Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X2

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Find X2
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.7" AMOLED ~513 ppi 120Hz refresh rate HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865
  • GPU Adreno 650
  • Internal 12/256GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 13 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4200mAh, Fast charging 65W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X2
Telah hadir produk terbaru dari OPPO untuk menjangkau pasar high-end, yaitu OPPO Find X2. HP ini merupakan kelanjutan dari Find X yang telah diluncurkan pada tahun 2018. Tersedia dalam varian non-Pro dan Pro, keduanya menawarkan spesifikasi dan fitur yang tangguh, terutama jika diperhatikan dari berbagai aspek tertentu.

Sebelumnya, Ponselhub telah memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan OPPO Find X2 Pro. Informasi tersebut dapat menjadi panduan bagi Anda yang masih mempertimbangkan apakah akan memilih versi Pro atau versi standar.

Pada kesempatan ini, Ponselhub akan membahas varian non-Pro yang memiliki spesifikasi sedikit di bawah versi Pro. Perbedaan utamanya terletak pada sertifikasi ketahanan air dan konfigurasi kamera. Meskipun begitu, varian ini tetap menarik untuk dipertimbangkan, terutama bila Anda menilai keunggulan yang ditawarkannya.

Khususnya bagi pecinta desain menawan, OPPO memang menjadi merk HP yang patut diperhitungkan. Agar tidak penasaran, mari kita simak berbagai kelebihan dan kekurangan OPPO Find X2 berikut ini.

Kelebihan OPPO Find X2 Sebagai kelanjutan dari Find X, OPPO Find X2 membawa berbagai peningkatan signifikan dalam hal fitur dan spesifikasi. Sebagai perangkat flagship, HP ini menawarkan kenyamanan dan inovasi yang jarang ditemukan pada kebanyakan ponsel lainnya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki OPPO Find X2.

Fast Charging Super Cepat Bagi yang hidup dalam kesibukan tanpa banyak waktu untuk mengisi daya, keunggulan fast charging OPPO Find X2 sangat layak diapresiasi. Meskipun pengisian daya cepat bukanlah fitur baru di kelas ponsel canggih, namun kemampuan fast charging pada Find X2 benar-benar unggul. Ponsel ini dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 65 W SuperVOOC 2.0, mampu mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 38 menit!

Meski memiliki baterai berkapasitas besar 4200 mAh, OPPO Find X2 berhasil menyajikan kombinasi kecepatan pengisian dan kapasitas yang besar, mengurangi risiko notifikasi low batt secara signifikan. Dengan pengisian 65 W, ponsel ini menjadi yang paling canggih di kelasnya.

Desain Bodi yang Elegan dan Modern Kekuatan bukanlah satu-satunya hal yang dicari dalam sebuah ponsel; desain yang menarik juga merupakan kunci. OPPO Find X2 hadir dengan desain bodi yang mengesankan pada kedua varian, Black Ceramic (hitam) dan Ocean Glass (biru).

Desainnya menggabungkan tekstur pada material, memberikan rasa nyaman saat digenggam. Varian Ocean Glass tampak seperti hologram dengan perubahan warna biru yang dinamis tergantung pada sudut pandang. OPPO tetap mempertahankan reputasi desain yang luar biasa.

Layar AMOLED Super Memukau Layar OPPO Find X2 akan memanjakan mata Anda. Dengan layar AMOLED 6,7 inci, mendukung refresh rate 120 Hz dan sampling rate 240 Hz, pergerakan objek terlihat lebih mulus dibanding layar 60 Hz. Tidak hanya itu, layar ini menawarkan kejernihan 3K QHD+ dan True Billion Color Display, menampilkan 1 milyar warna, jauh melampaui ponsel pada umumnya yang hanya menampilkan 16 juta warna. Semua ini menghasilkan tampilan layar yang benar-benar memukau.

Pengalaman Menonton Video Luar Biasa OPPO Find X2 menyajikan pengalaman menonton video yang luar biasa. Teknologi 01 Vision Ultra Engine mampu mengubah video biasa menjadi HDR, bahkan meningkatkan FPS video dari 30 FPS menjadi 60 hingga 120 FPS untuk konten YouTube dan Netflix. FPS yang lebih tinggi memberikan pengalaman menonton yang lebih mendalam. Dukungan dua speaker stereo dengan Dolby Atmos semakin meningkatkan kualitas audio, memberikan suasana seperti di bioskop saat menonton.

Mode Malam pada Ketiga Lensa untuk Fotografi Optimal Fitur kamera selalu menjadi aspek penting pada ponsel pintar, dan OPPO Find X2 tidak mengecewakan. Ponsel ini dilengkapi dengan tiga lensa kamera belakang yang mampu menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi. Lensa utama memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.7, 26mm.

Di samping itu, terdapat lensa telefoto 13 MP dengan kemampuan zoom hybrid 5x. Tak ketinggalan, lensa ultrawide 12 MP mampu menangkap gambar atau video hingga sudut 120 derajat dan memiliki kemampuan foto makro dengan jarak fokus 3 cm.

Uniknya, ketiga lensa ini dilengkapi dengan algoritma Ultra Night Mode 3.0, yang memastikan hasil bidikan tetap terperinci bahkan dalam kondisi pencahayaan minim. Gambar hasil kamera OPPO Find X2 dalam pemotretan makro dan mode malam menunjukkan detail dan kontras warna yang akurat, membuatnya cocok untuk pemotretan profesional atau berbagi di media sosial.

Prestasi Tertinggi dengan Skor Benchmark Tinggi Bagi penggemar game, performa chipset pada ponsel sangat penting agar pengalaman bermain game tetap lancar tanpa hambatan. OPPO Find X2 mengadopsi chipset Snapdragon 865, salah satu chipset terbaik di dunia, yang didukung oleh RAM sebesar 12 GB. Dengan konfigurasi ini, ponsel mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game secara bersamaan tanpa masalah.

Pada uji benchmark Geekbench 5.1, OPPO Find X2 menunjukkan prestasi luar biasa dengan meraih skor tertinggi di antara HP Android lainnya. Ponsel ini mencapai skor 913 untuk pengujian single core dan 3.308 untuk multi-core. Skor ini menjadikannya pilihan ideal untuk bermain game berat seperti PUBG dengan pengaturan grafis maksimal.

Fitur Fingerprint Unlock yang Canggih Sebagai salah satu ponsel flagship dari OPPO, Find X2 menyajikan fitur pembuka kunci menggunakan sidik jari yang sangat canggih. Sensor sidik jari terintegrasi pada layar dan mampu membuka kunci dengan cepat berkat modul pemindaian yang 91% lebih tipis.

Untuk kenyamanan pengguna, luas cakupan pemindai sidik jari ini ditingkatkan sebesar 10% dibandingkan dengan model sebelumnya, OPPO Reno 2. Fitur sidik jari ini tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengakses ponsel dengan cepat, terutama dalam situasi darurat.

Kekurangan OPPO Find X2 OPPO Find X2 memang menjadi salah satu pilihan menarik di kategori high-end. Namun, seperti halnya setiap perangkat, HP ini tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Tidak Dilengkapi dengan Jack Audio 3,5 mm Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan pada OPPO Find X2 adalah absennya port jack audio 3,5 mm. Pengguna perlu menggunakan adaptor atau beralih ke headset nirkabel untuk mendengarkan musik atau menonton film. Hal ini bisa menjadi kendala, terutama jika pengguna memiliki banyak perangkat audio dengan konektivitas 3,5 mm.

Tidak Mendukung Memori Eksternal Meskipun memiliki memori internal sebesar 256 GB, OPPO Find X2 tidak menyediakan slot kartu memori eksternal. Keterbatasan ini mungkin menjadi kekurangan bagi pengguna yang lebih memilih fleksibilitas untuk menambah kapasitas penyimpanan dengan menggunakan kartu memori eksternal.

Tidak Memiliki Fitur Face Unlock Fitur Face Unlock, yang kini umumnya hadir pada banyak ponsel, tidak tersedia pada OPPO Find X2. Meskipun masih dilengkapi dengan fitur sidik jari yang canggih, beberapa pengguna mungkin merasa kehilangan opsi Face Unlock yang biasanya memberikan kemudahan dalam membuka kunci ponsel.

Sertifikasi IP54 yang Terbatas Meskipun memiliki sertifikasi IP54 untuk ketahanan terhadap air, OPPO Find X2 hanya mampu bertahan dari cipratan air. Ini berarti ponsel ini tidak sepenuhnya tahan terhadap cairan dan debu sebagaimana yang ditawarkan oleh beberapa pesaingnya dengan sertifikasi IP68. Sebagian pengguna mungkin mengharapkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap elemen-elemen lingkungan.

Kesimpulan Dalam penilaian terhadap OPPO Find X2, dapat disimpulkan bahwa ponsel ini merupakan sebuah flagship yang patut diakui sebagai salah satu yang terbaik di pasaran. Hal ini terbukti dari performa kelas atasnya yang tercermin dalam skor tertinggi pada uji benchmark Geekbench.

Keunggulan lainnya terletak pada layar yang memukau, didukung oleh ketahanan baterai yang kuat, menjadikannya pilihan yang tepat untuk pengalaman binge-watching sepanjang hari.

Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Kehilangan jack audio 3,5 mm dapat menjadi kendala bagi pengguna yang lebih memilih penggunaan headset kabel, dan absennya dukungan untuk kartu memori eksternal mungkin membatasi opsi penyimpanan. Meski begitu, kapasitas memori internal yang besar menjadi faktor yang mengimbangi keterbatasan ini.

Ponselhub.com.