Kelebihan dan Kekurangan Infinix S5 Lite

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix S5 Lite
  • Rilis Oktober 2019
  • Layar 6.6 inci IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 16 MP, 2 MP, 0.3 MP
  • Kamera Depan 16 MP
  • Baterai Li-Po 4000 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix S5 Lite
Infinix memiliki sejumlah lini produk di segmen terjangkau yang cukup menarik, salah satunya adalah seri Infinix S. Meskipun HP ini secara umum difokuskan pada pengalaman selfie sebagai nilai penjualannya, namun dengan tambahan spesifikasi tertentu, menjadikannya menarik untuk dicermati.

Salah satu varian dari seri Infinix S ini adalah Infinix S5 Lite. Dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp1,5 jutaan, ponsel ini dapat dianggap sebagai versi yang lebih hemat dari Infinix S5. Namun, apakah Infinix S5 Lite ini cukup menarik untuk diperhatikan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita telaah bersama kelebihan dan kekurangan dari Infinix S5 Lite berikut ini.

Kelebihan Infinix S5 Lite

Infinix S5 menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menonjol di pasar. Berikut adalah beberapa aspek positif yang dapat ditemui pada ponsel ini:

Desain Modern dan Ergonomis

Infinix S5 Lite hadir dengan desain bodi yang terkini. Dengan balutan plastik pada seluruh bodinya dan finishing glossy pada bagian belakang, desainnya terlihat menarik. Dimensinya yang sekitar 164 x 76 x 7.9 mm dan bobot 178 gram memberikan kesan yang baik, meskipun agak tinggi ketika dipegang.

Daya Tahan Baterai Memuaskan

Ditenagai oleh baterai berkapasitas 4.000 mAh, Infinix S5 Lite menawarkan daya tahan baterai yang cukup. Meski kapasitasnya umum, pengujian dari GadgetsNDTV menunjukkan bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga satu setengah hari. Performa baterainya sedikit lebih baik daripada Infinix S5, memberikan nilai tambah, terutama pada harga yang lebih terjangkau.

Layar Luas dengan Punch Hole Display

Infinix S5 Lite menampilkan layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan tingkat kecerahan 480 nits. Dengan punch hole display, yang biasanya ditemukan pada ponsel kelas menengah atas, ponsel ini memberikan tampilan layar penuh yang unik di kelas harga yang sama.

Kamera Selfie Berkualitas

Kamera depan 16 MP pada Infinix S5 Lite menghasilkan foto selfie yang bagus. Meskipun tidak sekuat saudaranya Infinix S5 yang memiliki kamera 32 MP, kamera ini masih dianggap cukup andal. Hasil warna kulit yang alami dan kemampuan menangani pencahayaan berlebih di latar belakang membuatnya cocok untuk digunakan di media sosial.

Fingerprint dan Face Recognition Cepat

Dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang dan face recognition, Infinix S5 Lite menawarkan keamanan yang cepat dan efisien. Berdasarkan pengalaman penggunaan dari GadgetsNDTV, kedua sensor ini bekerja dengan baik.

Kapasitas Memori Menarik

Dengan harga terjangkau, Infinix S5 Lite menawarkan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, menjadikannya menarik di kelas harga tersebut. Meskipun tidak sebesar Infinix S5, kapasitas ini masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Performa yang Memadai untuk Kegiatan Harian

Ditenagai oleh chipset Mediatek MT6762 Helio P22, Infinix S5 Lite memberikan performa yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing, media sosial, dan menonton video. Meskipun tidak dirancang untuk gaming berat, ponsel ini cocok untuk penggunaan standar sehari-hari. Menurut The Mobile Indian, performa ponsel ini memuaskan untuk penggunaan sehari-hari, tetapi tidak untuk bermain gim.

Kekurangan Infinix S5 Lite

Infinix S5 Lite menunjukkan beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Apa saja kelemahan tersebut? Mari kita bahas poin-poinnya di bawah ini.

Kamera Berkualitas Tetapi Tidak Optimal

Infinix S5 Lite menyematkan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 16 MP, kamera kedua 2 MP, dan kamera ketiga sebagai kamera lensa AI atau low-light sensor. Meskipun memiliki performa yang cukup baik dalam kondisi cahaya memadai, namun terkendala pada kondisi kurang cahaya.

Hasil tangkapan kamera belakang Infinix S5 Lite, khususnya dalam kondisi low-light, dinilai buruk oleh Gadgets NDTV, meskipun dilengkapi dengan low-light sensor. Pricebaba juga mencatat bahwa kehadiran low-light sensor terasa kurang berguna karena tidak didukung oleh mode malam, sehingga kualitas kamera tidak mencapai potensinya, meskipun bagus dalam kondisi cahaya terang.

Pengisian Daya Lambat

Meskipun Infinix S5 Lite memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh yang mampu memberikan daya tahan yang baik, kekurangannya terletak pada ketidakadopsian teknologi pengisian daya cepat. Hal ini membuat durasi pengisian daya menjadi lebih lama, mencapai waktu hingga 4 jam, menurut laporan dari Gadgets NDTV dan Pricebaba.

Meskipun The Mobile Indian mencatat hasil yang berbeda dengan waktu pengisian 2,5 jam, perbedaan ini mungkin disebabkan oleh ketidakjelasan sisa daya tahan baterai saat memulai pengisian daya. Namun, perangkat ini hanya dilengkapi dengan charger 6W, yang dapat dianggap sebagai alasan pengisian daya yang lambat.

Absennya Ambient Sensor

Infinix S5 Lite juga memiliki kekurangan dengan ketiadaan ambient sensor. Sensor ambient berfungsi untuk mendeteksi tingkat kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitarnya. Ketiadaan sensor ini dianggap sebagai kekurangan fatal, terutama mengingat banyaknya ponsel di kelas harga terjangkau yang umumnya dilengkapi dengan ambient sensor.

Kesimpulan

Simpulan dari Infinix S5 Lite menunjukkan bahwa ponsel ini bisa dianggap lebih menarik dibandingkan dengan Infinix S5. Alasannya utama adalah harganya yang terjangkau, hanya Rp1,5 jutaan, sementara spesifikasinya masih cukup menggoda.

Fakta bahwa ponsel ini sudah dilengkapi dengan RAM 4 GB dianggap memadai untuk berbagai aktivitas sehari-hari, tanpa perlu adanya penambahan gimmick seperti RAM 6 GB yang bisa meningkatkan harga ponsel. Dengan spesifikasi yang ditawarkan pada harga yang bersaing, Infinix S5 Lite menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari perangkat dengan nilai tambah tanpa menguras dompet. Apakah Anda tertarik dengan Infinix S5 Lite?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn