Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno3 Pro

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno3 Pro
  • Rilis Maret 2020
  • Layar 6.4" Super AMOLED ~405 ppi
  • Chipset Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • GPU PowerVR GM9446
  • Internal 8/256GB
  • Eksternal Slot MicroSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 44 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 4025mAh, Fast charging 30W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno3 Pro
Seri OPPO Reno selalu memikat pengguna dengan berbagai fitur menarik setiap kali diluncurkan. Salah satunya adalah OPPO Reno3 series, yang saat ini hadir di Indonesia dalam dua varian, yaitu OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro.

OPPO Reno3 menonjolkan keunggulan di bidang kamera, daya tahan baterai, dan berbagai fitur menarik lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai produk ini dapat ditemukan dalam artikel yang membahas kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3.

Namun, fokus pada kali ini adalah OPPO Reno3 Pro. Ponsel ini menawarkan beragam fitur menarik dengan harga yang cukup signifikan, yakni sekitar Rp8 jutaan.

Pertanyaannya, apakah OPPO Reno3 Pro sepadan dengan harga tersebut? Untuk menjawabnya, mari kita eksplorasi kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 Pro yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Kelebihan OPPO Reno3 Pro Ternyata, OPPO Reno 3 Pro menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa poin keunggulan yang perlu diperhatikan:

Layar AMOLED yang Terang: OPPO Reno3 Pro hadir dengan panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan resolusi 1080 x 2400, dengan rasio 20:9. Dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, layarnya menawarkan tingkat kecerahan maksimal hingga 500 nits, bahkan dapat mencapai 800 nits dalam kondisi sangat terang. Pengujian oleh GSMArena memverifikasi klaim ini, dengan tingkat kecerahan mencapai 522 nits dan mencengangkan 892 nits dalam pengujian Max Auto. Meskipun warna layarnya kurang akurat, tingkat kecerahan yang tinggi menjadi kelebihan signifikan, mendapatkan skor lebih tinggi daripada ponsel sejenis.

Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa: OPPO Reno3 Pro dibekali baterai 4.025 mAh, yang meskipun standar, menawarkan daya tahan baterai yang impresif. Pengujian GSMArena memberikan ponsel ini endurance rating 104 jam, dengan waktu berselancar di internet mencapai 14 jam 25 menit, dan pemutaran video mencapai 17 jam 56 menit. Hasil ini menunjukkan bahwa OPPO Reno3 Pro memiliki daya tahan baterai yang kuat, mendapat apresiasi positif dari berbagai sumber ulasan, termasuk penggunaan sehari setengah atau lebih dengan satu pengisian.

Pengisian Cepat yang Kompetitif: OPPO Reno3 Pro menonjol dengan teknologi pengisian cepat 30W VOOC 4.0. Dengan klaim dapat mengisi 50% daya dalam 20 menit, ponsel ini membuktikan kecepatannya dalam pengujian. Waktu pengisian penuh hanya membutuhkan sekitar 70 menit, dan keuntungan tambahan adalah penyertaan charger 30W di dalam kotak penjualan, menghindarkan kebutuhan untuk membeli charger tambahan.

Sensor Sidik Jari di Layar yang Cepat: OPPO Reno3 Pro dilengkapi dengan sensor sidik jari di layar menggunakan sistem optical. Sensor sidik jari ini menunjukkan kinerja yang sangat cepat dalam memindai jari pengguna. Techradar memberikan pujian khusus terhadap kecepatan sensor sidik jari di ponsel ini. Selain itu, sensor pengenalan wajah pada OPPO Reno3 Pro juga mendapat apresiasi karena kinerjanya yang cepat.

Kualitas Kamera Belakang yang Mengesankan: OPPO Reno3 Pro menampilkan empat kamera belakang, termasuk kamera utama 64 MP, kamera telefoto 13 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan lensa monokrom 2 MP untuk kedalaman. Kamera utama menggunakan teknologi pixel-binning, memberikan hasil seolah-olah resolusinya 16 MP. Kemampuan kamera telefoto dengan optical zoom 2x menambah daya tariknya.

Hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini mendapat pujian dari banyak situs luar negeri. Techradar menyoroti warna yang bagus, rentang dinamis yang baik, serta detail dan ketajaman yang terjaga. GadgetsNDTV juga mengakui kualitas baik pada foto dengan detail dan rentang dinamis yang baik di siang hari. Kamera ultra-wide memberikan sudut pandang luas, meskipun ada sedikit penurunan kualitas di tepi gambar. Kamera telefoto mampu menghasilkan foto 5x hybrid zoom dengan detail yang memuaskan.

Androidpit juga memberikan pujian terhadap kualitas gambar dan video, termasuk kemampuan OPPO Reno3 Pro dalam mode malam dengan hasil gambar yang baik. Secara keseluruhan, kamera belakang ponsel ini mendapatkan apresiasi positif.

Kamera Selfie yang Memuaskan: OPPO Reno3 Pro dilengkapi dengan kamera depan yang mumpuni untuk selfie. Dengan dua kamera depan, 44 MP dan 2 MP untuk efek kedalaman, ponsel ini menawarkan kualitas selfie yang baik. Meskipun ada opsi untuk mengubah mode ke 40 MP, perbedaan hasil tidak signifikan menurut GSMArena. Kamera depan mampu menghasilkan foto tajam dengan warna kulit yang alami.

Ergonomis dan Nyaman Digenggam: Dengan bobot 176 gram, OPPO Reno3 Pro terasa ringan dan nyaman digenggam. Desain polikarbonat pada bagian belakang dan frame sisi yang juga terbuat dari polikarbonat memberikan kesan ringan dan nyaman saat digunakan. Desain polikarbonat yang menyerupai kaca menambah kenyamanan saat digenggam, membuat OPPO Reno3 Pro menjadi pilihan yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Kekurangan OPPO Reno3 Pro Terdapat tiga kekurangan yang perlu diperhatikan pada OPPO Reno3 Pro. Berikut adalah pembahasannya:

Penggunaan Chipset Mediatek Helio P95: OPPO Reno3 Pro menggunakan chipset Mediatek Helio P95 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini menampilkan prosesor octa-core dengan kombinasi 2x2.2 GHz Cortex-A75 dan 6x2.0 GHz Cortex-A55, serta pengolah grafis PowerVR GM9446. Meskipun chipset ini berkontribusi pada daya tahan baterai yang lebih baik, performa ponsel terasa kurang impresif untuk kelas harganya.

Data Antutu menunjukkan bahwa skor OPPO Reno3 Pro, baik versi 7 maupun 8, berada di bawah Xiaomi Mi Note 10, Samsung Galaxy A71, dan Realme X2 Pro, yang memiliki harga lebih terjangkau. Hal ini menunjukkan keterbatasan performa OPPO Reno3 Pro dalam kelasnya, terutama jika dibandingkan dengan ponsel lain yang menggunakan chipset Snapdragon 730G atau Snapdragon 855+ dengan harga serupa.

Hasil Rekaman Video Low-Light yang Mengecewakan: Meskipun OPPO Reno3 Pro memiliki kemampuan rekaman video yang baik dalam kondisi cahaya terang, performa ponsel mengecewakan saat merekam video dalam kondisi low-light. Untuk sebuah ponsel pada kelas harga ini, kemampuan merekam video di kondisi kurang cahaya menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Sebuah pembaruan sistem mungkin diperlukan untuk meningkatkan kualitas rekaman video di kondisi gelap.

Tidak Adanya Fitur NFC: OPPO Reno3 Pro tidak dilengkapi dengan fitur NFC, sebuah kekurangan yang sayang mengingat kelas harganya seharusnya dapat menyertakan fitur ini. Terutama jika dibandingkan dengan pendahulunya, OPPO Reno2, yang memiliki fitur NFC. Kehilangan fitur ini mungkin menjadi kekecewaan bagi pengguna yang mengharapkan kemudahan pembayaran atau transfer data dengan menggunakan NFC, fitur yang kini semakin umum dijumpai pada ponsel di kelas menengah ke atas.

Kesimpulan OPPO Reno3 Pro, dengan banderol harga sekitar Rp8 jutaan, terlihat memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Harganya yang tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, OPPO Reno2, menimbulkan pertanyaan mengenai nilai tambah yang diberikan oleh ponsel ini.

Tradisi penerus model sebelumnya, seperti OPPO Reno 2F dan OPPO Reno2, tampaknya mengindikasikan bahwa OPPO Reno3 Pro seharusnya memberikan peningkatan yang signifikan. Namun, melihat spesifikasi, terutama penggunaan chipset Mediatek Helio P95, OPPO Reno3 Pro terasa kurang memadai sebagai penerus OPPO Reno2.

OPPO Reno2, yang menggunakan chipset Snapdragon 730G, menawarkan performa yang lebih baik. Selain itu, kehadiran fitur NFC pada OPPO Reno2 juga menjadi nilai tambah yang absen pada OPPO Reno3 Pro. Meskipun ponsel terbaru ini unggul dalam hal kamera, daya tahan baterai, dan kualitas layar yang lebih baik, kekurangan dalam performa membuat OPPO Reno3 Pro terasa kurang kompetitif di kelas harganya.

Dengan demikian, bagi mereka yang mengutamakan performa yang tangguh, mungkin OPPO Reno2 tetap menjadi pilihan yang lebih baik, terutama mengingat perbedaan harga yang tidak begitu signifikan.

Ponselhub.com.