Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A74 5G

Dukungan jaringan 5G adalah tema yang mendominasi tahun ini, terutama untuk segmen smartphone entry level dan kelas menengah di Indonesia. Jika kalian mencari rekomendasi smartphone 5G terbaru namun tidak membuat kantong jebol, maka Oppo A74 5G bisa menempati list utama. Meskipun bukan termasuk ponsel 5G termurah dan juga bukan yang paling kaya fitur, namun setidaknya Oppo berani menawarkan harga yang masuk akal dengan beberapa kelebihan yang bisa diandalkan.

HP Oppo
Spesifikasi Oppo A74 5G
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.5 inci LTPS IPS LCD 90Hz ~405 ppi
  • Chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G (8 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Internal 6/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 3.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A74 5G dan Harganya

Dibanderol di titik harga 3 jutaan, hal ini menjadikan Oppo A74 5G sebagai ponsel 5G yang cukup terjangkau. Sekali lewat smartphpone ini sangat mirip dengan Oppo A54 5G tetapi memiliki RAM 50% lebih banyak dan penyimpanan dua kali lipat.

Tidak perlu berlama-lama lagi, saatnya kalian mengetahui apa saja kelebihan yang menjadi nilai jual Oppo A74 5G dan komponen mana yang termasuk kekurangannya. Oleh sebab itu pastikan untuk menyimak tulisan ini hingga selesai ya.

Kelebihan Oppo A74 5G

Secara general, kelebihan Oppo A74 5G juga dimiliki oleh saudaranya versi 4G. Namun tentu perbedaan performa akan sangat terasa mengingat dukungan chipset yang berbeda di antara keduanya. Mari membahas secara lebih dalam kelebihan Oppo A74 5G agar kalian tidak salah pilih.

Desain Simpel dan Menawan

Oppo adalah salah satu vendor yang sangat rajin meluncurkan smartphone baru dengan desainnya yang khas. Pasalnya, hampir setiap seri dari Oppo tampil dengan cantik dan menarik. Kalian bisa melihatnya pada seri Reno yang membanggakan segi desain dan kamera. Namun Oppo A74 5G juga tidak jauh berbeda.

Dari desain Oppo A74 5G, kalian tentu langsung memperoleh feeling bahwa perangkat ini adalah ponsel yang sangat menyenangkan untuk dilihat, dipegang, sekaligus digunakan. Meskipun merupakan ponsel kelas menengah, Oppo A74 5G memiliki desain premium yang tampak metalik. Ada lengkungan halus di bagian belakang dan tidak terlihat seperti plastik murahan sehingga menjadi poin plusnya.

Sementara itu bagian belakang ponsel juga memiliki warna yang menyebar dengan lembut dan kalian bisa memilih salah satu dalam dua varian warna, yakni Fluid Black dan Space Silver.

Layar Besar dengan Resolusi Full HD+

Oppo A74 5G memiliki layar yang tergolong besar dengan ukuran 6.5 inci yang menampilkan resolusi 1080 x 2400 piksel alias Full HD+. Layarnya hadir menawan dengan kecepatan refresh maksimum 90Hz. Seperti biasa, kalian bisa mengubahnya ke kecepatan refresh 60Hz untuk sedikit meningkatkan daya tahan baterai.

Namun karena pengaturan yang sudah otomatis maka layar Oppo A74 5G sebenarnya akan menurunkannya ke 60Hz dengan aplikasi yang tidak kompatibel atau ketika layar menunjukkan sesuatu yang statis selama beberapa detik.

Karena Oppo telah membekali layar perangkat ini dengan sertifikasi Widevine L1, maka kalian dapat menikmati acara favorit dalam resolusi HD di platform favorit pula. Selain itu persoalan ketajaman visualisasinya tak perlu diragukan lagi karena kerapatan pikselnya mencapai 405 ppi.

Performa Kencang di Kelasnya

Kelebihan Oppo A74 5G selanjutnya datang di sektor dapur pacu yang juga menjadikannya cukup menarik di antara para pesaingnya. Pasalnya, A74 5G dibekali prosesor Snapdragon 480 5G dengan arsitektur 8nm. Ini adalah chipset octa-core dual-cluster dengan dua core berperforma tinggi 2.0GHz Kryo 460 dan enam core hemat daya 1.8GHz Kryo 460.

Sepintas chipset ini memiliki angka yang lebih rendah dibandingkan dengan prosesor tahun ini namun hampir setara dengan efisiensi baterai 720G dengan sedikit lebih sedikit kekuatan dalam kinerja CPU dan Gaming. Tetapi jangan salah karena Snapdragon 480 5G diklaim lebih kuat daripada Snapdragon 662 karena menggunakan GPU kelas atas.

Mengusung Quad Kamera

Di masa yang penuh dengan inovasi fitur kamera smartphone, Oppo tidak pernah ingin ketinggalan unjuk gigi. Dari Oppo A74 5G kalian akan mendapatkan pengaturan empat kamera dengan sensor utama 48MP yang dilengkapi PDAF dan aperture f/1.7, kamera ultra-wide 8MP (aperture f/2.0), dan dua sensor 2MP yang didedikasikan untuk makro dan mono masing-masing dengan aperture f/2.4. Bagian depan, Oppo A74 5G memiliki kamera selfie beresolusi 8MP yang halus dengan aperture f/2.0.

Sensor utama 48MP memang terdengar seperti sensor yang brilian karena megapiksel yang lebih tinggi sama dengan kualitas foto yang lebih baik. Oleh sebab itu meski tidak terlalu besar sensornya kalian bisa mengandalkan kinerja dari kamera Oppo A74 5G.

Baterai Besar Tahan Lama

Oppo A54 5G memiliki baterai 5.000mAh, sama seperti hampir semua smartphone lain di kelasnya. Dengan bekal baterai besar tersebut, Oppo A74 5G dapat digunakan selama satu hari dan bahkan dapat bertahan satu setengah hingga dua hari jika kalian tidak terlalu sering menggunakan ponsel.

Kapasitas Penyimpanan Lega

Untuk memperoleh performa yang lancar tentu juga harus didukung oleh kapasiras penyimpanan yang tidak sedikit. Meskipun hanya menawarkan satu konfigurasi saja, kalian bisa mengandalkan kapasitas RAM sebesar 6GB dengan penyimpanan internal 128GB. Selain itu untungnya tipe penyimpanannya adalah UFS 2.1 sehingga Oppo A74 5G memiliki waktu peluncuran yang cepat. Kalian bisa bermain game atau menjalankan aplikasi berat tanpa lag mengganggu.

Sudah Mendukung NFC

Satu lagi kelebihan Oppo A74 5G yang sayang untuk dilewatkan begitu saja adalah dukungan fitur NFC. Dengan tersedianya dukungan ini, maka kalian tak perlu takut lagi dengan transaksi fisik di masa pandemic karena semuanya bisa beres menggunakan NFC.

Kekurangan Oppo A74 5G

Meski sudah berusaha memenuhi ekspektasi pengguna setianya mengenai smartphone andalan masa kini, namun perangkat ini masih memiliki beberapa kekurangan yang bisa kalian pertimbangkan Kembali. Apa saja kekurangannya? Berikut ini informasinya khusus untuk kalian.

Kualitas Rekaman Video Kalah Saing

Kekurangan pertama yang akan kalian temui pada Oppo A74 5G adalah keterbatasan chipset untuk merekam video. Perangkat ini hanya bisa merekam hingga 1080p pada 30fps dan tidak dapat merekam video dalam ultrawide atau kualitas lebih tinggi yang cukup mengecewakan. Padahal dengan budget 3 jutaan kalian seharusnya sudah bisa memiliki smartphone dengan kualitas rekaman minimal 4K.

Fast Charging Hanya 18W

Meski mengemas baterai yang besar dengan daya tahan maksimal, namun Oppo A74 5G tidak dilengkapi kemampuan fast charging lebih dari 18W seperti pesaingnya. Dengan begini kalian tidak bisa mengharapkan kecepatan pengisian daya kurang dari 1 jam.

Panel Masih LCD

Kekurangan terakhir dari Oppo A74 5G adalah soal layarnya. Sangat disayangkan Oppo masih agak pelit membagi kualitas panel yang menawan di rentang harga 3 juta. Kalian tidak bisa menikmati kontras dan warna solid AMOLED dari perangkat ini.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan A74 5G sebagai smartphone 5G andalan terbaru dari Oppo. Apakah menurut kalian smartphone ini worth it to buy?