapat sedikit noise, pilihan mode malam dianggap sebagai solusi yang tepat untuk menghasilkan foto yang baik dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Dengan demikian, Huawei Nova 5T membuktikan diri sebagai pilihan yang kuat untuk pecinta fotografi yang menginginkan kualitas tangkapan yang unggul.

Performa Tinggi Kelas Flagship

Huawei Nova 5T membawa performa tinggi dengan mengusung chipset HiSilicon Kirin 980, yang biasanya ditemui pada ponsel kelas atas seperti Huawei P30 Pro dan Honor 20 Pro.

Chipset ini memiliki prosesor octa-core dan GPU Mali-G76 MP10, dengan dua core Cortex-A76 2,6GHz, dua core Cortex-A76 1,92GHz, dan empat core Cortex-A55 1,8GHz dengan proses fabrikasi 7 nm.

Melihat dari nilai Antutu, Huawei Nova 5T menunjukkan performa kelas flagship dengan nilai yang mencapai 300 ribuan, menegaskan keunggulannya.

Ponsel ini mampu menjalankan gim demanding seperti PUBG Mobile dengan pengaturan grafis tinggi tanpa masalah, sesuai dengan pengamatan dari Yugatech.

Tabloidpulsa juga mencatat bahwa performanya lancar dalam menjalankan berbagai gim HD dengan kualitas grafis tinggi, didukung oleh GPU Turbo 3.0 yang mendukung 25 gim.

Dukungan dari kombinasi chipset kencang, RAM 8 GB, dan penyimpanan 128 GB, bersama dengan antarmuka EMUI 9.1, membuat Nova 5T mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan mulus, menurut DailySocial.

Performa tinggi Nova 5T menjadi lebih istimewa dengan mempertimbangkan harganya yang setengah dari ponsel lain dengan chipset serupa, menjadikannya sebagai pilihan dengan rasio harga-kinerja terbaik.

NFC untuk Kemudahan Konsumen

Keunggulan lain dari Huawei Nova 5T adalah kehadiran NFC, suatu fitur yang semakin langka di kelas harga menengah, terutama di kategori harga sekitar 5 jutaan tempat Nova 5T berada.

NFC memberikan kelebihan dalam berbagai aplikasi, termasuk pembayaran digital dan transfer data dengan cepat. Kehadiran NFC membuat Nova 5T semakin menarik untuk menjadi pilihan konsumen yang mencari keseimbangan antara performa tinggi dan fitur modern.

Super Charging yang Cepat

Huawei Nova 5T menonjol dengan teknologi pengisian super cepat, yaitu Super Charging 22,5 W. Dalam kelas harganya, teknologi pengisian ini dianggap sangat cepat, terlebih lagi dengan dukungan USB Type-C. Menurut Dailysocial, pengisian hingga 50% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, sementara pengisian penuh, berdasarkan pengalaman Yugatech, dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 2 jam.

Meskipun tidak termasuk yang tercepat, kecepatan pengisian ini tetap memadai dan menjadi keunggulan di kelasnya.

Daya Tahan Baterai yang Mengejutkan

Meski hanya memiliki kapasitas baterai 3.750 mAh, Huawei Nova 5T mampu memberikan daya tahan baterai yang cukup mengesankan. Dalam konteks di mana banyak ponsel memiliki baterai standar 4.000 mAh, Nova 5T membuktikan bahwa efisiensi dapat mengatasi kapasitas.

Menurut Unbox.Ph, daya tahan baterainya dapat mencapai lebih dari satu hari penggunaan normal. Skor benchmark PC Mark yang mencapai 13 jam 39 menit juga mengonfirmasi performa luar biasa dalam hal daya tahan baterai.

Dengan begitu, meskipun memiliki kapasitas yang sedikit lebih kecil, Nova 5T mampu memberikan pengalaman penggunaan yang memuaskan tanpa kekhawatiran kehabisan daya di tengah hari.

Kekurangan Huawei Nova 5T

Menarik untuk menyimak berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Huawei Nova 5T. Namun, seperti pada umumnya, setiap ponsel tidak luput dari kekurangan.

Jadi, apa saja kelemahan yang dimiliki oleh Huawei Nova 5T? Langsung saja, berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan.

Kamera Makro yang Terkesan Gimmick

Huawei Nova 5T membawa empat kamera, termasuk kamera makro 2 MP. Sayangnya, kamera makro ini terasa lebih seperti sebuah fitur yang sekadar menjadi gimmick.

Unbox.ph mencatat bahwa hasil kamera makro tidak memberikan kesan yang mengesankan. Menurut mereka, penggunaan kamera makro tergolong sulit karena membutuhkan jarak yang tepat.

Beruntungnya, keterbatasan ini hanya terkait dengan kamera makro, sedangkan kamera lainnya pada HP ini dinilai memiliki kualitas yang baik.

Tidak Dilengkapi dengan Slot MicroSD dan Jack Audio 3,5 mm

Huawei Nova 5T tidak menyediakan jack audio 3,5 mm, yang bisa dianggap sebagai kekurangan bagi pengguna yang sering menggunakan kabel audio tersebut. Selain itu, absennya slot MicroSD membuat pengguna harus mengandalkan memori internal sebesar 128 GB tanpa opsi perluasan penyimpanan.

Tidak Ada Sensor Sidik Jari di Layar

Penggunaan layar IPS pada Nova 5T menyebabkan absennya sensor sidik jari di layar. Sebagai gantinya, sensor sidik jari ditempatkan di bagian pinggir perangkat.

Meskipun mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian pengguna, beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai kekurangan, terutama karena banyak HP di kelas harga serupa atau lebih rendah sudah mendukung teknologi sensor sidik jari di layar.

Kesimpulan

Huawei Nova 5T merupakan pilihan menarik di pasar ponsel. Dengan performa yang unggul, setara dengan ponsel kelas harga yang sama, serta keunggulan pada sektor kamera, NFC, dan daya tahan baterai, Nova 5T mampu memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Desain yang menawan juga menjadi nilai tambah yang tidak bisa diabaikan.

Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang disayangkan. Absennya dukungan untuk penyimpanan eksternal menjadi kekurangan, sehingga pengguna harus memanfaatkan memori internal 128 GB tanpa opsi perluasan.

Selain itu, kamera makro cenderung dianggap sebagai fitur yang kurang bermanfaat dan lebih bersifat gimmick. Meskipun demikian, bila melihat keseluruhan, Huawei Nova 5T tetap menjadi pilihan menarik yang layak dipertimbangkan. Apakah Anda tertarik?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn