Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno2
  • Rilis Agustus 2019
  • Layar 6.5" AMOLED ~401 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 8/256 GB
  • Eksternal Tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 20W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2
OPPO melanjutkan kesuksesan seri Reno dengan merilis generasi kedua, yaitu OPPO Reno2 dan OPPO Reno2 F. OPPO Reno2 hadir dengan spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan dengan saudaranya, OPPO Reno2 F.

Kelebihan OPPO Reno2 OPPO Reno2 menonjolkan sejumlah kelebihan yang dapat menjadi daya tarik bagi pengguna. Berikut beberapa poin keunggulan yang ditawarkan oleh OPPO Reno2:

Layar AMOLED yang Memukau: Dengan panel AMOLED 6,5 inci, OPPO Reno2 menawarkan pengalaman visual yang memikat. Rasio layar 20:9 dan kerapatan layar 401 ppi menambah keaslian tampilan. Proteksi Corning Gorilla Glass 6 juga memberikan kekokohan tambahan pada layar, menambah kepercayaan pengguna.

Kualitas Layar yang Tinggi: Menurut ulasan Techradar, layar OPPO Reno2 memikat dengan kecerahan tinggi dan reproduksi warna yang kuat. Kualitas tinggi layarnya menciptakan tampilan yang menyenangkan, membenarkan reputasinya sebagai layar yang sangat baik.

Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa: Ditenagai oleh baterai 4.000 mAh, OPPO Reno2 menawarkan daya tahan yang impresif. Hasil pengujian dari GSMArena menunjukkan endurance rating sebesar 102 jam. Waktu bicara, internetan, dan pemutaran video yang cukup lama menjadikan daya tahan baterainya sebagai salah satu keunggulan, meskipun bukan yang istimewa.

Teknologi Pengisian Cepat VOOC Flash Charging 20W: Kelebihan lain dari OPPO Reno2 adalah dukungan teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charging 20W. Pengujian GSMArena menunjukkan pengisian daya dari 0% hingga 40% hanya dalam waktu 30 menit, sementara pengisian penuh memakan waktu sekitar 85 menit.

OPPO Reno2 menyajikan kombinasi layar yang memukau, daya tahan baterai yang solid, dan teknologi pengisian cepat, menjadikannya pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan performa dan pengalaman pengguna yang unggul.

Desain dan Build Quality Premium: OPPO Reno2 membanggakan desain dan kualitas bahan yang tinggi. Dengan dukungan proteksi Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang, HP ini menampilkan kekokohan yang dapat diandalkan. Dengan dimensi 160 x 74.3 x 9.5 mm, desainnya terasa premium, ramping, dan memberikan kesan layaknya HP flagship.

Kualitas Foto dan Video Unggulan: OPPO Reno2 menghadirkan pengalaman fotografi yang memukau dengan empat kamera belakang. Kamera utama Sony IMX586 48 MP dengan bukaan f/1.7, kamera telefoto 13 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera monokrom 2 MP menawarkan berbagai pilihan fotografi. Hasil tangkapan menunjukkan kualitas gambar yang baik, dengan detail, dynamic range, warna, dan kontras yang memuaskan. Mode 48 MP memberikan detail ekstra yang lebih baik, sedangkan kamera telefoto memberikan hasil yang baik pada zoom 2x dan 5x. Meskipun demikian, kamera ultra-wide dinilai kurang begitu mengesankan.

Kamera depan 16 MP dengan mekanisme pop-up memberikan hasil selfie yang baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup. Rekaman video dari kamera belakang, terutama pada resolusi 4K, dianggap bagus dengan detail yang baik dan sedikit noise, menegaskan kualitas video yang memuaskan.

Performa yang Memadai: Didukung oleh chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G dengan prosesor octa-core dan GPU Adreno 618, OPPO Reno2 menampilkan performa yang memadai. Dengan proses fabrikasi 8 nm, prosesor octa-core terdiri dari dua core Kryo 470 Gold 2.2 GHz untuk kinerja dan enam core Kryo 470 Silver 1.8 GHz untuk efisiensi daya. Hasil benchmark menunjukkan nilai Antutu 214.579, sementara benchmark Geekbench mencapai 546 untuk single-core dan 1.729 untuk multi-core. Skor tes Sling Shot Extreme OpenGL dan Vulkan adalah 2.397 dan 2.272, secara berurutan. Meskipun bukan yang terkencang di kelasnya, performa ini dianggap cukup baik untuk menjalankan tugas sehari-hari dan gim seperti COD Mobile dan PUBG Mobile dengan lancar, minim frame drop.

Dukungan NFC: Menariknya, OPPO Reno2 menyajikan fitur NFC, sebuah tambahan yang patut diapresiasi di kelas harga Rp7 jutaan. Keberadaan NFC memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai keuntungan, termasuk kemudahan dalam berbagai transaksi nirkabel, seperti pembayaran digital, transfer file, dan penggunaan aksesori NFC lainnya. Kehadiran fitur ini menambah fleksibilitas penggunaan OPPO Reno2, menjadikannya lebih lengkap sebagai perangkat pintar di tengah mobilitas modern.

Kekurangan OPPO Reno2 Tentu, seperti halnya setiap perangkat, OPPO Reno2 juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

Respon Face Unlock yang Lambat: Meskipun dilengkapi dengan sensor face unlock, performa fitur ini pada OPPO Reno2 dinilai lambat menurut ulasan dari Techradar. Kamera pop-up yang digunakan pada perangkat ini disebut-sebut menjadi penyebab proses pembacaan wajah yang memakan waktu lebih lama. Sebagai alternatif, pengguna disarankan untuk lebih memilih penggunaan sensor sidik jari di layar yang dinilai lebih cepat.

Posisi Tombol Power dan Volume yang Berbeda: OPPO Reno2 memiliki penempatan tombol power dan volume yang sedikit tidak biasa. Berbeda dengan sebagian besar ponsel yang menempatkan kedua tombol tersebut pada sisi yang sama, OPPO Reno2 menempatkan tombol volume di sebelah kiri dan tombol power di sebelah kanan. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan atau kurang kenyamanan bagi pengguna yang terbiasa dengan penempatan yang lebih umum.

Harga yang Tidak Sesuai dengan Performa: Salah satu kekurangan yang diutarakan adalah harga OPPO Reno2 yang dianggap tidak sebanding dengan performa yang ditawarkan. Dengan harga resmi Rp7.999.000, meskipun kemungkinan dapat ditemukan dengan harga lebih murah secara online, beberapa pihak berpendapat bahwa chipset kelas menengah yang digunakan tidak sebanding dengan harga yang diminta. Terdapat alternatif di pasar dengan spesifikasi dan fitur yang lebih baik pada kisaran harga yang lebih rendah.

Kesimpulan OPPO Reno2 menonjol dengan sejumlah kelebihan yang menarik, terutama dalam hal layar, baterai, dan kamera. Layar AMOLED yang memukau, daya tahan baterai yang baik, dan sistem kamera yang komprehensif membuatnya menjadi pilihan menarik bagi calon pengguna. Meskipun demikian, performanya, meski cukup baik, tidak mencapai tingkat terbaik di kelasnya.

Daya tahan baterai yang mencolok menjadi nilai tambah yang patut diperhatikan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, seperti respon face unlock yang lambat dan penempatan tombol yang agak tidak biasa, OPPO Reno2 dapat menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi mereka yang membutuhkan fitur NFC, kamera yang handal, dan ketahanan baterai yang memadai.

Dengan pertimbangan ini, OPPO Reno2 dapat dianggap sebagai opsi yang layak bagi pengguna yang mengutamakan aspek layar, daya tahan baterai, dan kemampuan fotografi dalam kisaran harga yang ditawarkan.

Ponselhub.com.