Kelebihan dan Kekurangan Realme 12 Pro+ 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Realme 12 Pro+ 5G
Gambar Realme 12 Pro+ 5G

Spesifikasi
Rilis Februari 2024
Layar 6.7 inci AMOLED, 120Hz
Chipset Qualcomm SM7435-AB Snapdragon 7s Gen 2 (4 nm)
GPU Adreno 710
Eksternal Tidaak tersedia slot microSD
Kamera Belakang 50 MP (wide), 64 MP (periscope telephoto), 8 MP (ultrawide)
Kamera Depan 32 MP (wide)
Baterai 5000 mAh, Fast charging 67W
Harga
8/256 GB - Rp 6.000.000
12/512 GB - Rp 7.000.000
Lihat Harga Terbaru
Penilaian
Desain & Material : 8.2
Kinerja : 7.4
Kamera : 8.3
Konektivitas : 7.8
Baterai : 7.9

realme 12 Pro+ secara resmi melangkah ke pasar Indonesia pada tanggal 29 Februari 2024, menghadirkan serangkaian keunggulan yang menjadikannya pilihan istimewa dalam kisaran harga sekitar Rp5,9 juta. Ponsel ini mengusung beberapa keunggulan yang jarang ditemukan di antara pesaingnya, terutama dalam aspek kamera dan desain.

Dengan tetap mempertahankan "DNA" desain yang telah menjadi ciri khas realme 11 Pro+, realme 12 Pro+ memberikan sentuhan yang berbeda, menciptakan kesan dan pengalaman yang segar bagi penggunanya. Perpaduan desain yang familiar namun inovatif ini memberikan tampilan yang memukau dan menjadikan ponsel ini unik di antara pilihan di pasaran.

Kelebihan Realme 12 Pro+ 5G

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk memiliki ponsel mewah dengan keahlian fotografi unggul dan harga yang bersahabat. Inilah alasan utama mengapa realme 12 Pro+ menjadi pilihan yang menggoda. Dengan desain yang elegan dan kemampuan fotografi yang luar biasa, berikut adalah sejumlah keunggulan yang pasti membuat Anda tergoda.

Desain Keren ala Jam Tangan Mewah dengan Sentuhan Unik

Pertama-tama, saya ingin menggambarkan kesan pertama saya ketika melihat desain bodi realme 12 Pro+. Saya masih teringat betapa mengagumkannya desain pada realme 11 Pro+, dan kini, desain serupa hadir pada versi terbaru ini dengan sentuhan yang lebih unik.

Realme 12 Pro+ mempertahankan modul kamera berbentuk lingkaran di sisi tengah bodi belakang, mirip dengan pendahulunya. Namun, ada twist menarik; realme memilih konsep desain jam tangan mewah alih-alih luxury purse seperti pada realme 11 Pro+.

Untuk mencapai desain yang benar-benar unik dan premium, realme telah berkolaborasi dengan desainer jam tangan mewah berpengalaman, Ollivier Savéo. Seniman asal Prancis ini telah mengukir prestasi selama 25 tahun dalam industri pembuatan jam tangan mewah, termasuk merk terkenal seperti Rolex, Piaget, Roger Dolby, Quentin, dan Breitling.

Meskipun kontras antara identitas teknologi canggih pada smartphone dan kemewahan klasik jam tangan terasa kuat, Ollivier Savéo berhasil menggabungkannya dengan apik. Modul kamera berbentuk lingkaran pada realme 12 Pro+ dikelilingi oleh 500 efek gradasi pola sunburst, mirip dengan jam tangan mewah.

Bezel berwarna emas dengan 300 segitiga kecil menambah sentuhan kemewahan pada tampilan. Garis vertikal di bawah housing kamera, dikenal sebagai 3F Jubilee Bracelet, memberikan kesan "gelang" tali jam tangan mewah dengan pola berlian yang memikat.

Tekstur back cover menggunakan bahan kulit imitasi premium, membuat bodi belakang smartphone ini bebas dari noda sidik jari dan baret, sambil memberikan kenyamanan di tangan pengguna.

Dengan dimensi 161,5 mm x 74 mm x 8,8 mm dan bobot 196 gram, realme 12 Pro+ mungkin tidak termasuk ponsel ringan, tetapi ini wajar mengingat keberadaan komponen kamera yang penting. Layar berdesain melengkung (curved display) pada sisi depan membuat bezel di kiri dan kanan nyaris tak terlihat, memberikan kesan ringan dan ramping di tangan.

Menariknya, realme 12 Pro+ kini telah dilengkapi sertifikasi IP65, mengurangi risiko kerusakan akibat semprotan air bertekanan rendah, suatu fitur yang absen pada realme 11 Pro+. Dengan kombinasi desain elegan dan fitur canggih, realme 12 Pro+ membawa pengalaman pengguna ke tingkat baru yang memikat.

Performa Unggul Snapdragon 7s Gen 2

Ponsel realme 12 Pro+ membanggakan performa tangguhnya yang diotaki oleh Snapdragon 7s Gen 2, chipset canggih dengan fabrikasi 4 nm. Diperkenalkan perdana pada September 2023, chipset ini sebelumnya telah diterapkan pada Redmi Note 13 Pro, menggempur pasar kelas menengah.

Berada satu tingkat di bawah Snapdragon 7+ Gen 2, Snapdragon 7s Gen 2 pada realme 12 Pro+ menjadi langkah luar biasa setelah sebelumnya muncul pada Redmi Note 13 Pro 5G dan POCO X6. Saat diluncurkan pada Februari 2024, realme 12 Pro+ menyajikan keunggulan dengan chipset yang belum banyak diadopsi oleh ponsel lain.

Dengan delapan unit prosesor, termasuk empat inti performa Cortex A78 (2.4 GHz) dan empat unit hemat daya Cortex A55 (1.95 GHz), serta GPU Adreno 710, Snapdragon 7s Gen 2 membuktikan kelasnya. Dukungan konten 10-bit dan HDR, bersama dengan resolusi layar 1080p pada refresh rate 144 Hz, memberikan pengalaman visual yang luar biasa.

Realme 12 Pro+ menawarkan tiga varian memori global: RAM 8 GB/128 GB, RAM 8 GB/256 GB, dan RAM 12 GB/256 GB, semuanya didukung oleh storage tipe UFS 3.1. Berdasarkan hasil benchmark dari GSM Arena, ponsel ini mencapai skor mengesankan, seperti AnTuTu v10 dengan 660.920 poin, menegaskan posisinya dalam kelasnya.

Meskipun performa realme 12 Pro+ memenuhi ekspektasi kelas menengah, ia masih sedikit kalah dari POCO X6 Pro dalam segi harga dan skor AnTuTu v10 yang mencapai 1.396.547 poin dengan harga hanya Rp4,9 jutaan.

Sistem Pendingin Mutakhir untuk Kinerja Gaming Optimal

Realme 12 Pro+ tidak hanya menonjol dalam performa, tetapi juga membawa inovasi pada sistem pendinginnya. Dengan ruang uap seluas 3.394 mm persegi, ponsel ini mampu menjaga suhu optimal selama sesi gaming yang panjang. Sistem ini menyelimuti sumber panas dari motherboard, memungkinkan perangkat untuk menurunkan panas secara efisien, menjaga pengalaman gaming tetap lancar dan dingin.

Berbagai ulasan, seperti yang dilaporkan oleh Firstpost, menunjukkan bahwa realme 12 Pro+ memberikan pengalaman gaming yang memuaskan. Dengan frame rate tinggi tanpa lag saat memainkan game seperti Asphalt 9, ponsel ini memastikan kenyamanan bagi para pengguna yang gemar bermain game dalam waktu lama.

Layar AMOLED 6,7 Inci: Cerah, Berwarna, dan Responsif

Realme 12 Pro+ menampilkan layar OLED melengkung berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 120 Hz. Untuk meningkatkan responsivitas layar, ponsel ini dilengkapi dengan touch sampling rate 240 Hz.

Dukungan visualnya mencakup 1.07 miliar warna dan color gamut 100 persen DCI-P3. Sertifikasi pelindung mata TUV Rheinland mengurangi tingkat cahaya biru, sementara PWM dimming 2.160 Hz mengurangi redupan pada tingkat kecerahan rendah.

Dengan kecerahan maksimal hingga 950 nit dan kontras rasio 5 juta banding 1, layar realme 12 Pro+ menawarkan pengalaman visual yang luar biasa. Fitur Pro-XDR memberikan tambahan visibilitas dan detail foto HDR pada berbagai kondisi pencahayaan.

Berdasarkan pengujian GSM Arena, layar ini mencapai kecerahan hingga 802 nit pada auto brightness, sementara manual dapat mencapai 497 nit. Selain itu, teknologi O1 Video Color Boost dan rasio perbandingan bodi-ke-layar mencapai 93 persen menambah kejernihan dan detail pada tampilan SDR menjadi HDR. Inilah yang membuat realme 12 Pro+ layak diperhitungkan bagi penggemar tampilan visual yang memukau.

Triple Camera AI 50 MP dengan Teknologi Periskop

realme 12 Pro+ menghadirkan pengalaman fotografi yang mengagumkan melalui triple camera AI 50 MP yang canggih, walaupun desain belakangnya menunjukkan empat kamera. Menjadi terobosan pada realme Number series, ponsel ini membanggakan sensor kamera utama Sony IMX 890 50 MP dengan berbagai fitur unggulan seperti OIS, PDAF, bukaan f/1.8, dan panjang fokus 26 mm.

Pada sensor kamera kedua, realme 12 Pro+ mengusung kamera periskop telefoto 64 MP (Omnivision OV64B) yang mendukung pembesaran optis 2x dan in-sensor zoom 6x. Sensor ketiga adalah kamera ultrawide 8 MP dengan bidang pandang mencapai 112 derajat. Inovasi kamera periskop telefoto membawa realme 12 Pro+ pada level yang lebih tinggi, dengan kemampuan pembesaran hingga 120x atau yang dikenal sebagai Super Zoom 120x.

Keunikan lainnya adalah teknologi Omnifocal MasterShop Algorithm yang ditemani oleh Qualcomm, meningkatkan kualitas pemrosesan gambar secara signifikan. Fitur LightFusion Engine juga hadir untuk meningkatkan kedalaman dan tekstur foto pada kondisi cahaya terang dan gelap, menciptakan hasil yang tampak tiga dimensi.

Moon Mode 2.0 menjadi daya tarik tersendiri, memungkinkan pengguna menangkap gambar bulan dengan detail yang memukau. Fitur ini, umumnya eksklusif untuk ponsel flagship, memberikan realme 12 Pro+ keunggulan lebih dalam kategori menengah.

Realme 12 Pro+ menawarkan variasi zoom yang luar biasa, mulai dari 0,6x (ultrawide), 1x, 2x, hingga mencapai 120x. Teknologi canggih ini menghadirkan pengalaman zoom yang belum pernah terlihat sebelumnya pada ponsel kelas menengah. Pengujian GSM Arena menunjukkan bahwa kualitas foto zoom pada realme 12 Pro+ sangat impresif, dengan rentang dinamis yang baik dan detail yang jelas, terutama pada gambar bulan.

Meskipun kemampuan zoom hingga 120x memberikan hasil yang mengesankan, sebaiknya digunakan dengan hati-hati, karena sensitivitas tinggi kamera dapat menghasilkan noise yang signifikan pada pembesaran maksimum. Keberhasilan realme 12 Pro+ menghasilkan foto bulan yang sebanding dengan ponsel flagship dengan harga jauh lebih terjangkau patut diapresiasi.

Konektivitas Lengkap untuk Pengalaman Gaming yang Lebih Imersif

Realme 12 Pro+ tidak hanya unggul dalam fotografi, tetapi juga dalam fitur konektivitas yang beragam. NFC mempermudah transaksi digital, sementara Wi-Fi 6 menghadirkan kecepatan unduhan lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, Wi-Fi 5.

Fitur getaran realistis saat bermain game, dilengkapi dengan layar yang responsif dan sensor sidik jari yang aman, memberikan pengalaman gaming yang lebih imersif. Meskipun demikian, posisi sensor sidik jari yang sedikit terlalu rendah dapat menjadi tantangan, seperti yang dicatat oleh GSM Arena.

Dengan teknologi Antenna Array Matrix, realme 12 Pro+ menjaga koneksi jaringan tetap stabil, bahkan dalam situasi sulit sinyal. Fitur ini tidak hanya bermanfaat dalam panggilan dan pesan, tetapi juga meningkatkan kenyamanan saat bermain game online di tengah keramaian atau setelah keluar dari lift.

Dengan harga yang terjangkau sekitar Rp5 jutaan, realme 12 Pro+ berhasil menghadirkan fitur flagship dan kualitas foto yang memukau, memperkuat visi realme dalam menyediakan teknologi terdepan dalam rentang harga yang lebih terjangkau.

Baterai Super Awet 5.000 mAh, Menantang Kompetitor di Harga Serupa

Untuk menjaga daya tahan ponsel hingga akhir hari, realme 12 Pro+ dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Meskipun kapasitas ini bukan hal yang mengejutkan di kelas menengah, realme 12 Pro+ memberikan ketahanan baterai yang melampaui ekspektasi. Menurut ulasan dari GSM Arena, ponsel ini mampu mencapai skor penggunaan aktif sekitar 13 jam 24 menit.

Daya tahan baterai realme 12 Pro+ terbukti lebih unggul dibandingkan dengan pesaing sekelasnya seperti POCO F5 (11 jam 52 menit) dan Samsung Galaxy A54 (11 jam 15 menit), keduanya dengan harga serupa di kisaran Rp5 jutaan.

Penggunaan aktif realme 12 Pro+ terbagi dalam empat skenario, mulai dari panggilan telepon yang bisa bertahan hingga 34 jam 59 menit, hingga bermain game selama 6 jam 45 menit. Rata-rata, ponsel ini dapat digunakan selama 13 jam 24 menit, menggambarkan ketahanan baterai yang luar biasa.

Kecepatan Pengisian Super Cepat 67 Watt

Pada bagian pengisian daya, realme 12 Pro+ menonjolkan teknologi fast charging 67 watt yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 50 persen dalam waktu 19 menit. Meskipun menurun dari kemampuan realme 11 Pro+ yang memiliki daya 100 watt, tetap merupakan angka yang mengesankan.

Pengisian daya penuh realme 12 Pro+ memakan waktu 43 menit, sebanding dengan POCO X6 Pro yang menggunakan daya dan teknologi fast charging serupa. Sayangnya, ponsel ini kalah cepat dibandingkan Redmi Note 13 Pro+ yang hanya butuh 28 menit untuk mengisi daya penuh dengan daya 120 watt.

Suara Jernih dari Stereo Speaker, Pengalaman Audio Terbaik

realme 12 Pro+ menyajikan pengalaman audio yang luar biasa dengan adopsi stereo speaker hibrida. Earpiece di bagian atas berfungsi sebagai speaker sekunder, melengkapi speaker utama di bagian bawah. Kombinasi ini memberikan suara yang lebih kencang, jernih, dan bass yang terasa.

Dengan dukungan teknologi pemrosesan Dolby Atmos, pengguna dapat menikmati kualitas audio yang memukau. Menurut penilaian GSM Arena dengan skor -26,0 LUFS, kualitas suara speaker ponsel ini mendapat predikat "sangat bagus".

Meskipun demikian, sayangnya, realme 12 Pro+ tidak dilengkapi dengan port audio 3.5 mm. Pengguna yang ingin menggunakan earphone kabel harus menggunakan konverter tambahan, memberikan sedikit keterbatasan dalam kenyamanan penggunaan. Meski begitu, stereo speaker realme 12 Pro+ tetap menjadi keunggulan yang patut diapresiasi.

Kekurangan Realme 12 Pro+ 5G

Meskipun realme 12 Pro+ hampir menyentuh tingkat kesempurnaan untuk kategori ponsel di kelas menengah, namun tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kekurangan Pada Sertifikasi IP65

Meskipun tampilannya sangat mengagumkan, realme 12 Pro+ memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan sertifikasi IP65, yang membuatnya tahan terhadap debu dan semprotan air bertekanan rendah. Meskipun merupakan peningkatan dari pendahulunya, realme 11 Pro+, yang tidak memiliki IP Rating, namun masih kalah dengan Samsung Galaxy A54 yang sudah dibekali IP67.

Dengan IP67, Galaxy A54 dapat bertahan di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit, sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh realme 12 Pro+. Keputusan antara keduanya tergantung pada preferensi pengguna, apakah sering berada di sekitar air atau hanya memerlukan ketahanan terhadap hujan deras.

Performa Chipset Tidak Bersaing di Kelas Harga

Penggunaan Snapdragon 7s Gen 2 pada realme 12 Pro+ menawarkan kinerja yang cukup baik, cocok untuk menjalankan game berat dan aktivitas pengeditan foto dan video. Namun, sayangnya, chipset ini hanya mengalami peningkatan yang sedikit dari pendahulunya, Dimensity 7050 pada realme 11 Pro+.

Dalam perbandingan dengan pesaing di kelas harga yang sama, seperti POCO F5 dengan Snapdragon 7+ Gen 2 atau POCO X6 Pro dengan Dimensity 8300 Ultra, realme 12 Pro+ terlihat kalah. Performa bukanlah fokus utama ponsel ini, dengan daya tarik utama terletak pada desain bodi dan kemampuan kamera.

Penurunan Resolusi Kamera Utama

Meskipun dilengkapi dengan kamera telefoto periskop, realme 12 Pro+ mengalami penurunan resolusi pada kamera utama dibandingkan pendahulunya, realme 11 Pro+. Resolusi kamera utama yang turun menjadi 50 MP, dari 200 MP pada realme 11 Pro+, menjadi salah satu kekurangan yang mencolok.

Meski kemampuan ISP pada cip Snapdragon 7s Gen 2 tetap bagus, pengurangan ini mungkin dilakukan untuk mempertahankan harga yang terjangkau. Ponsel ini juga tidak dapat merekam video 4K pada 60 FPS seperti HUAWEI nova 9, yang memiliki harga serupa.

Kamera Depan dan Ultrawide Biasa Saja

Kekurangan lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan kamera depan dan ultrawide realme 12 Pro+. Keduanya terbatas pada rekaman video 1080p 30 fps dan memberikan kualitas fotografi yang cenderung standar. Jika kamera depan dan ultrawide yang hebat menjadi prioritas, pilihan lain mungkin lebih cocok.

Kesimpulan

realme 12 Pro+ memulai debutnya di pasar Indonesia pada bulan Februari 2024 dengan kisaran harga sekitar Rp5 jutaan. Ponsel ini menonjol sebagai salah satu opsi terjangkau yang telah dibekali kamera telefoto periskop, menambah daya tariknya di segmen pasar tertentu.

Keunggulan realme 12 Pro+ tidak hanya terbatas pada fitur kamera inovatif, tetapi juga melibatkan sejumlah aspek yang membuatnya sejajar dengan beberapa ponsel flagship. Salah satu fitur yang menarik adalah Moon Mode, yang memungkinkan pengguna mengambil gambar bulan dengan detail yang mengagumkan.

Desain mewah realme 12 Pro+ juga menjadi daya tarik utama. Dalam pengalaman empat tahun saya mengulas smartphone, jarang sekali menemukan merek lain yang memiliki komitmen sekuat ini dalam menarik perhatian dengan mendatangkan desainer ternama internasional. Hal ini memberikan pengguna pengalaman yang jarang ditemui di merek lain.

Meskipun demikian, realme 12 Pro+ tidak dapat dianggap sebagai ponsel yang sempurna. Terdapat penyusutan pada kamera utama dan chipset yang digunakan, yang kalah bersaing dengan beberapa pesaingnya yang memiliki kinerja yang lebih kuat. Pertanyaannya kini, apakah Anda akan memilih untuk membeli atau melewatkan realme 12 Pro+? Keputusan tersebut kembali pada preferensi dan kebutuhan Anda.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn