Kelebihan dan Kekurangan Poco X6 5G

Gambar Poco X6 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco X6 5G
  • Rilis Februari 2024
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz Dolby Vision
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 (4 nm)
  • GPU Adreno 710
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai 5100 mAh, Fast-charging 67W
  • Harga Rp 4.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Poco X6 5G dan Harganya
Pada awal tahun 2024, dunia disambut dengan kehadiran global POCO X6 5G yang resmi diluncurkan. Ponsel pintar ini memulai tahun dengan cerah, menawarkan sejumlah fitur dan spesifikasi yang mengesankan bagi pengguna kelas menengah.

Dilanjutkan dari kesuksesan POCO X5 5G pada tahun sebelumnya, POCO X6 5G hadir dengan sejumlah peningkatan yang signifikan. Mulai dari penggunaan chipset yang lebih canggih, hingga pembaruan pada speaker dan daya tahan bodinya yang lebih tangguh.

Kelebihan POCO X6 5G

Jangan sampai terlewatkan untuk mengenal keunggulan POCO X6 5G saat Anda mencari ponsel berkualitas di kisaran harga menengah. Ponsel ini memang dilengkapi dengan beragam kelebihan menarik, antara lain:

Desain Ergonomis dan Kokoh, Dilengkapi dengan Gorilla Glass Victus dan Perlindungan IP54

POCO X6 5G menawarkan desain yang sangat mengagumkan, seperti halnya dalam urusan desain, POCO memang unggul dalam meraciknya. Berbeda dengan merek lain yang mungkin memiliki desain seragam untuk seluruh lini produknya, POCO menawarkan pendekatan yang unik.

Bodi POCO X6 5G memiliki aksen hitam yang memanjang di sekitar modul kamera, mirip dengan desain pada POCO M5 dan POCO X5 5G. Meskipun demikian, tulisan "POCO" hadir dengan ukuran yang lebih kecil, memberikan kesan yang lebih subtil.

Desain bodi yang datar dan bingkai yang tipis bertujuan untuk meningkatkan grip dan kenyamanan penggunaan. Bobotnya yang ringan, sekitar 181 gram, membuatnya mudah digenggam. Bezel di sekitar layar sangat tipis, hampir tak terlihat, dengan kamera selfie berbentuk punch hole, menggantikan notch waterdrop.

Rasio layar ke bodi mencapai 89,7 persen, menunjukkan bahwa Anda tidak perlu layar melengkung untuk mendapatkan pengalaman imersif seperti yang ditawarkan oleh POCO X6 5G.

Dalam hal ketahanan, POCO X6 5G hadir dengan sertifikasi IP54, membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air. Layarnya dilapisi dengan Gorilla Glass Victus, yang biasanya hanya ditemukan pada ponsel flagship. Gorilla Glass Victus dapat mengurangi risiko kerusakan akibat jatuh, bahkan dari ketinggian dua meter.

Layar Memukau dengan Resolusi Tinggi

POCO X6 5G menampilkan layar AMOLED dengan dukungan untuk 68 miliar warna, membuatnya ideal untuk menonton film. Layarnya memiliki ukuran 6,67 inci dengan resolusi 1220 x 2712 piksel, yang lebih tinggi dari kebanyakan ponsel menengah lainnya.

Kecerahan layar dapat mencapai 500 nit secara tipikal, dengan mode HBM hingga 1.200 nit dan puncaknya hingga 1.800 nit, membuatnya sangat cocok untuk digunakan di bawah sinar matahari terang. Layar ini juga mendukung Dolby Vision, HDR10, serta memiliki refresh rate 120 Hz untuk pengalaman visual yang mulus.

Ada tiga mode warna yang tersedia, termasuk Vivid, Saturated, dan Standard, sehingga pengguna dapat menyesuaikan tampilan layar sesuai preferensi mereka. Layar ini juga mendukung Widevine L1, memungkinkan penonton menikmati konten streaming dalam resolusi tinggi.

Ulasan dari GSM Arena menunjukkan bahwa layar POCO X6 5G dapat mencapai kecerahan hingga 1.339 nit dalam kondisi pencahayaan yang cerah, serta memiliki kalibrasi warna yang sangat baik, memberikan pengalaman visual yang luar biasa bagi penggunanya.

Performa Tinggi dengan Snapdragon 7s Gen 2

POCO X6 5G telah ditenagai oleh Snapdragon 7s Gen 2, membuatnya menjadi ponsel pertama di dunia yang mengadopsi chipset ini. Snapdragon 7s Gen 2 adalah chipset kelas menengah yang menawarkan serangkaian fitur flagship dengan harga yang bersaing.

Chipset ini memiliki delapan inti prosesor, terdiri dari empat Cortex A78 (2.4 GHz) dan empat Cortex A55 (1.95 GHz). Dilengkapi dengan GPU Adreno 710, Snapdragon 7s Gen 2 memberikan pengalaman gaming yang memuaskan, didukung oleh fitur Qualcomm Game Quick Touch dan Variable Rate Shading.

Tidak hanya itu, chipset ini juga memiliki kemampuan AI yang kuat dengan Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Sensing Hub, meningkatkan pengalaman pengguna dalam navigasi dan aplikasi lainnya.

POCO X6 5G juga dilengkapi dengan storage UFS 2.2 dan RAM LPDDR4x yang cepat, memastikan kinerja yang lancar dalam menjalankan aplikasi dan gim. Dibandingkan dengan pendahulunya, POCO X5 5G yang menggunakan Snapdragon 695 5G, penggunaan Snapdragon 7s Gen 2 telah memberikan peningkatan yang signifikan dalam hal kinerja.

Sistem Kamera Canggih dengan OIS dan Kemampuan Perekaman Video

POCO X6 5G menawarkan sistem kamera yang canggih, dengan kamera utama 64 MP yang dilengkapi dengan OIS untuk hasil yang optimal bahkan dalam kondisi bergerak. Selain itu, terdapat juga kamera ultrawide 8 MP dengan FOV 118 derajat dan kamera makro 2 MP.

Kamera utama dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30 FPS dan 1080p pada 60 FPS, sementara kamera depan 16 MP mampu merekam video pada 1080p 60 FPS. Stabilisasi video gyro EIS hadir untuk memastikan hasil rekaman tetap stabil, bahkan saat bergerak.

Hasil foto dari POCO X6 5G menampilkan detail yang baik, baik dalam kondisi siang maupun malam hari. Meskipun terjadi penurunan detail pada foto ultrawide, secara keseluruhan kualitas gambar tetap memuaskan. Meskipun demikian, kamera agak kesulitan menyeimbangkan rentang dinamis pada kondisi backlight.

Kemampuan kamera POCO X6 5G tetap menjadi salah satu yang terbaik di kelas menengah, dengan kemampuan merekam video yang memuaskan dan hasil foto yang berkualitas.

Konektivitas Lengkap dengan Sensor Inframerah dan NFC

POCO X6 5G tidak hanya menonjolkan kinerja dan desainnya, tapi juga menawarkan konektivitas yang lengkap. Seperti yang dihadirkan pada sejumlah produk Xiaomi, POCO X6 5G memperhatikan kelengkapan sensor dan konektivitas pada setiap perangkatnya.

Salah satu fitur unggulan yang jarang dimiliki oleh mayoritas ponsel adalah sensor infrared blaster. Dengan port infrared ini, pengguna dapat mengontrol perangkat rumah seperti TV dan AC tanpa perlu koneksi internet.

Selain itu, POCO X6 5G juga dilengkapi dengan berbagai konektivitas modern seperti Bluetooth 5.2, NFC, dan Wi-Fi 5 dual band. Ponsel ini juga tetap menyediakan port audio 3.5 mm untuk kenyamanan pengguna dalam menggunakan earphone tanpa adapter.

Dalam hal pengisian daya, POCO X6 5G menggunakan USB-C 2.0 dengan antarmuka on-the-go, memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan perangkat penyimpanan eksternal seperti SSD dan flashdisk. Dan tentu saja, ponsel ini dilengkapi dengan berbagai sensor seperti akselerometer, giroskop, proksimitas, dan kompas.

POCO X6 5G juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tertanam di layar, memberikan pengalaman membuka kunci yang lebih alami. Bahkan, menurut informasi dari Unbox Diaries, POCO X6 5G juga dilengkapi dengan fitur pemantau detak jantung yang terintegrasi dalam sensor sidik jari.

Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging 67 Watt

Dibekali dengan baterai berkapasitas 5.100 mAh, POCO X6 5G menawarkan daya tahan yang luar biasa. Dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih tinggi dari kebanyakan pesaingnya, ponsel ini memastikan pengguna dapat menggunakan perangkat lebih lama tanpa perlu khawatir tentang kehabisan daya.

POCO X6 5G juga dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan baterai, seperti Performance Modes yang memungkinkan pengguna memilih antara penghematan baterai, keseimbangan, dan mode kinerja. Fitur Ultra Battery Saver juga tersedia untuk meningkatkan daya tahan baterai secara signifikan.

Fitur App Battery Saver memantau dan mengontrol konsumsi daya dari berbagai aplikasi dan game. Fitur Schedule Power On/Off memungkinkan pengguna untuk mengatur jadwal kapan ponsel akan menyala atau mati secara otomatis.

Selain itu, POCO X6 5G dilengkapi dengan fitur Optimized Charging untuk menjaga kesehatan baterai selama pengisian daya. Fitur Charge Counter akan menampilkan seberapa sering ponsel diisi setiap hari, sementara fitur Temperature akan memberikan informasi tentang suhu ponsel selama pengisian daya.

Untuk pengguna 5G, fitur 5G Battery Saver membantu menjaga daya tahan baterai dengan mengurangi konsumsi daya 5G dalam kondisi tertentu. Terakhir, fitur Speed Up Charging mempercepat waktu pengisian daya ketika baterai sedang rendah, meskipun disarankan untuk tidak menggunakan fitur ini terlalu sering karena dapat membuat ponsel menjadi panas.

Kualitas Audio Terbaik dengan Dual Stereo Speaker dan Dolby Atmos

Sebelumnya, POCO mungkin pernah membuat kesalahan dengan hanya menyematkan satu speaker mono pada ponsel X5 5G tahun 2023. Namun, mereka telah mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut dan memperbaikinya dengan POCO X6 5G.

POCO X6 5G hadir dengan dual stereo speaker yang ditempatkan di sisi atas dan bawah ponsel, menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas. Menurut ulasan dari Tech Advisor, suara yang diproduksi oleh speaker ini terdengar kuat dan berkualitas tinggi.

Meskipun demikian, beberapa ulasan mencatat bahwa bass pada speaker ini mungkin tidak terlalu menonjol. Namun, POCO X6 5G dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos yang memproses audio secara optimal dan memberikan pengalaman audio yang lebih memuaskan.

Dalam pengujian, POCO X6 5G mencapai skor kelantangan -26.5 LUFS, dengan predikat "baik", sejajar dengan beberapa ponsel lain seperti Samsung Galaxy A54, Redmi Note 12, dan realme 11 Pro.

Pengalaman Pengguna yang Menyenangkan dengan Software Terbaru

POCO X6 5G diluncurkan dengan MIUI 14 berbasis Android 13, menawarkan pengalaman pengguna yang menyenangkan dan intuitif. Fitur-fitur yang terdapat dalam software ini memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Salah satu fitur yang patut diperhatikan adalah kemampuan pengenalan teks secara natif dari aplikasi galeri, serta fitur Smart Devices yang memudahkan pengguna untuk terhubung dengan ekosistem perangkat Xiaomi.

Tidak hanya itu, kebanyakan aplikasi bawaan pada ponsel ini dapat dihapus, mengurangi beban penyimpanan internal. MIUI 14 juga telah dioptimalkan dengan baik untuk memastikan penggunaan memori, CPU, dan GPU yang efisien.

Yang lebih menarik, POCO X6 5G menawarkan jaminan pembaruan sistem operasi hingga tiga tahun setelah rilisnya. Ini berarti perangkat ini dapat di-upgrade hingga Android 16, dengan empat tahun masa pembaruan patch keamanan, menawarkan ketenangan pikiran bagi pengguna terkait keamanan dan fungsionalitas perangkat mereka.

Kekurangan POCO X6 5G

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli POCO X6 5G yang menawan ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Kamera Depan Tanpa Stabilisasi

Meskipun kamera depan POCO X6 5G dapat merekam video dengan kualitas 60 FPS pada resolusi 1080p, sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan fitur stabilisasi. Akibatnya, hasil rekaman video dari kamera depan dapat terlihat guncang dan kurang stabil, terutama saat merekam dalam kondisi bergerak.

Tanpa Slot Memori Eksternal

Meskipun POCO X6 5G memiliki penyimpanan internal yang besar, mulai dari 256 GB hingga 512 GB, ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Keberadaan slot memori eksternal biasanya dianggap penting untuk memudahkan pengguna dalam melakukan backup data dan penyimpanan tambahan.

Sistem Operasi Android dan Masa Pembaruan

POCO X6 5G tidak diluncurkan dengan sistem operasi HyperOS, melainkan menggunakan MIUI 14 berbasis Android 13. Meskipun menawarkan masa pembaruan Android selama tiga tahun, ponsel ini hanya akan mendukung pembaruan hingga Android 16, bukan Android 17. Hal ini perlu dipertimbangkan jika Anda menginginkan dukungan pembaruan sistem operasi yang lebih jangka panjang.

Kesimpulan

POCO X6 5G hampir mendekati kesempurnaan menurut saya. Jarang sekali kita temui ponsel kelas menengah yang menggabungkan semua fitur dalam satu paket: performa yang handal, ketahanan bodi yang ditingkatkan, kualitas suara speaker yang memukau, dan bahkan kemampuan fotografi yang andal.

Kehadiran fitur perekaman video 4K dan 1080p pada 60 FPS menunjukkan bahwa POCO memahami kebutuhan anak muda zaman sekarang. Dengan tren konten yang sedang berkembang di platform seperti TikTok dan IG Reels, ponsel ini memberikan kemampuan untuk menghasilkan video berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk ponsel flagship.

Selain itu, daya tahan baterai yang unggul didukung oleh fast charging 67 watt membuatnya ideal untuk mendukung gaya hidup pengguna yang sibuk dan dinamis. Dengan semua fitur dan kemampuan ini, POCO X6 5G adalah pilihan yang menarik bagi siapa pun yang menginginkan kinerja tinggi dalam kemasan yang terjangkau.

Poco X6 5G
Rilis : Februari 2024
12/256 GB - Rp 4.000.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn