Review Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i

Tidak banyak yang bisa diharapkan dari perangkat smartphone dengan harga banderol 1 jutaan. Namun dalam hal ini jika kalian adalah pemula yang baru menggunaka smartphone, maka Android memiliki banyak pilihan yang affordable dan bisa diandalkan. Salah satu perangkat terbaru yang hadir bulan lalu dan bisa kalian lirik adalah Realme Narzo 50i. Dengan fitur-fitur standar basic ala smartphone murah, ia bisa membantu aktivitas sehari-hari dengan mudah saat dibutuhkan.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme Narzo 50i
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset Octa-core 1.6 GHz
  • GPU IMG8322
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.600.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme Narzo 50i dan Harganya

Realme telah menghadirkan Narzo 50i bersamaan dengan Narzo 50A yang membawa spesifikasi lebih menggiurkan dengan harga 2 jutaan. Di Indonesia, Realme Narzo 50i bisa kalian dapatkan dengan budget 1 jutaan saja yang tentunya tidak menguras kantong. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa didapatkan dari perangkat ini? Mari simak informasi padat berikut ini.

Kelebihan Realme Narzo 50i

Realme Narzo 50i menawarkan desain yang mirip dengan Realme Narzo 30A, sedangkan desain diagonal strap pada bagian belakang bukanlah hal baru di seri Narzo.

Perangkat ini hadir dengan dua pilihan warna yang menarik, seperti Carbon Black dan Mint Green. Selain desain yang sudah biasa terlihat di Narzo-series, berikut ini beberapa kelebihan dari Narzo 50i.

Layar Berukuran Besar

Realme Narzo 50i menggunakan panel LCD waterdrop IPS berukuran 6.5 inci untuk menghasilkan warna dan kontras yang dibutuhkan saat digunakan sehari-hari. Selain itu, layarnya mendukung kecerahan 400 nits. Namun, perlu diketahui bahwa kalian tidak akan mendapatkan pelindung kaca Corning standar atau fitur tampilan canggih lainnya. Mengingat harganya yang bahkan saat ini bisa didapatkan dengan budget tidak lebih dari 1.5 juta, hal ini bukan sebuah kekurangan.

Secara teknis, layar besar ini bisa sangat berguna bagi para pelajar yang ingin menggunakannya untuk keperluan belajar daring atau menonton video YouTube. Selain itu Realme Narzo 50i akan cocok bagi kalian yang ingin menghadiahkan perangkat smartphone kepada orang tua tersayang sehingga bisa video call dengan keluarga memanfaatkan layarnya yang besar.

Kapasitas Penyimpanan yang Bisa Diandalkan

Realme sangat berbaik hati dengan menghadirkan kapasitas penyimpanan cukup besar pada perangkat ini. Meski dibanderol 1 jutaan saja, Realme Narzo 50i telah menyediakan RAM LPDDR4X hingga 4GB yang dipasangkan dengan memori internal 64GB. Padahal jika ditilik dan dibandingkan dengan saingannya, kalian hanya akan mendapatkan kapasitas 3GB + 32GB saja.

Hal tersebut menjadikan Realme Narzo 50i sangat worth it to buy bagi para pelajar yang membutuhkan kapasitas besar untuk mengunduh materi pelajaran. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa memanfaatkan slot microSD yang bisa menampung kapasitas maksimal 256GB karena Realme Narzo 50i menggunakan tipe 3 slot (2 kartu SIM + 1 microSD).

Baterai Berkapasitas Tinggi

Hal menarik yang menjadi kelebihan paling mencolok dari Realme Narzo 50i adalah kapasitas daya baterainya. Realme secara royal memberikan hingga 5.000 mAh sehingga kalian bisa menggunakannya seharian tanpa khawatir kehabisan daya.

Jika ingin menghemat daya untuk memperpanjang masa penggunaannya, Realme Narzo 50i menyediakan fitur Ultra Saving Mode. Jika diaktifkan, kalian bahkan bisa menggunakan perangkat ini untuk panggilan telepon selama 2 jam meskipun baterai yang tersisa hanya 5% saja.

Ditambah lagi kalian juga bisa berbagi daya dengan teman-teman saat bepergian karena perangkat ini telah dilengkapi oleh fitur Reverse Charge.

Prosesor Standar

Realme Narzo 50i hadir dengan chipset octa-core yang cukup standar. Tetapi seperti yang kalian tahu, kekuatan pemrosesan yang dihadirkan akan rendah sehingga yang kalian dapatkan hanyalah kecepatan inti 1,6 GH. Dengan prosesor ini, perlu diingat bahwa kalian akan mengalami kesulitan multi-tasking sampai batas tertentu. Namun jika perangkat ini hanya digunakan untuk penggunaan standar seperti scrolling media sosial dan menonton video YouTube, tentu masih mendukung dan lancar.

Pada saat yang sama, kalian juga tidak bisa berharap untuk dapat memainkan game canggih tanpa masalah. Jika ingin menggunakan Realme Narzo 50i untuk game ringan, ia bisa diandalkan berkat fitur UI Realme Go. Di sisi lain, Realme telah memilih untuk menyertakan Android 11 Go Edition sehingga kalian memiliki peluang untuk mendapatkan fitur-fitur canggih juga.

Kekurangan Realme Narzo 50i

Realme telah meluncurkan perangkat ini bulan lalu di Indonesia sehingga Narzo 50i masuk golongan smartphone teranyar yang seharusnya mendapat perhatian luas. Namun pada kenyataannya ia tidak se-hype Realme Narzo 50A. Memang tak butuh waktu lama untuk mengetahui apa yang membuatnya tidak mendapat perhatian lebih dibandingkan dengan pesaingnya. Lantas, apa saja hal-hal yang merupakan kekurangan tersebut? Nah, mari simak informasi di bawah ini.

Sensor Kamera Utama Hanya 8MP

Bayangkan saja sebuah smartphone baru di akhir tahun 2021 membawa kamera 8MP. Tentu hal ini tidak banyak menarik minat pengguna Android pada umumnya. Dalam hal fotografi siang hari, mungkin saja potret yang kalian lakukan semuanya terlihat mulus dengan rendering perangkat lunak AI melalui kamera utama 8MP. Namun pengguna masa kini telah mengenal adanya Night Mode atau fitur mendukung yang berfungsi membuat hasil jepretan menjadi lebih menarik.

Selain itu, kamera pada Realme Narzo 50i tidak menawarkan opsi kamera sekunder di panel belakang. Namun aplikasi kamera asli memiliki beberapa fitur dan filter yang dapat digunakan pada waktu yang berbeda. Sedangkan untuk bagian perekaman video, kalian bisa mengandalkan kamera utama yang mampu merekam resolusi 1080p. Kalian juga dapat mengurangi resolusi video menjadi 720p saat menginginkannya.

Senada dengan kamera utama, kamera selfie Realme Narzo 50i juga kurang menarik. Pasalnya, Realme hanya membekalinya dengan sensor AI 5MP saja. Pada saat ini smartphone terjangkau setidaknya bisa menawarkan kamera depan dengan resolusi 8MP yang lebih mumpuni saat ingin video call atau selfie. Nah, oleh sebab itu tentu perangkat ini tidak worth it to buy untuk pengguna yang lebih mementingkan sektor kamera ketika memilih smartphone baru.

Masih Menggunakan Micro-USB

Kekurangan yang satu ini sangat mudah ditemui di perangkat terjangkau milik Realme. Meski alasannya mungkin adalah untuk mencapai efisiensi biaya produksi, namun memilih micro-USB untuk menemani perangkat smartphone terbaru tentu saja terlihat agak ketinggalan zaman. Padahal lagi-lagi jika dibandingkan dengan saingannya setidaknya Realme bisa menyertakan teknologi fast charger maksimal 15W untuk mengisi ulang daya baterainya yang besar.

Tidak Ada Fingerprint Sensor

Realme Narzo 50i hanya memiliki fitur face unlock namun tidak dibarengi dengan hadirnya fingerprint sensor yang sudah umum saat ini. Artinya, kalian hanya bisa mengandalkan opsi biometric face unlock saja dan fitur buka kunci perangkat standar.

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, Realme Narzo 50i sangat cocok bagi para pemula yang baru menggunakan smartphone. Namun perangkat ini tidak disarankan untuk kalian yang ingin upgrade perangkat terbaru karena spesifikasinya sangat standar.