Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.4

HP Nokia
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Nokia 5.4
  • Rilis Desember 2020
  • Layar 6.39 inci IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/64 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Charging 10W
  • Harga Rp 2.250.000
Selengkapnya : Spesifikasi Nokia 5.4 dan Harganya
HMD Global memboyong Nokia 5.4 ke pasar Indonesia pada 2021 lalu dengan peningkatan spesifikasi dari Nokia 5.3 yang cukup banyak dicari oleh pengguna setia Android. Meski pada saat peluncurannya dibanderol di range harga 3 jutaan, saat ini Nokia 5.4 bisa kalian bawa pulang dengan budget 2 jutaan saja lho.

Tertarik menjadikan Nokia 5.4 sebagai daily driver baru di tahun baru? Ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Nokia 5.4

Kendati secara sekilas tampak mirip dengan Nokia 5.3, namun perangkat ini mengusung komponen spesifikasi yang agak berbeda. Kalian akan menikmati beberapa kelebihannya berikut jika memilih Nokia 5.4 sebagai ponsel harian.

Desain Kompak dan Bodi Ringan

Nokia 5.4 cocok untuk kalian yang lebih menyukai smartphone berbodi kompak dan ringan daripada smartphone bongsor yang berbodi besar. Dengan ukuran ketebalan 8.7 mm dan berat 180 gram, ponsel ini sangat nyaman digenggam hanya dengan satu tangan saja.

Menariknya, Nokia mengusung konsep desain yang tidak biasa pada Nokia 5.4. Perangkat ini punya tekstur material yang berpola line dengan warna yang dapat berubah ketika terkena pantulan cahaya dengan varian Polar Night dan Dusk. Pilih yang mana nih?

Kamera Sinema 48 MP

Keunggulan Nokia 5.4 selanjutnya ada pada sensor optiknya yang memuat sensor utama 48 MP (aperture f/1.8) dengan dukungan PDAF. Resolusi yang lebih besar dari pendahulunya tersebut ditemani oleh tiga kamera lainnya berupa sensor ultrawide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Sementara untuk keperluan swafoto kalian dapat mengandalkan sensor depan beresolusi 16 MP.

Dari banyaknya fitur kekinian yang disertakan pada Nokia 5.4, terdapat Mode Cinema baru yang memungkinkan penggunanya merekam video dalam format lebar sinematik berukuran 21:9. Opsi editingnya pun tak kalah lengkap mulai dari ISO, H-log, dan lainnya. Kalian bisa mengandalkan kualitas rekaman hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 fps menggunakan kamera ponsel ini.

Performa Menjanjikan

Nokia 5.4 menawarkan performa yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Perangkat ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang memiliki CPU 8 inti dengan clock speed hingga 2.0 GHz dan bekerja sama dengan pengolah grafis GPU Adreno 610. SoC yang dibuat pada proses fabrikasi 11 nanometer ini siap menangani tugas harian dengan lancar tanpa takut tersendat lag saat melakukan multitasking.

Nokia memadukan performaa chip tersebut bersama dengan ruang penyimpanan yang cukup lega pada perangkat ini dengan RAM hingga 6 GB dan memori internal sebesar 64 GB. Masih kurang? Untungnya masih tersedia slot microSD pada Nokia 5.4 yang dapat menampung kapasitas tambahan secara eksternal hingga 512 GB.

Ada NFC

Siapa sangka Nokia 5.4 ternyata sudah mendukung fitur terkini NFC yang dicari-cari oleh pengguna smartphone. Fitur Near Field Communication atau NFC merupakan teknologi transfer data yang sangat efisien dan memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi digital dengan mudah.

Tampilan Ringan

Nokia 5.4 menjalankan sistem operasi Android 10 saat diluncurkan dengan user interface Android One. Alhasil, ponsel ini menampilkan antarmuka ringan dengan suguhan fitur minimalis dari Google. Kalian tidak akan menemukan banyak bloatware seperti yang biasa ditemui pada ponsel masa kini sehingga tetap nyaman menggunakan Nokia 5.4 sepanjang hari.

Selain itu, Nokia juga menjanjikan update sistem operasi hingga 2 tahun ke depan dengan 3 tahun pembaruan keamanan. Cukup lengkap bukan?

Kekurangan Nokia 5.4

Setelah membahas mengenai kelebihan Nokia 5.4, ada baiknya mengulik beberapa kekurangannya yang patut dipertimbangkan kembali. Berikut ini beberapa

Baterai di Bawah Standar

Resolusi layar yang tidak tinggi pada ponsel ini memang memberikan dukungan untuk ketahanan daya yang lebih lama. Dengan baterai 4.000 mAh, Nokia 5.4 masih kalah dengan para pesaingnya yang sudah menawarkan baterai di atas 4.500 mAh. Jika digunakan dengan intensitas yang rendah, tentu saja ketahanan daya perangkat ini akan lebih lama. Namun sayangnya ia tidak cocok bagi kalian yang kerap menggunakan ponsel seharian dan punya mobilitas tinggi.

Selain itu, Nokia 5.4 hanya dibekali charger mentok di 10 Watt saja. Alhasil, penggunanya tidak bisa merasakan betapa efisiennya teknologi fast charging masa kini.

Kecepatan Refresh Hanya 60 Hz

Biasanya ponsel berbodi ringkas akan menawarkan refresh rate di atas 60 Hz atau resolusi tinggi. Namun Nokia 5.4 tidak membawa keunggulan antara keduanya sehingga bagi kalian yang gemar bermain game berat tentu akan kecewa dengan kinerja displaynya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Nokia 5.4 yang harus dicatat dan dipertimbangkan. Jangan sampai salah pilih smartphone baru di antara opsi yang kalian punya ya.

Nokia 5.4
Rilis : Desember 2020
6/64 GB - Rp 2.250.000
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn