Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y100 5G

Gambar Vivo Y100 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Vivo Y100 5G
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm)
  • GPU Adreno 613
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai 5000 mAh, Fast-charging 80W
  • Harga Rp 3.900.000-4.200.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y100 5G dan Harganya
Pada awal Januari 2024, vivo Indonesia menggebrak pasar dengan peluncuran vivo Y100 5G, yang menandai debut menarik perusahaan di tahun baru ini. Berbeda dari varian yang beredar di Tiongkok dan India, vivo Y100 5G versi Indonesia menawarkan sentuhan unik yang membuatnya menjadi perangkat yang patut diperhitungkan.

Keunggulan vivo Y100 5G Indonesia sungguh mencolok, membuatnya layak mendapatkan tempat di antara perangkat vivo V Series yang lebih tinggi kelasnya. Desainnya yang memukau, layar AMOLED dengan kecerahan mencapai 1200 nit, dan garansi baterai selama 4 tahun menjadi sebagian dari banyak alasannya.

Dengan kombinasi fitur-fitur canggih dan inovatif, vivo Y100 5G Indonesia menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa, memuaskan kebutuhan akan perangkat yang stylish dan handal secara bersamaan.

Kelebihan vivo Y100 5G

Berikut ini adalah delapan alasan yang saya yakini membuat vivo Y100 5G layak dibawa pulang:

Desain Bodinya yang Trendi dengan Sentuhan Kulit Fiber

Desain bodi belakang vivo Y100 5G sangat menarik, terutama dengan nuansa yang mirip dengan vivo V27 5G, namun dengan sentuhan yang lebih premium. Varian Ungu Anggrek memiliki bodi belakang yang menggunakan kulit fiber atau kulit sintetis, memberikan kesan yang sangat menyenangkan baik secara visual maupun saat digenggam. Tekstur khas dari Anti Stain Coating membuatnya terasa tidak licin, berbeda dengan HP lain yang biasanya menggunakan plastik atau kaca.

Vivo mengklaim bahwa ini adalah pertama kalinya mereka menggunakan material kulit fiber dalam desain ponsel mereka. Varian warna Ungu Anggrek menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya, sementara varian Hitam Onyx memberikan kesan yang lebih tenang. Meskipun varian Hitam Onyx menggunakan plastik polikarbonat biasa sebagai material bodinya, namun tetap tidak meninggalkan noda sidik jari.

Secara dimensi, vivo Y100 5G sangat ergonomis dengan ketebalan hanya 7,79 mm dan bobot ringan 185,5 gram untuk varian Hitam Onyx. Selain itu, bodi HP ini memiliki rating IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan cipratan air dari berbagai arah.

Layar AMOLED yang Terang dengan Kecerahan 1200 nit

Layar 6,67 inci berpanel AMOLED pada vivo Y100 5G menawarkan pengalaman visual yang luar biasa. Dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan refresh rate 120 Hz, layar ini sesuai dengan preferensi pengguna masa kini. Desainnya dengan punch hole atau "Ultra O Screen" memberikan tampilan yang modern dan menarik. Ini adalah pertama kalinya seri Y dari vivo menggunakan layar AMOLED, yang menjamin kualitas tampilan yang tidak diragukan lagi.

Warna yang cemerlang, baik hitam maupun putih, membuatnya cocok untuk menonton video, menggunakan media sosial, atau bermain game dengan nyaman. Keunggulan lainnya adalah tingkat kecerahan layar yang mencapai 1200 nit, memastikan tampilan tetap jelas bahkan di bawah sinar matahari terang. Selain itu, layar vivo Y100 5G juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di dalamnya, memudahkan pengguna dalam membuka kunci ponsel tanpa harus repot menggunakan pemindaian wajah.

Pengalaman Audio yang Luar Biasa dengan Speaker Stereo

Keunggulan lain dari vivo Y100 5G adalah kehadiran speaker stereo, yang terletak satu di bagian bawah dan satu lagi bersatu dengan earpiece di bagian atas. Dengan konfigurasi speaker stereo ini, pengguna dapat menikmati pengalaman audio yang mendalam dan memikat, meningkatkan keseluruhan kualitas hiburan.

Menurut ulasan dari Legawa Gadget, kualitas suara dari speaker vivo Y100 5G sangat baik, dengan suara yang jernih meskipun bass-nya cenderung minim. Performa speaker ini mencukupi untuk kegiatan mendengarkan lagu dan menonton video, memberikan pengalaman audio yang memuaskan.

Kinerja Tangguh dengan Snapdragon 4 Gen 2

vivo Y100 5G didukung oleh Snapdragon 4 Gen 2 dari Qualcomm, menjadikannya smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan chipset ini. Snapdragon 4 Gen 2 sebenarnya memiliki kesamaan dengan Snapdragon 695, namun dengan perbedaan utama pada proses fabrikasinya. Snapdragon 4 Gen 2 dibuat melalui fabrikasi 4 nm Samsung, sementara Snapdragon 695 menggunakan fabrikasi 6 nm TSMC.

Chipset ini membawa CPU delapan inti, terdiri dari dua Cortex A78 (2,2 GHz) dan enam Cortex A55 (2,0 GHz). Dilengkapi dengan unit pengolah grafis Adreno 613 (dua inti, 955 MHz), modem 5G, ISP, dan prosesor AI, Snapdragon 4 Gen 2 memberikan performa yang tangguh.

Dalam kombinasi dengan RAM LPDDDR5 sebesar 8 GB dan memori internal UFS 256 GB, vivo Y100 5G memberikan respons cepat dan lancar dalam membuka aplikasi, berpindah antar aplikasi, dan melakukan aktivitas sehari-hari. Meskipun tidak ditujukan untuk gim berat, Snapdragon 4 Gen 2 mampu menjalankan gim kasual dan kompetitif dengan baik. Hasil pengujian dengan AnTuTu 10 menunjukkan skor sekitar 417.200, sementara skor Geekbench 6 mencapai 915 untuk singlecore dan 2119 untuk multicore, memberikan gambaran yang baik mengenai kinerja vivo Y100 5G.

Sistem Kamera yang Komprehensif

vivo Y100 5G menawarkan tiga kamera belakang yang menyeluruh. Terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, autofocus), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan sensor kedalaman 2 MP. Sementara itu, di bagian depan, terdapat kamera 8 MP (f/2.0). Keberadaan kamera ultrawide menjadi nilai tambah yang patut diapresiasi, terutama dalam segmen harga Rp3 jutaan.

vivo menyematkan beragam fitur pada aplikasi kamera HP ini, termasuk mode malam, potret, HDR, panorama, slow motion, dual-view, live photo, dan mode profesional. Mode malam dapat digunakan di semua kamera, sementara untuk perekaman video, semua kamera (kecuali sensor kedalaman) mampu merekam hingga resolusi 1080p 30 FPS. Fitur penstabilan video (EIS) tersedia untuk kamera belakang.

Menurut pengamatan dari kanal YouTube Sobat Van, kamera vivo Y100 5G mampu menghasilkan foto yang memuaskan, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Meskipun tata cahaya mungkin tidak optimal pada kamera utama, mode malam dapat mengatasi masalah tersebut. Kualitas yang baik juga terlihat pada kamera ultrawide dan kamera depan. Untuk rekaman video, kualitasnya cukup baik dengan stabilisasi yang efektif dan rekaman suara yang jelas berkat mikrofon ganda.

Namun, dalam kondisi cahaya rendah, terdapat sedikit noise dan jitter pada rekaman video, serta kualitas detail dan warna yang biasa saja, tanpa mencolok.

Daya Tahan Baterai yang Unggul, Garansi 4 Tahun

vivo Y100 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari. Menurut tes dari Jagat Review, baterai ini mampu bertahan hingga 23 jam 28 menit dalam skenario pemutaran video lokal (1080p), dengan satu kali pengisian.

Selain memiliki daya tahan yang baik, baterai HP ini juga menawarkan garansi selama 4 tahun dari vivo, memberikan kepercayaan tambahan kepada pengguna terkait usia pakai baterai. vivo Y100 5G juga didukung oleh teknologi fast charging 80 Watt, yang memungkinkan pengisian daya cepat dalam waktu singkat, hanya 43 menit untuk mengisi dari 0 hingga 100% menggunakan charger bawaan 80 Watt.

Sensor Lengkap dengan NFC Multifungsi

vivo Y100 5G dilengkapi dengan beragam sensor, termasuk akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, giroskop fisik, dan pemindai sidik jari di dalam layar. Keberadaan sensor giroskop fisik memberikan manfaat tambahan dalam penstabilan video elektronik dan meningkatkan pengalaman bermain gim seperti PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile, terutama bagi mereka yang mengandalkan orientasi perangkat untuk mengendalikan permainan.

Yang menarik dari vivo Y100 5G adalah kehadiran NFC multifungsi, yang memungkinkan perangkat ini untuk melakukan pengecekan saldo dan pengisian saldo kartu e-money dengan mudah. Cukup dengan menyentuhkan kartu e-money ke bagian belakang perangkat, pengguna dapat melihat saldo kartu tersebut langsung di layar. Pengisian saldo juga dapat dilakukan melalui dompet digital atau rekening bank yang terhubung dengan perangkat.

Paket Penjualan yang Komprehensif

vivo Y100 5G disertakan dengan paket penjualan yang lengkap, termasuk softcase, SIM ejector, kabel USB-C, dan charger 80 Watt. Selain itu, vivo juga menyertakan screen protector yang sudah terpasang di layar perangkat. Kelengkapan aksesori ini merupakan nilai tambah yang signifikan, memastikan pengguna mendapatkan semua yang mereka butuhkan dari awal tanpa perlu mencari aksesori tambahan dari pihak ketiga yang mungkin kualitasnya kurang memuaskan.

Kekurangan vivo Y100 5G

Berikut adalah empat poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli vivo Y100 5G, yang mungkin merupakan kekurangan dari perangkat tersebut:

Tidak Mendukung Rekaman Video 60 FPS

Satu kekurangan dari vivo Y100 5G adalah ketidakmampuannya untuk merekam video dengan frame rate 60 FPS. Meskipun fitur ini tidak menjadi prioritas utama bagi semua pengguna, beberapa kompetitor di kelas harga yang sama telah menyematkan kemampuan perekaman 60 FPS, memberikan pengguna lebih banyak opsi dalam menciptakan konten video yang lebih halus.

Kehilangan Colokan Audio Jack 3.5 mm

Vivo Y100 5G tidak dilengkapi dengan colokan audio jack 3.5 mm, yang dapat menjadi kekurangan untuk mereka yang masih menggunakan earphone atau headset dengan kabel. Meskipun pengguna masih dapat menggunakan konverter USB-C ke audio jack, kehilangan audio jack menjadi pembatasan yang patut diperhatikan, terutama bagi mereka yang lebih memilih konektivitas kabel.

Frame dengan Finishing Glossy

Desain frame pada vivo Y100 5G menggunakan finishing glossy, yang dapat membuat perangkat lebih rentan terhadap kotoran, minyak, dan sidik jari. Terutama pada varian warna Hitam Onyx, pemilik perangkat mungkin perlu sering membersihkan ponsel agar tetap terlihat bersih. Pilihan finishing glossy ini mungkin tidak disukai oleh mereka yang menginginkan tampilan yang lebih tahan terhadap noda.

Bloatware dan Notifikasi Aplikasi Bawaan

Ketika pertama kali menghidupkan vivo Y100 5G, pengguna mungkin akan menghadapi bloatware atau aplikasi tambahan yang ditawarkan oleh vivo. Meskipun ini umum dalam banyak perangkat, beberapa pengguna mungkin tidak menghargai pengalaman ini. Selain itu, adanya notifikasi dari aplikasi bawaan dapat menjadi gangguan, meskipun notifikasi ini dapat dimatikan jika dianggap mengganggu. Pengguna perlu memeriksa dan menyesuaikan pengaturan perangkat saat pertama kali digunakan untuk menghindari kejutan ini.

Kesimpulan

vivo Y100 5G, yang dirilis di Indonesia pada Januari 2024 dengan harga Rp3.899.000 untuk varian 8/128 GB dan Rp4.199.000 untuk varian 8/256 GB, menawarkan sejumlah fitur menarik. Desainnya yang menggunakan kulit fiber memberikan sentuhan yang unik dan menjadi sorotan utama. Dengan ketahanan terhadap debu dan percikan air, serta layar AMOLED yang cerah, speaker stereo, dan penyimpanan yang luas, perangkat ini cocok untuk penggunaan hiburan sehari-hari. Selain itu, adanya slot microSD memungkinkan pengguna untuk melakukan ekspansi ruang penyimpanan.

Kelebihan lainnya adalah daya tahan baterai yang baik, pengisian daya cepat, performa yang memadai, sensor lengkap, dan dukungan NFC, menjadikan vivo Y100 5G hampir menjadi pilihan "all-rounder". Namun, kekurangan utamanya terletak pada sektor kamera, di mana hasil rekaman videonya tidak selalu memuaskan dan tidak mendukung perekaman video dengan frame rate 60 FPS. Meskipun demikian, untuk pengguna yang tidak terlalu sering menggunakan fitur perekaman video, kamera vivo Y100 5G masih dapat diandalkan.

Dapat disimpulkan bahwa vivo Y100 5G cocok untuk mereka yang mengutamakan desain dan fungsionalitas. Apakah Anda tertarik dengan perangkat ini? Bagikan pendapat Anda mengenai vivo Y100 5G di kolom komentar di bawah!

Vivo Y100 5G
Rilis : Januari 2024
8/128 GB - Rp 3.900.000
8/256 GB - Rp 4.200.000
[Lihat Update]
Beli di Shopee