Kelebihan dan Kekurangan Vivo V30 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo V30 5G
Gambar Vivo V30 5G

Spesifikasi
Rilis Februari 2024
Layar 6.78 inci AMOLED HDR10+ 120Hz
Chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 (4 nm)
GPU Adreno 720
Eksternal Tidak tersedia slot microSD
Kamera Belakang 50 MP (wide), 50 MP (ultrawide), 2MP
Kamera Depan 50 MP (wide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 80W
Harga
12/512 GB - Rp 7.000.000
8/256 GB - Rp 6.000.000
Lihat Harga Terbaru
Penilaian
Desain & Material : 8.4
Kinerja : 7.7
Kamera : 7.7
Konektivitas : 8.0
Baterai : 7.6

vivo V29 5G telah menorehkan prestasi gemilang di tahun 2023, menjadi primadona berkat kameranya yang mumpuni dan performa tangguh. Kini, vivo V30 5G hadir sebagai penerusnya, membawa ekspektasi tinggi dari para penggemar.

Berdasarkan pengamatan kami, vivo V30 5G menunjukkan lompatan signifikan dibandingkan pendahulunya. Tak hanya unggul dalam fotografi, smartphone ini juga menawarkan performa lebih gesit dan berbagai fitur menarik lainnya.

Kelebihan Vivo V30 5G

vivo V30 5G, penerus dari seri V yang populer, telah resmi diluncurkan dan membawa berbagai peningkatan menarik. Berikut adalah tujuh alasan mengapa vivo V30 5G patut dipertimbangkan:

Desain Indah dan Nyaman Digenggam

vivo V30 5G hadir dengan desain menawan yang memanjakan mata. Tersedia 4 pilihan warna menarik, yaitu Waving Aqua, Bloom White, Lush Green, dan Noble Black. Masing-masing warna memiliki corak unik, seperti ombak air, kelopak bunga, efek gradasi, dan langit malam.

Kesan elegan semakin diperkuat dengan layar lengkung ber-bezel tipis yang mengikuti kelengkungan frame dan tepi penutup belakang. Meski menggunakan frame plastik, vivo V30 5G tetap terasa kokoh dan nyaman digenggam.

Ketebalan 7,45 mm dan bobot 186 gram menjadikannya salah satu smartphone dengan baterai 5000 mAh tertipis dan teringan di pasaran. vivo V30 5G juga telah mengantongi sertifikasi IP54, yang menandakan ketahanannya terhadap debu dan cipratan air.

Layar AMOLED Cerah dan Tajam

vivo V30 5G dilengkapi layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 1.5K (1260 x 2800 piksel) dan refresh rate 120 Hz. Layar ini menghadirkan gambar yang tajam, warna yang cemerlang, dan responsivitas tinggi.

Tingkat kecerahan layar mencapai 1200 nit di bawah sinar matahari dan 2800 nit saat memutar konten HDR. Hal ini membuat layar tetap terlihat jelas di luar ruangan pada siang hari.

Fitur lain yang patut diacungi jempol adalah sensor sidik jari di layar, sertifikasi Widevine L1 untuk streaming video berkualitas tinggi, dan kaca proteksi Schott Xensation Alpha untuk meningkatkan ketahanan layar terhadap goresan dan benturan.

Performa Gaming Mentok Kanan

Vivo V30 5G membuktikan kemampuannya dalam menangani gim berat, khususnya Genshin Impact. Dalam uji coba di kanal YouTube RedskullPro, HP ini mampu menjalankan game tersebut dengan setelan grafis "mentok kanan" atau Highest 60 FPS. Meskipun demikian, Chris Barraclough mencatat adanya stutter sesekali, dan menyarankan menurunkan setelan grafis untuk pengalaman terbaik.

Selain Genshin Impact, Alex Savu juga mencoba Call of Duty Mobile, yang berjalan lancar dalam setelan grafis "High" dengan frame rate "Max" (60 FPS). Vivo V30 5G menunjukkan performa gaming yang impresif tanpa menghangat secara berlebihan, menandakan sistem termal yang efisien.

Vivo V30 5G tidak hanya unggul dalam gaming, tapi juga menawarkan performa harian yang mulus. Didukung oleh SoC Snapdragon 7 Gen 3, RAM LPDDR5 8 GB atau 12 GB, dan penyimpanan UFS 3.1 256 GB atau 512 GB, HP ini memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Meskipun tidak setara dengan Snapdragon 7+ Gen 2, SoC 4 nm TSMC ini menawarkan performa yang solid.

Kamera Berkualitas dengan Aura Light

Kamera belakang vivo V30 5G terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.88) dan kamera ultrawide (f/2.0) yang dilengkapi autofokus. Kamera utama memiliki OIS (Optical Image Stabilization), sementara keduanya ditemani oleh Aura Light yang memberikan sentuhan kreatif pada hasil foto.

Aura Light pada V30 5G memiliki area yang lebih luas daripada pendahulunya, dan dapat bekerja bersamaan dengan lampu flash standar. Fungsinya mirip softbox profesional, memungkinkan pengguna mengatur temperatur cahaya atau mempercayakan pada AI untuk pengaturan otomatis.

Kamera depan 50 MP (f/2.0) dengan sudut pandang 92˚ memberikan hasil selfie yang luas dan detail. Meskipun tidak dilengkapi Aura Light, screen spotlight dapat digunakan dalam kondisi cahaya rendah.

Tidak ada keluhan terhadap kualitas foto vivo V30 5G. Kamera ini mampu menghasilkan foto yang mengesankan dalam berbagai kondisi, baik indoor maupun outdoor, siang maupun malam. Detail tinggi, pemrosesan halus, dan rentang dinamis yang baik menjadikan hasil foto potret sangat menarik.

Rekaman video juga memukau dengan kejernihan gambar, kestabilan, dan kualitas suara yang jelas. Vivo V30 5G secara keseluruhan menawarkan paket yang mengesankan untuk pengguna yang menginginkan performa dan hasil kamera yang unggul.

Stamina Baterai Optimal, Pengisian Cepat Tetap Efisien

Vivo V30 5G membawa baterai berkapasitas 5000 mAh, mengalami peningkatan sebesar 400 mAh dari pendahulunya, Vivo V29 5G. Dengan kapasitas yang lebih besar ini, secara teori, Vivo V30 5G diharapkan dapat memberikan daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan Vivo V29 5G.

Keunggulan ini juga didukung oleh efisiensi System on Chip (SoC) yang lebih tinggi. Meskipun Chris Barraclough yang menguji ponsel ini tidak memberikan detail spesifik tentang daya tahan baterai, bersama Nick Papanikopoulos dari Gizchina, keduanya yakin bahwa Vivo V30 5G mampu bertahan selama sehari penuh.

Meski kapasitas baterai meningkat, teknologi pengisian daya cepat 80 Watt tetap menjadi andalan, sama seperti yang ada pada Vivo V29 5G. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karena proses pengisian masih tetap efisien, hanya memerlukan waktu sekitar 50 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Komitmen Pembaruan Software 3 Tahun dan Antarmuka Yang Ramah Pengguna

Vivo V30 5G menawarkan jaminan pembaruan software selama tiga tahun, termasuk dua kali upgrade generasi Android dan pemutakhiran sistem keamanan hingga tahun ketiga setelah peluncuran. Dengan dirilisnya pada kuartal pertama 2024, ponsel ini sudah menjalankan Android 14 dengan antarmuka Funtouch OS 14.

Dalam perjalanan selanjutnya, Vivo V30 5G dijanjikan mendapatkan Android 16 dan pembaruan keamanan hingga tahun 2027. Pentingnya pembaruan ini menjamin agar performa perangkat tetap optimal, yang dijaga oleh Vivo hingga 50 bulan setelah pembelian.

Antarmuka Funtouch OS 14 pada Vivo V30 5G memberikan tampilan yang tidak terlalu berbeda dari Android murni. Navigasinya tetap familiar, dengan menggeser ke atas untuk membuka laci aplikasi, dan menggeser ke bawah untuk membuka notifikasi serta mengakses berbagai toggle. Walaupun mirip dengan Android murni, Vivo memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan berbagai kustomisasi, seperti mengubah tampilan animasi sensor pemindai sidik jari.

Salah satu fitur menarik dari Funtouch OS 14 adalah kemampuan memutar video dalam mode background, memungkinkan pengguna mendengar audio dari video tanpa menampilkan gambarnya. Fitur ini dapat diaktifkan saat melakukan streaming di aplikasi seperti YouTube atau Netflix.

Meskipun Funtouch OS 14 bebas iklan, terdapat beberapa bloatware yang menyertainya, seperti Facebook, Lazada, Shopee, Hot Apps, Hot Games, dan Agoda. Untuk kenyamanan pengguna, aplikasi-aplikasi tersebut dapat di-uninstall jika tidak diperlukan.

Paket Penjualan Lengkap dengan Bonus Ekstra

Vivo V30 5G disajikan dalam paket penjualan yang menyertakan berbagai aksesori. Selain menemukan unit ponsel, kabel USB C, dan SIM ejector, konsumen juga akan mendapatkan kepala charger 80 Watt dan softcase bening. Keberadaan NFC multifungsi pada ponsel ini membuat paket penjualannya tetap lengkap. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi calon pembeli, mengingat tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli aksesori pendukung yang diperlukan.

Kekurangan Vivo V30 5G

Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk membeli vivo V30 5G, perlu untuk memahami catatan yang mungkin mencerminkan kekurangan dari ponsel ini. Meskipun ponsel ini membawa sejumlah keunggulan, kita juga perlu mempertimbangkan beberapa catatan penting yang mungkin saja menjadi downside dari penggunaan vivo V30 5G.

Speaker Mono dan Absennya Audio Jack

Menilik fitur audio, vivo V30 5G masih setia pada speaker mono tanpa dukungan speaker stereo. Sebagai catatan, beberapa pesaing di kelas menengah telah beralih ke speaker stereo, sehingga keputusan vivo V30 5G untuk tetap pada speaker mono bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

Meskipun kualitas suara tidak mencapai kesempurnaan speaker stereo, Chris Barraclough menyatakan bahwa kejernihan suara tetap pada tingkat yang baik. Namun, ada kecenderungan suara tertutup terutama saat bermain gim. Perlu diwaspadai bahwa lubang speaker di bagian bawah ponsel sering kali terhalang oleh jari tangan, mengurangi kualitas audio yang dapat dinikmati pengguna. Untuk mendapatkan pengalaman audio yang lebih memuaskan, pengguna disarankan untuk menggunakan earphone, mengingat vivo V30 5G tidak dilengkapi dengan audio jack tradisional.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda lebih memilih menggunakan earphone kabel, perlu adanya konverter USB C ke audio jack 3.5 mm. Alternatifnya, Anda dapat memanfaatkan earphone nirkabel (TWS) untuk solusi yang lebih praktis.

Absennya Kamera Telefoto dan Wireless Charging

Salah satu kekurangan yang dapat ditemui pada vivo V30 5G adalah ketiadaan kamera telefoto. Dalam kategori menengah, keberadaan kamera telefoto sering kali dianggap sebagai nilai tambah yang signifikan. Meski demikian, penting untuk dicatat bahwa pada tahun 2024, kamera telefoto mungkin menjadi fitur yang lebih umum dijumpai pada ponsel kelas atas. Dalam hal ini, vivo V30 5G masih mempertahankan keunggulan dengan tangkapan kamera utama, ultrawide, dan kamera depan yang memuaskan.

Hal serupa terjadi pada fitur wireless charging yang belum tersedia pada vivo V30 5G. Meskipun demikian, dapat diakui bahwa pengisian konvensional melalui kabel masih dianggap sebagai prioritas utama, terutama dengan kecepatan pengisian yang tinggi yang dimiliki oleh ponsel ini.

Dalam mempertimbangkan fitur-fitur tersebut, pengguna perlu menilai prioritas dan kebutuhan pribadi mereka sebelum memutuskan untuk membeli vivo V30 5G. Meskipun beberapa fitur mungkin absen, ponsel ini tetap menyajikan sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan.

Kesimpulan

vivo V30 5G menonjol sebagai contoh yang sempurna dari smartphone kelas menengah yang berkualitas. Vivo telah berhasil menciptakan kombinasi yang pas, menjadikan HP ini sebagai pilihan utama bagi mereka yang mencari smartphone all-rounder. Tak hanya menawarkan estetika yang menarik, vivo V30 5G juga memperhatikan ergonomi, kualitas visual layar, performa, dan daya tahan baterai.

Fitur fotografi dan videografi, yang menjadi inti dari seri V Series vivo, juga diperhatikan dengan cermat. Hadirnya fitur Aura Light memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas hasil foto, menjadikan pengalaman fotografi dengan vivo V30 5G menjadi lebih memuaskan.

Tak mengherankan jika fitur yang serupa kemungkinan akan diadopsi oleh produsen lain. vivo V30 5G menunjukkan kekokohan sebagai smartphone kelas menengah, tanpa berusaha menjadi pembunuh flagship dengan membawa fitur di luar jangkauannya.

Meskipun demikian, kekurangan speaker stereo pada vivo V30 5G mungkin menjadi pertimbangan bagi sebagian orang. Namun, jika hal itu bukanlah masalah besar bagi Anda, vivo V30 5G layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan berikutnya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memiliki smartphone ini?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn