Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 5G

Jajaran smartphone premium Oppo di bawah seri Reno baru-baru ini diperbarui untuk menyertakan Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno 6 Pro. Oppo memang telah meluncurkan Reno6 5G bersama dengan model Pro dan kedua smartphone ini memiliki serangkaian fitur yang tidak jauh berbeda. Di Indonesia, Oppo Reno6 5G hadir dalam varian warna Aurora dan Stellar Black.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Oppo Reno6 5G
  • Rilis Agustus 2021
  • Layar 6.42 inci AMOLED 90Hz ~409 ppi
  • Chipset MediaTek MT6877 Dimensity 900 5G (6 nm)
  • GPU Mali-G78 MC4
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 8.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno6 5G dan Harganya

Beberapa spesifikasi yang dibawa oleh Reno6 5G seperti sensor kamera adalah komponen yang standar di segmennya. Namun hal istimewa seperti jeroan dan desain dari perangkat ini tentu poin utama yang ingin ditonjolkan oleh Oppo. Dibanderol dengan harga tidak sampai 8 juta, Reno6 5G baru saja menempatkan diri sebagai smartphone premium worth it to buy. Mari mengulik apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone cantik dari Oppo yang satu ini.

Kelebihan Oppo Reno6 5G

Selain dari keunggulan jaringan 5G, tentu ada list kelebihan yang ditawarkan oleh Oppo Reno6 5G. Bisa dikatakan bahwa Oppo Reno6 5G mewarisi desain khas keluarga Reno yang menggugah mata dan disebut-sebut mirip iPhone. Tak cukup sampai disitu saja, performanya juga kencang dan mumpuni. Nah, berikut ini adalah kelebihan Oppo Reno6 5G yang wajib kalian ketahui.

Layar AMOLED Full HD+ dan Proteksi

Layar Oppo Reno6 5G berukuran relatif standar dengan diagonal 6,43 inci dan menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+. Adapun rasio screen-to-body yang dibawa adalah 91,7% dan rasio aspek 20:9 yang dikelilingi oleh bezel tipis. Oppo mengklaim kecerahan yang oke bahkan di luar ruangan sekaligus menyediakan mode SGS Eye Care untuk menyaring emisi cahaya biru.

Sebuah layar berkualitas kurang lengkap tanpa support streaming konten berkualitas. Oleh sebab itu Oppo Reno6 5G menyertakan dukungan untuk streaming HDR10, HLG, dan HD pada platform OTT yang dilindungi DRM. Agar bisa menggunakannya tanpa rasa was-was layar akan retak jika terjatuh sedikit, maka Oppo telah membekali Reno6 5G dengan Corning Gorilla Glass 5.

Chipset Kencang

Oppo Reno6 5G ditenagai oleh chipset Dimensity 900 berbasis 6 nm dengan dua inti utama Cortex A78 (berjalan hingga kecepatan 2,4GHz) dan enam inti efisiensi Cortex A55 (berjam hingga 2,0GHz). Jeroan yang termasuk kencang tersebut didukung oleh RAM LPDDR4x 8GB (dengan dukungan VRAM hingga 5GB) dan penyimpanan internal UFS 2.1 128GB.

Kombinasi komponen ini diklaim mumpuni karena dapat menangani penggunaan sehari-hari tanpa lag atau masalah. Meskipun ada banyak pilihan prosesor yang lebih bertenaga, namun Oppo Reno6 5G tetap affordable dan tidak salah memilih chipset di kelasnya. Dengan begitu kalian bisa bermain game dan multi tasking aplikasi secara halus.

MediaTek Dimensity 900 adalah chipset 5G yang sekaligus menjadi pembeda untuk perangkat ini dengan versi standar atau reguler. Bukan hanya soal pemrosesan kinerja yang baik, namun kalian bisa menikmati kualitas tampilan grafis maksimal berkat GPU Mali-G78. Sebagai bonusnya terdapat fitur Game Focus Mode bagi para gamers mobile.

Kombinasi Kamera Pas

Oppo Reno6 5G juga membawa kelebihan dari sisi sensor optiknya. Di bagian belakang, terdapat tiga kamera belakang termasuk kamera utama 64MP (aperture f/1.7), kamera ultrawide 8MP (aperture f/2.2 dan 119˚ FoV/bidang pandang), dan unit kamera makro 2MP (aperture f/2.4). Sementara di bagian depan, ada kamera 32MP untuk selfie dan panggilan video.

Seperti yang biasa terlihat di jajaran Oppo Reno lainnya, smartphone yang satu ini juga menawarkan upscalling ekstra HD 108MP jika kalian menginginkannya. Selain itu, kalian akan mendapatkan kualitas video Potret Flare Bokeh, AI video, dan banyak fitur lainnya.

Oppo Reno6 5G mengklaim bisa melakukan perekaman video 4K pada 30 fps. Sementara untuk kamera di bagian depan, baik selfie atau Google Meet kalian bisa menggunakannya dengan leluasa dan memperoleh kualitas 1080p pada 30fps.

Baterai Solid dan Fast Charging Terkini

Mendukung jaringan 5G itu berarti perangkat ini dapat dengan mudah menguras daya baterai. Dengan bobot hanya 182 gram saja, Oppp Reno6 5G mengemas baterai berkapasitas standar 4.300 mAh. Meskipun bukan kategori yang melebihi kompetitornya, namun kapasitas ini bukan termasuk kapasitas kecil sehingga bisa bertahan seharian untuk menemani aktivitas kalian.

Di dalam bagian pengaturan sistem, kalian akan mendapatkan opsi seperti mode Super-power Saving untuk penggunaan baterai yang dioptimalkan dan pengisian malam yang efisien. Untuk mendukung kapasitas tersebut, Oppo telah melengkapi Reno6 5G dengan pengisi daya supervook 2.0 65 Watt. Adaptor putih dan kombo kabel tebal ini mengisi telepon dari nol hingga penuh dalam waktu kurang dari 30 menit saja.

Fitur Konektivitas Lengkap

Smartphone canggih memang idealnya memenuhi kebutuhan fitur-fitur konektivitas terkini. Mengenai hal ini, Oppo Reno6 5G memiliki berbagai fitur unggulan tersebut sehingga kalian tidak perlu khawatir. Terdapat dukungan NFC, sensor yang lengkap termasuk sensor sidik jari dalam layar, dan mendukung dual stand-by untuk penggunaan yang lebih efisien.

Kekurangan Oppo Reno6 5G

Setelah membahas kelebihan Reno6 5G, tidak lengkap rasanya jika tidak menjabarkan pula mengenai kekurangan dari perangkat ini. Di balik harga yang cukup tinggi dan spesifikasi mumpuni, Reno6 5G memiliki beberapa kekurangan yang bisa kalian pertimbangkan. Simak kekurangan Reno6 5G di bawah ini.

Tidak Memiliki Audio Jack

Hingga saat ini bagi sebagian besar pengguna smartphone, audio jack adalah komponen penting yang wajib ada. Pasalnya, jika tidak ada 3.5mm audio jack maka banyak yang merasa keberatan menggunakan earphone bluetooth yang relatif lebih mahal. Nah, Oppo Reno6 5G termasuk salah satu smartphone yang telah menghilangkan audio jack demi tampilan yang lebih ringkas. Apakah kalian masih tertarik?

Tidak Terdapat Ekspansi MicroSD

Oppo Reno6 5G memang menawarkan ruang penyimpanan yang besar. Namun jika kehabisan ruang, kalian harus memindahkan banyak file penting atau bahkan menghapus beberapa file besar untuk kelonggarannya karena perangkat ini tidak memiliki slot microSD. Tentu saja sangat disayangkan karena dengan begini pengguna harus bekerja ekstra jika menginginkan ruang penyimpanan lebih besar.

Tidak Ada OIS Video Recording

Bagi kalian para pembuat konten, penting untuk mengetahui bahwa Oppo Reno6 5G tidak memiliki dukungan OIS untuk perekaman video. Oleh sebab itu agar hasil rekaman video lebih stabil, tidak disarankan untuk merekam dengan banyak guncangan. Bila perlu bawalah tripod agar smartphone tidak banyak bergerak.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno6 5G yang bisa menjadi referensi kalian sebelum memilih smartphone ini. Secara keseluruhan, Oppo Reno6 5G membawa jajaran spesifikasi yang mengesankan di segmennya. Namun jika kalian menginginkan smartphone yang memberikan opsi penyimpanan eksternal dan kemampuan rekaman video mumpuni, sayangnya Oppo Reno6 5G tidak bisa memenuhi ekspektasi tersebut.