Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan perangkat di seri Reno dengan Reno6 Pro 5G. Seri Reno Oppo telah lama dikenal sebagai jajaran smartphone yang menawarkan spesifikasi dan fitur tingkat unggulan dengan harga kelas menengah. Oppo memperkenalkan desain “Reno Glow” dengan Reno5 Pro tahun lalu dan ponsel Reno yang baru ini juga hadir dengan desain serupa.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Oppo Reno6 Pro 5G
  • Rilis Agustus 2021
  • Layar 6.5 inci AMOLED 90Hz HDR10+ ~402 ppi
  • Chipset MediaTek MT6893 Dimensity 1200 5G (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Internal 12/256 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 11.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno6 Pro 5G dan Harganya

Secara keseluruhan, dari segi desain Oppo Reno6 Pro 5G terlihat menarik terutama karena bagian belakang “Reno Glow” dengan desain sandwich glass dan metal. Hal ini membuatnya terlihat berbeda dibandingkan dengan pesaing di segmennya.

Oppo Reno6 Pro 5G juga turut menawarkan deretan kelebihan yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun tidak dipungkiri bahwa perangkat yang satu ini mempunyai beberapa kekurangan, namun kalian bisa mempertimbangkannya setelah membaca informasi ini.

Kelebihan Oppo Reno6 Pro 5G

Oppo tentu tidak ingin menghilangkan kesempatan menggaet banyak peminat melalui Reno6 Pro 5G. Meskipun beda-beda tipis dengan versi Reno6 5G, namun ada beberapa kelebihan di sektor layar dan komponen jeroan. Tak hanya itu, kamera dari Oppo Reno6 Pro 5G juga diklaim bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Selain kelebihan berupa jaringan 5G-nya, langsung saja catat informasi mengenai kelebihan Oppo Reno6 Pro 5G berikut ini.

Display Berkualitas

Datang ke kualitas display sebagai kelebihan pertama, Reno6 Pro 5G menampilkan layar Soft AMOLED 6.5 inci dengan kecepatan refresh 90Hz dan resolusi FHD+ yang memiliki konfigurasi Always-on display. Layarnya tergolong besar, cerah, dan menawarkan warna-warna solid dengan ketajaman yang cukup. Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat kecerahan puncak yang ditawarkan oleh Reno6 Pro 5G adalah 1.100 nits dan kecerahan tipikal 500 nits sehingga cukup cerah dalam semua kondisi pencahayaan.

Selain terdapat kecepatan refresh 90Hz, kalian juga dapat menggunakan refresh rate 60Hz dan mengubahnya dari pengaturan sesuai kebutuhan. Adanya user interface ColorOS juga menawarkan beberapa penyesuaian lain untuk tampilan. Misalnya kalian dapat menggunakan mode kenyamanan mata, mengubah suhu warna layar dan mode warna layar, hingga menggunakan penambah warna video.

Sementara untuk kualitas sentuhan yang responsif, Oppo telah membekali panel berkualitas perangkat ini dengan touch sampling rate hingga 180Hz. Kerapatan piksel-nya juga cukup tinggi di angka 402 ppi. Karena kualitas panel AMOLED inilah yang sekaligus membuat Oppo Reno6 Pro 5G menawarkan sensor sidik jari dalam layar.

Ditenagai Chipset Andal

Bagi sebagian besar pengguna smartphone Android, memiliki daily driver yang bertenaga adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Tidak perlu ragu dengan performa dari Oppo Reno6 Pro 5G karena terdapat dapur pacu yang dihuni oleh Snapdragon 870 beserta GPU Adreno 650. Dengan komponen yang menjanjikan ini, segala aktivitas berat serta multi-tasking akan terasa smooth karena clock speed pada chipset tersebut mencapai 3.2GHz.

User Interface Matching

Dari segi Software dan UI, ponsel ini hadir dengan ColorOS 11.3 di atas Android 11. Meskipun Oppo kini telah memperkenalkan ColorOS 12 dengan Android 12, Reno6 Pro 5G akan segera mendapatkan pembaruan juga. User interface ColorOS tidak kalah kaya fitur dari versi terbaru. Ada beberapa fitur baru seperti Freeform Screenshot, Private Safe, aplikasi O-Relax, dan Game Focus Mode.

Penyimpanan Jumbo

Untuk menjalankan banyak aplikasi sosial media dan game, sebuah smartphone membutuhkan ruang penyimpanan yang lapang. Di Indonesia sendiri, Oppo Reno6 Pro 5G hanya datang dengan satu konfigurasi ruang penyimpanan. Kalian akan mendapatkan RAM LPDDR4X 12GB yang dipasangkan bersama ruang internal UFS 3.1 sebesar 256GB.

Duo kombo ruang penyimpanan ini sangat cocok bagi kalian yang gemar menyimpan banyak file dan aplikasi. Selain kegiatan multi-tasking yang lancar, tak perlu risau saat ingin menjalankan game dengan grafis intensif.

Quad Kamera Mengesankan dan Sensor Selfie Menarik

Tak ingin kalah saing dengan kompetitor di segmennya, Oppo Reno6 Pro 5G menawarkan susunan quad kamera di bagian belakang yang mengesankan. Kamera utama ditempati oleh sensor wide 50MP dengan aperture f/1.8 dan FOV (bidang pandang) 84°. Kamera ini juga mempunyai lensa 6P dan mendukung AF serta OIS.

Untuk kamera kedua, terdapat sensor ultra-wide beresolusi 16MP dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 123°. Sementara dua sisanya merupakan kamera telefoto 13MP (aperture f/2.4) dan kamera makro 2MP (aperture f/2.4). Oppo telah mengklaim bahwa kamera belakang Reno6 Pro 5G bisa melakukan perekaman video dengan kualitas hingga 4K pada 60/30 fps.

Beralih ke sensor selfie menariknya, notch depan Oppo Reno6 Pro 5G ditempati oleh kamera depan 32MP (aperture f/2.4) dengan bidang pandang 80°. Kemampuan rekaman videonya bisa diandalkan hingga 1080 piksel pada 30fps.

Baterai Besar dan Fast Charging Mengesankan

Oppp Reno6 Pro 5G hadir dengan dua baterai terhubung seri 2250mAh yang menawarkan kapasitas total 4500 mAh. Sesuai klaim Oppo, alasan memiliki dua sel adalah untuk mencapai kecepatan pengisian yang maksimal dan efisien melalui pengisi daya SuperVOOC 2.0-nya. Pada perangkat ini, kalian akan mendapatkan dukungan fast charging 65 Watt yang sangat bisa diandalkan.

Oppo juga mengklaim bahwa dengan teknologi fast charging tersebut, kalian dapat mengisi daya ponsel hingga 100% dalam waktu 31 menit saja.

Kekurangan Oppo Reno6 Pro 5G

Memiliki segudang kelebihan bukan berarti Oppo Reno6 Pro 5G tidak memiliki kekurangan. Ada kalanya kekurangan ini menjadi faktor penentu dalam memilih smartphone. Lalu, apa saja kekurangan dari perangkat yang satu ini?

Tidak Memiliki Proteksi dan IP Rating

Sangat disayangkan bahwa smartphone dari Oppo kali ini tidak diberi proteksi tambahan berupa Corning Gorilla Glass. Dengan begitu tentu akan terdapat kekhawatiran pengguna saat sedang memakainya di tempat yang rawan jatuh. Hal yang sama juga berlaku ketika hujan atau berada di tempat basah ataupun berdebu. Karena tidak mengusung IP rating, maka Oppo Reno6 Pro 5G rentan terhadap air dan debu.

Tidak Mendukung Penyimpanan Eksternal MicroSD

Meskipun membawa penyimpanan jumbo, namun ada banyak situasi yang bisa menyebabkan pengguna smartphone membutuhkan microSD. Untuk penyimpanan berbagai file seperti dokumen, musik, dan video, slot microSD untuk penyimpanan eksternal sangat penting. Namun kalian harus tau bahwa Oppo Reno6 Pro 5G tidak memilikinya.

Tidak Memiliki Speaker Stereo dan 3.5mm Jack Audio

Oppo Reno6 Pro 5G memang menawarkan konektivitas terbaru seperti Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, dan NFC. Namun perangkat ini tidak membawa fitur penting untuk kualitas audio mumpuni berupa speaker stereo karena hanya memiliki mono-speaker saja. Selain itu, Oppo Reno6 Pro 5G tidak memiliki headphone jack 3.5mm yang penting untuk sebagian besar pengguna smartphone.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Reno6 Pro 5G yang bisa kalian jadikan acuan sebelum memilih salah satu smartphone terbaru dari Oppo ini. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi penggemar Android.