Kelebihan dan Kekurangan Poco X6 Pro 5G

Gambar Poco X6 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Poco X6 Pro 5G
  • Rilis Februari 2024
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz HDR10+ Dolby Vision
  • Chipset Mediatek Dimensity 8300 Ultra (4 nm)
  • GPU Mali G615-MC6
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/512 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, Fast-charging 67W
  • Harga Rp 4.800.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Poco X6 Pro 5G dan Harganya
Pada awal Februari, pasar Indonesia disambut dengan kehadiran POCO X6 Pro 5G, sebagai varian unggulan dalam rangkaian POCO X6 Series. Melengkapi dengan chipset kelas menengah premium, Dimensity 8300 Ultra, model ini menawarkan performa yang tak tertandingi di kelasnya. Tak hanya itu, spesifikasi lengkap yang ditawarkan HP ini menjadikannya pilihan sulit untuk dikalahkan dalam segmen harga yang sama.

Tidak hanya menjadi HP POCO pertama yang dilengkapi dengan antarmuka HyperOS, POCO X6 Pro 5G juga memiliki sejumlah fitur menarik lainnya. Kehadirannya sebagai penerus dari POCO X5 Pro 5G menambah daya tarik tersendiri pada perangkat ini.

Kelebihan POCO X6 Pro 5G

Dengan harga yang tetap terjangkau, POCO X6 Pro 5G menyajikan rangkaian spesifikasi yang tak tertandingi. Tak hanya lengkap, kualitasnya juga dapat diandalkan untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa keunggulan POCO X6 Pro 5G yang perlu Anda ketahui.

Kinerja Tangguh Dimensity 8300-Ultra

Salah satu keunggulan yang paling ditekankan dari POCO X6 Pro 5G adalah kinerja unggul dari chipset Dimensity 8300-Ultra yang diusungnya. Label "Ultra" yang disematkan secara eksklusif di belakangnya adalah hasil kolaborasi antara MediaTek dan Xiaomi, sebagai induk dari merek POCO. Dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Dimensity 8200, chipset ini diklaim memiliki peningkatan kinerja sebesar 20 persen dan efisiensi 30 persen lebih baik.

Dimensity 8300-Ultra dibangun dengan arsitektur baru menggunakan fabrikasi 4 nm TSMC dan delapan inti CPU. Terdiri dari empat inti Cortex A715 dengan satu inti besar (3,35 GHz) untuk kinerja utama, dan tiga inti lainnya (3,20 GHz). Selain itu, terdapat empat inti Cortex A510 (2,20 GHz) untuk efisiensi energi.

Adapun untuk pengolahan grafisnya, POCO X6 Pro 5G mengandalkan GPU Mali G615 MC6. GPU ini menawarkan peningkatan kinerja hingga 60 persen dan efisiensi daya hingga 55 persen dari generasi sebelumnya.

Chipset Dimensity 8300-Ultra juga kompatibel dengan RAM LPDDR5x dan penyimpanan UFS 4.0. Versi POCO X6 Pro 5G hadir dengan RAM 112 GB dan penyimpanan 512 GB tanpa slot microSD. Meskipun begitu, kapasitas yang ditawarkan sudah cukup besar.

Dengan kombinasi tersebut, POCO X6 Pro 5G dapat memberikan kinerja yang sangat tinggi dan optimal. Bahkan, POCO sendiri mengklaim bahwa HP ini mampu mencapai skor AnTuTu hingga 1.464.228 poin. Namun, apakah klaim tersebut benar dan dapat dibuktikan?

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh GSMArena, skor yang diperoleh masih sedikit di bawah klaim. Dalam uji menggunakan AnTuTu v10, POCO X6 Pro 5G mendapatkan skor 1.396.547 poin dalam mode kinerja dan 1.321.311 poin dalam mode biasa atau non-performance mode.

Meskipun skornya sedikit di bawah klaim, skor ini tetap sangat tinggi untuk kelas harga yang sama. Terutama jika dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, yaitu Dimensity 8200-Ultra yang digunakan oleh Xiaomi 13T. Dalam mode non-performance, skor yang dihasilkan hanya 888.714 poin.

GSMArena juga melakukan pengujian menggunakan benchmark GeekBench 6. POCO X6 Pro 5G mencetak skor single-core 1.498 dalam mode kinerja dan 1.419 dalam mode non-performance. Sementara untuk multi-core, mencapai 4.696 dalam mode kinerja dan 4.369 dalam mode non-performance.

Selanjutnya, GSMArena juga menguji throttling menggunakan CPU Throttling Test. Hasilnya menunjukkan bahwa POCO X6 Pro 5G dapat mempertahankan kinerja optimal hingga 80 persen selama 20 menit per jam dalam mode biasa. Sedangkan dalam mode kinerja, terdapat sedikit penurunan menjadi 71 persen, namun masih dalam batas yang baik.

Menurut data yang dimiliki Nanoreview, skor AnTuTu v10 yang dihasilkan oleh POCO X6 Pro 5G masih belum mencapai klaimnya, hanya mencapai 1.351.755 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skor single-core mencapai 1.494 dan multi-core mencapai 4.764.

POCO X6 Pro 5G juga mendukung Ray tracing, seperti yang dibuktikan oleh JagatReview dalam video mereka yang mengujinya menggunakan 3DMark Solar Bay. Skor keseluruhan yang diperoleh adalah 4.747 dengan rata-rata frame rate 18 fps.

Dengan berbagai pengujian dan skor yang diperoleh, POCO X6 Pro 5G jelas merupakan salah satu HP yang terjangkau namun memiliki kinerja gaming yang kuat. HP ini dapat diandalkan untuk memainkan berbagai game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, COD Mobile, hingga Honkai Impact.

Harsh Gamer dalam videonya juga terkesan dengan kinerja saat bermain PUBG Mobile. POCO X6 Pro 5G menawarkan pengaturan grafis Smooth 90 fps, yang cocok untuk pengguna yang bermain secara kompetitif. Selain itu, untuk grafik Balanced, HD, dan HDR, frame rate dapat mencapai Ultra.

Selama durasi permainan 1 jam, frame rate yang ditampilkan cukup stabil. Namun, suhu yang dihasilkan setelah bermain cukup lama cukup hangat, dengan rata-rata 34,9 derajat.

Hal yang sama dirasakan oleh Luke Baker dari Trusted Review. Dia menguji POCO X6 Pro 5G dengan bermain game Genshin Impact pada pengaturan High 60 fps. Performa tetap stabil, meskipun suhu sedikit meningkat setelah bermain selama lebih dari 20 menit. Namun, hal tersebut dianggapnya masih wajar dan tidak mengganggu.

Pengalaman Antarmuka yang Keren dengan HyperOS

Salah satu fitur menarik dari POCO X6 Pro 5G adalah penggunaan antarmuka HyperOS yang memukau, menjadikannya perangkat pertama dalam seri POCO yang mengadopsi HyperOS. Berbeda dengan pembaruan biasa, HyperOS hadir secara langsung saat Anda pertama kali menghidupkan perangkat. Ini merupakan evolusi dari antarmuka MIUI milik Xiaomi.

Meskipun tidak ada perbedaan yang mencolok, HyperOS menawarkan beberapa inovasi yang membuatnya lebih menarik dibandingkan MIUI. Misalnya, tampilannya yang lebih sederhana, meskipun mungkin perlu waktu bagi pengguna untuk beradaptasi dengan susunan ikon yang baru.

Salah satu perubahan terbesar terlihat pada panel kontrolnya. Kali ini, Anda tidak akan menemukan teks pada setiap ikon, memberikan tampilan yang lebih bersih dan minimalis.

Selain itu, HyperOS memungkinkan pengguna untuk lebih mudah menyesuaikan tampilan layar kunci dan layar depan sesuai dengan preferensi mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan tampilan yang nyaman dan sesuai dengan selera mereka sendiri.

Tidak hanya itu, fitur floating windows juga menjadi lebih mudah diatur dan digunakan dengan HyperOS. Banyak fitur baru yang ditawarkan oleh HyperOS, mulai dari galeri, kamera, privasi, hingga Game Turbo. Meskipun begitu, produk asli POCO masih akan menawarkan lebih banyak lagi fitur yang beragam.

Kualitas Layar Premium Kelas Atas

POCO X6 Pro 5G menawarkan layar AMOLED kelas atas yang menakjubkan. Dengan ukuran 6,67 inci yang luas dan bezel tipis yang mengelilinginya, rasio layar terhadap bodi mencapai 90,1 persen. Meskipun ada sedikit ketidakseimbangan di bagian dagu bezel, hal ini hampir tidak terlihat saat digunakan.

Layar AMOLED ini didukung oleh berbagai fitur unggulan di kelasnya. Mampu menghasilkan lebih dari 68 miliar warna, layar ini memberikan gambar yang tajam dan cerah. Fitur HDR10+ dan Dolby Vision juga hadir untuk pengalaman visual yang lebih mendalam.

Kecerahan layar mencapai 1800 nit, memastikan tampilan tetap terlihat dengan jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung. Fitur HDR adaptif memungkinkan penyesuaian kecerahan layar untuk kenyamanan pengguna, terutama saat menonton atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Resolusi layar POCO X6 Pro 5G mencapai 1,5K atau 1220 x 2712 piksel, didukung oleh teknologi CrystalRes Display. Meskipun resolusinya hampir sama dengan WQHD+, efisiensinya mirip dengan Full HD+, menghasilkan kualitas gambar yang tajam tanpa menguras daya baterai.

Layar ini juga memiliki refresh rate hingga 120 Hz, yang dapat diatur secara otomatis untuk menghemat daya saat perangkat sedang tidak digunakan secara aktif. Namun, pengguna tetap dapat mengakses refresh rate tinggi saat diperlukan, seperti saat bermain game.

Selain itu, touch sampling rate yang tinggi mencapai 2160 Hz, dengan 16x super resolution touch control, menghasilkan respons sentuhan yang cepat dan akurat. Fitur ini sangat berguna untuk bermain game yang memerlukan reaksi cepat dan gerakan presisi.

Fitur layar yang ramah bagi mata juga tersedia, dengan kemampuan penyesuaian kecerahan hingga 1920 Hz PWM. Fitur ini memberikan perlindungan tambahan saat menggunakan perangkat dalam kondisi pencahayaan rendah.

Konfigurasi Kamera Komprehensif dan Handal

POCO X6 Pro 5G menawarkan konfigurasi kamera yang cukup lengkap untuk kelasnya. Dengan kamera utama 64 MP (f/1.7) menggunakan sensor OmniVision OV64B, perangkat ini menghadirkan kualitas gambar yang tajam dan detail. Diperkuat dengan fitur PDAF dan OIS, pengambilan gambar pun menjadi lebih stabil, bahkan saat melakukan zoom, meskipun tanpa kamera telefoto.

Kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan sensor OmniVision OV08D memberikan perspektif yang luas dengan detail yang baik. Sedangkan kamera makro 2 MP (f/2.4), meskipun sebagai pelengkap, tetap memberikan variasi dalam fotografi.

POCO X6 Pro 5G juga mampu merekam video hingga resolusi 4K dengan 24/30 fps, atau 1080p dengan 60 fps untuk gerakan yang lebih halus. Dengan fitur gyro-EIS, stabilitas video tetap terjaga, bahkan dalam situasi gerakan.

Untuk kamera depan, terdapat kamera selfie 16 MP (f/2.4) yang mampu merekam video hingga 1080p dengan 60 fps, menawarkan kemungkinan yang jarang ditemukan dalam kelas harga serupa.

Kualitas pemotretan dari POCO X6 Pro 5G diuji oleh GSMArena, memberikan gambaran tentang kemampuan kameranya. Hasilnya, kamera utamanya mampu menghasilkan detail yang baik dengan warna yang tajam. Meskipun demikian, keseimbangan warna cenderung hangat, meskipun saturasinya tetap bagus.

Untuk pemotretan malam hari, kamera utama menunjukkan kinerja yang impresif dengan penanganan bayangan yang baik dan tingkat noise yang terkontrol. Mode malam dan mode potret juga memberikan hasil yang memuaskan, dengan deteksi subjek yang baik dan keburaman yang halus.

Kamera selfie juga mampu menghasilkan gambar berkualitas dengan warna kulit yang natural dan halus.

Baterai Tahan Lama dengan Turbo Charging

POCO X6 Pro 5G tetap mempertahankan kapasitas baterai 5000 mAh dari generasi sebelumnya, memberikan ketahanan yang baik untuk penggunaan sehari-hari. Diklaim mampu bertahan hingga 19 jam untuk menonton video, 50 jam untuk mendengarkan musik, dan 29 jam untuk menelepon.

Dengan 67 W Turbo Charging, pengisian daya penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, sesuai klaimnya. Dalam pengujian GSMArena, waktu pengisian yang tercatat bahkan lebih cepat, hanya 43 menit untuk pengisian penuh, sementara dalam waktu 30 menit, baterai terisi hingga 83 persen.

Desain Premium dengan Kualitas Build yang Tangguh

POCO X6 Pro 5G mempertahankan ciri khas desain POCO dengan modul kamera yang mencolok di bagian belakang. Modul kamera lebar menampilkan empat lingkaran rapi yang mengandung kamera dan LED flash, disertai dengan logo "POCO" dan "64MP OIS" di sebelahnya. Desain ini memberikan kesan premium, terutama dengan sentuhan lengkungannya.

Tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Hitam, Abu-abu, dan Kuning, POCO X6 Pro 5G menawarkan pilihan yang menarik. Varian Kuning menonjolkan kesan mewah dengan bahan kulit, sementara varian lainnya menggunakan plastik. Meskipun begitu, varian Hitam dan Abu-abu cenderung meninggalkan bekas sidik jari, yang dapat diatasi dengan menggunakan case.

Varian Kuning, dengan lapisan silikon polymer dari kulit eco, menawarkan tekstur yang unik dan kebersihan yang lebih baik karena tidak meninggalkan bekas sidik jari. Dengan sertifikasi IP54, POCO X6 Pro 5G tahan terhadap debu dan percikan air, menambah daya tahan perangkat dalam berbagai kondisi.

Meskipun sedikit lebih tebal dan berat dibandingkan pendahulunya, POCO X6 Pro 5G tetap nyaman digenggam dengan dimensi 160,45 x 74,34 x 8,25 mm dan berat 186 gram. Varian Kuning dengan tekstur yang khas memberikan pengalaman yang menyenangkan saat digunakan.

Kelengkapan Sensor dengan Fingerprint Under Display

POCO X6 Pro 5G menawarkan kelengkapan sensor yang memadai, termasuk sensor fingerprint yang ditempatkan di bawah layar. Ini memberikan kesan yang modern dan mudah digunakan, bahkan dalam kondisi gelap. Selain itu, terdapat sensor lain seperti akselerometer, kompas, dan gyro yang meningkatkan pengalaman pengguna, terutama saat bermain game.

Meskipun demikian, sensor proksimitas masih menggunakan metode virtual, yang berfungsi untuk mencegah sentuhan tak disengaja saat menelepon. Meskipun demikian, kelengkapan sensor ini menambah nilai fungsionalitas perangkat.

Konektivitas Terbaru dan Lengkap

POCO X6 Pro 5G menawarkan konektivitas yang terkini dan lengkap, memenuhi kebutuhan pengguna modern. Dengan dukungan jaringan 5G, pengguna dapat menikmati kecepatan internet yang maksimal, memberikan pengalaman yang lancar dan responsif dalam menjelajahi internet dan menggunakan aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi.

Selain itu, POCO X6 Pro 5G dilengkapi dengan fitur Infrared yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat ini sebagai remote kontrol untuk berbagai perangkat lain. NFC juga hadir untuk memudahkan berbagai aktivitas, seperti pembayaran nirkontak dan pertukaran data cepat antarperangkat yang kompatibel.

Dukungan WiFi 6 memastikan konektivitas nirkabel yang cepat dan stabil, bahkan di lingkungan dengan banyak perangkat yang terhubung. Bluetooth versi 5.4 memungkinkan koneksi yang kuat dan stabil dengan perangkat audio dan aksesori lainnya.

Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Meskipun POCO X6 Pro 5G memiliki banyak kelebihan, tidak ada perangkat yang sempurna. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

Kekurangan Bypass Charging

Salah satu aspek yang mungkin terlewat dari POCO X6 Pro 5G adalah absennya fitur bypass charging. Hal ini cukup penting karena HP ini menonjol dalam performa gaming di kelasnya. Bypass charging memungkinkan aliran daya listrik langsung ke mainboard tanpa melalui baterai, memungkinkan pengguna untuk bermain game sambil mengisi daya tanpa merusak baterai.

Stabilisasi Video Kurang Optimal dan Batasan Kamera Ultrawide

Meskipun kemampuan kamera POCO X6 Pro 5G cukup baik, ada kekurangan dalam rekaman video. Menurut GSMArena, stabilisasi video pada kamera utama kurang optimal, terutama saat merekam dalam gerakan. Selain itu, kamera ultrawide 8 MP hanya mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada 30 fps, tidak mencapai resolusi 4K seperti kamera utama.

Catatan Terhadap HyperOS

HyperOS, sebagai antarmuka terbaru pada POCO X6 Pro 5G, juga memiliki beberapa kekurangan. Masih ada iklan dan bloatware yang sulit diidentifikasi karena menyatu dengan antarmuka. Pengguna harus lebih berhati-hati saat mengeklik untuk menghindari terperangkap oleh iklan. Fitur Always on Display (AoD) pada HyperOS juga belum berfungsi secara optimal, hanya menyala selama 10 detik saat HP dimatikan. Beberapa kekurangan lainnya mungkin juga akan ditemui karena HyperOS masih baru dan memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Kesimpulan

POCO X6 Pro 5G menonjol sebagai salah satu ponsel POCO dengan performa yang sangat tinggi. Ditenagai oleh chipset Dimensity 8300-Ultra dan didukung oleh kapasitas memori yang luas, ponsel ini menawarkan kinerja optimal bahkan dalam penggunaan jangka panjang.

Fitur Ray tracing yang ada pada POCO X6 Pro 5G meningkatkan realisme gambar dalam game, tetapi kekurangan bypass charging pada teknologi pengisian dayanya sedikit mengurangi daya tariknya sebagai ponsel gaming di kelasnya.

Keberadaan HyperOS sebagai antarmuka baru pada POCO X6 Pro 5G memberikan pengalaman yang menarik, meskipun masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, seperti adanya iklan dan bloatware.

Ponsel ini dilengkapi dengan sejumlah spesifikasi lengkap yang sulit ditandingi, mulai dari layar AMOLED cerah dengan resolusi 1.5K CrystalRes Display, konfigurasi kamera lengkap dengan OIS, hingga fingerprint di bawah layar yang canggih. Fitur Turbo Charging 67 W juga memungkinkan pengisian baterai dalam waktu singkat.

Tersedia dalam berbagai varian warna menarik, terutama Yellow yang menggunakan material leather menyerupai kulit jeruk, POCO X6 Pro 5G juga memiliki desain kokoh dengan sertifikasi IP54 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air.

Dengan harga yang terjangkau, POCO X6 Pro 5G menawarkan kombinasi fitur dan performa yang menarik perhatian. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik dengan ponsel terbaru dari POCO ini? Silakan berikan tanggapan dan alasan Anda di kolom komentar.

Poco X6 Pro 5G
Rilis : Februari 2024
12/512 GB - Rp 4.800.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn