Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno4
  • Rilis Juli 2020
  • Layar 6.4" Super AMOLED 16M Warna (~411 ppi density)
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 128/8GB RAM
  • Eksternal Slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Depan 32MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4015 mAh, Fast charging 30W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4
Beberapa bulan setelah kemunculan OPPO Reno3, perusahaan asal Tiongkok tersebut meluncurkan penerusnya yang diberi nama OPPO Reno4. Yang menarik, OPPO Reno4 ternyata hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya, OPPO Reno3, pada saat peluncurannya.

Meskipun memiliki harga yang lebih ramah di kantong, bukan berarti OPPO Reno4 kalah dalam hal fitur dibandingkan dengan pendahulunya. Mari kita telusuri berbagai kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4, sebuah ponsel yang sangat cocok untuk para fotografer dan content creator.

Kelebihan OPPO Reno4

OPPO terus berinovasi dengan menawarkan keunggulan, terutama dalam hal kamera pada OPPO Reno4. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain yang perlu dicermati. Berikut adalah poin-poin yang perlu diperhatikan:

Layar OLED yang Memikat

OPPO Reno4 menghadirkan layar berjenis OLED yang memberikan kontras dinamis tinggi, memberikan pengalaman visual yang memukau. Dengan ukuran layar 6,4 inci dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), serta rasio aspek 20:9, OPPO Reno4 memberikan tampilan yang jernih dengan kerapatan piksel sebesar 411 ppi.

Keunggulan lainnya, layar ini memiliki tingkat kecerahan puncak lokal sebesar 800 nits dan dilindungi oleh kaca Gorilla Glass 5 untuk ketahanan ekstra terhadap goresan dan benturan.

Fast Charging Unggul

Fitur VOOC Flash Charge 4.0 membawa kecepatan pengisian daya ke level baru dengan daya 30 W. Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, OPPO Reno4 dapat diisi penuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam. Kecepatan pengisian ini memberikan nilai tambah yang signifikan pada ponsel kelas menengah, memastikan ketersediaan daya yang cepat dan efisien.

Memori Internal dan RAM Besar

Dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB dan RAM 8 GB, OPPO Reno4 memberikan ruang yang cukup untuk aplikasi dan multitasking tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Teknologi UFS 2.1 menambah kecepatan akses data, sedangkan slot microSDXC memungkinkan pengguna untuk memperluas penyimpanan hingga 256 GB, menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Peningkatan Performa

Chipset Snapdragon 720G menjadi pilihan yang tepat untuk performa yang tangguh pada OPPO Reno4. Dengan delapan inti prosesor yang terdiri dari Kryo 465 Gold dan Kryo 465 Silver, serta GPU Adreno 618, ponsel ini memberikan pengalaman bermain game yang lancar.

Performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, Helio P90, tercermin dari skor AnTuTu v8 yang mencapai 270.568, menjadikannya pilihan yang solid untuk pengguna yang menginginkan kinerja lebih baik pada kisaran harga yang sama.

Hasil pengujian dari NanoReview.net dan ulasan dari GadgetIn menunjukkan bahwa OPPO Reno4 mampu menjalankan game berat seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile dengan lancar dan lebih baik dibandingkan dengan OPPO Reno3. Ini memberikan pengalaman bermain game yang lebih memuaskan bagi pengguna, membuat OPPO Reno4 menjadi pilihan yang cerdas dalam kategori ponsel harga menengah.

Quad Camera yang Kaya Fitur

Keunggulan OPPO Reno4 tak hanya terletak pada spesifikasi teknis kameranya, melainkan juga pada dukungan perangkat lunak yang mengesankan. Ponsel ini menawarkan kombinasi hardware dan software yang kuat, memberikan fleksibilitas dalam pengambilan gambar dengan berbagai mode seperti panorama, makro, dan efek bokeh.

Pada bagian belakang, OPPO Reno4 dilengkapi dengan lensa utama 48 MP yang memiliki sensor berukuran 1/2.0" dan aperture f/1.7. Fitur Phase Detection Autofocus (PDAF) memastikan penangkapan fokus objek dengan cepat dan akurat. Pengguna dapat dengan leluasa mengeksplorasi kreativitas fotografi mereka dengan kualitas gambar yang tinggi.

Selain itu, terdapat kamera ultra lebar 8 MP dengan sudut keluasan mencapai 119 derajat, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan cakupan yang lebih luas dan dramatis.

Lensa 2 MP untuk mode makro dan sensor kedalaman 2 MP menambah dimensi dan detail pada pengambilan gambar, memberikan keleluasaan dalam bereksperimen dengan berbagai gaya fotografi.

OPPO Reno4 tidak hanya menonjolkan kemampuan kamera belakangnya, tetapi juga menyajikan pengalaman fotografi selfie yang luar biasa. Dua kamera depan, 32 MP untuk pengambilan foto dan sensor AON Smart Sensor 1,2 MP, memberikan hasil foto selfie yang berkualitas tinggi dan fitur inovatif.

Pengguna dapat dengan mudah berpindah-pindah navigasi pada aplikasi tanpa perlu menyentuh layar, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih interaktif.

Fitur-fitur tambahan seperti AI Color Portrait, Monochrome Video, dan Ultra Night Selfie menambah nilai kreatifitas dalam fotografi pengguna. Kemampuan Ultra Dark Mode membantu meningkatkan kualitas foto di kondisi minim pencahayaan, sementara resolusi 4K pada kamera belakang mendukung kualitas videografi yang tinggi.

Untuk pengguna yang menyukai videografi, fitur Ultra Steady 3.0 memberikan stabilitas tinggi pada video, bahkan saat pengguna berjalan atau berlari. Fitur ini memastikan hasil video tetap lancar dan berkualitas, menjadikan OPPO Reno4 pilihan ideal untuk mereka yang ingin menjelajahi dunia kreativitas visual.

Desain Bodi yang Elegan

Salah satu keunggulan menonjol dari OPPO Reno4 terletak pada desain bodinya. Sebagai merek ponsel yang dikenal memperhatikan estetika, OPPO Reno4 menampilkan desain belakang yang elegan dan modis, dengan sentuhan tekstur doff yang memberikan kesan premium.

Desain belakangnya tidak hanya sekadar mengkilap, namun juga menciptakan efek gradasi cahaya yang menarik ketika dilihat dari berbagai sudut. Simbol O dan P yang terpadu di bagian belakang memberikan sentuhan premium dan elegan pada tampilan ponsel ini.

Tersedia dalam pilihan warna Galactic Blue dan Space Black, OPPO Reno4 menawarkan variasi yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna. Dengan menggunakan under display fingerprint, sensor sidik jari tidak terlihat di bagian belakang, menciptakan tampilan yang bersih dan memfokuskan perhatian pada konfigurasi empat kamera yang terletak memanjang ke bawah.

Dukungan untuk Menonton Netflix HD

Salah satu hal yang patut diperhatikan bagi penggemar layanan streaming seperti Netflix adalah kemampuan perangkat untuk menampilkan konten dalam resolusi HD.

OPPO Reno4 memastikan kepuasan pengguna dengan menyediakan dukungan Widevine L1, sebuah sertifikasi DRM yang memungkinkan ponsel ini menampilkan konten Netflix dalam kualitas HD yang tajam.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menikmati pengalaman menonton yang optimal, mengoptimalkan kualitas visual saat menonton film atau serial favorit.

OPPO Reno4 menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menghargai kualitas tampilan tinggi dan kepuasan dalam menikmati konten hiburan melalui layanan streaming.

Kekurangan OPPO Reno4

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli OPPO Reno4, penting untuk juga mempertimbangkan beberapa kekurangan yang mungkin menjadi pertimbangan bagi Anda. Berikut adalah beberapa poin kekurangan yang perlu diperhatikan:

Tidak Memiliki Sensor NFC

OPPO Reno4 tidak dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC). Bagi pengguna yang sering melakukan perjalanan menggunakan jalan tol atau memanfaatkan pembayaran digital, NFC menjadi fitur yang sangat berguna.

Kemampuan NFC memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi, seperti pengecekan saldo eToll atau pembayaran dengan hanya menempelkan kartu pada bodi HP. Sayangnya, kekurangan ini menjadi pertimbangan, terutama jika kehadiran NFC dianggap penting dalam aktivitas sehari-hari.

Zoom Kamera yang Terbatas

Fitur zoom kamera pada OPPO Reno4 memiliki keterbatasan, dengan maksimum zoom sebesar 5x. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan lensa telefoto khusus yang umumnya ditemui pada beberapa ponsel dengan kemampuan zoom lebih tinggi.

Bagi pengguna yang membutuhkan kemampuan zoom ekstra, misalnya untuk mengambil gambar objek dari kejauhan, keterbatasan ini dapat menjadi pertimbangan serius. Meskipun OPPO Reno4 menawarkan berbagai fitur kamera yang lain, kemampuan zoom yang terbatas dapat menjadi kendala bagi pengguna yang menekankan fungsi ini dalam penggunaan sehari-hari.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4, dapat disimpulkan bahwa ponsel ini menyajikan fitur fotografi yang inovatif di kisaran harga yang sama, meskipun kemampuan zoomnya terbatas. Harga yang lebih terjangkau, Rp4.999.000,-, membuatnya menjadi pilihan yang menarik, terutama jika dibandingkan dengan pendahulunya, OPPO Reno3, yang memiliki harga lebih tinggi tanpa peningkatan performa yang sebanding.

Fitur Air Control, meskipun awalnya dianggap sebagai gimmick, ternyata memberikan nilai tambah, terutama dalam situasi di mana jari pengguna kotor. Meski tidak dilengkapi dengan NFC, OPPO Reno4 tetap menonjol dengan desain bodi yang elegan dan layar OLED yang memukau.

Bagi yang tertarik, OPPO Reno4 telah tersedia di pasar HP Indonesia sejak 6 Agustus 2020, menawarkan kombinasi fitur fotografi yang unggul dan harga yang terjangkau.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn