Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2 F

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno2 F
  • Rilis Agustus 2019
  • Layar 6.5" AMOLED ~394 ppi
  • Chipset Mediatek MT6771V Helio P70 (12nm)
  • GPU Mali-G72 MP3
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 20W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2 F
OPPO dapat dianggap sebagai vendor ponsel yang sangat produktif, dengan kebiasaan merilis produk baru hampir setiap bulannya. Bahkan, interval waktu antar-generasi seringkali tidak terlalu jauh. Salah satu contohnya adalah seri OPPO Reno.

Seri OPPO Reno pertama kali diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2019. Kemudian, pada awal kuartal ketiga, generasi kedua dari seri OPPO Reno meluncur. Di Indonesia, generasi pertama mencakup OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom, sedangkan generasi kedua melibatkan OPPO Reno2 dan OPPO Reno2 F.

Sebelumnya, Ponselhub telah membahas OPPO Reno2. Kali ini, kita akan membahas OPPO Reno2 F yang memiliki banderol harga lebih terjangkau, sekitar Rp5 jutaan. Dengan harga yang ramah di kantong tersebut, bagaimana kinerja dan fitur yang ditawarkan oleh OPPO Reno2 F? Untuk mengetahuinya, mari kita telusuri kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno2 F berikut ini.

Kelebihan OPPO Reno2 F Mari kita mulai membahas kelebihan yang dimiliki oleh OPPO Reno2 F. Berikut adalah beberapa poin utama yang perlu diperhatikan:

Desain Elegan dan Kokoh: OPPO Reno2 F menampilkan desain yang matang dan kokoh, mirip dengan varian OPPO Reno2. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Lake Green dan Sky White. Penempatan kamera belakang secara vertikal memberikan sentuhan estetis pada desain keseluruhan. Dengan bahan berkualitas tinggi dan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang, perangkat ini memberikan kesan premium dan kokoh.

Layar AMOLED Full HD+: Layar OPPO Reno2 F berukuran 6,5 inci dengan panel AMOLED, mirip dengan OPPO Reno2. Keduanya menawarkan resolusi Full HD+, meskipun dengan perbedaan rasio dan kerapatan layar. OPPO Reno2 memiliki rasio 20:9 dan kerapatan 401 ppi, sementara OPPO Reno2 F memiliki rasio 19,5:9 dan kerapatan 394 ppi. Layar ini memberikan tampilan yang oke, berkat panel AMOLED yang terkenal lebih baik daripada IPS. Selain itu, layar HP ini fullscreen tanpa adanya notch.

Daya Tahan Baterai yang Unggul: OPPO Reno2 F dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, sebanding dengan OPPO Reno2. Meskipun kapasitas baterai ini umum, daya tahannya terbukti sangat baik dalam pengujian. Menurut pengujian Yugatech, ponsel ini mencetak skor 10 jam 40 menit pada uji PCMark dan dapat bertahan hingga 22 jam 8 menit pada pengujian video tanpa henti. Daya tahan baterai yang impresif menjadikan OPPO Reno2 F pilihan yang menarik untuk pengguna yang menginginkan performa tahan lama.

VOOC Flash Charging 20W: Salah satu keunggulan lain dari OPPO Reno2 F adalah dukungan teknologi fast charging, yaitu VOOC Flash Charging 20W. Teknologi ini juga hadir pada OPPO Reno2. Dengan pengisian cepat ini, OPPO Reno2 F dapat diisi penuh hanya dalam waktu 1 jam 15 menit, memberikan kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan sehari-hari.

Sensor Sidik Jari di Layar yang Cepat: OPPO Reno2 F dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tertanam di layar. Kecepatan respons sensor sidik jari ini tergolong tinggi dan kinerjanya sangat baik. Meskipun demikian, kekurangan mungkin terdapat pada face unlock atau sensor pengenalan wajah, yang terasa agak lambat. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh adopsi kamera depan dengan konsep pop-up.

Kualitas Audio Dolby Atmos: OPPO Reno2 F sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos, memberikan pengalaman audio yang memukau. Kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat ini tergolong menggelegar dan nyaman didengar. Fitur ini menambahkan dimensi baru dalam menikmati konten multimedia, membuat pengguna dapat merasakan detail suara yang lebih baik.

Kekurangan OPPO Reno2 F Apa saja kekurangan dari OPPO Reno2 F yang perlu diperhatikan? Simak berikut ini poin-poin kekurangannya:

Performa Menengah: OPPO Reno2 F ditenagai oleh chipset Mediatek MT6771V Helio P70 dengan Octa-core (4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-G72 MP3. Meskipun mampu menjalankan tugas sehari-hari dengan baik, performanya tergolong biasa di kelasnya. Hasil pengujian benchmark Antutu menunjukkan skor sekitar 148 ribu, angka yang tidak mencolok untuk ponsel kelas menengah. Performa dalam bermain game mungkin mengalami beberapa frame drop, meskipun pengalaman bermain gim secara keseluruhan masih dapat dinikmati.

Konfigurasi Kamera Belakang Tidak Optimal: OPPO Reno2 F hadir dengan empat kamera belakang, namun konfigurasinya berbeda dari OPPO Reno2. Tanpa kamera telefoto, hasil tangkapan kamera belakang tergolong lumayan, namun warna terkadang terasa terlalu jenuh. Pengambilan foto di kondisi cahaya rendah dapat menghasilkan gambar dengan banyak noise. Meskipun demikian, perekaman video Full HD 30 fps menunjukkan stabilitas yang baik. Kamera depan juga tidak mencolok, dengan hasil foto selfie yang cenderung terlalu terang di berbagai kondisi pencahayaan.

Tidak Dilengkapi NFC: OPPO Reno2 F tidak mendukung fitur NFC, yang bisa dianggap sebagai kekurangan mengingat beberapa ponsel sekelasnya sudah menyertakan fitur ini. Sementara OPPO Reno2 memiliki NFC, kehadiran fitur ini dihilangkan pada OPPO Reno2 F.

Posisi Tombol Power dan Volume Terpisah: Posisi tombol power dan volume pada OPPO Reno2 F terpisah, dengan tombol power di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri. Meskipun bukan kekurangan utama, konfigurasi ini memerlukan waktu untuk beradaptasi karena tidak seumum konfigurasi tombol pada sisi yang sama seperti pada beberapa ponsel lainnya.

Kesimpulan Secara keseluruhan, OPPO Reno2 F dapat dianggap sebagai ponsel yang lumayan, meskipun tidak mencapai tingkatan terbaik dalam kategori harga dan spesifikasinya. Ponsel ini tidak menawarkan fitur yang terlalu spesial, tetapi beberapa aspek tertentu mungkin tetap menarik bagi sebagian pengguna.

Meskipun tidak memiliki keunggulan yang mencolok, OPPO Reno2 F tetap bisa menjadi pilihan untuk mereka yang tertarik dengan desainnya yang menarik, kamera depan pop-up, dan layar yang cerah. Keputusan untuk membeli ponsel ini tetap tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Ponselhub.com.