Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S24

Gambar Samsung Galaxy S24
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S24
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.2 inci Dynamic LTPO AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Exynos 2400 (4 nm)
  • GPU Xclipse 940
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/512 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 10 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4000 mAh, PD 3.0 25W
  • Harga Rp 14.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S24 dan Harganya
Samsung Galaxy S24 baru saja diperkenalkan melalui acara Galaxy Unpacked 2024 dan kabar baiknya, perangkat unggulan ini telah resmi hadir di Indonesia. Dengan harga Rp13.999.000 untuk varian RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, Samsung juga memberikan promosi menarik dengan kesempatan untuk mendapatkan model dengan kapasitas penyimpanan dua kali lipat tanpa tambahan biaya.

Galaxy S24 menawarkan kinerja kamera yang mengesankan dan berbagai fitur canggih untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, penting untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan dari perangkat ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S24

Dibuka dengan kecanggihan terbaru, Samsung Galaxy S24 tampil sebagai flagship unggulan yang menawarkan serangkaian kelebihan istimewa. Berikut ulasan lengkapnya:

Chipset Generasi Terbaru

Galaxy S24 membawa chipset Samsung Exynos 2400, sebuah pembaruan yang signifikan dari versi sebelumnya. Dengan sepuluh inti berkecepatan hingga 3,2GHz dan arsitektur ARM Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520, chipset ini menawarkan kinerja CPU hingga 1,7 kali lebih baik daripada Exynos 2200. GPU Samsung Xclipse 940 dari AMD RDNA 3 meningkatkan kemampuan pemrosesan grafis. Dengan fabrikasi 4nm, chipset ini juga memastikan manajemen termal yang baik, ditingkatkan oleh teknologi Fan-out Wafer Level Package (FOWLP).

Layar Menawan

Layar Galaxy S24 tetap menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X, tetapi dengan peningkatan spesifikasi. Fitur refresh rate adaptif dengan rentang 1 hingga 120Hz membantu hemat daya dan menyajikan animasi yang mulus. Kecerahan layar yang mencapai 2.300nits membuat tampilan lebih cerah dan nyaman di bawah sinar matahari. Meskipun ukurannya hanya meningkat sedikit menjadi 6,2 inci, layar ini masih mempertahankan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan dilindungi oleh Corning Gorilla Victus 2 untuk ketahanan terhadap goresan.

Dukungan AI Unggulan

Samsung Galaxy S24 membawa inovasi besar dengan memperkenalkan sistem kecerdasan buatan bernama Galaxy AI. Dukungan ini menghadirkan serangkaian fitur cerdas yang dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna dengan memanfaatkan chip AI di dalam ponsel dan komputasi awan. Salah satu fitur unggulan Galaxy AI adalah Circle to Search. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari informasi dari objek dalam gambar dengan membuat lingkaran di sekitarnya, yang akan menghasilkan hasil pencarian Google yang relevan.

Selain itu, Galaxy AI juga menyajikan fitur Live Translate, memudahkan pengguna untuk menerjemahkan bahasa secara otomatis, terutama saat berbicara dengan orang dari negara lain melalui panggilan telepon, sehingga komunikasi menjadi lebih lancar.

Fitur bernama Note Assist juga menjadi bagian dari Galaxy AI, memungkinkan Galaxy S24 untuk merangkum informasi panjang secara otomatis. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan poin-poin penting tanpa perlu membaca keseluruhan teks.

Galaxy AI juga membawa fitur Photo Assist, memungkinkan pengguna mengedit foto dengan lebih praktis tanpa mengorbankan kualitas. Misalnya, mengubah letak atau menghapus objek dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu intervensi manual di aplikasi pengeditan foto.

Jaminan Pembaruan Lebih Lama

Samsung memberikan jaminan pembaruan yang lebih panjang melalui Galaxy S24, memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat ini lebih lama tanpa perlu terburu-buru mengganti ponsel. Galaxy S24 dijamin akan menerima pembaruan sistem operasi dan keamanan selama tujuh tahun, hingga sekitar tahun 2031. Ini merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya yang hanya menawarkan jaminan lima tahun. Saat peluncurannya, Galaxy S24 sudah menggunakan Android 14 yang dikombinasikan dengan antarmuka One UI 6.1.

Kapasitas Baterai Besar dengan Manajemen Cerdas

Sebagai peningkatan signifikan, Galaxy S24 hadir dengan baterai yang lebih besar, yaitu dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitas daya yang ditingkatkan ini memberikan siklus penggunaan harian yang lebih panjang.

Selain kapasitas yang lebih besar, Galaxy S24 juga dilengkapi dengan sistem manajemen baterai yang cerdas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk beraktivitas lebih lama tanpa khawatir tentang daya. Samsung bahkan mengklaim bahwa perangkat ini dapat bertahan hingga 78 jam untuk pemutaran musik atau 29 jam menonton video, menawarkan pengalaman pengguna yang tahan lama.

Kekurangan Samsung Galaxy S24

Seperti halnya banyak smartphone lainnya, Samsung Galaxy S24 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

Pengisian Daya yang Ketinggalan

Meskipun Samsung Galaxy S24 memiliki baterai yang lebih mumpuni, namun kekurangan terletak pada teknologi pengisian dayanya yang masih ketinggalan. Perangkat ini masih mengandalkan teknologi 25W Super Fast Charging, yang dapat dianggap kurang cepat dibandingkan dengan beberapa ponsel di kisaran harga serupa. Meskipun mampu mengisi 50 persen baterai dalam waktu 30 menit, namun kecepatannya masih di bawah standar.

Kecepatan pengisian yang terbatas ini mungkin menjadi kelemahan, terutama jika dibandingkan dengan kompetitor yang menawarkan teknologi pengisian yang lebih canggih dan cepat.

Paket Penjualan yang Tidak Lengkap

Seperti generasi sebelumnya, Galaxy S24 juga hadir dengan paket penjualan yang kurang lengkap. Salah satu kekurangannya adalah ketiadaan adaptor pengisi daya dalam kotak penjualan. Pengguna perlu menyiapkan dana tambahan untuk membeli adaptor pengisi daya secara terpisah, jika mereka belum memiliki satu. Hal ini bisa menjadi kekecewaan bagi pengguna yang berharap mendapatkan paket penjualan yang lebih lengkap dan tidak perlu membeli aksesori tambahan.

Meskipun harga adaptor pengisi daya bervariasi, pengguna harus merogoh kocek hingga Rp299.000 untuk membeli adaptor pengisi daya 25W Power Adapter asli dari Samsung, yang mendukung fitur Super Fast Charging pada Galaxy S24.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S24 hadir sebagai flagship unggulan dengan sejumlah kelebihan yang mencolok. Chipset generasi terbaru, layar yang menawan, dukungan kecerdasan buatan (AI) yang inovatif, jaminan pembaruan yang lebih lama, dan kapasitas baterai besar dengan manajemen cerdas membuatnya menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari kinerja tinggi dan pengalaman pengguna yang tahan lama.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Galaxy S24 juga memiliki kekurangan. Teknologi pengisian daya yang masih menggunakan 25W Super Fast Charging terbilang ketinggalan, mengingat beberapa pesaing menawarkan teknologi pengisian yang lebih canggih. Selain itu, paket penjualan yang tidak lengkap, terutama tanpa adaptor pengisi daya dalam kotak, bisa menjadi kekecewaan bagi pengguna.

Dengan demikian, bagi mereka yang mengutamakan kinerja tinggi, fitur canggih, dan jaminan pembaruan yang panjang, Samsung Galaxy S24 bisa menjadi pilihan yang solid. Namun, pengguna perlu mempertimbangkan kekurangan tersebut sebelum membuat keputusan pembelian.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn