Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31

Berikut kelebihan Samsung Galaxy A31 dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Ada banyak ponsel seri Samsung Galaxy A yang tersedia. Salah satunya adalah salah satunya, Samsung Galaxy A31. Berdasarkan namanya, sudah jelas bahwa itu adalah penerus Samsung Galaxy A31. Samsung Galaxy A31 dan Samsung Galaxy A30s.

HP Samsung
Spesifikasi Samsung Galaxy A31
  • Rilis April 2020
  • Layar 6.4" Super AMOLED ~411 ppi
  • Chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Internal 6/128 GB, 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Harga Rp 2.750.000 - 3.250.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A31 dan Harganya

Memang Samsung Galaxy A31 sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp. 4,1 juta. Harganya agak curam, tetapi apakah ponsel ini terlihat menarik? Untuk lebih jelasnya, simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A31.

Kelebihan Samsung Galaxy A31

Apa saja keunggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy A31 untuk Anda? Simak spesifikasi keunggulannya berikut ini!

1. Empat Kamera Oke

Samsung Galaxy A31 hadir dengan empat kamera di bagian belakang, persis seperti saudaranya dan Samsung Galaxy A51. Keempat kamera tersebut memiliki desain yang mirip dengan kamera Samsung Galaxy A51.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP dengan kamera ultrawide 8 MP, serta kamera makro lima MP serta kamera depth sensor. Konfigurasi kameranya kemungkinan akan identik dengan kamera Samsung Galaxy A51. Perbedaan utama adalah kamera Ultrawide. Memang Samsung Galaxy A51 menawarkan kamera ultrawide yang memiliki resolusi lebih besar, yakni 12 megapiksel.

Lalu, apakah resolusi kamera utama ponsel ini berbeda dengan Galaxy A31? Tentu saja kualitasnya berbeda. Hal ini dikarenakan Galaxy A31 dan Galaxy A31 serta Galaxy A51 dibekali chipset yang berbeda, yang tentunya akan berbeda pula kualitas DSP (Digital Signal Processing).

Kualitas kamera pada Samsung Galaxy A31 Kamera Samsung Galaxy A31 sendiri sangat mengagumkan. Berdasarkan review dari KumparanTech Samsung Galaxy A31 hadir dengan performa kamera yang sangat baik. Kamera tersebut memiliki resolusi 48 MP dan dapat menghadirkan kualitas gambar yang sangat baik baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kamera utama 48 MP ini benar-benar kamera 12MP. Mode default adalah 12 MP tetapi dapat dialihkan ke mode 48 MP. Kedua mode tersebut dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan pencahayaan yang tidak berlebihan.

Selain itu, menurut situs Dailysocial, hasil jepretan kamera dari ponsel ini cukup bagus. Performa kamera dalam kondisi minim cahaya, sungguh impresif.

Kualitas kamera lain cukup dapat diterima. Misalnya kamera ultrawide 8MP yang mampu menangkap foto dengan sudut pandang lebar. Menurut KumparanTech hasilnya cukup bagus.

Kamera makro juga bekerja dengan sangat baik. Kamera makro pada ponsel ini dapat menghasilkan gambar yang memukau, dengan detail tekstur dan warna yang tidak pudar. Menurut Dailysocial, gambar yang ditangkap oleh kamera makro di ponsel ini kurang tajam.

Kamera depth sensor pada Samsung Galaxy A31 mampu membantu kamera utama menghasilkan gambar bokeh yang sangat baik. Menurut situs web Uzone menyatakan, kamera 5 megapiksel ini mampu menampilkan gambar yang memiliki tampilan halus dan efek bokeh.

Berdasarkan ini terbukti ini: Samsung Galaxy A31 adalah ponsel kamera yang bagus. Kamera Samsung Galaxy A31 secara keseluruhan sangat bagus. Ponsel kamera ini sangat solid dan dapat diandalkan untuk harganya. Sayangnya, kamera di bagian belakang ponsel ini tidak memiliki dukungan Super Steady, fitur yang menarik baik pada Samsung Galaxy A51 maupun Samsung Galaxy A71.

Yang menarik adalah selfie yang dihasilkan dari Samsung Galaxy A51. Samsung Galaxy A51 ternyata 12 MP. Diyakini bahwa ini adalah peningkatan dari resolusi kamera 8 MP. Kamera selfie Kamera ponsel ini sangat mengesankan. Seperti yang dinyatakan GSMArena, ponsel ini mampu memotret dengan sangat baik dan menghasilkan warna dan detail yang bagus serta jangkauan dinamis yang luas.

2. Layar Relief, Super AMOLED

Samsung Galaxy A31 Samsung Galaxy A31 hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layar ini hadir dengan rasio screen-to body sebesar 84,9 persen. Layarnya sendiri adalah 411 ppi yang padat.

Karena memiliki LCD Super AMOLED, ponsel ini memiliki tampilan warna yang sangat padat, dan terutama untuk rona hitamnya. Seperti yang dinyatakan Dailysocial, tampilan pada ponsel ini hadir dengan warna-warna cerah dan tingkat hitam yang sangat tinggi.

Hal yang sama diungkapkan oleh Uzone. Menurut Uzone layar untuk ponsel dengan panel AMOLED mampu memberikan warna yang memukau. Layar seperti ini sangat nyaman untuk melihat video, atau untuk bermain game.

3. Sensor Sidik Jari Di Layar

Samsung Galaxy A31 benar-benar memanfaatkan panel layar AMOLED-nya. Kehadiran panel AMOLED memungkinkan ponsel ini mengintegrasikan pemindai sidik jari di layar yang juga dikenal sebagai pembaca sidik jari di layar. Ponsel ini juga didukung oleh pengenalan wajah, yang juga dikenal sebagai sensor pengenalan wajah.

4. Masa Pakai Baterai yang Lama

Samsung Galaxy A31 dibekali baterai yang berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini sangat besar untuk ponsel seri A. Samsung Galaxy A30s, dan Samsung Galaxy A31 hanya dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Kapasitas baterai dengan 5.000 mAh sebenarnya tidak terlalu istimewa karena ada beberapa ponsel yang memiliki baterai 5.000 mAh yang tersedia. Berapa umur baterai ponsel ini akan bertahan.

Menurut Uzone kapasitas baterai perangkat ini mampu bertahan selama 24 jam dalam penggunaan reguler. Hasilnya pasti mengesankan.

5. Desain Padat

Samsung Galaxy A31 hadir dengan estetika yang tidak terlalu mencolok. Itu tidak menampilkan desain yang aneh. Namun pada bagian bawah terdapat pola garis vertikal, tidak memberikan kesan desain yang berbeda. Gayanya lugas.

Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik. Plastik mulai masuk akal adalah kenyataan bahwa banyak ponsel menampilkan desain plastik. Meskipun tampilannya plastik, ponsel ini kokoh dan mudah dipegang.

Desain ramping ini dapat dipadukan dengan bezel pada layar ponsel yang terbilang tipis. Ini menciptakan tampilan yang cantik dan modern berkat konsep layar Infinity-U.

6. Satu UI Android 10 dan NFC

Salah satu fitur yang paling menarik hingga salah satu fitur yang paling menarik di Samsung Galaxy A31 adalah antarmuka One UI 2.1 yang merupakan versi adaptasi dari Android 10. Antarmuka tersebut hadir dengan beberapa fitur menarik. Beberapa fitur menarik yang disediakan One UI, misalnya, adalah opsi mode layar yang hidup atau alami, akses cepat ke tepi layar, ikon untuk aplikasi yang terlihat lebih besar, serta banyak lagi.

Selain itu, perlu dicatat juga bahwa Samsung Galaxy A51 sudah mendukung NFC. Fitur ini tentu menjadi kebutuhan yang mutlak, apalagi mengingat harganya yang berada di kisaran Rp 4 jutaan. Dimasukkannya NFC adalah fitur yang menarik untuk dirinya sendiri karena tidak banyak smartphone

Kekurangan Samsung Galaxy A31

Setelah lebih memahami kelebihan dari Samsung Galaxy A31 ini, mari kita pelajari kekurangan yang terkait dengan Samsung Galaxy A31. Apa saja kelemahan dari Samsung Galaxy A31? Inilah empat area yang menjadi kelemahan Samsung Galaxy A31. Samsung Galaxy A31.

1. Performa Tak Tertandingi

Memang Samsung Galaxy A31 dilengkapi dengan chipset Helio P65. Di dalam chipset ini terdapat prosesor octa-core yang terdiri dari enam prosesor Cortex A55 1,7 GHz dan dua prosesor 2.0 Cortex A75 pada 2,0 GHz. Untuk pengolah grafis, model ini dilengkapi dengan GPU Mali G52 MC2.

Lantas, bagaimana performanya pada chip ini? Sebagai contoh, Samsung Galaxy A31 memiliki skor Antutu 8 sebesar 149.999.

Berdasarkan hal tersebut terbukti bahwa untuk efisiensi harga Samsung Galaxy A31 ini terbilang cukup rata-rata. Pasalnya, ada ponsel seperti Vivo S1 dan vivo Y19 yang memiliki chipset Helio P65. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kedua ponsel ini tersedia dengan harga Rp. 2 juta, sedangkan Samsung Galaxy A31 dijual dengan harga Rp. 4 juta lebih sedikit.

Dailysocial bersama Uzone sendiri bercerita tentang pengalaman mereka menggunakan ponsel. Berdasarkan pengalaman mereka, telepon dapat membantu tugas sehari-hari. Tidak ada kendala yang berarti. Terutama karena ponsel ini hadir dengan RAM 6GB serta memori internal 128.

Untuk kebutuhan sehari-hari kinerjanya di hari-hari, memadai. Namun, yang jelas di kelasnya ada ponsel lain yang lebih bertenaga, terutama untuk bermain game. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kinerjanya tidak luar biasa.

2. Kamera Depan 20MP Kurang Maksimal

Samsung Galaxy A31 hadir dengan kamera depan 20 MP. Resolusi kameranya terbilang cukup tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, khususnya Galaxy A30 yang hanya memiliki kamera depan 16 megapiksel.

Kamera depan sangat baik. Menurut penelitian Kumparan selfie yang berasal dari ponsel mampu menghasilkan foto yang memukau. Namun, ini hanya dapat dicapai dalam lingkungan pencahayaan yang cukup. Dalam pencahayaan dalam ruangan, kualitas foto yang diambil oleh kamera depan pada ponsel ini agak menurun.

Ini menyiratkan bahwa untuk kualitas selfie kamera tidak ideal. Apalagi jika dilihat dari banyaknya ponsel besutan merek pesaing yang memiliki kualitas kamera depan lebih tinggi.

Dalam hal perekaman video, tidak ada yang mewah. Kamera di bagian depan ponsel ini dapat menangkap 30 frame pada 30 frame per detik dalam resolusi 1080p seperti halnya kamera belakang.

3. Pengisian Cepat hanya 15W

Samsung Galaxy A31 Samsung Galaxy A31 hanya dibekali dengan teknologi fast charging 15W. Secara alami, ini tidak normal untuk harganya.

Anda dapat berargumen bahwa pengisian daya 15W patut dipuji karena terbukti bahwa waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh ponsel adalah 1 jam 30 menit. Hasilnya pasti luar biasa.

4. Masalah Selisih Harga dengan Galaxy A51

Salah satu masalah utama di Samsung Galaxy A31 ini adalah harganya, yaitu sekitar Rp. 4,1 juta. Harganya mungkin terlalu tinggi. Berdasarkan fakta bahwa model saudara laki-laki Samsung Galaxy A51, yaitu Samsung Galaxy A51, tersedia untuk dijual dengan harga sekitar Rp. 4 juta.

Di toko online di toko online, Samsung Galaxy A51 dijual antara Rp. 4,8 juta dan Rp. 4,8 juta. Banyak sekali orang yang menawarkan Samsung Galaxy A51 ini dengan harga Rp. 4,3 juta. Dengan harga yang sedikit dibandingkan dengan Samsung Galaxy A31 bukanlah pilihan yang bagus. Samsung Galaxy A31 bukanlah model yang menarik untuk dilihat.

Berdasarkan harga Samsung Galaxy A31 ini bisa dibilang sebagai ponsel yang masuk akal. Dalam kisaran harganya jelas Samsung Galaxy A51 lebih mahal. Samsung Galaxy A51 lebih baik dan terlihat lebih menarik. Perbedaan harga inilah yang menentukan apakah Samsung Galaxy A31 lebih menarik. Galaxy A31 harus dihindari.

Tentu bisa berbeda jika Samsung Galaxy A31 dibanderol dengan harga Rp. 3 juta. Bisa sekitar Rp. 3,6 atau kurang. Namun, seiring waktu biaya biasanya lebih rendah. Ponsel Samsung telah jatuh.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn