Review Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Master Edition

Setelah merilis Realme GT awal tahun ini, Xiaomi telah menindaklanjutinya dengan menghadirkan Realme GT Master Edition. Tidak seperti Realme Master Edition sebelumnya, perangkat ini berisi chipset yang benar-benar baru, fitur kamera, dan opsi desain baru.

HP Realme
Spesifikasi GT Master Edition
  • Rilis Agustus 2021
  • Layar 6.43 inci Super AMOLED 120Hz ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 5.000.000 - 5.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi GT Master Edition dan Harganya

Salah satu ciri khas dari Realme GT Master Edition adalah bentuk finishing yang disertakan. Versi abu-abu (dirancang oleh Naoto Fukasawa) menampilkan punggung bergelombang yang menyerupai koper. Ia juga dilengkapi dengan kotak pelindung yang serasi dengan gaya yang sama.

Di Indonesia, Realme GT Master Edition bisa kalian dapatkan dengan budget mulai dari 4 jutaan saja. Keunggulan yang paling ditonjolkan oleh perangkat ini selain dari desainnya adalah sensor kamera. Namun tak lupa ada deretan kelebihan lain sekaligus kekurangannya yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Realme GT Master Edition

Panel AMOLED 120Hz

Ukuran perangkat yang cukup besar terbayar dengan layar seluas 6.43 inci dan membanggakan rasio screen-to-body 91,7%. Realme telah menggunakan panel Full HD+ Super AMOLED, yang menghasilkan gambar yang cerah, penuh warna, dan kontras yang menyenangkan. Bahkan saat menggunakan ponsel di bawah sinar matahari langsung, kalian bisa melihat visualisasi dengan jelas karena membawa kecerahan puncak 1.100 nits.

Dengan tingkat kecepatan refresh mencapai 120Hz dan sampel sentuh 360Hz, ponsel ini cepat merespons gerakan. Kondisi ini sangat ideal untuk gamer seluler dengan sidik jari di dalam layar yang diklaim sangat efisien. Kalian dapat memilih di antara tiga opsi kecepatan refresh antara 120Hz, 60Hz, atau memilih otomatis.

Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki panel layar berkualitas baik dan kalian tidak akan menghadapi masalah apa pun saat bermain game atau menonton film. Karena Realme GT Master Edition memiliki dukungan untuk Widevine L1, ini berarti Realme telah memberikan kualitas yang baik untuk menonton konten FHD+ di platform OTT. Kalian juga bisa menikmati respon super cepat dari sidik jari dalam layar yang dibawa oleh panel AMOLED-nya.

Konfigurasi Kamera Mumpuni

Seperti sebagian besar ponsel kelas menengah, kamera pada Realme GT Master Edition hadir dengan mengesankan namun agak sedikit berbeda. Pengaturan sensornya dipimpin oleh kamera utama 64MP dengan aperture f/1.8. Sementara untuk pelengkapnya adalah sensor ultrawide 8MP dengan aperture f/2.2 dan modul kamera makro 2Mp dengan aperture f/2.4. Kemampuan rekaman video pada kamera utama perangkat ini pantas diacungi jempol karena bisa merekam video hingga 4K pada 60fps.

Karena dirancang sebagai smartphone untuk fotografi mobile, maka kemampuan dari Realme GT Master Edition disiapkan dengan berbagai fitur andalan. Realme telah menyediakan keunggulan fitur Starry Mode hingga Super Nightscape. Dengan jajaran mode yang mendukung untuk pemotretan berkualitas ini, kalian bisa dengan mudah menghasilkan banyak karya berkualitas.

Di bagian depan, ada juga kamera selfie hole-punch 32MP dengan aperture f/2.5. Realme mengklaim bahwa kamera depannya bisa melakukan rekaman video dengan kualitas 1080 piksel pada 30fps. Edisi GT Master juga mempromosikan mode fotografi jalanan khusus yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Ricoh, serta street mode dari Nomo Cam. Beberapa fungsi dari street mode ini mencakup DIS Snapshot, Fokus Cepat, dan Zoom Cepat dengan serangkaian filter fotografi jalanan eksklusif. Tidak diragukan lagi ini adalah fitur khusus yang banyak dicari untuk fotografi mobile.

Chipset Kencang dan Penyimpanan Jumbo

Perbedaan besar antara Realme GT Master Edition dan Realme GT adalah chipset yang dibawanya. Memang ada banyak yang menilai bahwa sangat disayangkan Realme GT Master Edition tidak membawa chipset super kencang seperti saudaranya tersebut. Namun Snapdragon 778 5G yang menjadi sumber tenaga dari perangkat ini menjadi poin kelebihan yang bisa dibanggakan.

Snapdragon 778 SoC adalah prosesor Octa-core 5G yang kuat dan Realme telah memanfaatkan sepenuhnya untuk memberi performa maksimal pada Realme GT Master Edition. Dengan begitu kalian bisa melakukan semua multi-tasking dan menjalankan game berat dengan lancar.

Tidak hanya proses fabrikasi 6nm dan clock speed hingga 2.4GHz yang dimilikinya, ada pemrosesan grafis yang sepenuhnya ditangani oleh GPU Adreno 642L. Ponsel ini juga dilengkapi Vapor Chamber Cooling System yang membuat suhunya tetap dingin di seluruh permainan, aplikasi intensif, dan pengisian daya.

Realme GT Master Edition memiliki ruang penyimpanan cukup luas dengan variasi RAM 6/8GB dan ROM 128/256GB. Hal inilah yang membuatnya memiliki kinerja kencang dan tidak lag. Bahkan terdapat ekstra 5GB virtual RAM dari Realme yang semakin membuktikan keunggulannya.

Daya Baterai Besar Beserta Fast Charging

Realme GT Master Edition menawarkan baterai 4300mAh. Meskipun Realme tidak mengklaim angka tertentu mengenai daya tahan baterai, namun secara umum kapasitas yang cukup tinggi tersebut bisa menemani aktivitas kalian selama seharian. Sementara untuk mengisi ulang daya, Realme GT Master Edition didukung dengan fast charging 65 Watt yang bisa menyokong durasi isi ulang full 100% hanya dalam waktu 33 menit saja.

Konektivitas dan Sensor Lengkap

Memiliki smartphone dengan konektivitas yang lengkap adalah hal yang menyenangkan. Oleh sebab itu Realme GT Master Edition menghadirkan dukungan jaringan 5G, antena Wi-Fi ganda, fitur NFC, hingga Bluetooth 5.2. Sementara untuk penggunaan yang lebih maksimal, Realme telah menyediakan beragam sensor cukup lengkap mulai dari Magnetic induction sensor, light sensor, proximity, Gyro-meter, dan akselerasi.

Kekurangan Realme GT Master Edition

Realme GT Master Edition memang bisa menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang menginginkan smartphone terjangkau mumpuni. Di rentang harga 4 jutaan, tentu saja deretan kelebihannya bisa menjadikan perangkat ini bersaing ketat dengan kompetitor di segmennya. Namun perlu diketahui bahwa Realme GT Edition juga memiliki beberapa kekurangan berikut ini.

Tidak Memiliki Stereo Speaker

Realme GT Master Edition tidak memiliki speaker stereo untuk kualitas audio kelas atas. Tetapi Realme telah menambahkan mikrofon peredam bising sekunder yang akan memastikan kualitas panggilan yang baik. Realme GT Master Edition membawa speaker super linier ponsel yang mendukung Hi-Res Audio agar kalian bisa menikmati audio dengan jelas sehari-hari saat menggunakannya. Saat ini, smartphone yang menawarkan speaker stereo banyak digemari oleh pengguna karena menghadirkan audio yang ‘nyata’ dan lebih nyaman untuk didengarkan.

Tidak Memiliki Perlindungan Air dan Debu

Realme GT Master Edition tidak memiliki ketahanan terhadap air atau debu yang disertifikasi, sehingga rentan terhadap jatuh atau digunakan dalam cuaca buruk. Padahal perlindungan ini adalah salah satu poin penting dalam memilih smartphone sebagai daily driver.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Realme GT Master Edition. Salah satu perangkat premium dari Realme ini memang menawarkan segudang keunggulan yang sayang untuk dilewatkan. Namun di sisi lain, ada beberapa kekurangan yang bisa kalian pertimbangkan kembali sebelum membelinya.