Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 8

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Hot 8
  • Rilis September 2019
  • Layar 6.52 inci IPS LCD
  • Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 8
Infinix Hot 8 merupakan salah satu pilihan ponsel terjangkau dari Infinix. Dengan harga sekitar Rp1 jutaan, ponsel ini mengikuti jejak ponsel Infinix lainnya seperti Infinix Smart 3 Plus, Infinix S4, dan sejumlah model lainnya.

Sebagai penerus dari Infinix Hot 7 Pro yang telah cukup diterima di pasar, Infinix Hot 8 hadir dengan sejumlah perubahan dan peningkatan. Pertanyaannya, apakah Infinix Hot 8 tetap menjadi opsi yang layak untuk dibeli, ataukah hanya merupakan produk pengulangan dari Infinix? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita eksplorasi kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 8 yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

Kelebihan Infinix Hot 8

Infinix Hot 8 menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon pengguna. Berikut adalah beberapa kelebihan Infinix Hot 8 yang perlu diperhatikan:

Daya Tahan Baterai yang Unggul

Infinix Hot 8 menghadirkan kapasitas baterai 5.000 mAh, memberikan daya tahan yang luar biasa. Menurut uji coba Gadgets NDTV, ponsel ini mampu bertahan selama 17 jam 21 menit dalam pengujian video loop HD. Dengan penggunaan moderat, ponsel ini dapat bertahan lebih dari sehari, mencakup bermain gim, internetan, media sosial, penggunaan aplikasi produktif, dan mendengarkan musik selama beberapa jam.

Kamera Belakang yang Memuaskan

Infinix Hot 8 dilengkapi dengan dua kamera belakang, yaitu kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8 dan fitur PDAF, serta kamera kedua 2 MP sebagai depth sensor. Hasil tangkapan kamera menunjukkan kemampuan yang baik dalam berbagai kondisi cahaya. Menurut pengalaman Abhiman Biswas dari Pricebaba, kamera ini dapat menghasilkan foto dengan detail yang baik, terutama dalam mode HDR. Meskipun demikian, hasil bokeh terkadang kurang sempurna.

Kamera Depan yang Cukup Bagus

Kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 pada Infinix Hot 8 menghasilkan foto selfie yang cerah, meskipun dengan sedikit perataan kulit yang terlihat. Namun, di kondisi cahaya rendah, foto selfie cenderung memiliki noise. Secara keseluruhan, kamera depan ini dianggap cukup baik untuk menghasilkan foto yang dapat diposting di media sosial.

Desain Elegan

Infinix Hot 8 menampilkan desain dengan gradasi warna yang unik, terlihat dinamis dan energik. Meskipun terdapat kemiripan dengan ponsel lain di kelas harga terjangkau, Infinix Hot 8 tetap mendapat apresiasi karena desainnya yang ramping dan gradien warna yang menarik. Ponsel ini juga nyaman digenggam, menambah kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Layar Luas dan Berkualitas HD+

Dengan layar 6,52 inci dan panel IPS LCD, Infinix Hot 8 menawarkan resolusi 720 x 1600 piksel dengan kerapatan layar 269 ppi. Layar ini cukup luas untuk kelas harganya dan memiliki tingkat kecerahan di atas 450 nits, menghasilkan warna yang layak dilihat. Meskipun reflektif, kecerahan layar ini dianggap memuaskan, terutama di bawah sinar matahari.

Sistem Operasi XOS

Infinix Hot 8 menggunakan Android 9 Pie yang dibalut dengan antarmuka XOS 5. XOS membawa sejumlah fitur menarik, termasuk Quickpanel, dan tampilan ikon yang menarik. Sistem operasi ini memberikan pengalaman pengguna yang cukup baik.

Cocok untuk Multitasking

Ponsel ini cocok untuk multitasking, terutama pada varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Varian ini sangat direkomendasikan karena memberikan kinerja yang baik tanpa perbedaan harga yang signifikan dengan varian RAM 2 GB. Infinix Hot 8 dapat diandalkan untuk kebutuhan multitasking, seperti administrasi toko online atau kegiatan produktivitas sehari-hari.

Kekurangan Infinix Hot 8

Walaupun Infinix Hot 8 menawarkan banyak keunggulan, ternyata ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Dibawah ini adalah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Infinix Hot 8.

Performa yang Kurang Optimal untuk Bermain Gim

Infinix Hot 8 hadir dalam dua varian yang berbeda, tidak hanya dalam hal RAM dan penyimpanan internal, tetapi juga chipset yang digunakan. Varian dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB menggunakan chipset Mediatek Helio P22, sementara varian dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB menggunakan chipset Mediatek Helio P22.

Kedua chipset ini memiliki fabrikasi 12 nm dan GPU PowerVR GE8320. Namun, perbedaan terletak pada prosesor, di mana Helio A22 hadir dengan prosesor quad-core 2.0 GHz Cortex-A53, sedangkan Helio P22 hadir dengan prosesor octa-core 1.8 GHz Cortex-A53. Skor Antutu untuk varian RAM 4 GB mencapai 79 ribu, angka yang cukup memadai untuk kelas harganya.

Namun, untuk bermain gim, terutama seperti yang ditunjukkan oleh Krida dari Teknologue, Infinix Hot 8 hanya mampu menjalankan PUBG Mobile dengan grafis smooth dan frame rate medium, tidak memberikan pengalaman gaming yang istimewa.

Dengan kondisi ini, ponsel ini tidak dapat dianggap sebagai pilihan yang baik untuk bermain gim. Meskipun demikian, untuk penggunaan sehari-hari seperti internetan, media sosial, dan produktivitas dasar, Infinix Hot 8 masih dapat berfungsi dengan baik, seperti yang diungkapkan oleh Gadgets NDTV.

Pengisian Baterai yang Lama

Meskipun Infinix Hot 8 memiliki daya tahan baterai yang lama, proses pengisian baterainya tergolong lambat. Ini merupakan masalah umum pada ponsel di kelas harga terjangkau. Waktu pengisian baterai dapat mencapai hingga 3 jam, tetapi menariknya, ponsel ini dapat memberikan waktu standby hingga 4 hari penuh, seperti yang disampaikan oleh Tabloidpulsa. Meskipun demikian, kecepatan pengisian yang lambat bisa menjadi pertimbangan terutama bagi pengguna yang menginginkan pengisian cepat.

Tidak Adanya Fitur LED Notifikasi

Infinix Hot 8 tidak dilengkapi dengan fitur LED notifikasi. Meskipun tergolong sebagai fitur sederhana, fitur ini sebenarnya cukup berguna. Terutama bagi mereka yang ingin melihat pemberitahuan masuk tanpa harus membuka ponsel, kekurangan ini bisa menjadi sesuatu yang diinginkan oleh sebagian pengguna.

Kesimpulan

Infinix Hot 8 menawarkan daya tarik tersendiri sebagai ponsel dalam kisaran harganya. Keunggulan utamanya terletak pada kapasitas baterai yang besar, memberikan pengguna daya tahan yang lebih lama. Kualitas kamera ponsel ini juga dapat diandalkan untuk kebutuhan fotografi sehari-hari. Meskipun kurang cocok untuk bermain gim, namun performa untuk penggunaan sehari-hari dinilai cukup baik.

Secara keseluruhan, Infinix Hot 8 adalah pilihan yang layak untuk dipertimbangkan di kelas harga Rp1 jutaan. Harga ponsel ini berkisar antara Rp1,3 jutaan untuk varian RAM 2 GB dan Rp1,6 jutaan untuk varian RAM 4 GB. Jika Anda mencari ponsel dengan daya tahan baterai yang baik dan kamera yang memadai untuk penggunaan sehari-hari, Infinix Hot 8 bisa menjadi opsi yang menarik.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn