Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo A9
  • Rilis September 2019
  • Layar 6.5" IPS LCD ~270 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 10W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9
OPPO telah memperbaharui lini produk A series dengan memperkenalkan perangkat yang menawarkan spesifikasi yang lebih menarik, seperti yang terlihat pada peluncuran OPPO A7 pada akhir 2018. Kini, OPPO kembali menghadirkan inovasi dalam lini produk ini dengan merilis OPPO A9 2020, sebuah ponsel pintar yang mengincar pasar kelas menengah.

Apa yang membuat OPPO A9 2020 menarik? Apakah perangkat ini layak untuk dibeli? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita telaah kelebihan dan kekurangan dari OPPO A9 2020.

Kelebihan OPPO A9 2020 berikut adalah beberapa keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO A9 2020:

1. Sensor Kamera Utama yang Menarik OPPO A9 2020 memanjakan pengguna dengan empat kamera belakangnya yang canggih. Kamera utama berkekuatan 48 MP dengan bukaan f/1.8 dan fitur PDAF menjadi bintang utama. Disusul oleh kamera ultra-wide 8 MP dengan fitur autofocus, serta dua kamera 2 MP; satu untuk efek bokeh dan satu sebagai kamera monokrom.

Tangkapan kamera dari OPPO A9 2020 mencuri perhatian. Hasil foto tajam dan warna yang akurat dalam kondisi cahaya baik membuatnya unggul. Menurut Yugatech, kamera ini mampu menghasilkan foto yang jernih. Selular.id juga memuji hasil tangkapan kamera belakang, terutama dari kamera 48 MP, yang mampu menghasilkan foto lebih detail dan jernih. BGR.in juga memberikan apresiasi untuk rentang dinamis gambar yang baik.

Mode malam dan mode potret juga menjadi keunggulan OPPO A9 2020. Bahkan, situs The Daily Star menyatakan bahwa mode potret pada HP ini mendekati hasil kamera flagship.

2. Daya Tahan Baterai Panjang Daya tahan baterai menjadi salah satu keunggulan utama OPPO A9 2020 dengan baterai berkapasitas besar, mencapai 5.000 mAh. Menurut Selular.id, HP ini mampu memainkan video hingga 19 jam. Pengujian dari Yugatech menggunakan benchmark PC Mark menunjukkan hasil waktu 15 jam 18 menit, sedangkan dalam pengujian video looping mencapai 19 jam. Dengan daya tahan baterai yang tergolong baik, OPPO A9 2020 menjadi pilihan unggul.

3. Dilengkapi USB Type-C dan Reverse Charging OPPO A9 2020 menonjolkan fitur USB Type-C, suatu keistimewaan mengingat jarangnya fitur ini pada kelas harga menengah. Keunikan lainnya adalah kemampuan reverse charging, di mana HP ini dapat berfungsi sebagai power bank. Dengan fitur ini, OPPO A9 2020 memberikan fleksibilitas ekstra bagi pengguna yang membutuhkan daya tambahan untuk perangkat lainnya.

Dengan kombinasi kamera yang unggul, daya tahan baterai yang luar biasa, dan fitur-fitur canggih seperti USB Type-C dan reverse charging, OPPO A9 2020 menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan pengalaman fotografi yang memukau dan ketahanan baterai yang handal.

4. Kapasitas RAM dan Memori Internal Besar Keunggulan utama dari OPPO A9 2020 terletak pada sektor RAM dan penyimpanan internal yang luas. Dengan RAM sebesar 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB, OPPO A9 2020 menjadi pilihan istimewa di kelasnya. Keistimewaan ini semakin menonjol karena jarangnya ponsel kelas menengah yang menawarkan RAM sebesar 8 GB. Kemampuan ini memberikan pengguna keleluasaan dalam menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan menyimpan banyak data tanpa khawatir kehabisan ruang.

5. Desain Menarik dengan Proteksi Corning Gorilla Glass 3 OPPO A9 2020 tidak hanya menawarkan performa yang handal, tetapi juga memiliki desain yang menawan. Menurut Yugatech, desainnya terlihat premium dan bergaya, mirip dengan OPPO R17 Pro, memberikan kesan kelas tinggi. Keunggulan lainnya adalah adopsi pelindung layar Corning Gorilla Glass 3. Meskipun beberapa ponsel kelas menengah lain mungkin menggunakan versi Corning Gorilla Glass yang lebih tinggi, kehadiran pelindung layar ini pada OPPO A9 2020 tetap menjadi nilai tambah, memberikan perlindungan ekstra terhadap goresan dan benturan.

6. Dilengkapi Dual Speaker Dolby Atmos Fitur audio menjadi salah satu keunggulan lain dari OPPO A9 2020 dengan adopsi teknologi Dolby Atmos. Teknologi ini memastikan kualitas suara yang luar biasa pada perangkat ini. Menurut Yugatech, kualitas suara HP ini cukup keras, dan dengan dukungan dual speaker, pengalaman audio menjadi lebih immersif. Meskipun demikian, penggunaan headset atau earphone diumumkan sebagai cara terbaik untuk merasakan kualitas suara terbaik dari OPPO A9 2020.

Dengan kombinasi RAM dan penyimpanan yang besar, desain elegan dengan perlindungan layar yang baik, serta teknologi audio Dolby Atmos, OPPO A9 2020 menawarkan pengalaman pengguna yang komprehensif di berbagai aspek, menjadikannya pilihan menarik di pasar ponsel kelas menengah.

Kekurangan OPPO A9 2020 Berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh OPPO A9 2020: Performa Bukan yang Terbaik di Kelas Harganya: OPPO A9 2020 menggunakan chipset Snapdragon 665, yang meskipun memiliki efisiensi daya yang lebih baik, namun performanya tergolong standar di kelasnya. Hasil benchmark menunjukkan nilai Antutu yang tidak signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 660. Performa yang cukup untuk bermain gim, namun terkadang mengalami drop frame.

Layar Hanya IPS HD+: Layar 6,5 inci OPPO A9 2020 menawarkan resolusi HD+, yang mungkin dianggap kurang memadai jika dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Meskipun resolusi yang lebih rendah mendukung daya tahan baterai, layar ini mungkin kurang memuaskan bagi pengguna yang mengutamakan kualitas visual yang tinggi.

Bodi Mudah Kotor: Desain cantik OPPO A9 2020 diimbangi dengan bodi belakang yang mudah kotor. Material belakang HP ini rentan terhadap sidik jari dan noda, memerlukan perawatan ekstra untuk menjaga penampilannya tetap bersih.

Harga Tergolong Tinggi: Harga resmi OPPO A9 2020 mencapai Rp3.999.000, yang tergolong tinggi mengingat spesifikasi yang ditawarkan. Meskipun harga di toko online bisa lebih terjangkau, tetap saja beberapa pesaing menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang serupa atau bahkan lebih rendah.

Kesimpulan Oppo A9 2020 mungkin tidak sepenuhnya memberikan nilai sebanding dengan harganya, terutama jika dibandingkan dengan pesaing di pasar dengan spesifikasi yang lebih tinggi dalam kisaran harga yang serupa. Harga yang cukup tinggi, terutama di tingkat resmi, mungkin membuat beberapa konsumen berpikir dua kali sebelum memilihnya.

Meskipun demikian, OPPO A9 2020 masih menawarkan keunggulan tertentu, seperti daya tahan baterai besar, RAM yang luas, dan penyimpanan internal yang lega. Bagi mereka yang memprioritaskan faktor-faktor ini dan tertarik pada kamera 48 MP serta desain menarik, OPPO A9 2020 tetap menjadi opsi yang layak untuk dipertimbangkan.

Penting bagi calon pembeli untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka sebelum memutuskan apakah OPPO A9 2020 sesuai dengan harapan mereka. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, perangkat ini masih dapat memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan untuk sejumlah kegunaan sehari-hari.

Ponselhub.com.