Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 8

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Zero 8
  • Rilis Agustus 2020
  • Layar 6.85 inci IPS LCD ~392 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G90T (12 nm)
  • GPU Mali-G76 MC4
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 33W
Selengkapnya : Spesifikasi dan Harga Infinix Zero 8
Infinix telah menghadirkan sejumlah ponsel pada tahun 2020, dan kini mereka menambah koleksi mereka dengan kehadiran Infinix Zero 8, yang masuk ke dalam segmen harga menengah.

Penting untuk dicatat bahwa untuk pertama kalinya, Infinix memperkenalkan fitur unik yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh merek asal Tiongkok ini. Penasaran dengan fitur apa yang dimaksud?

Kelebihan Infinix Zero 8

Infinix Zero 8 membawa sejumlah kelebihan yang dapat membuatnya unggul di rentang harga yang sama dengan para pesaingnya. Berikut beberapa poin yang menonjol:

Performa Chipset yang Mengagumkan pada Infinix Zero 8

Penggemar Infinix dapat bersorak gembira, karena Infinix Zero 8 membawa performa yang memukau dengan kehadiran chipset MediaTek Helio G90T berarsitektur 12 nm. Meskipun tidak menggunakan chipset Helio G95 seperti Realme 7, perbedaan performa di antara keduanya tergolong minimal.

Chipset G90T dilengkapi dengan 8 inti CPU, terdiri dari 2 inti ARM Cortex A76 (2.05 GHz) dan 6 inti ARM Cortex A55 (2.0 GHz). Selain itu, perangkat ini juga membawa GPU Mali G76 MC4 dengan clock speed 800 MHz. Keunggulan ini memastikan bahwa Infinix Zero 8 dapat dengan lancar menjalankan game berat dan aktivitas modern seperti pengeditan foto dan video.

Hasil benchmark AnTuTu v8 menunjukkan bahwa Infinix Zero 8 mampu bersaing di puncak kelas ponsel harga menengah dengan skor mencapai 282.348 poin. Meskipun sedikit di bawah perangkat dengan chipset serupa, skor tersebut tetap impresif untuk kelasnya, memberikan pengalaman mulus saat bermain game, seperti yang diungkapkan oleh GSMArena.

Laju Penyegaran 90 Hz untuk Pengalaman Gaming Lebih Memuaskan

Salah satu daya tarik utama Infinix Zero 8 adalah layar dengan laju penyegaran 90 Hz, yang pertama kalinya hadir dalam sejarah ponsel Infinix. Dibandingkan dengan standar 60 Hz, opsi refresh rate 90 Hz ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna, tetapi juga berdampak positif pada performa gaming.

Fitur ini memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan, dengan pergerakan layar yang lebih cepat dan tampilan yang terasa lebih mulus. Bagi pengguna yang serius dalam bermain game, Infinix Zero 8 juga menawarkan touch sampling rate sebesar 180 Hz, memastikan layar dapat menangkap perintah jari tangan dengan cepat dan tanpa delay. Dengan kombinasi ini, Infinix Zero 8 menjadi pilihan yang cocok untuk mereka yang menginginkan keunggulan dalam performa gaming.

Kapasitas Baterai Luar Biasa

Jika Anda ingin menikmati bermain game atau binge-watching selama berjam-jam, Infinix Zero 8 adalah pilihan yang tepat dengan baterai Li-Po berkapasitas 4.500 mAh. Menurut GSMArena, daya tahan baterai Infinix Zero 8 sangat mengesankan, baik saat menggunakan mode laju penyegaran 60 Hz maupun 90 Hz.

Perangkat ini mencatatkan endurance rating sebesar 116 jam pada pengaturan laju penyegaran 90 Hz. Sementara itu, pada laju penyegaran 60 Hz, durasi ini sedikit meningkat menjadi 124 jam. Seorang YouTuber bernama Izzi Boye juga membuktikan keunggulan Infinix Zero 8 dalam menjaga daya baterainya saat digunakan untuk bermain game selama 2 jam pada mode 90 Hz. Hasilnya, Infinix Zero 8 menunjukkan sisa daya baterai sebesar 53%, menandakan ketahanan baterai yang luar biasa pada laju penyegaran 90 Hz.

Fast Charging Unggul

Daya pengisian baterai yang cepat tentu menjadi keinginan semua orang. Infinix Zero 8 memberikan solusi dengan fitur fast charging berdaya 33W yang sangat unggul di kelasnya. Di kisaran harga Rp4 jutaan, kebanyakan ponsel menawarkan daya pengisian sekitar 18 W. Dengan fast charging 33W Infinix Zero 8, Anda dapat mengisi daya hampir dua kali lipat lebih cepat dibandingkan kebanyakan ponsel lain.

Menurut sebuah uji coba video oleh Valor Reviews, Infinix Zero 8 dapat diisi penuh dalam waktu hanya 1 jam 12 menit. Durasi pengisian daya yang singkat ini patut diapresiasi, membuat Infinix Zero 8 menjadi pilihan yang sangat praktis bagi pengguna yang membutuhkan baterai tahan lama dan pengisian cepat.

Layar Luas

Infinix Zero 8 menawarkan ukuran layar yang luar biasa, menonjol dari kebanyakan ponsel dengan layar sekitar 6,5 inci. Ponsel ini hadir dengan layar IPS LCD seluas 6,85 inci, memberikan pengalaman menonton film yang lebih imersif dan memuaskan bersama teman-teman.

Layar lebar ini juga memberikan keuntungan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti browsing dan bermedia sosial. Dengan layar yang lebih besar, pengguna dapat menikmati lebih banyak konten dalam satu tampilan layar. Resolusi Full HD+ sebesar 1080 x 2460 piksel dengan kerapatan dot 392 ppi menambahkan kejernihan visual pada layar Infinix Zero 8.

Dual Kamera Depan

Bagi para pecinta selfie, Infinix Zero 8 memiliki sesuatu yang istimewa. Ponsel ini dirancang dengan dual kamera depan yang ditempatkan dalam punch hole. Kamera utama memiliki sensor sebesar 48 MP dengan ukuran sensor 1/2.0 inci dan aperture f/2.2. Pengguna dapat menikmati selfie dengan sudut lebar menggunakan sensor ultra-wide 8 MP.

GSMArena memberikan pujian atas kemampuan kamera selfie Infinix Zero 8, mencatat ketajaman, akurasi warna, dan kejelasan detil yang mengagumkan. Autofokus yang cepat dan fitur Auto HDR turut menambah kualitas foto selfie, terutama dalam situasi cahaya yang challenging.

Desain Bodi Belakang Stylish

Dalam tengah tren ponsel dengan modul kamera empat, Infinix Zero 8 mempersembahkan desain belakang yang unik. Modul kamera belakang berbentuk berlian ditempatkan sedikit meninggi, dengan guratan geometris di bawahnya yang memisahkan dua warna berbeda. Desain ini menciptakan tampilan yang bergaya dan premium, ditambah dengan sentuhan tulisan Infinix yang terletak di bagian bawahnya. Sebagai alternatif yang menarik di pasar ponsel berkamera empat, Infinix Zero 8 menawarkan desain bodi belakang yang tampak modern dan elegan.

Kekurangan Infinix Zero 8

Meskipun Infinix Zero 8 memiliki sejumlah kelebihan yang telah dibahas sebelumnya, seperti setiap perangkat, ia juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat memengaruhi daya tariknya di pasaran. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

Kualitas Tampilan Layar yang Kurang Memuaskan

Meskipun layar Infinix Zero 8 memiliki ukuran yang besar, sayangnya, kualitas tampilannya tidak sepenuhnya memuaskan. Terdapat isu terkait keterbacaan teks, di mana piksel pada layar memiliki kecepatan respon yang lambat, terutama pada laju penyegaran 60 Hz dan 90 Hz. Hal ini dapat membuat tulisan sulit dibaca dari waktu ke waktu. Selain itu, tingkat kecerahan layar juga mencapai angka hanya 450 nits, yang mungkin kurang memadai untuk situasi cahaya yang terang.

Kualitas Speaker yang Agak Mengecewakan

Bagi pengguna yang mengandalkan speaker ponsel untuk mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film tanpa earphone, kualitas speaker menjadi faktor penting. Infinix Zero 8 hanya dilengkapi dengan speaker mono, dan volume maksimalnya tidak begitu tinggi. Kualitas suara yang dihasilkan terkadang terdengar cempreng, meskipun pengguna dapat mengaktifkan DTS equalizer untuk sedikit meningkatkan kualitas suara bass. Secara keseluruhan, untuk harga yang ditawarkan, Infinix Zero 8 mungkin kurang mampu memberikan kualitas suara yang diharapkan.

Kamera Belakang yang Tergolong Kurang Baik

Meskipun kemampuan kamera selfie Infinix Zero 8 mendapat pujian, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk kamera belakangnya. Terdapat masalah dalam reproduksi warna, dan hasil foto kurang mampu menjaga detil dengan baik. Ponsel ini tidak termasuk dalam kategori ponsel dengan kamera terbaik jika Anda menginginkan reproduksi warna yang tajam. Meski begitu, kamera belakang Infinix Zero 8 masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Konfigurasi empat kamera belakang mencakup sensor utama 64 MP, kamera ultra lebar 2 MP, dan dua lensa 2 MP lainnya.

Kesimpulan

Infinix Zero 8 adalah pilihan menarik untuk mereka yang senang beraktivitas selfie. Kehadiran kamera depan dengan lensa ultra-wide sebagai kamera kedua memberikan keunggulan tersendiri.

Dalam kategori harga yang ditawarkan, Infinix Zero 8 termasuk salah satu ponsel menengah terbaik dengan keunggulan pada fitur fast charging yang unggul dan daya tahan baterai yang memadai. Keberadaan laju penyegaran 90 Hz dan chipset Helio G90T menjadikan ponsel ini cocok untuk penggunaan gaming.

Namun, perlu diperhatikan beberapa kekurangan, terutama pada layarnya yang memiliki keanehan seperti tingkat kecerahan yang kurang memadai. Kamera belakangnya juga tergolong kurang untuk ponsel sekelasnya. Pertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk membeli Infinix Zero 8, terutama jika kualitas layar dan kamera belakang menjadi faktor utama dalam pemilihan ponsel Anda.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn