Review Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A

Berikut kelebihan Realme Narzo 50A dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Sekilas Realme Narzo 50A sangat mirip dengan pendahulunya, Realme Narzo 30A. Namun ada perubahan baru untuk kamera 50MP dan beberapa perubahan desain. Ini berarti ia memiliki kemampuan fotografi yang jauh lebih baik sambil mempertahankan kinerja game yang cukup memuaskan dan baterai yang tahan lama.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme Narzo 50A
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 4/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.100.000 - 2.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme Narzo 50A dan Harganya

Fakta bahwa perangkat ini dibanderol dengan harga 2 jutaan saja tentu langsung menarik perhatian pengguna setia Android. Apalagi Realme mengunggulkan sektor performa yang tidak perlu diragukan lagi melalui Narzo 50A. Di Indonesia, Realme Narzo 50A memiliki variasi warna Oxygen Green dan Oxygen Blue. Apakah perangkat ini masih layak untuk dipilih meskipun ada alternatif baru dari merek pesaingnya? Mari ketahui lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A berikut ini.

Kelebihan Realme Narzo 50A

Persaingan segmen entry-level yang semakin ketat membuat setiap smartphone baru tahun ini harus membawa setidaknya perubahan dan upgrade segar dibanding pendahulunya. Maka dari itu tak heran Realme Narzo 50A mengemas beberapa kelebihan yang sayang untuk dilewatkan.

Peningkatan Sensor Kamera

Realme Narzo 50A meningkatkan kamera belakangnya menjadi unit 50 MP dengan lensa aperture f/1.8. Kamera utama tersebut berada di samping sepasang sensor 2 MP untuk pemotretan makro dan monokrom/potret. Ia menawarkan fokus otomatis deteksi fase untuk kualitas fokus yang diklaim cepat dan akurat ketika ada pencahayaan yang cukup.

Selain itu, kamera pada Realme Narzo 50A memiliki sensor gambar besar di bagian belakang yang juga mendukung zoom digital hingga 10x untuk memungkinkan bidikan detail dari jarak jauh. Narzo 50A juga dilengkapi dengan Mode 50MP untuk menangkap lanskap pada resolusi yang lebih tinggi.

Aplikasi kamera default perangkat ini memperkenalkan dua filter foto baru: Astral dan Dazzle. Astral akan membuat potret pemandangan malam terlihat psychedelic, sementara Dazzle menghadirkan lebih banyak warna dalam sebuah gambar.

Untuk selfie dan video call, Realme Narzo 50A membawa kamera standar berupa kamera depan 8 MP. Sementara user interface kameranya tetap tidak berubah dengan perekaman video dibatasi hingga 1080p pada 30 fps untuk kamera depan dan belakang.

Mega Baterai 6.000 mAh

Sejak pertama kali debut, nilai jual perangkat ini ada pada kapasitas daya yang tinggi. Realme Narzo 50A membawa baterai raksasa 6.000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 53 hari masa pakai baterai dalam mode Siaga. Ia dikatakan menghasilkan hingga 27 jam pemutaran YouTube atau hingga 8 jam bermain game terus menerus.

Untuk memperpanjang lebih jauh masa pakai baterainya, Realme Narzo 50A hadir dengan beberapa opsi hemat daya yang mencakup Sleep Standby Optimization, Screen Battery Optimization, mode Super Power Saving, dan App Quick Freeze.

Menariknya adalah App Quick Freeze bisa diaktifkan untuk membekukan aplikasi yang tidak sering kalian gunakan untuk meminimalkan penggunaan daya aplikasi di latar belakang. Nah, dengan begini maka kalian bisa menggunakan perangkat ini lebih lama.

Untuk mengisi ulang daya baterai jumbo ini, Realme telah menyediakan dukungan fast charger hingga 18W. Meski bukan yang paling cepat di kelasnya, kecepatan ini termasuk standar masa kini untuk smartphone 2 jutaan.

Chipset Bersaing di Segmennya dan Penyimpanan Besar

Realme Narzo 50A ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85 yang sama dengan yang telah kita lihat di banyak perangkat murah lainnya sebelumnya, termasuk Realme Narzo 30A. CPU Octa-core ini membawa fabrikasi 12nm dan clock speed hingga 2.0GHz yang memang standar di segmen entry-level.

Performa dari Realme Narzo 50A juga didukung penuh oleh kapasitas tunggal RAM 4GB dan penyimpanan internal hingga 128GB yang bisa kalian miliki dengan budget tetap di angka 2 jutaan. Didorong oleh kapasitas besar dan Helio G85, tentu saja Realme Narzo 50A berada di antara smartphone terbaik di kelasnya dalam hal rasio harga dan kinerja yang menjanjikan.

Layar Mini-drop Fullscreen

Realme Narzo 50A dilengkapi dengan layar berukuran 6.5 inci dengan tampilan water drop untuk mengakomodasi kamera depan. Realme mengklaim bahwa desain notch Narzo baru ini lebih kecil dari biasanya dan membawa rasio screen-to-body hingga 88,7% sekaligus rasio aspek 20:9. Dengan kombinasi itu, kalian akan mendapatkan kapasitas menonton yang luas seperti bioskop saat streaming video.

Layar Mini-drop Fullscreen pada Realme Narzo 50A juga dilengkapi dengan beberapa opsi tampilan untuk membuat penggunanya lebih nyaman seperti Mode Gelap dan Kenyamanan Mata. Kalian juga bisa menikmati Mode Sinar Matahari atau Sunlight untuk membuat layarnya mencapai kecerahan 570 nits sehingga bisa digunakan di luar ruangan dalam kondisi yang cukup baik.

Memiliki Slot MicroSD

Kelebihan Realme Narzo 50A yang terakhir adalah mendukung ekspansi penyimpanan microSD. Opsi ini memang salah satu hal yang sering tersedia pada smartphone entry-level. Namun ada beberapa perangkat terbaru yang tidak menyediakannya sehingga ini merupakan kelebihan yang patut diacungi jempol. Kalian bisa menambahkan kapasitas eksternal dengan microSD hingga 256GB pada perangkat ini agar memuat banyak file.

Kekurangan Realme Narzo 50A

Mengingat harganya yang sangat terjangkau dan tidak menguras kantong, tak heran jika Realme Narzo 50A menyimpan beberapa kekurangan. Bisa jadi kekurangan berikut ini menjadi bahan pertimbangan kalian yang paling penting saat memilih smartphone baru.

Layar IPS dengan Resolusi HD+

Display Realme Narzo 50A memang diklaim memiliki ketajaman yang cukup dengan tingkat kecerahan yang tidak rendah. Namun lagi-lagi Realme memilih untuk menggunakan panel IPS LCD pada perangkat terbarunya. Demi efisiensi biaya, kalian harus puas dengan kualitas layar yang juga beresolusi hanya HD+.

Ditambah lagi hal mengecewakan lainnya adalah sertifikasi Widevine L3, yang hanya memungkinkan kualitas pemutaran streaming video SD. Streaming konten di platform seperti Amazon Prime Video dan Netflix tidak akan tampak tajam. Jika kalian termasuk pengguna yang sangat menyukai streaming konten atau menonton film, perangkat ini kurang cocok sebagai daily driver.

Speaker Bukan Stereo

Sejalan dengan kualitas layar, tampaknya output audio dari Realme Narzo 50A juga tidak bisa memberikan dukungan yang memadai untuk aktivitas menonton film kalian. Pasalnya, Realme hanya menyediakan speaker mono saja yang menjadi ciri khas untuk smartphone murah dari Realme.

Bodi Tebal dan Berat

Sebenarnya kekurangan yang satu ini adalah dampak dari hadirnya baterai super besar pada Realme Narzo 50A. Namun bagi sebagian orang yang cenderung memilih perangkat smartphone ringkas dan slim, bobot 207 gram dan ketebalan mencapai 9.6 mm pada Realme Narzo 50A akan cukup mengganggu. Sebagai gantinya, kalian bisa memilih smartphone ultra-thin lain namun dengan kapasitas baterai yang tidak sebesar ini.

Demikian kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A yang wajib diketahui bagi kalian yang mengincar produk terbaru dari Realme. Semoga informasi di atas bisa membantu ya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn