Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S24+

Gambar Samsung Galaxy S24+
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S24+
  • Rilis Januari 2024
  • Layar 6.7 inci Dynamic LTPO AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Exynos 2400 (4 nm)
  • GPU Xclipse 940
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/512 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 10 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 12 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4900 mAh, PD 3.0 45W
  • Harga Rp 17.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S24+ dan Harganya
Gelaran acara Galaxy Unpacked 2024 memperkenalkan berbagai produk terbaru dari Samsung, termasuk flagship mereka, Samsung Galaxy S24+.

Samsung Galaxy S24+ menawarkan opsi yang lebih baik bagi pengguna yang menginginkan layar yang lebih luas dibandingkan dengan versi standarnya. Namun, hal ini juga diimbangi dengan harga yang lebih tinggi.

Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Galaxy S24+ sebanding dengan harganya. Perangkat ini hadir dengan beberapa keunggulan yang membuatnya patut dipertimbangkan, meskipun tidak luput dari kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy S24+

Samsung Galaxy S24+ menghadirkan beberapa kelebihan yang menarik dan layak dipertimbangkan. Berikut adalah rinciannya:

Performa Unggulan

Samsung Galaxy S24+ menonjolkan performa unggul dengan menggunakan chipset Samsung Exynos 2400, yang merupakan salah satu chipset papan atas dengan teknologi mutakhir. Chipset ini memiliki sepuluh inti yang dikembangkan dengan arsitektur ARM Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520 menggunakan manufaktur 6nm. Dengan kecepatan maksimum hingga 3,2GHz, Galaxy S24+ mampu menghadirkan kinerja yang tangguh.

Chipset ini juga didukung oleh pemroses grafis Samsung Xclipse 920 yang dikembangkan berdasarkan AMD RDNA 3, dengan kemampuan ray tracing untuk efek bayangan dan pantulan cahaya yang realistis. Galaxy S24+ dilengkapi dengan RAM 12GB dan pilihan media penyimpanan 256GB atau 512GB, memungkinkan penggunaan lancar dalam berbagai aktivitas, dari bekerja hingga bermain game, tanpa khawatir tentang kepanasan berkat sistem termal dengan Vapor Chamber 1,5 kali lebih besar.

Layar Lebih Unggul

Galaxy S24+ hadir dengan layar yang lebih menarik, dengan ukuran 6,7 inci dan resolusi QHD+ (3120 x 1440 piksel) untuk tampilan yang lebih tajam. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan hingga 2.600 nits, menjadikannya tetap jelas meskipun digunakan di luar ruangan, dan didukung oleh refresh rate adaptif 1-120Hz.

Galaxy AI

Dengan antarmuka sistem One UI 6.1, Galaxy S24+ dilengkapi dengan Galaxy AI terbaru dari Samsung, yang menawarkan fungsi menarik seperti Circle to Search, Live Translate, Note Assist, dan Photo Assist. Fungsi-fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dalam gambar, menerjemahkan bahasa secara langsung, membuat ringkasan dari tulisan panjang, dan mengedit foto dengan mudah.

Baterai Lebih Besar

Galaxy S24+ memiliki baterai berkapasitas 4.900mAh, yang dapat memberikan daya tahan yang lebih lama dengan manajemen baterai cerdas. Ponsel ini dapat bertahan hingga 31 jam untuk pemutaran video atau 92 jam untuk pemutaran musik. Pengisian daya juga cepat dengan teknologi 45W Super Fast Charging 2.0, mengisi baterai hingga 65% dalam waktu sekitar 30 menit. Selain itu, ponsel ini juga mendukung Fast Wireless Charging 2.0 dan fitur Wireless PowerShare untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel.

Jaminan Pembaruan Jangka Panjang

Samsung menjanjikan pembaruan sistem operasi dan patch keamanan selama 7 tahun untuk Galaxy S24+, memastikan bahwa ponsel ini tetap relevan dan aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kekurangan Samsung Galaxy S24+

Seperti halnya smartphone lainnya, Samsung Galaxy S24+ juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Di antaranya:

Kelengkapan Paket Penjualan yang Kurang

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, paket penjualan Galaxy S24+ tergolong kurang lengkap. Pengguna hanya akan mendapatkan pembuka slot kartu dan kabel data USB Type-C selain perangkat itu sendiri. Hal ini membuat pengguna perlu mempersiapkan dana tambahan untuk membeli beberapa aksesori secara terpisah, seperti adaptor pengisi daya 45W Samsung yang original dengan biaya sekitar Rp499.000. Biaya tambahan juga mungkin diperlukan jika pengguna membutuhkan case atau pelindung layar tambahan.

Harga yang Semakin Tinggi

Galaxy S24+ mengalami peningkatan harga yang signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini mungkin wajar mengingat peningkatan spesifikasi dan dukungan yang ditawarkan oleh perangkat ini. Untuk membeli Galaxy S24+, pengguna perlu menyiapkan dana sebesar Rp16.999.000. Meskipun demikian, ada kesempatan untuk memperoleh model dengan kapasitas media internal dua kali lipat dengan harga serupa melalui program pre-order.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S24+ merupakan ponsel kelas atas dengan berbagai keunggulan yang menarik, seperti performa unggulan berkat chipset Exynos 2400, layar yang lebih besar dan berkualitas tinggi, fitur Galaxy AI yang canggih, baterai yang besar dengan teknologi pengisian daya cepat, dan jaminan pembaruan sistem yang panjang. Meskipun demikian, ponsel ini juga memiliki kekurangan, seperti kelengkapan paket penjualan yang kurang dan harga yang semakin tinggi. Namun, keseluruhan, Galaxy S24+ tetap menjadi pilihan menarik untuk dipertimbangkan bagi mereka yang mencari ponsel dengan performa dan fitur terbaik.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn