Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S24 Ultra

Gambar Samsung Galaxy S24 Ultra
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.8 inci Dynamic LTPO AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm)
  • GPU Adreno 750
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/512 GB
  • Kamera Belakang 200 MP (wide), 50 MP (periscope telephoto), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh, PD 3.0 45W
  • Harga Rp 22.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra dan Harganya
Sebagai alternatif yang lebih canggih, Samsung telah meluncurkan Samsung Galaxy S24 Ultra dalam acara Galaxy Unpacked 2024 yang diadakan kemarin, dan kini telah tersedia di Indonesia.

Ponsel ini memiliki spesifikasi dan dukungan yang sangat berbeda dari seri Samsung Galaxy S24 reguler dan Plus. Secara khusus, ini dapat menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang membutuhkan ponsel dengan berbagai fitur yang lebih tinggi.

Namun, harganya tentu lebih tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli flagship tertinggi dari Samsung ini. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Kelebihan Samsung Galaxy S24 Ultra

Samsung Galaxy S24 Ultra menawarkan sejumlah keunggulan yang patut diperhatikan, berikut rangkumannya:

Chipset Terkini

Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki keunggulan utama pada sektor pemrosesan dengan mengusung Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy. Chipset ini menawarkan kinerja tinggi berkat basis inti yang dioptimalkan khusus untuk perangkat Samsung. Dengan klaster inti tertinggi berfrekuensi 3,3GHz, chipset ini memberikan peningkatan signifikan, dengan CPU 20 persen lebih cepat, GPU 30 persen lebih bertenaga, dan NPU 41 persen lebih unggul dibanding generasi sebelumnya. Untuk menjaga suhu komponen, Samsung menggunakan Vapor Chamber yang lebih besar, memastikan kinerja tinggi secara berkelanjutan.

Konfigurasi Memori Besar

Samsung Galaxy S24 Ultra juga menawarkan pengalaman multitasking yang lancar dengan RAM berkapasitas 12GB. Dengan kapasitas penyimpanan internal mulai dari 256GB hingga 1TB, perangkat ini memastikan ruang yang cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dan menyimpan data tanpa kendala.

Kamera Berkualitas Tinggi

Sistem kamera Samsung Galaxy S24 Ultra menarik perhatian dengan lensa utama 200MP, ultra-wide 12MP, telefoto 5x Optical Zoom 50MP, telefoto 3x Optical Zoom 50MP, dan kamera depan 12MP. Dengan resolusi tinggi dan konfigurasi lensa yang lengkap, kamera ini dilengkapi dengan fitur seperti Optical Image Stabilization (OIS), ProVisual Engine, dan Super HDR. ProVisual Engine menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan gambar, sementara Super HDR memastikan foto HDR sesuai keinginan dengan pratinjau sebelum pengambilan gambar. Kemampuan perekaman video UHD 8K pada 30fps juga menjadi nilai tambah dari kamera Galaxy S24 Ultra.

Layar yang Tetap Jernih di Setiap Kondisi

Meskipun masih menggunakan Dynamic AMOLED 2X QHD+ 6,8 inci dengan refresh rate hingga 120Hz seperti pendahulunya, layar Samsung Galaxy S24 Ultra menampilkan peningkatan yang signifikan. Dengan tingkat kecerahan mencapai 2.600 nits, layar ini memberikan visual yang jelas bahkan saat digunakan di luar ruangan. Dukungan Vision Booster membantu meningkatkan kontras dan warna layar, sementara penggunaan Corning Gorilla Armor tidak hanya meningkatkan keamanan dari benturan dan goresan, tetapi juga mengurangi pantulan cahaya hingga 75 persen dalam berbagai kondisi.

Jaminan Pembaruan Sistem Panjang

Samsung Galaxy S24 Ultra menegaskan komitmen jangka panjang dengan menawarkan dukungan pembaruan sistem yang luar biasa. Dengan pembaruan yang dijamin hingga 7 tahun ke depan, ponsel ini dapat terus menjalankan sistem operasi dan menerima patch keamanan terbaru. Galaxy S24 Ultra diluncurkan dengan Android 14 dan antarmuka sistem One UI 6.1, memberikan jaminan pembaruan hingga Android 21.

Didukung Galaxy AI

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy S24 Ultra adalah dukungan Galaxy AI yang membuat perangkat semakin cerdas. Fungsi cerdas seperti Live Translate untuk terjemahan bahasa selama panggilan telepon, Circle to Search untuk pencarian informasi dalam gambar, Note Assist untuk merangkum tulisan atau catatan panjang secara cepat, dan Photo Assist untuk pengeditan praktis foto, semuanya memperkaya pengalaman pengguna dalam berbagai aktivitas. Dengan Galaxy AI, ponsel ini tidak hanya menjadi alat komunikasi dan kerja, tetapi juga mitra fotografi yang andal.

Kekurangan Samsung Galaxy S24 Ultra

Samsung Galaxy S24 Ultra juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Paket Penjualan Kurang Lengkap

Paket penjualan Galaxy S24 Ultra terlihat kurang lengkap dengan hanya menyertakan kabel data, pembuka slot kartu, dan perangkat itu sendiri. Dibandingkan dengan beberapa produk setara dari merek lain, hal ini bisa dianggap sebagai kekurangan. Pengguna diharuskan menyiapkan dana tambahan untuk membeli beberapa aksesori tambahan, termasuk adaptor pengisi daya orisinal Samsung yang dibanderol seharga Rp499.000, khususnya bagi mereka yang ingin memanfaatkan teknologi 45W Super Fast Charging 2.0 perangkat ini.

Semakin Mahal

Meskipun menawarkan berbagai keunggulan dan peningkatan, Galaxy S24 Ultra dihargai dengan nominal yang semakin tinggi. Perangkat ini sekarang dijual mulai dari Rp21.999.000, mengalami kenaikan sekitar Rp2 juta dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kenaikan harga ini bisa menjadi pertimbangan bagi calon pembeli yang menginginkan flagship terbaru dari Samsung.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S24 Ultra merupakan ponsel canggih dengan sejumlah keunggulan yang mencolok. Chipset terkini, konfigurasi memori besar, sistem kamera berkualitas tinggi, layar jernih di setiap kondisi, jaminan pembaruan sistem panjang, dan dukungan Galaxy AI membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan performa tinggi dan fitur canggih dalam satu perangkat.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Paket penjualan yang kurang lengkap, hanya menyertakan kabel data, pembuka slot kartu, dan perangkat itu sendiri, dapat menjadi kekurangan bagi beberapa konsumen yang mengharapkan lebih banyak aksesori. Selain itu, kenaikan harga yang signifikan menjadi pertimbangan bagi calon pembeli, mengingat harganya yang kini mencapai Rp21.999.000.

Dengan demikian, bagi mereka yang mencari ponsel dengan fitur tinggi dan bersedia mengeluarkan biaya lebih, Samsung Galaxy S24 Ultra dapat menjadi pilihan yang memuaskan. Namun, calon pembeli perlu mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran mereka dengan cermat sebelum membuat keputusan pembelian.