Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 Pro

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno4 Pro
  • Rilis Juli 2020
  • Layar 6.5" Super AMOLED ~402 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 8/258GB
  • Eksternal Slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 65W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 Pro
Kehadiran OPPO Reno4 di Indonesia saat peluncurannya berhasil memikat hati masyarakat, dan ketertarikan pun semakin meningkat dengan munculnya varian Pro-nya.

Dibandingkan dengan versi standarnya, OPPO Reno4 yang dijual dengan harga mulai dari Rp4.999.000,-, OPPO Reno4 Pro menawarkan pengalaman yang lebih canggih dengan banderol harga Rp7.999.000,-. Dengan selisih harga sekitar Rp3 juta, OPPO Reno4 Pro menyuguhkan beragam keunggulan yang patut diperhatikan.

Kelebihan OPPO Reno4 Pro

Berikut beberapa poin menarik yang patut diperhatikan jika Anda tertarik dengan OPPO Reno4 Pro:

Layar Super AMOLED yang Jernih

OPPO Reno4 Pro menonjolkan layar Super AMOLED 6.5 inci Full HD+ yang cerah dengan ketajaman yang baik. Desain bezel tipis, punch hole untuk kamera depan, dan layar lengkung menciptakan perbandingan bodi ke layar sebesar 92,1%. Dengan kerapatan piksel mencapai 402 ppi, gamut warna 97% NTSC, dan 100% DCI-P3, layarnya memberikan visual yang memukau.

Sertifikasi TÜV Rheinland Full Care Display juga menjamin kenyamanan dan keamanan mata, sementara tingkat kecerahan mencapai 500 hingga 1.100 nits membuatnya optimal di luar ruangan pada siang hari. Selain itu, hadir dengan standar HDR10 dan dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Fast Charging

OPPO Reno4 Pro memanjakan pengguna dengan fitur SuperVOOC 2.0, menghasilkan daya pengisian 65W yang sangat cepat. Dengan kapasitas baterai 4.015 mAh, pengisian daya mencapai 60% hanya dalam waktu 15 menit, dan dari kosong sampai penuh hanya dalam 36 menit.

Ini menjadikan OPPO Reno4 Pro sebagai salah satu HP dengan fast charging terbaik di kelasnya, mengungguli pesaingnya seperti vivo X50 Pro.

Layar dengan Refresh Rate 90 Hz

Dengan refresh rate 90 Hz, layar OPPO Reno4 Pro memberikan pengalaman visual yang mulus, ideal untuk menonton film atau memainkan game berpacu tinggi seperti PUBG Mobile. Touch sampling rate 180 Hz juga memberikan respon layar yang cepat, memuaskan pengguna yang aktif dalam game mobile.

Bodi Ramping

Meskipun memiliki layar besar dan kapasitas baterai yang cukup, OPPO Reno4 Pro hadir dengan desain bodi yang ramping. Bobotnya yang ringan, hanya 161 gram, membuatnya lebih ringan dibandingkan versi reguler. Dimensi bodi yang kompak (160.2 x 73.2 x 7.7 mm) menambah daya tariknya, menunjukkan bahwa varian Pro tidak hanya canggih tetapi juga ergonomis.

Masih Menghadirkan 3.5mm Jack Audio

OPPO Reno4 Pro memberikan kejutan menyenangkan dengan tetap menyediakan port audio 3.5mm, sebuah fitur yang mulai menghilang dari banyak smartphone di kelas harga Rp7 jutaan ke atas.

Ini adalah kabar baik bagi pengguna yang menyukai kenyamanan penggunaan earphone kabel tanpa perlu mengandalkan adapter atau perangkat Bluetooth yang dapat menguras daya baterai.

Performa Quad Camera yang Tergolong Bagus

OPPO Reno4 Pro, sebagai representasi gaya hidup anak muda, tidak hanya menonjolkan desain dan performa, tetapi juga kualitas kamera yang unggul. Sistem kamera quad dilengkapi dengan lensa utama 48 MP, dilengkapi dengan fitur phase detection auto focus (PDAF), sensor berukuran 1/2.0", dan aperture f/1.7.

Selain itu, terdapat lensa ultra lebar 8 MP dengan field of view 119 derajat, serta dua lensa tambahan untuk sensor makro dan bokeh, masing-masing dengan resolusi 2 MP. Keunggulan tidak hanya pada spesifikasi fisik, tetapi juga dukungan perangkat lunak yang memperkaya pengalaman pengguna.

Contohnya, fitur AI Color Portrait dapat menghasilkan foto potret dengan latar belakang hitam putih, baik dalam pengambilan foto maupun video.

Kamera depan OPPO Reno4 Pro menggunakan sensor Sony IMX616 berkekuatan 32 MP Quad Bayer, dilengkapi dengan fitur gyro-EIS untuk perekaman video yang lebih stabil. Kualitas hasil foto yang dihasilkan dapat dilihat dari beberapa contoh sampel yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

Dilengkapi Triple Slot untuk Memori Eksternal

OPPO Reno4 Pro menyajikan kapasitas penyimpanan yang luas dengan RAM sebesar 8 GB menggunakan teknologi LPDDR4X, serta tersedia dalam dua varian memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB dengan standar kecepatan UFS 2.1.

Dengan dua opsi kapasitas memori internal yang besar tersebut, OPPO Reno4 Pro menjadi pilihan yang cocok untuk menyimpan file tambahan seperti koleksi film, video, dan lagu tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Yang menarik, meskipun memiliki memori internal yang besar, OPPO Reno4 Pro tetap menyediakan dukungan triple slot. Ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan kartu memori eksternal tanpa harus mengorbankan slot kartu SIM kedua. Dengan demikian, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan perangkat tanpa mengorbankan kemampuan menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan.

Kekurangan OPPO Reno4 Pro

Tentu, setiap perangkat pasti memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah tiga poin kekurangan yang perlu diperhatikan dari OPPO Reno4 Pro:

Tidak Dilengkapi NFC

OPPO Reno4 Pro, meskipun sejatinya dilengkapi dengan fitur NFC, sayangnya tidak semua modelnya dilengkapi dengan fitur ini di pasar Indonesia. NFC biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran eToll, dan kehadirannya cukup ramai di kota-kota besar seperti Jakarta.

Karena itu, absennya fitur NFC pada beberapa model OPPO Reno4 Pro di Indonesia bisa menjadi kekurangan terutama untuk pengguna yang aktif dalam mobilitas sehari-hari.

Tidak Ada Lensa Telefoto

Walaupun OPPO Reno4 Pro memiliki kamera yang bagus, sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan lensa telefoto yang mendukung zoom optik. Kemampuan zoom hanya sampai 5X, dan ketika zoom maksimum, kualitas gambar dapat mengalami penurunan yang signifikan.

Lensa telefoto yang tidak hadir dapat menjadi kekurangan, terutama bagi pengguna yang sering mengambil foto dari jarak jauh dan menginginkan hasil yang tetap tajam.

Kinerja Chipset Kurang Kompetitif

OPPO Reno4 Pro menggunakan chipset Snapdragon 720G, yang meskipun cukup efisien dalam konsumsi daya dan tidak mudah panas, namun dianggap kurang bersaing di kelas harga Rp7 jutaan.

Keberadaan chipset ini membuat OPPO Reno4 Pro kalah dalam performa dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang telah dilengkapi dengan chipset lebih canggih, seperti Snapdragon 730, Snapdragon 855, atau Snapdragon 865.

Bagi pengguna yang menginginkan performa lebih tinggi, OPPO Reno4 Pro 5G dengan Snapdragon 765G mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Kesimpulan

OPPO Reno4 Pro, meskipun berada di pasar harga mid-high, berhasil menonjolkan keunikan dengan tetap menyertakan port 3,5mm jack audio, suatu fitur yang mulai langka pada ponsel di rentang harga tersebut. Keberadaan ini dapat menjadi nilai tambah bagi pengguna yang masih mengandalkan earphone kabel.

Selain itu, pencahayaan layar yang baik menambah nilai positif, menjadikannya pilihan tepat untuk pengguna yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Kemampuan fast charging 65W yang sulit disaingi oleh pesaing di kelas harga yang sama juga menjadi daya tarik utama. Namun, perlu diingat bahwa performa chipset OPPO Reno4 Pro, terutama dalam membandingkannya dengan pesaing lainnya, dapat dianggap sebagai kelemahan.

Kekurangan lain yang perlu diperhatikan adalah absennya fitur NFC di ponsel dengan harga Rp7 jutaan, yang dapat menjadi kekecewaan terutama bagi pengguna yang aktif dalam mobilitas sehari-hari.

Pada akhirnya, OPPO Reno4 Pro lebih difokuskan untuk para pecinta fotografi dan content creator, sehingga aspek performa chipset mungkin bukan prioritas utama. Keputusan untuk memilih OPPO Reno4 Pro dapat bergantung pada preferensi masing-masing pengguna dan kebutuhan fotografi yang diutamakan.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn