Kelebihan dan Kekurangan Huawei P30 Pro

Gambar Huawei P30 Pro
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Huawei P30 Pro 2020
  • Rilis Maret 2019
  • Layar 6.47 inci OLED HDR10 ~398 ppi
  • Chipset Kirin 980 (7 nm)
  • GPU Mali-G76 MP10
  • Eksternal Tersedia, Nano Memory
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 40 MP (wide), 8 MP (periscope telephoto), 20 MP (ultrawide), TOF 3D (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4200 mAh, Fast charging 40W
  • Harga Rp 7.900.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Harga dan Spesifikasi Huawei P30 Pro 2020
Huawei secara resmi memperkenalkan perangkat terbaru mereka, yakni Huawei P30 Pro, yang mencuri perhatian di pasar gadget berkat kehadiran empat kamera belakangnya. Meskipun bukan pionir dalam mengusung konsep empat kamera utama pada ponsel, Huawei P30 Pro berhasil menunjukkan keunggulannya tersendiri.

Apa sajakah keunggulan tersebut? Temukan jawabannya dalam ulasan mendalam mengenai Kelebihan dan Kekurangan Huawei P30 Pro dari Ponselhub ini. Pelajari fitur-fitur istimewa yang membuatnya berbeda dan bagaimana hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan.

Kelebihan Huawei P30 Pro

Dengan spesifikasi lengkap yang telah diungkap, saatnya kami merinci beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Huawei P30 Pro. Mari simak ulasannya di bawah ini:

Desain Estetis

Huawei P30 Pro menonjolkan desain cantik yang telah menjadi ciri khas dari produk-produk Huawei. Dengan menggunakan material kaca pada bagian belakangnya, perangkat ini menghadirkan tampilan yang elegan. Seperti kebanyakan smartphone Huawei, P30 Pro hadir dalam pilihan warna yang menarik, termasuk Aurora, Amber Sunrise, Breathing Crystal, Black, dan Pearl White, semakin menambah daya tarik visualnya.

Kualitas Layar Unggul

Huawei P30 Pro tidak hanya mengandalkan kecantikan kover belakangnya, tetapi juga memberikan pengalaman visual yang luar biasa melalui layarnya. Layar berukuran 6.47 inci dengan resolusi full HD+1080 x 2340 piksel dan rasio layar 10:5:9 memberikan tampilan yang jelas dan tajam.

Dengan panel AMOLED, layarnya juga memberikan reproduksi warna yang memukau. Kelebihan lainnya adalah desain layar lengkung yang menambah kesan premium, bezel tipis, dan notch yang minimalis. Selain itu, dukungan teknologi DCI-P3 dan HDR10 membuat pengalaman menonton video lebih memuaskan, memberikan kualitas terbaik saat menikmati konten dari Netflix atau YouTube. Dengan ukuran layar yang luas, Huawei P30 Pro memberikan kepuasan ekstra bagi pengguna yang senang menikmati konten visual.

Quad Camera Unggulan

Salah satu fitur utama yang membuat Huawei P30 Pro menonjol adalah sistem kamera belakangnya yang terdiri dari empat lensa, hasil kolaborasi dengan Leica. Setiap lensa memiliki keunggulan masing-masing, dimulai dari kamera utama berkekuatan 40 MP dengan teknologi Quad Bayer. Meskipun menghasilkan foto default beresolusi 10 MP, kualitasnya tetap luar biasa. Sensor kamera eksklusif buatan Sony untuk Huawei, dilengkapi dengan phase detection auto focus (PDAF) dan Optical Image Stabilizer, menciptakan hasil foto maksimal.

Sensor kamera menggunakan filter warna RYYB, menggantikan filter RGGB yang umumnya digunakan, memperbaiki kualitas foto terutama dalam kondisi minim cahaya. Hasil foto dari kamera utama menampilkan kontras, dynamic range, dan warna yang istimewa.

Dengan dukungan Master AI, kamera mampu mengeksekusi pemrosesan gambar dengan baik, memberikan hasil yang seimbang tanpa terkesan berlebihan. Mode 40 MP pada kamera memungkinkan pengguna mendapatkan foto dengan detail lebih baik, memberikan pengalaman fotografi yang lebih mendalam.

Huawei P30 Pro juga dilengkapi dengan lensa ultra-wide angle 20 MP yang mendukung phase detection auto focus dan mode makro, memperluas kemampuan pengambilan gambar. Lensa periscope telephoto 8 MP dengan kemampuan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan bahkan 50x digital zoom memberikan fleksibilitas luar biasa dalam fotografi jarak jauh.

Bahkan dalam kondisi low-light, kamera tetap memberikan kualitas gambar yang impresif, didukung oleh fitur Night-Mode yang membantu meningkatkan detail dan kecerahan. Lensa ToF 3D pada bagian belakang mendukung pengambilan foto portrait dengan latar belakang buram, sementara kamera selfie 32 MP menawarkan hasil swafoto yang memuaskan. Secara keseluruhan, sistem kamera quad pada Huawei P30 Pro memenuhi berbagai kebutuhan fotografi dengan hasil yang memikat.

Performa Optimal

Huawei P30 Pro bukan hanya menawarkan kecantikan visual dan kemampuan fotografi yang tinggi, tetapi juga memberikan performa yang sangat kencang. Didukung oleh chipset HiSilicon Kirin 980, perangkat ini menjanjikan kecepatan dan kelancaran dalam menjalankan berbagai tugas. Tersedia pilihan varian dengan RAM 6 hingga 8 GB dan ruang penyimpanan internal yang besar, memberikan fleksibilitas dan kapasitas untuk menangani aplikasi dan data dengan efisien.

Dengan adanya performance mode yang dapat meningkatkan performa hingga 15%, Huawei P30 Pro berhasil mencetak skor yang mengesankan dalam uji benchmark, membuktikan kemampuannya bersaing dengan ponsel flagship lainnya. Dalam pengujian single-core dan multi-core Geekbench, serta AnTuTu, perangkat ini memberikan hasil yang memuaskan, menjamin pengalaman pengguna yang lancar, baik dalam penggunaan sehari-hari maupun saat bermain game.

Baterai Daya Tahan Tinggi

Sejalan dengan performa yang tinggi, Huawei P30 Pro juga menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa. Ditenagai oleh baterai berkapasitas 4200 mAh, perangkat ini berhasil mencapai endurance test dengan hasil yang mengesankan. Bertahan hingga sekitar 100 jam, dengan rincian 27:39 jam untuk 3G talk time, 14:21 jam untuk browsing internet, dan 20:16 jam untuk pemutaran video, menjadikan ponsel ini ideal untuk penggunaan sehari-hari maupun kegiatan berat.

Penggunaan pribadi juga mengonfirmasi ketahanan baterai yang memuaskan, mampu bertahan selama satu setengah hari tanpa perlu pengisian daya. Keberadaan fitur fast charging 40 W atau SuperCharge membantu pengguna mengisi daya baterai hingga 70% dalam waktu setengah jam, sementara fast wireless charging 15 W dan kemampuan Reverse Charging menambah nilai fungsionalitasnya.

Sensor Sidik Jari Canggih

Huawei P30 Pro tidak hanya unggul dalam performa dan daya tahan, tetapi juga menawarkan keamanan dan kemudahan penggunaan melalui sensor sidik jari under-display yang responsif. Keakuratan dan kecepatan dalam membuka kunci layar menjadi daya tarik utama fitur ini. Selain itu, teknologi face unlock juga hadir sebagai pilihan, walaupun hanya mengandalkan kamera depan dan memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah.

Berbagai sensor biometrik seperti gyroscope, accelerometer, proximity, dan compass turut melengkapi ponsel ini, sementara teknologi NFC memudahkan penggunaan fitur komunikasi jarak dekat.

Tahan Air dan Debu

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Huawei P30 Pro adalah ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP68. Ponsel ini mampu bertahan dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit, memberikan keamanan ekstra terhadap elemen lingkungan. Kelebihan ini menjadikan Huawei P30 Pro lebih handal dan tahan lama dalam berbagai kondisi penggunaan sehari-hari.

Kekurangan Huawei P30 Pro

Walaupun menawarkan banyak keunggulan, ternyata HP ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

Tanpa Audio Jack 3.5 mm

Huawei P30 Pro, meskipun mendekati kesempurnaan, menghadirkan kekurangan dengan tidak menyediakan audio jack 3.5 mm. Kehadiran port ini yang biasanya digunakan untuk mendengarkan musik melalui earphone menjadi absen, memaksa pengguna untuk mencari solusi tambahan seperti dongle konektor audio jack 3.5 mm yang harus dibeli secara terpisah. Selain itu, ponsel ini hanya dilengkapi dengan satu speaker, bukan stereo speaker. Walaupun Huawei mengatasi ini dengan teknologi speaker terbaru yang terbenam di dalam layar, namun tetap menjadi pertimbangan bagi pengguna yang menginginkan pengalaman audio yang lebih kaya.

Penggunaan Nano Memory Card

Huawei P30 Pro menggunakan nano memory card sebagai media penyimpanan eksternal, yang belum begitu umum dan dapat lebih mahal dibandingkan dengan microSD card yang umumnya digunakan. Pilihan ini dapat menjadi kendala bagi pengguna yang lebih familiar dengan microSD card dan mungkin memiliki ketersediaan yang lebih luas di pasaran. Pengguna perlu mempertimbangkan biaya tambahan yang mungkin dikeluarkan untuk memperluas kapasitas penyimpanan perangkat.

Kesimpulan

Meskipun Huawei P30 Pro memiliki kekurangan tertentu, terutama terkait keberadaan audio jack dan pilihan media penyimpanan eksternal, ponsel ini tetap merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang mengutamakan kualitas fotografi dan performa yang handal. Meskipun demikian, ada alternatif lain seperti Samsung Galaxy S10 series atau Xiaomi Mi 9 yang juga menawarkan fitur canggih di kelas flagship. Keputusan akhir tetap tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn