Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A12
  • Rilis April 2020
  • Layar 6.22" IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Internal 3/32GB
  • Eksternal Slot MicroSD
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 4230 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A12
Anda mungkin sedang menanti kedatangan produk terbaru dari OPPO dengan harga yang terjangkau, bukan? Jika iya, OPPO A12 bisa menjadi pilihan yang menarik. Smartphone ini dirancang untuk segmen entry-level dan menyajikan spesifikasi serta fitur-fitur yang handal untuk mendukung aktivitas sehari-hari Anda.

OPPO, sebagai salah satu brand ponsel terkemuka di pasaran, tidak pernah mengecewakan penggunanya. OPPO A12 sendiri memiliki keunggulan di beberapa aspek tertentu. Namun, seperti halnya setiap produk, terdapat beberapa kelemahan pada OPPO A12 yang perlu Anda pertimbangkan agar dapat menilai kesesuaian dengan kebutuhan Anda. Untuk mengatasi rasa penasaran Anda, mari kita bahas 10 kelebihan dan kekurangan OPPO A12 dalam artikel ini.

Kelebihan OPPO A12 Sebagai merek ponsel terkenal, OPPO telah membangun reputasi yang jarang mengecewakan, terutama dalam hal desain bodi yang selalu menjadi salah satu kekuatan utama. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari OPPO A12.

Slot Memori Eksternal Khusus OPPO A12 unggul dengan kehadiran slot memori eksternal khusus, suatu fitur yang semakin jarang ditemui pada ponsel terbaru. Sementara beberapa perangkat terbaru cenderung meninggalkan dukungan untuk memori eksternal, OPPO A12 memberikan keleluasaan dengan slot microSD khusus yang mendukung hingga 256 GB. Slot ini terletak di sisi kiri bodi, berdekatan dengan tombol volume, dan ketika dibuka, menampilkan tiga tray: dua untuk kartu SIM dan satu untuk memori eksternal.

Kapasitas Baterai yang Luas Dengan baterai berkapasitas 4230 mAh, OPPO A12 memberikan daya tahan yang cukup untuk menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari. Kapasitas baterai yang besar merupakan faktor kunci dalam pengalaman menggunakan ponsel, dan OPPO A12 memenuhi harapan ini. Bagi pengguna yang gemar menonton video atau bermain game berjam-jam, kapasitas baterai ini memberikan ketangguhan yang dapat diandalkan. Dalam kisaran harga menengah, kapasitas baterai sebesar ini memberikan nilai tambah yang signifikan.

Fitur Audio Dirac yang Menarik OPPO A12 membawa keunikan dengan menyematkan fitur audio Dirac. Fitur ini secara otomatis menyesuaikan kualitas audio dengan jenis aktivitas yang sedang dilakukan pengguna. Tanpa perlu intervensi pengguna, Dirac audio secara otomatis beralih mode saat bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film. Hal ini menciptakan pengalaman audio yang optimal sesuai dengan aktivitas yang sedang berlangsung.

Layar Luas yang Memukau Untuk memberikan pengalaman yang memukau, OPPO A12 hadir dengan layar sentuh kapasitif berukuran 6,22 inci yang mencakup sebagian besar bagian depan ponsel. Keberadaan kaca pelindung Gorilla Glass 3 juga turut menambah daya tahan layar terhadap goresan dan penggunaan sehari-hari. Tampilan ini tidak hanya mempercantik bodi ponsel, tetapi juga menambah kesan modern dan elegan, terutama dengan peletakan kamera depan berbentuk poni dan bezel yang tipis.

Fitur Face Unlock yang Canggih OPPO A12 menawarkan fitur keamanan canggih dengan Face Unlock. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, ponsel ini tetap menyediakan fitur terkini dengan sensor wajah AI yang mampu mendeteksi 128 titik biometrik pada wajah pengguna. Kecepatan membuka layar hanya dalam waktu 0,08 detik menambah daya tarik fitur ini. Dengan tingkat akurasi yang tinggi, Anda dapat menggunakan Face Unlock tanpa khawatir tentang keamanan data pribadi.

Desain Bodi yang Elegan dan Unik Sejalan dengan tradisi OPPO dalam desain, OPPO A12 menampilkan desain bodi belakang yang unik dengan aksen berlian. Tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan biru, desain belakangnya memberikan kesan elegan dan mewah. Material yang digunakan bukanlah glossy, sehingga tahan terhadap goresan dan memberikan pegangan yang nyaman tanpa mudah terlepas. Desain ini menjadi poin tambah yang menonjol, menjadikan OPPO A12 tidak hanya fungsional tetapi juga estetis.

Kekurangan OPPO A12 Dengan segala kelebihan yang telah diuraikan sebelumnya, OPPO A12 memang nampak mampu memenuhi harapan konsumen yang menjadi target pasarnya. Namun, seperti halnya setiap produk, terdapat beberapa kekurangan yang juga perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari OPPO A12 yang patut diperhatikan:

Layar IPS LCD yang Ketinggalan Zaman Meskipun layar OPPO A12 cukup besar, jenis layar IPS LCD yang digunakan tergolong ketinggalan zaman dalam era modern ini. Beberapa ponsel terbaru sudah beralih ke layar AMOLED, yang tidak hanya lebih hemat daya, tetapi juga mampu menampilkan warna dengan lebih akurat. Layar IPS LCD cenderung tidak dapat mencapai tingkat hitam yang sesungguhnya, bahkan saat layar dimatikan, masih memancarkan backlight yang dapat menyedot daya secara tidak efisien. Beberapa ponsel dalam segmen harga yang sama bahkan sudah menggunakan layar Super AMOLED.

Tidak Mendukung Fast Charging Salah satu kekurangan yang patut diperhatikan dari OPPO A12 adalah ketidakmampuannya mendukung teknologi fast charging. Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar dan daya tahan yang baik, kecepatan pengisian daya tergolong standar dengan daya pengecasan 10W. Di zaman di mana fast charging menjadi fitur umum pada ponsel, kekurangan ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna yang menginginkan pengisian daya yang cepat.

Sistem Kamera Belakang Hanya Dual Meskipun kualitas gambar dari kamera OPPO A12 bisa dianggap baik, namun memiliki hanya dua lensa pada bagian belakangnya mungkin dianggap kurang memadai. Beberapa ponsel dalam kisaran harga yang sama sudah dilengkapi dengan triple atau bahkan quad camera, menawarkan lebih banyak variasi dan fleksibilitas dalam pengambilan gambar. OPPO A12 memiliki lensa utama 13 MP dan lensa 2 MP untuk efek bokeh, namun kekurangan variasi lensa seperti ultrawide atau makro.

Sistem Operasi yang Tidak Terbaru Kelemahan lain dari OPPO A12 terletak pada sistem operasinya. Saat diluncurkan, ponsel ini menggunakan ColorOS 6.1 berbasis Android Pie, yang terbilang lebih lama dibandingkan dengan versi Android terbaru. Sebagian pengguna mungkin merasa kurang puas karena tidak dapat langsung menikmati fitur-fitur terkini yang diberikan oleh versi Android yang lebih baru, seperti Android 10. Ini dapat menjadi pertimbangan bagi mereka yang menginginkan pengalaman menggunakan sistem operasi yang paling mutakhir.

Kesimpulan OPPO A12 nampaknya merupakan pilihan yang sangat layak jika Anda memiliki kebutuhan khusus, terutama terkait dengan penggunaan kartu memori eksternal. Slot khusus untuk memori eksternal menjadi keunggulan tersendiri, memungkinkan Anda tetap memanfaatkan kartu memori lama tanpa harus mengorbankan slot kartu SIM kedua. Kelebihan lainnya, seperti baterai yang tahan lama, juga memberikan nilai tambah yang signifikan, terutama bagi pengguna yang membutuhkan daya tahan lebih dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, kekurangan fitur fast charging bisa menjadi titik pertimbangan, terutama di era di mana kecepatan pengisian daya semakin menjadi faktor penting dalam pengalaman pengguna. Demikian pula, sistem kamera yang hanya dual dan kurangnya variasi lensa mungkin membuat beberapa pengguna menginginkan lebih banyak opsi dalam fotografi.

Secara keseluruhan, OPPO A12 menawarkan kombinasi fitur yang solid untuk harga yang dibayarkan. Sebagai pilihan di segmen entry-level, ponsel ini dapat menjadi solusi yang memadai untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu membutuhkan fitur canggih.

Ponselhub.com.