Kelebihan dan Kekurangan Oppo A52

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A52
  • Rilis April 2020
  • Layar 6.5" LTPS IPS LCD 16M Warna (~405 ppi density)
  • Chipset Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Internal 6/128GB RAM
  • Eksternal Slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A52
OPPO A52, sebagai salah satu varian HP dari OPPO dalam kategori harga menengah, memasuki pasar pada bulan April 2020. Perlu dicatat bahwa ponsel pintar ini menawarkan sejumlah keunggulan di berbagai aspek, termasuk layar, baterai, dan kamera.

Penting untuk dicatat bahwa strategi pemasaran OPPO A52 berbeda dari kebanyakan produk OPPO lainnya. Ponsel ini hanya tersedia untuk pembelian secara online melalui berbagai platform marketplace yang telah disediakan. Meskipun demikian, meski Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan langsung terhadap HP ini sebelum pembelian, Anda tetap dapat mencari tahu kelebihan dan kekurangan OPPO A52 untuk memastikan keputusan pembelian Anda yang bijak. Berikut adalah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A52.

Kelebihan OPPO A52 Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat Anda nikmati pada OPPO A52:

Layar Full HD Plus untuk Pengalaman Menonton yang Mengesankan: Bagi Anda yang gemar menonton film atau melakukan berbagai kegiatan multimedia, kualitas tampilan layar menjadi faktor krusial. OPPO A52 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dengan teknologi Full HD Plus. Meskipun menggunakan panel IPS LCD, layar ini memberikan tampilan FHD+ yang menawarkan ketajaman dan kejernihan yang superior.

Selain itu, layar OPPO A52 telah didukung dengan sertifikasi TÜV Rheinland, mengurangi jumlah cahaya biru untuk mengurangi kelelahan mata. Sebagai perangkat keluaran tahun 2020, desain layar baru OPPO A52 dengan punch-hole di kiri atas dan bezel minimal memberikan rasio perbandingan bodi ke layar sebesar 90,5%.

Baterai dengan Kapasitas Besar dan Pengisian Cepat: Kehadiran baterai yang awet merupakan aspek penting untuk mendukung berbagai kegiatan dengan durasi yang lebih lama. OPPO A52 menawarkan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, cukup besar untuk kelas menengah ke bawah. Dengan kapasitas ini, Anda dapat menikmati menonton film tanpa khawatir notifikasi low-batt yang mengganggu.

Selain kapasitasnya, baterai OPPO A52 mendukung pengisian daya cepat 18W. Hal ini tidak hanya mempercepat waktu pengisian baterai, tetapi juga menjadikan OPPO A52 sebagai pilihan yang layak untuk mereka yang menginginkan daya tahan baterai yang handal.

Kapasitas RAM dan ROM yang Luas untuk Kinerja Optimal: Untuk mendukung berbagai aktivitas, ketersediaan RAM yang besar menjadi kunci untuk kinerja HP, terutama saat bermain game. OPPO A52 menawarkan RAM sebesar 8 GB dan ROM sebesar 128 GB, memungkinkan pengalaman multitasking yang lancar tanpa membuat HP menjadi lambat.

Meskipun ROM 128 GB menggunakan teknologi UFS 2.1, kapasitas ini tetap tergolong besar, memungkinkan Anda untuk menyimpan beragam file dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Kecepatan saat menginstal dan mentransfer data juga tetap optimal, menambah nilai lebih pada pengalaman pengguna HP OPPO A52.

4. Sistem Kamera Quad yang Menakjubkan: Merk OPPO dikenal sebagai produsen ponsel yang selalu memberikan perhatian khusus pada kualitas kamera pada setiap produknya, dan hal ini juga terlihat pada OPPO A52. Ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi quad camera di bagian belakang dengan resolusi 12 MP (lebar), 8 MP (ultra lebar), 2 MP (makro), dan 2 MP (kedalaman).

Keberadaan empat lensa kamera memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan berbagai mode yang bervariasi. Lensa ultra lebar dengan sudut 119 derajat memungkinkan Anda untuk menangkap pemandangan yang luas dengan detail yang luar biasa.

Selain itu, lensa makro memungkinkan Anda untuk mengabadikan objek dari jarak dekat dengan tetap menjaga keutuhan detail. Anda juga dapat membuat foto dengan efek background blur yang mulus menggunakan sensor kedalaman.

Pada segi perekaman video, OPPO A52 menawarkan tiga resolusi yang dapat dipilih, yaitu 720p, 1080p, dan 4K. Kamera ini juga mendukung fitur perekaman video slow motion dengan frame rate 120 fps, memberikan kesempatan untuk menciptakan konten yang kreatif dan menarik.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengenai kualitas foto yang dihasilkan oleh OPPO A52. Berdasarkan video perbandingan yang diunggah oleh Hive Tech di kanal YouTube, hasil foto OPPO A52 terlihat sangat identik dengan kualitas kamera OPPO A92, yang memiliki selisih harga lebih tinggi. Beberapa contoh hasilnya dapat dilihat pada gambar di atas.

Dari perbandingan foto di atas, dapat disimpulkan bahwa kualitas kedua ponsel tidak memiliki perbedaan signifikan, baik dalam pengambilan foto bokeh maupun dalam mode malam. Untuk foto pemandangan, OPPO A52 menampilkan warna yang lebih hidup dibandingkan dengan A92. Meskipun terdapat sedikit kehilangan detail pada beberapa bagian cabang pohon pada foto OPPO A52, namun perbedaan ini tidak terlalu mencolok.

Secara keseluruhan, performa kamera OPPO A52 mampu bersaing dengan OPPO A92 yang memiliki harga lebih tinggi. Ini tentu merupakan kabar baik bagi mereka yang menginginkan ponsel dengan kamera berkualitas tanpa harus menguras budget secara berlebihan.

5. Dual Speaker untuk Pengalaman Audio Luar Biasa: OPPO A52 menawarkan pengalaman audio yang luar biasa, terutama bagi para penggemar musik dan film, dengan kehadiran Dual Stereo Speakers. Speaker ganda ini memungkinkan Anda mendengarkan berbagai suara dengan akurasi tinggi. Fitur tambahan seperti efek suara Dirac 2.0 memberikan kemampuan untuk mendeteksi profil suara berdasarkan aktivitas tertentu, seperti bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik.

6. Triple Slot untuk Fleksibilitas Penyimpanan: Kelebihan lain dari OPPO A52 adalah kehadiran Triple Slot, yang tidak selalu ditemui pada ponsel dengan kapasitas memori internal besar. Meskipun memiliki memori internal sebesar 128 GB, ponsel ini menyediakan slot khusus untuk kartu memori eksternal. Dengan demikian, Anda dapat memperluas penyimpanan hingga 512 GB menggunakan kartu microSD, menjadikannya sebagai solusi penyimpanan yang sangat fleksibel.

7. ColorOS 7 untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik: Navigasi yang mudah dan user interface yang responsif adalah faktor kunci dalam kepuasan pengguna. OPPO A52 telah dioperasikan dengan Android 10 yang dilapisi oleh ColorOS 7.1. Sistem operasi ini membawa beberapa keunggulan, termasuk desain antarmuka Infinite Design dengan warna dan bentuk ikon yang bersih. Fitur Dark Mode hadir untuk memberikan tampilan gelap pada seluruh sistem dengan sekali klik. Assistant yang lebih canggih, seperti kemampuan untuk membuat Breeno menjalankan serangkaian aktivitas otomatis, juga merupakan nilai tambah dari ColorOS 7.

8. Side-Mounted Fingerprint Scanner dan Face Unlock: Keamanan ponsel semakin mudah dengan hadirnya fitur Side-Mounted Fingerprint Scanner di OPPO A52, yang terletak pada tombol power di samping bodi. Desain ujung tombol power yang menekuk memastikan kenyamanan saat menggunakan sensor sidik jari. Selain itu, fitur Face Unlock juga tersedia untuk membuka kunci layar secara instan, memberikan fleksibilitas ekstra dalam metode pembukaan kunci ponsel.

Kekurangan OPPO A52 Walaupun OPPO A52 menyajikan berbagai kemudahan yang menarik, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa aspek yang kurang optimal pada OPPO A52:

1. Kinerja Chipset yang Tidak Terlalu Bersaing: Meskipun OPPO A52 didukung oleh chipset Snapdragon 665, bukan berarti chipset ini buruk. Namun, jika dilihat dari kisaran harga OPPO A52, terdapat banyak ponsel lain di kisaran harga 3 jutaan yang menggunakan chipset dengan kinerja lebih unggul. Sebagai contoh, OPPO F11 Pro hadir dengan chipset Helio P70 yang menawarkan kinerja setara dengan Snapdragon 710. Meskipun masih mampu menjalankan game seperti Asphalt 9 dengan lancar, untuk game berat seperti PUBG Mobile, Anda mungkin perlu mengatur pengaturan grafis pada tingkat yang lebih rendah.

2. Kekurangan Fitur NFC: Salah satu kekurangan OPPO A52 adalah ketidakadannya fitur Near Field Communication (NFC). Di era transaksi digital yang semakin berkembang, kehadiran NFC menjadi nilai tambah, terutama untuk melakukan transaksi dengan cepat. Beberapa ponsel di segmen harga yang sama, seperti Samsung Galaxy A50s, Redmi Note 8 Pro, dan beberapa ponsel Android Nokia, sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Meskipun tidak semua pengguna membutuhkan fitur ini, kekurangan NFC pada OPPO A52 bisa dianggap sebagai ketidaksesuaian dengan tren teknologi transaksi saat ini.

Simpulan: OPPO A52, sebagai representasi produk OPPO pada kisaran harga menengah, menawarkan kehandalan terutama dalam hal daya tahan baterai dan kapasitas memori internal yang besar. Meskipun chipset Snapdragon 665 tidak sebanding dengan seri 7, kehadiran RAM yang besar memastikan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari. Sistem kamera dengan empat lensa pada bagian belakang memberikan fitur lengkap, dan kualitas layar dan audio yang baik meningkatkan pengalaman pengguna saat menonton konten multimedia. Kesimpulannya, pemilihan OPPO A52 sangat tergantung pada selera dan kebutuhan individu, dan meskipun memiliki beberapa kekurangan, tetap menawarkan nilai yang baik dalam kisaran harganya.

Ponselhub.com.