Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A

Setelah pergantian tahun, tentu banyak yang berniat melakukan upgrade smartphone alias ganti ponsel baru. Nah, jika kamu memiliki budget 3 juta, Vivo Y51A bisa jadi pilihan menawan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satu andalan dari V-series milik Vivo ini berhasil merebut perhatian dengan deretan spesifikasinya yang kuat.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y51A
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.58' IPS LCD ~415 ppi
  • Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 3.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y51A dan Harganya

Beberapa hal yang menjadi highlight dari Vivo Y51A adalah layar beresolusi Full HD+, penyimpanan sekaligus baterai jumbo, triple kamera AI, hingga ke performanya yang bersaing. Namun dibalik itu semua, ada beberapa hal lain yang perlu juga dijadikan pertimbangan kamu. Daripada terus penasaran, yuk ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo Y51A berikut ini.

Kelebihan Vivo Y51A

Berbicara mengenai kelebihan Vivo Y51A, kita telah menyinggungnya sedikit pada paragraf di atas. Secara garis besar memang perangkat ini cocok untuk kamu yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Untuk kegiatan sehari-hari yang padat, dijamin Vivo Y51A bisa jadi ponsel andalan. Mari membahas kelebihannya satu persatu.

Resolusi Layar Full HD+

Ukuran layar besar, resolusi Full HD Plus, hingga kerapatan layar yang tinggi bisa dibilang komponen utama yang menentukan minat pengguna Android terhadap perangkat baru. Kabar baiknya, semua itu bisa kamu dapatkan dari Vivo Y51A. Ya, perangkat ini dibekali layar besar berukuran 6.58 inci dengan resolusi Full HD+.

Menariknya Vivo juga tidak segan-segan memberikan kualitas tampilan yang mendukung agar pengguna setianya semakin betah menggunakan produk besutan Vivo. Di bagian kerapatan piksel, kalian akan menemukan fakta bahwa Y51A memiliki kerapatan 401 ppi. Artinya kualitas tampilan saat bermain game atau menonton konten pun akan semakin menyenangkan.

Desain dan Warna Modern

Kemampuan Vivo dalam mendesain smartphone baru memang tidak perlu diragukan lagi. Inovasi teknologi dalam panel belakang, body slim, dan pilihan warnanya selalu disebut eye catching sehingga cocok untuk pasar anak muda. Kali ini Vivo Y51A juga tidak ketinggalan dalam hal tersebut. Kamu bisa memilih salah satu dari pilihan warna yang dihadikan, yakni Crystal Symphony dan Titanium Sapphire.

Tetap pada pendiriannya dalam menghadirkan smartphone slim design, Vivo pun sengaja membuat Y51A hanya memiliki bobot 188 gram saja dengan ketebalan 8.4mm. Cocok nih untuk kamu yang suka ponsel dengan kapasitas genggaman satu tangan.

Sensor Kamera Oke

Kalau yang satu ini sudah pasti kelebihan paling dicari fotografer mobile. Vivo Y51A dibekali dengan tiga kamera seperti para rivalnya. Kamu sepenuhnya bisa memanfaatkan Triple AI Camera yang dipimpin oleh kamera utama 48MP dengan aperture f/1.8. Ia didampingi oleh kamera ultra-wide 8MP yang menawarkan bidang pandang sebesar 120 derajat dan kamera makro 2MP.

Tidak hanya kamera belakangnya saja, sensor selfie di bagian depan pun patut diacungi jempol. Dengan resolusi 16MP, ia akan memberikan hasil jernih dan berwarna solid setiap kamu memotret atau video call. Vivo juga telah memberikan dukungan banyak fitur kepada Y51A termasuk fitur Super Night Selfie dan Phase Detection Autofocus. Soal rekaman video, perangkat ini diklaim bisa merekam hingga 4K pada 30fps.

Memiliki Dukungan Gyro-EIS

Masih sejalan dengan kelebihan soal sensor kamera, Vivo Y51A juga dibekali dukungan gyro-EIS. Artinya, kamu tidak perlu risau soal kestabilan gambar ketika menggunakan kamera. Sensor ini adalah komponen yang paling dinanti bagi penggemar fotografi untuk mengabadikan momen tanpa hambatan untuk kepentingan dokumentasi atau konten.

Baterai Besar dan Tahan Lama

Kamu termasuk salah satu pengguna smartphone yang enggan mengisi ulang daya hingga beberapa kali dalam satu hari? Tenang, karena dengan menggunakan Vivo Y51A kamu bisa mengandalkannya sebagai daily driver seharian penuh. Vivo telah membenamkan baterai jumbo 5.000 mAh pada perangkat ini disertai fitur hemat daya.

Tak lupa sebagai pengisi dayanya ada fast charge 18W ditambah pula dengan fitur reverse charge untuk berbagi daya di saat darurat.

Kinerja Powerful

Untuk pengguna Android yang menanti-nanti pembahasan mengenai performa Vivo Y51A, ada kabar baik karena kamu akan merasakan kinerjanya yang powerful. Sektor dapur pacu ponsel dengan harga 3 jutaan ini diisi oleh chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 662.

Prosesor Octa-core pada chipset tersebut memiliki clock speed hingga 2.0GHz yang memang tidak tercepat tidak pula paling lambat di kelasnya. Dengan jaminan standar ini, Vivo Y51A sangat worth it untuk penggunaan harian karena akan menangani tugas-tugas dengan lancar.

Kapasitas Penyimpanan Jumbo

Kinerja yang baik tentu saja disokong oleh penyimpanan yang lapang. Ya, Vivo Y51A menawarkan kapasitas RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB. Bahkan jika menginginkan ruang lebih, Vivo juga telah menyediakan slot microSD yang bisa menampung kapasitas hingga 1TB. Sangat memuaskan bukan?

Memiliki Side Fingerprint

Satu kelebihan lagi yang sayang diabaikan adalah sistem fingerprint di samping perangkat. Vivo Y51A memang memilikinya sehingga sangat efisien ketika digunakan. Kamu tidak perlu risau akan adanya goresan pada area sensor seperti halnya sidik jari di bagian punggung.

Kekurangan Vivo Y51A

Meski sarat akan kelebihan yang menggoda, namun Vivo Y51A tetap memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilihnya. Apa saja kekurangan perangkat ini? Mari membahas tiga kekurangan Vivo Y51A berikut.

Menggunakan Panel IPS

Tipe panel IPS bisa jadi kekurangan yang sulit untuk diabaikan oleh pengguna Android yang sudah merasakan kualitas AMOLED. Mulai dari kontras, teknologi AoD, dan tingkat kenyamanan dari AMOLED tentu tidak sebanding dengan layar IPS. Oleh sebab itu jika kamu kurang menyukainya, Vivo Y51A mungkin bukan pilihan yang tepat.

Belum Memiliki Dukungan NFC

Sudah jadi rahasia umum bahwa NFC adalah salah satu fitur paling dicari ketika ingin membeli smartphone baru. Namun sayangnya Vivo Y51A belum menyediakannya untuk kamu sehingga tentu saja dalam penggunaan sehari-hari belum bisa melakukan transfer data digital secara praktis layaknya smartphone lain yang sudah memiliki dukungan NFC.

Teknologi Fast Charging Hanya 18W

Dengan berbekal budget 3 jutaan, sebenarnya telah banyak tersedia Android yang menawarkan dukungan pengisi daya fast charge tinggi di atas 18W. Redmi dan Xiaomi misalnya, tidak pelit soal teknologi fast charging untuk pengguna dengan budget minim. Namun karena Vivo Y51A tetap memiliki pengisi daya cepat, hal ini bukan masalah besar jika kamu tidak keberatan untuk mengisi full daya dengan durasi kurang lebih 2 jam.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y51A yang penting untuk diketahui sebelum memilihnya sebagai Android baru kamu. Seperti yang telah kita bahas di atas, perangkat modern ini cocok untuk yang memiliki mobilitas tinggi dengan fitur kamera masa kini. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu menentukan pilihan smartphone baru ya.