Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A74

Setelah merilis beberapa smartphone high-tier terbaru di awal tahun 2021 ini, Oppo tampaknya kini fokus pada lini A-series mereka dengan harga lebih terjangkau yang kini mencakup OPPO A74, yang merupakan versi lebih murah dari OPPO A94.

HP Oppo
Spesifikasi Oppo A74
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.43 inci AMOLED ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Internal 6/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 38W
  • Harga Rp 2.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A74 dan Harganya

Berada di rentang harga yang tidak jauh berbeda dengan versi 5G-nya, Oppo A74 bisa membuat kalian bingung menentukan pilihan. Dua saudara kandung yang berada di seri yang sama ini memang memberikan penawaran cukup menggiurkan.

Jika kalian termasuk golongan pengguna Android yang tidak memusingkan perihal jaringan terbaru 5G, maka memilih Oppo A74 versi standar lebih tepat daripada versi 5G. Namun mari ketahui lebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh Oppo melalui perangkat ini.

Kelebihan Oppo A74

Baik Oppo A74 maupun A74 5G hadir dengan desain dan spesifikasi yang serupa. Namun ada sedikit perubahan pada layar, chipset, kamera belakang, dan fast charging. Untuk mempelajari lebih lanjut, mari kita mulai pembahasan mengenai kelebihan Oppo A74 di bawah ini.

Bobot Ringan

Seperti kebanyakan ponsel baru masa kini, Oppo A74 adalah salah satu di antara banyaknya perangkat ramping dan kompak yang disenangi oleh pengguna smartphone. Kalian memang tidak berekspektasi terlalu tinggi pada seri A mengenai desain karena Oppo jarang mengunggulkan sisi unik desainnya dibanding Reno series.

Namun bagaimana pun juga perangkat ini tidak terlihat murahan karena desainnya terlihat simple. Meskipun pada dasarnya membawa cover bermaterial plastik, tetapi ia memiliki kilau yang bagus dari cahaya yang dipantulkan saat kalian melihatnya dari sudut tertentu.

Oppo A74 sendiri menampilkan bagian belakang polikarbonat dengan ilusi kaca melengkung atau yang biasa disebut dengan "glasstic”. Alih-alih membawa gaya dengan kesan mirror, Oppo A74 justru memiliki efek prisma dengan bobot tercatat hanya 175 gram saja.

Melihat desain A74, kita dapat melihat bahwa tampilan yang dipilih Oppo untuk ponsel barunya adalah ramping dan lebih lembut. Sementara variasi warna yang disediakan oleh Oppo melalui perangkat ini adalah Midnight Blue dan Prism Black.

Mengusung Panel AMOLED Full HD+

Pada bagian depan kalian akan melihat layar AMOLED berukuran besar 6.4 inci dengan resolusi FHD+ yang dihiasi oleh lubang punch kecil untuk kamera depan dan dikelilingi oleh bezel yang cukup tipis. Jenis panel ini setingkat lebih tinggi daripada versi 5G yang hadir dengan layar LCD. Maka tak ayal kualitas tampilannya tentu lebih menarik karena menghasilkan warna hitam pekat dan kontras yang lebih solid.

Selain itu, Oppo juga telah menyertakan dukungan kerapatan piksel mencapai 409 ppi agar kalian bisa menonton film, scrolling sosial media, hingga bermain game dengan visualisasi yang detail.

Konfigurasi Kamera Epik

Oppo A74 memiliki modul tiga kamera yang terdiri dari sensor wide beresolusi 48MP (aperture f/1.7), kamera makro 2MP (aperture f/2.4), dan sensor depth 2MP dengan resolusi yang sama. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera selfie 16MP dengan aperture f/2.4.

Seperti merek lainnya yang sibuk melengkapi sensor kameranya dengan banyak fitur, Oppo A74 tidak jauh berbeda. Kalian bisa memanfaatkan Mode Extra HD untuk memberikan kualitas yang hampir sama dengan mode standar, tetapi dengan ketajaman dan detail tambahan agar hasil jepretan menjadi lebih menarik dan layak posting di akun sosial media.

Baterai Besar dengan Super VOOC 33W

Kekuatan daya baterai Oppo A74 ini dengan versi 5G setara dan kuat, karena kalian akan memiliki durasi waktu layar sekitar 7 jam dari baterai 5.000 mAh yang dimilikinya. Dengan ini, kalian dapat dengan mudah mengonsumsi konten sepanjang haru tanpa mengkhawatirkan masa pakai baterai dan menambahkan beberapa jam lagi ke dalam gameplay.

Bahkan dengan penggunaan yang tidak terlalu intens, Oppo A74 bisa bertahan hingga dua hari lamanya karena memiliki Super Power Saving Mode untuk memaksimalkan penggunaan sehari-hari.

Namun hal yang paling menarik adalah Oppo A74 lebih memenangkan hati pengguna dalam hal dukungan pengisian daya, karena memiliki bantuan pengisi daya cepat SuperVOOC 33W. Pada Oppo A74 5G kalian hanya bisa mengandalkan kekuatan teknologi pengisi daya cepat 18W yang kurang efisien dan tidak sesuai di rentang harganya.

Performa Mantap

OPPO A74 berjalan dengan ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 662, sebuah chipset yang menjanjikan kinerja gaming yang baik untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Karena tidak dipasarkan secara khusus sebagai smartphone gaming, tentu saja performanya bukan komponen utama yang ditonjolkan. Jika kalian menggunakannya untuk penggunaan ringan hingga sedang, maka perangkat ini bisa diandalkan.

Snapdragon 662 adalah sistem ARM LTE 64-bit mid-range pada chip yang dirancang oleh Qualcomm dan diperkenalkan pada awal tahun 2020. Chipset ini dibuat pada proses fabrikasi 11nm dan memiliki empat core efisiensi tinggi Kryo 260 Silver yang beroperasi pada 1,8 GHz bersama dengan empat Kryo 260 Gold kinerja tinggi hingga 2 GHz.

Untuk pemrosesan grafisnya, Snapdragon 662 terintegrasi dengan GPU Adreno 610. Dapur pacu ini diklaim oleh Oppo cukup mumpuni karena berkombinasi bersama RAM hingga 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Jika nantinya kekurangan ruang penyimpanan, kalian bisa memanfaatkan slot microSD dengan daya tampung maksimal 256GB.

Kekurangan Oppo A74

Berdasarkan informasi di atas, apakah kalian langsung menjatuhkan pilihan pada perangkat ini untuk mengganti smartphone lama? Meski tergiur dengan kelebihannya, mari ketahui beberapa kekurangan Oppo A74 terlebih dahulu berikut ini.

Kecepatan Refresh Hanya 60Hz dan Tanpa Proteksi

Layarnya boleh saja telah mengusung tipe panel AMOLED. Namun kalian harus rela menukar kualitas visualisasinya dengan refresh rate standar 60Hz saja. Di sisi lain, Oppo A74 5G yang membawa panel IPS LCD justru sudah dibekali refresh rate 90Hz yang tergolong cukup cepat.

Selain itu, Oppo juga enggan memberikan proteksi pada layar Oppo A74 sehingga layarnya akan rentan terhadap goresan dan retak. Nah, jika begini negosiasinya apakah kalian masih menginginkan Oppo A74?

Speaker Mono

Setali dua uang dengan layar, sisi output audio dari Oppo A74 juga belum memuaskan karena hanya dibekali speaker mono saja. Tentu hal ini membuatnya kurang asyik digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film.

Belum Ada NFC

Tidak seperti saudara 5G-nya, Oppo A74 tidak memperoleh dukungan fitur NFC yang artinya kalian tidak bisa melakukan transfer data atau kegiatan digital yang bisa dilakukan oleh fitur canggih tersebut. Padahal memiliki dukungan NFC adalah salah satu pertimbangan besar bagi pengguna smartphone masa kini ketika ingin membeli perangkat terbaru.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo 74 yang bisa kalian bandingkan dan pertimbangkan. Melihat deretan kelebihannya, perangkat ini cocok bagi pengguna yang ingin tampilan layar menawan dan daya tahan baterai lama untuk diandalkan sebagai daily driver.