Kelebihan dan Kekurangan Realme 12+ 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme 12+ 5G
Gambar Realme 12+ 5G

Spesifikasi
Rilis Februari 2024
Layar 6.7 inci AMOLED, 120Hz
Chipset Mediatek Dimensity 7050 (6 nm)
GPU Mali-G68 MC4
Eksternal Tidak tersedia slot microSD
Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
Kamera Depan 16 MP (wide)
Baterai 5000 mAh, Fast charging 67W
Harga
8/256 GB - Rp 4.200.000
Lihat Harga Terbaru
Penilaian
Desain & Material : 8.0
Kinerja : 7.4
Kamera : 7.3
Konektivitas : 6.8
Baterai : 7.3

Pada akhir Februari 2024, realme secara resmi meluncurkan realme 12+ 5G untuk melengkapi rangkaian realme 12 Series. Menariknya, Indonesia menjadi negara pertama yang menyambut kehadiran ponsel pintar ini. Dalam lini produknya, realme 12+ 5G muncul sebagai model yang paling sederhana dibandingkan dengan dua model lainnya, yakni realme 12 Pro 5G dan realme 12 Pro+ 5G.

Dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp4,1 jutaan, realme 12+ 5G menawarkan sejumlah fitur yang membuatnya menarik. Antara lain, kemampuan fotografi yang impresif, desain premium, dan kenyamanan penggunaan. Ponsel ini memberikan opsi yang terjangkau namun tetap memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Kelebihan Realme 12+ 5G

realme 12+ 5G tampil dengan sejumlah fitur menarik dalam kelas harganya. Namun, apakah ponsel pintar ini sesuai dengan kebutuhan Anda? Mari kita jelajahi beberapa keunggulan dari realme 12+ yang patut diperhatikan hingga selesai.

Performa Kamera Kelas Atas

realme 12+ 5G membawa kemampuan kamera kelas atas, meskipun tanpa sensor telefoto seperti model di atasnya, yaitu realme 12 Pro dan realme 12 Pro+ 5G. Pada bagian belakangnya, terdapat konfigurasi tiga kamera yang sangat lengkap. Kamera utamanya hadir dengan resolusi 50 MP (f/1.8) menggunakan sensor Sony LYT-600, ukuran sensor 1/1.95 inci, menjadi yang pertama di kelas harganya.

Tak hanya itu, kamera ini dilengkapi dengan fitur PDAF dan Super OIS (Optical Image Stabilization). Keberadaan OIS membantu menghasilkan foto yang tajam tanpa goyangan akibat pergerakan objek. realme juga memanfaatkan algoritma MasterShot untuk mempermudah proses pemotretan.

Untuk memperoleh ketajaman ekstra pada foto, realme menyediakan fitur 50 MP Hi-Res mode. Mode ini tidak hanya meningkatkan detail dan warna hingga 18 persen, tetapi juga meningkatkan kesan tajam pada gambar. realme 12+ 5G tidak dilengkapi dengan kamera telefoto, sehingga kamera utamanya melakukan peran ganda sebagai kamera untuk pemotretan objek jauh.

Dalam konteks ini, realme menyematkan Portrait Mode dengan kemampuan zoom in-sensor hingga 2x. Menariknya, kualitas ketajaman dan detail dipertahankan, sementara efek bokeh dan algoritma memberikan sentuhan sinematik pada foto.

Realme 12+ 5G juga berkesempatan berkolaborasi dengan Claudio Miranda, seorang master fotografi pemenang Oscar untuk kategori sinematografi terbaik di dunia. Hasil kolaborasi ini menghadirkan tiga filter unik: Journey, Memory, dan Maverick. Ketiga filter ini memberikan kombinasi warna menarik yang menciptakan kesan seolah diambil oleh seorang fotografer profesional. Nilai sinematik yang dihadirkan mencerminkan selera asli sang sinematografer.

Selain itu, realme 12+ 5G menyertakan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan focal length 16 mm dan sensor berukuran 1/4.0 inci. Dengan FoV sebesar 112 derajat, Anda dapat mengambil foto dengan cakupan luas, menangkap beberapa orang sekaligus dalam satu frame. Terakhir, kamera makro 2 MP (f/2.4) memungkinkan pemotretan dalam jarak 4 cm.

Kamera depan atau selfie realme 12+ 5G hadir dengan resolusi 16 MP (f/2.5). Meskipun kemampuan foto sudah cukup baik dengan detail dan warna yang pas, perekaman video terbatas pada 1080p 30 fps. Berbeda dengan kamera belakang yang mampu merekam hingga 4K 30 fps dengan gyro-EIS untuk stabilisasi gambar.

Desain Premium ala Jam Tangan Mewah

Kelebihan lain dari realme 12+ 5G adalah desainnya yang premium, terinspirasi oleh generasi sebelumnya, yakni realme 11 Pro Series. Desain ini mencerminkan kerjasama realme 12 Series dengan Ollivier Saveo, seorang desainer jam tangan mewah atau luxury watch terkemuka. Saveo memiliki pengalaman dalam menciptakan jam tangan mewah dari merek Swiss terkemuka, seperti Rolex, Roger Dubuis, Piaget, Breitling, dan Quinting.

Realme 12+ 5G menggabungkan simetri dan presisi sempurna dengan nilai estetika untuk menciptakan desain terbaik. Modul kamera berbentuk lingkaran yang terletak tepat di tengah bodi HP mencerminkan perhatian terhadap detail. Sebagai desainer jam tangan mewah, Saveo membawa keahliannya ke realme 12+ 5G, terlihat dari modul kamera, bodi, frame, dan detail lainnya.

Pertama, Polished Sunburst Dial memberikan 500 pola sunburst gradien yang dipadukan untuk menciptakan pola sunburst klasik ala jam tangan mewah. Bagian tengah bodi realme 12+ 5G memiliki garis atau strip unik yang disebut 3D Jubilee Bracelet. Motifnya menyerupai berlian yang dirakit dengan tekstur menyerupai tali jam tangan mewah.

Bodi realme 12+ 5G memberikan sentuhan halus seperti sutra dengan sebutan Premium Vegan Leather. Selain kenyamanan saat disentuh, bodi ini juga tahan debu dan percikan air berkat sertifikasi IP54. Terakhir, Polished PVD Edges menampilkan frame flat bertekstur logam yang mengilap.

Performa Unggul dan Efisien

realme 12+ 5G memanfaatkan chipset Dimensity 7050 sebagai tulang punggungnya. MediaTek menciptakan chipset ini dengan kinerja tangguh dan tingkat efisiensi yang luar biasa, terbukti dari fabrikasinya yang hanya 6 nm. Dimensity 7050, sebanding dengan Dimensity 1080, memiliki delapan inti CPU, termasuk dua core Cortex A78 (2,6 GHz) untuk kinerja dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensi. Dukungan grafisnya datang dari kartu pengolah Mali G68 MP4 dengan frekuensi 900 MHz.

Dengan kombinasi RAM LPDDR4x 8 GB dan internal UFS 3.1 256 GB, realme 12+ 5G mampu mencapai skor AnTuTu lebih dari 600.000. Aktivitas multitasking atau gaming berjalan lancar tanpa hambatan. Berdasarkan data dari Nanoreview, skor AnTuTu v10 mencapai 557.637 poin, dan GeekBench 6 memberikan skor 955 untuk single-core dan 2335 untuk multi-core. Meskipun begitu, skor tersebut hanyalah rata-rata, seperti yang dijelaskan oleh Tech Gyan yang menguji perangkat ini secara langsung dan mendapatkan skor AnTuTu v10 sebesar 600.678 poin.

Keunggulan gaming realme 12+ 5G didukung oleh sistem pendingin VC seluas 4356 mm kuadrat. Sistem pendingin ini menjangkau sumber panas di motherboard dengan tujuh lapisan struktur, menjaga perangkat tetap dingin dan mengoptimalkan kinerja.

Layar AMOLED yang Menakjubkan

Berbeda dari realme 12 Pro 5G dan 12 Pro+ 5G yang menggunakan layar curved, realme 12+ 5G memilih layar flat. Meskipun begitu, layar tetap menggunakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci yang memberikan pengalaman visual yang luas. Rasio layar ke bodinya mencapai 87,3 persen, sedikit lebih kecil dari layar curved.

Layar realme 12+ 5G memberikan pergerakan yang mulus dengan refresh rate 120 Hz, memberikan kenyamanan saat melakukan scrolling atau bermain game. Keunggulan terbesarnya adalah kecerahan layar hingga 2000 nit, jauh lebih tinggi dibandingkan model di atasnya yang hanya mencapai 950 nit. Hal ini membuat realme 12+ 5G ideal digunakan di luar ruangan, bahkan pada kondisi cuaca terik.

Selain kemampuannya menyala terang, realme 12+ 5G juga dapat meredupkan layarnya hingga 2 nit, menjaga kenyamanan mata saat digunakan dalam kondisi gelap. Sertifikasi TUV Rheinland untuk low blue light menambah kenyamanan mata dengan mengurangi cahaya biru pada rentang 415nm-455nm kuartik tanpa mengorbankan keseimbangan warna. Dengan demikian, penggunaan HP dapat lebih lama tanpa menyebabkan kelelahan mata.

Pengalaman Audio yang Luar Biasa dan Konektivitas Canggih

Realme 12+ 5G menawarkan pengalaman audio yang luar biasa dengan kehadiran stereo speaker yang sudah diterapkan pada dua model sebelumnya. Speaker ini mengadopsi teknologi Hi-Res dengan dukungan Dolby Atmos dan encompassing sound, memberikan pengguna pengalaman menonton dan bermain game yang lebih mendalam dengan suara yang lantang.

Dalam hal konektivitas, realme 12+ 5G memasukkan fitur NFC (Near Field Communication). NFC semakin menjadi pilihan utama dalam berbagai aktivitas, seperti transaksi digital, pengecekan dan pengisian saldo e-money, serta transformasinya menjadi kartu akses. Selain itu, dalam sektor konektivitas, perangkat ini dilengkapi dengan WiFi 6 dual-band dan Bluetooth 5.2, memberikan pengalaman internet yang lancar dan koneksi nirkabel yang stabil. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa port USB yang digunakan masih versi Type-C 2.0.

Sensor Canggih untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Realme 12+ 5G mempertahankan fitur fingerprint under-display, walaupun tidak menggunakan layar curved seperti pada model sebelumnya. Sensor fingerprint ini sebelumnya diperkenalkan pada seri realme 11 Pro, menggantikan fingerprint side-mounted yang terintegrasi dengan tombol power pada realme 10 Pro.

Selain memberikan kesan canggih, kehadiran fingerprint di bawah layar ini juga memudahkan jari pengguna untuk menjangkaunya. Realme mengklaim bahwa respons sensor ini mencapai kecepatan luar biasa, hanya 0,55 detik. Keunggulan lainnya adalah sensor ini dilengkapi dengan fitur pembacaan denyut jantung secara real-time.

Sensor lainnya pada perangkat ini juga sangat lengkap, mencakup akselerometer, proksimitas, kompas, dan gyroscope. Kehadiran sensor gyroscope menjadi poin penting, terutama bagi para gamer yang menginginkan pengalaman bermain yang lebih seru dan akurat dalam game seperti PUBG Mobile, COD Mobile, atau game balap yang mengandalkan sensor ini untuk menentukan arah rotasi perangkat.

Baterai Tahan Lama dan Pengisian Cepat

Realme 12+ 5G menawarkan pengalaman pengguna yang tahan lama berkat baterai 5000 mAh yang tertanam di dalamnya. Meskipun kapasitasnya standar untuk perangkat kelasnya, daya tahan baterai ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aktivitas sehari-hari seperti multitasking atau bermain game tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Dalam hal pengisian daya, realme 12+ 5G didukung oleh teknologi 67 W SuperVOOC Charge, sejajar dengan model di atasnya seperti realme 12 Pro 5G dan 12 Pro+ 5G. Menurut klaim resmi, perangkat ini dapat mengisi baterai hingga 50 persen dalam waktu singkat, hanya dalam 19 menit.

Sayangnya, perangkat ini tidak menyertakan fitur pengisian daya nirkabel atau pengisian daya balik. Meski demikian, realme tetap menyertakan charger 67 W di dalam kotak penjualannya, menghilangkan kebutuhan untuk membeli secara terpisah.

Paket Penjualan Komprehensif

Berbeda dari tren beberapa produsen ponsel kelas menengah hingga atas yang menghilangkan charger dari paket penjualannya, realme 12+ 5G mempertahankan kebijakan menyertakan charger dalam paket penjualan. Keputusan ini diambil demi kenyamanan konsumen yang tidak perlu repot-repot mencari charger tambahan.

Realme 12 Series, termasuk realme 12+ 5G, disertakan dengan kepala charger 67 W dalam kotaknya. Selain itu, paket penjualannya juga mencakup aksesori tambahan seperti kabel USB C, case pelindung, ejector kartu SIM, dan berbagai dokumen lainnya. Dengan demikian, realme tetap berada di sisi yang pro-konsumen dengan menyediakan paket penjualan yang lengkap dan memenuhi kebutuhan pengguna secara menyeluruh.

Kekurangan Realme 12+ 5G

Realme 12+ memang menawarkan beberapa keunggulan yang menarik, namun sebagai ponsel kelas menengah, tak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah rangkuman kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan pada realme 12+.

Keterbatasan Perekaman Video Kamera Depan

Kemampuan kamera realme 12+ 5G memang mengukuhkannya sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya, terutama pada kamera belakang. Konfigurasi ini melibatkan kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony dengan fitur unggulan yang beragam. Selain itu, kamera ultrawide juga turut melengkapi, memperluas cakupan bidikan.

Meskipun demikian, kemampuan perekaman video kamera depan masih menjadi titik yang perlu diperhatikan. Meskipun memiliki resolusi 16 MP, kualitas perekaman video terbatas pada 1080p 30 fps. Angka ini setara dengan model sebelumnya, realme 12 Pro 5G dan 12 Pro+ 5G. Bahkan, terdapat stagnasi jika dibandingkan dengan generasi pendahulu. Perhatian khusus dari realme terhadap fitur ini diharapkan pada seri-seri berikutnya.

Isu Bloatware dan Iklan Masih Ada

realme 12+ 5G berjalan dengan sistem operasi Android 14 dan antarmuka realme UI 5.0. Antarmuka ini dinilai cukup baik, bahkan melampaui beberapa pesaingnya. Meskipun demikian, isu mengenai bloatware dan iklan masih menjadi sorotan, terutama saat perangkat baru.

Namun, realme memberikan solusi yang cukup mudah dengan memungkinkan pengguna menghapus bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak diinginkan. Aplikasi sistem yang tidak diperlukan juga bisa dinonaktifkan sesuai kebutuhan. Selain itu, realme menegaskan komitmen mereka untuk memberikan dua pembaruan sistem utama dan pembaruan keamanan selama tiga tahun. Ini menunjukkan upaya realme dalam meningkatkan antarmuka perangkatnya seiring waktu. Dengan demikian, pengguna tetap memiliki kontrol penuh terhadap pengalaman menggunakan perangkat ini.

Kesimpulan

realme 12+ 5G hadir sebagai tambahan istimewa dalam lini produk realme 12 Series di pasar Indonesia. Secara tampilan, model ini mengusung kesederhanaan dengan tidak mencantumkan embel-embel "Pro" di belakang namanya. Namun, keputusan ini justru memberikan daya tarik tersendiri dengan spesifikasi yang menarik, terutama mengingat harganya yang lebih terjangkau.

Sebagai contoh, sektor kamera menjadi salah satu keunggulan utama realme 12+ 5G. Mengusung konfigurasi kamera yang komprehensif, kamera utamanya dapat diandalkan. Kolaborasi realme dengan Master Photography turut menambah nilai estetika pada hasil pemotretan, menciptakan nuansa sinematik dan profesional.

Seperti dua model di atasnya, realme 12+ 5G juga bekerja sama dengan Ollivier Saveo untuk desainnya. Meskipun menggunakan bodi dan layar datar, kesan premium tetap terpancar dengan detail tinggi ala Luxury Watch.

realme 12+ 5G membawa keunggulan dalam berbagai sektor lainnya, termasuk performa, layar 120 Hz yang imersif, daya tahan baterai yang handal, dan kelengkapan lainnya. Meski begitu, beberapa kekurangan seperti keterbatasan kemampuan kamera depan dan isu bloatware serta iklan dalam antarmuka masih menjadi perhatian.

Setelah meninjau berbagai kelebihan dan kekurangannya, apakah realme 12+ 5G berhasil memikat minat Anda? Atau mungkin Anda masih cenderung pada model Pro dengan kemampuan kamera tinggi ala ponsel flagship? Bagikan pandangan dan alasan Anda melalui kolom komentar. Kami ingin mendengar pendapat Anda!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn