Kelebihan dan Kekurangan Poco M6 Pro

Gambar Poco M6 Pro
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco M6 Pro
  • Rilis Februari 2024
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 Ultra
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, Fast-charging 67W
  • Harga Rp 3.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Poco M6 Pro dan Harganya
Pernahkah Anda mendengar pepatah "ada duit, ada kuasa"? Meski begitu, memiliki kekayaan saja tidak cukup untuk menentukan pilihan terbaik. Diperlukan pemikiran matang agar Anda bisa memiliki ponsel pintar (HP) yang sesuai dengan kebutuhan Anda. POCO M6 Pro 5G hadir sebagai solusi bagi mereka yang mengutamakan fungsi daripada sekadar gengsi.

POCO M6 Pro 5G merupakan versi kembaran dari Redmi 12 5G yang diluncurkan pada bulan Agustus 2023. Meskipun berada di kelas entri, ponsel ini sesuai dengan portofolio POCO M Series yang bertempur di segmen budget phone. Namun, jangan salah sangka, POCO M6 Pro ternyata lebih dari cukup untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari.

Kelebihan POCO M6 Pro

Siapa bilang Anda perlu mengeluarkan uang ekstra untuk mendapatkan kualitas yang baik? POCO M6 Pro adalah bukti nyata bahwa ponsel yang terjangkau pun bisa sangat mumpuni. Ponsel ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan pengguna, dan memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya layak dipertimbangkan, di antaranya:

Desain yang Berani dan Kualitas Bangunan yang Bagus, Dilengkapi dengan Sertifikasi IP53

POCO M6 Pro mengusung desain yang selalu berani, dengan identitas yang mudah dikenali sejak pandangan pertama. Modul kameranya dibuat luas, lengkap dengan logo "POCO" yang tercetak dengan jelas. Meskipun tidak hadir dalam warna khas POCO, yakni kuning, Anda tetap memiliki opsi warna menarik seperti Forest Green yang mencolok dan Power Black yang kalem.

Menurut Shivangi Agarwal dari Smartprix, varian warna Power Black memberikan kesan premium berkat penutup belakangnya yang terbuat dari bahan kaca glossy. Meskipun penutup belakang glossy cenderung meninggalkan noda minyak dan sidik jari, namun hal ini bisa dengan mudah diatasi dengan mengelapnya dengan kain.

Agarwal juga mencatat bahwa POCO M6 Pro nyaman digenggam dan terasa ramping, berkat kelengkungan frame meskipun memiliki ketebalan 8,17 mm dan bobot 199 gram. Desainnya tidak menimbulkan masalah bagi pengguna, dan hal menarik lainnya adalah adanya sertifikasi IP53, yang menjadikan ponsel ini aman digunakan di luar ruangan karena tahan debu dan percikan air.

Layar Luas dengan Tampilan yang Memuaskan

Layar POCO M6 Pro selebar 6,79 inci dengan panel IPS LCD memberikan tampilan yang tajam dengan resolusi Full HD+. Dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 240 Hz, serta tingkat kecerahan hingga 550 nit, layarnya sangat responsif dan cocok untuk berbagai keperluan.

Refresh rate layarnya bersifat adaptif, turun otomatis ke 30 fps atau 60 fps sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada keluhan tentang kualitas tampilan layar POCO M6 Pro, bahkan keterbacaan teks tetap baik di bawah sinar matahari terik. Ada tiga hal menarik lainnya terkait layar ini.

Pertama, desain poni punch hole yang modern. Kedua, kaca proteksi Gorilla Glass 3 dari Corning yang membuat layar tahan terhadap goresan benda tajam. Dan yang ketiga, sertifikasi Widevine L1 menandakan kemampuan layar POCO M6 Pro untuk memutar film di aplikasi Netflix pada resolusi Full HD.

Performa Harian Optimal dan Kamera yang Berkualitas pada POCO M6 Pro

POCO M6 Pro menawarkan performa yang gesit untuk penggunaan sehari-hari serta kemampuan gaming yang memuaskan. Ditenagai oleh SoC Snapdragon 4 Gen 2 yang dirancang oleh Qualcomm, ponsel ini menawarkan performa yang sebanding dengan Snapdragon 695, tetapi dengan efisiensi yang lebih baik berkat fabrikasi 4 nm.

SoC 5G ini memiliki delapan inti CPU, terdiri dari dua inti Cortex A78 (2,2 GHz) dan enam inti Cortex A55 (2,0 GHz), serta GPU Adreno 613 dengan frekuensi hingga 955 MHz. Dengan dua konfigurasi memori yang tersedia, 4/64 GB dan 6/128 GB, varian 6/128 GB memiliki potensi performa yang lebih maksimal.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Ashish Kumar, ponsel ini mencapai skor AnTuTu 9 sebesar 445.286, meskipun skornya mungkin sedikit lebih rendah dari Redmi 12 5G karena kapasitas RAM yang lebih rendah. Namun, dalam pengujian Geekbench 6 dan CPU Throttling Test, POCO M6 Pro mencatatkan hasil yang baik dengan skor single-core sebesar 846 dan multi-core sebesar 1975 pada Geekbench 6.

Performanya tetap stabil bahkan ketika digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti membuka aplikasi, main game, atau melakukan video call. Pratima Adhikari dari kanal YouTube GadgetByte juga mencatat bahwa POCO M6 Pro mampu menjalankan game-game berat seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile dengan lancar, serta mampu menjalankan game megaberat seperti Genshin Impact meskipun dengan sedikit lag dan stutter.

Kualitas Foto yang Memuaskan dari Kamera Utama

Kamera belakang POCO M6 Pro dilengkapi dengan sensor utama 50 MP (f/1.8) dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Meskipun hanya memiliki satu kamera belakang yang penting, kamera utama ini mampu menghasilkan foto-foto yang berkualitas baik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Detail yang dihasilkan cukup tajam dan warna yang ditangkap pun cukup akurat. Kamera utama juga mampu mengenali warna kulit dengan baik. Untuk kondisi low light, disarankan untuk menggunakan mode malam untuk meningkatkan eksposur dan ketajaman foto secara keseluruhan.

Kamera depan dengan resolusi 8 MP (f/2.05) juga mampu menghasilkan foto yang lumayan meskipun kurang detail. Namun, hasilnya sudah cukup untuk digunakan di media sosial. Dengan demikian, POCO M6 Pro menawarkan pengalaman fotografi yang memuaskan bagi pengguna sehari-hari.

Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa pada POCO M6 Pro

POCO M6 Pro menampilkan baterai bertenaga 5000 mAh yang terpasang dalam bodinya. Kapasitas ini sudah menjadi standar untuk smartphone modern. Namun, penting untuk dicatat bahwa daya tahan baterai tidak hanya bergantung pada kapasitasnya.

Banyak faktor yang memengaruhi, seperti konsumsi daya SoC, komponen perangkat, dan manajemen daya sistem. Dalam uji coba, POCO M6 Pro telah menunjukkan daya tahan baterai yang luar biasa.

Penggunaan sehari-hari mulai dari aktivitas ringan hingga menengah dapat diatasi dengan baik oleh ponsel ini. Seorang pengguna, Shivangi Agarwal, melaporkan bahwa baterai masih tersisa 30 persen pada akhir hari setelah digunakan untuk berbagai kegiatan seperti browsing media sosial, menonton video, bermain game, dan menggunakan aplikasi navigasi.

Di uji coba lainnya, Ashish Kumar mencatat bahwa POCO M6 Pro dapat bertahan selama 15 jam 55 menit dalam aplikasi PCMark Battery Test, sebuah pencapaian yang mengesankan untuk ponsel di kelasnya.

Fitur-Fitur Essential yang Tersedia pada POCO M6 Pro

POCO M6 Pro memberikan kepuasan tambahan dengan menyediakan fitur-fitur penting yang seringkali langka pada ponsel kelas menengah. Fitur-fitur ini termasuk audio jack 3.5 mm dan slot microSD, yang semakin sulit ditemukan pada ponsel kelas atas.

Dengan adanya audio jack 3.5 mm, Anda dapat dengan mudah menggunakan headset kabel tanpa perlu adapter tambahan. Slot microSD memberikan fleksibilitas penyimpanan tambahan hingga 1 TB, mengingat POCO M6 Pro hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Infrared blaster juga hadir pada POCO M6 Pro, memungkinkan Anda mengendalikan perangkat elektronik lain seperti televisi atau AC dengan menggunakan ponsel ini sebagai remote.

Paket Penjualan yang Komplet

POCO M6 Pro disertakan dengan paket penjualan yang lengkap, mencakup kabel USB C, SIM ejector, casing transparan, dan kepala charger 22,5 Watt. Selain itu, terdapat kartu garansi dan panduan penggunaan yang disediakan untuk kenyamanan pengguna. Dengan demikian, konsumen tidak akan kesulitan mencari aksesori tambahan yang diperlukan.

Kekurangan POCO M6 Pro

Seperti halnya dengan ponsel kelas terjangkau lainnya, POCO M6 Pro mengalami penyesuaian di beberapa area untuk memprioritaskan kinerja optimal di bidang lainnya. Beberapa penyesuaian ini mungkin dianggap sebagai kekurangan oleh sebagian orang.

Pengisian Daya yang Kurang Cepat pada POCO M6 Pro

Meskipun POCO M6 Pro dilengkapi dengan kepala charger berdaya 22,5 Watt, ponsel hanya mampu menerima daya maksimal 18 Watt. Akibatnya, waktu pengisian baterai membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 2 jam. Dalam standar saat ini, pengisian baterai dianggap cepat jika dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 90 menit. Oleh karena itu, proses pengisian daya POCO M6 Pro dianggap kurang cepat.

Speaker Mono pada POCO M6 Pro

POCO M6 Pro hanya dilengkapi dengan satu speaker, atau disebut sebagai speaker mono. Menurut penilaian dari Shivangi Agarwal, kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker ini hanya standar. Tidak terdapat efek bass yang mencolok, dan suara terdengar datar karena tidak adanya efek stereo. Meskipun cukup lantang, menurut Pratima Adhikari, speaker tersebut tidak memadai untuk mendengarkan musik dengan kualitas yang baik. Penggunaan headset atau earphone disarankan bagi penggemar musik.

Kamera Tanpa Mode Ultrawide dan Rekaman Video yang Biasa Saja

POCO M6 Pro hanya dilengkapi dengan satu kamera belakang yang fungsional, tanpa adanya kamera ultrawide. Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi sebagian pengguna yang biasanya membutuhkan mode ultrawide untuk memotret pemandangan atau keluarga. Selain itu, kemampuan merekam video dari kamera POCO M6 Pro dinilai biasa saja. Ponsel ini tidak mampu merekam video dengan resolusi lebih tinggi dari Full HD (1080p), tidak mendukung frame rate 60 fps, dan penstabilan videonya kurang baik. Keberadaan sensor giroskop yang tidak ada menjadi salah satu penyebab utama dari ketidakstabilan rekaman video.

Adanya Bloatware pada POCO M6 Pro

Meskipun POCO M6 Pro dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 yang diatapi oleh antarmuka MIUI 14, beberapa pengguna melaporkan adanya bloatware (aplikasi pra-instal) dan iklan yang mengganggu. Meskipun demikian, beberapa aplikasi bloatware dapat dihapus untuk memberikan ruang penyimpanan yang lebih luas bagi pengguna.

Kesimpulan

Memiliki ponsel dengan dukungan 5G merupakan sebuah investasi yang berarti. Meskipun jaringan 5G belum tersedia di area Anda, membeli ponsel 5G tetap memberikan nilai tambah karena Anda dapat menikmati kinerja yang cepat dari System on Chip (SoC) yang canggih.

POCO M6 Pro menawarkan performa harian yang gesit berkat kehadiran SoC Snapdragon 4 Gen 2 yang handal. Anda bahkan dapat dengan nyaman memainkan game-game populer seperti PUBG Mobile dan COD Mobile.

Dukungan multimedia dari ponsel ini, yang dilengkapi dengan sertifikasi IP53, juga cukup memuaskan. Layar yang berkualitas, kamera utama yang mampu menghasilkan foto yang baik dalam kondisi pencahayaan yang memadai, dan daya tahan baterai yang baik, memungkinkan Anda untuk menikmati hiburan seperti menonton film dalam waktu yang lama tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Namun, perlu diingat bahwa POCO M6 Pro tidak dirancang untuk penggunaan yang sangat intensif. Selain itu, kemampuan rekaman videonya yang kurang stabil mungkin membuatnya kurang cocok untuk keperluan content creation.

Jadi, jika Anda adalah pengguna yang tidak terlalu mempermasalahkan fitur canggih namun mengutamakan kinerja yang baik untuk kebutuhan sehari-hari, POCO M6 Pro mungkin cocok untuk Anda. Apakah Anda tertarik?

Poco Poco M6 Pro
Rilis : Februari 2024
8/256 GB - Rp 3.000.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn