Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Berikut kelebihan Samsung Galaxy A52 dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Kalian harus tahu kabar asyik dalam dunia smartphone di Indonesia. Ya, kini Samsung telah merilis Samsung A52, yang telah dirilis tanggal 19 Maret lalu. Kini, Samsung bisa dibeli di toko langsung usai 22 Maret 2021. Nah, sebelum bisa dibeli di toko, kalian yang ingin membeli gawai ini harus melakukan pre-order terlebih dahulu di beberapa toko online.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A52
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED 90Hz ~407 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4500 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 4.700.000 - 5.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A52 dan Harganya

Nah, gawai cerdas ini tentu sangat asyik untuk dikulik kelebihan dan kekurangannya. Selain bisa sebagai bahan pertimbangan, namun juga bisa digunakan sebagai pembanding. Penasaran? Yuk, simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Kelebihan Samsung Galaxy A52

Menjadi penerus Galaxy A51 yang sebelumnya sangat laris di pasaran, Samsung Galaxy A52 juga didatangkan dengan sejumlah keunggulan yang tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan, diantaranya:

Layar Super AMOLED 90Hz

Siapa sangka Samsung berani menjebol fitur layar super amoled rate 90Hz di setup Samsung A52? Ya, kelebihan ini bisa dibilang cukup menjadi pembeda dari keluaran Samsung yang lain. Dengan layar tersebut, Samsung A52 mampu memanjakan mata kalian dengan kualitas warna yang tajam, jernih, dan realistis.

Jangan khawatir soal sensitifitas dari Samsung A52. Layarnya akan terasa smooth ketika dipakai bermain game ataupun penggunaan reguler dengan aplikasi lainnya. Menarik sekali, bukan?

Kalau kalian tidak percaya, tentu saja ketajaman layar ponsel cerdas ini bisa dibuktikan dengan kerapatan pixel yang mencapai 407 ppi. Layar Full HD tersebut juga memiliki kecerahan hingga 800 Nits yang membuat layar tetap terlihat nyaman di bawah terik sinar matahari. Jadi kalian tidak perlu memicingkan mata lagi ketika melihat layar Samsung A52 ini.

Diproteksi Gorilla Glass 5

Kalian nggak perlu panik kalau sewaktu-waktu perangkat ini jatuh ke lantai. Tidak perlu histeris hingga menangis. Pasalnya, smartphone ini sudah dilindungi lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5. Tentu saja cukup kuat menahan benturan ataupun goresan. Tapi, bukan berarti kalian bisa dengan teledor meletakkan perangkat ini dimana saja. Layarnya tetap bisa pecah apabila terbentur dengan sangat keras.

Bodi Ringan dan Langsing

Samsung A52 memiliki ketebalan yang langsing alias tipis. Bodinya hanya memiliki ketebalan 8.4 mm. Bodinya juga memiliki berat yang relatif ringan. Hanya 189 gram saja. Kalian tidak perlu khawatir dengan pilihan warna. Pasalnya pilihan warnanya sangat variatif. Antara lain warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Kualitas Kamera Depan yang Menggoda

Kualitas kamera depan Samsung A52 tidak perlu diragukan lagi. Ponsel ini memiliki kamera depan 32 Megapixel. Sangat bisa diandalkan untuk kalian yang gemar berfoto selfie. Jangan khawatir juga, meski sekedar meeting lewat ZOOM, kamera depan Samsung A52 tidak bisa berbohong. Kamera tersebut juga mampu merekam video beresolusi 4K@30fps yang secara tidak langsung menambah nilai plus untuk menarik pecinta gadget di Indonesia.

Kamera Belakang yang Berkualitas

Kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana kualitas kamera belakang dari gawai pintar ini. Nah, pada bagian belakang Samsung A52, sudah ada empat lensa dengan lensa utama beresolusi 64 Megapixel. Menariknya, kamera tersebut sudah dilengkapi PDAF dan OIS yang membuat hasil foto dan rekaman video semakin berkualitas.

Selain kamera 64 Megapixel, Samsung A52 juga memiliki kamera ultrawide 12 Megapixel dan kamera Macro 5 Megapixel serta Depth Sensor 5 Megapixel. Jadi apabila ditotal maka smartphone ini memiliki empat kamera belakang.

Tahan Air Hingga 1 meter

Keunikan lain yang dimiliki perangkat ini adalah mampunya bertahan di kedalaman air selama 30 menit. Kedalaman air tersebut sejauh 1 meter dari permukaan. Nah, kelebihan Samsung A52 ini dibuktikan dengan rating IP67. Rating tersebut membuktikan bahwa Samsung A52 mampu bertahan di dalam air pada kedalaman 1 Meter selama 30 menit. Buat kalian yang suka sekali bermain air tentu aman membawa gadget ini. Namun, tetap saja jangan dibawa mandi, ya.

Kamera Depan Punch Hole

Berbeda dengan saudaranya, Samsung A32 yang masih menggunakan notch untuk meletakan sensor kamera depan, Samsung Galaxy A52 memiliki desain layar yang lebih premium. Pasalnya gawai cerdas ini ini sudah tampil memukau dengan Infinity-O Display kamera depan bergaya Punch Hole. Nah, letak kamera tersebut tertata secara simetris ditengah-tengah layar sehingga memberikan kesan layaknya smartphone flagship Samsung.

Kekurangan Samsung Galaxy A52

Meski memiliki beragam keunggulan yang menarik, sebagaimana kebanyakan smartphone lainnya, Samsung Galaxy A52 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Performa Lancar Namun Tidak Kompetitif

Performa chipset yang digunakan Samsung A52 memang cepat, kalian pasti akan puas dengan berbagai game dan aplikasi yang lancar ketika diluncurkan. Namun, sayang sekali bahwa faktanya hal tersebut masih tertinggal satu tingkat dari Xiaomi Redmi Note 10 Pro. Sebab smartphone ini masih menggunakan chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G yang terintegrasi dengan processor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan GPU Adreno 618.

Namun, hal itu seakan ditebus dengan disajikannya Ram berkapasitas 8GB dengan opsi memori internal 128GB serta 256GB. Selain itu, tersedia pula slot memori eksternal untuk menambah ruang penyimpanan smartphone ini. Namun slot yang digunakan masih Hybrid.

Koneksi Masih 4G LTE

Kekurangan yang sungguh disayangkan adalah untuk pasar Indonesia hanya tersedia versi 4G saja. Namun, jangan khawatir, konektivitas lain yang dimiliki ponsel ini cukup lengkap, mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), dan Port USB Type-C. Selain itu, ada pula fitur NFC untuk mendukung pembayaran digital seperti E-Money, Flazz BCA, dll.

Performa Baterai Pas-Pasan

Samsung memang memberikan kapasitas baterai yang terbilang besar. Namun, kapasitas baterainya memang tidak sebesar Samsung A32 yang dibekali baterai 5.000 mAh. Tapi, kalian tidak perlu ragu. Hal tersebut bukanlah menjadi sebuah kekurangan. Samsung A52 diklain bisa menyimpan baterai dengan sangat awet selama bertahan 2 hari pemakaian normal. Sayangnya Samsung hanya menyediakan charger 15W pada paket penjualan ponsel ini.

Harga 5 Jutaan

Bagi kalian yang tertarik membeli gawai pintar ini harus menyiapkan uang yang cukup besar. Yakni senilai Rp. 4.999.000. Harga tersebut hanya berlaku untuk Samsung A52 untuk varian Ram 8GB/128GB. Nah, jika memori internalnya dikurangi, kalian bisa membeli Samsung A52 versi Ram 8GB/256GB dengan harga sebesar Rp. 5.399.000.

Gimana nih? Apa kalian sudah memahami dan berbagai sisi dari Samsung A52? Sekilas, memang dari sisi luar, Samsung A52 terlihat mewah dan premium. Informasi tambahan, berbagai sumber menyebutkan bahwa smartphone ini masih menggunakan bodi berbahan plastik. Namun, meski demikian Samsung berhasil memberikan kesan mewah dan elegan menggunakan desain finishing matte yang apik.

Namun, yang perlu dipertimbangkan lagi adalah harga Samsung A52. Ya, harga tersebut memang tidak bisa dikatakan murah. Banyak sumber yang menilai bahwa Smartphone ini dibanderol dengan harga cukup mahal. Namun, beberapa pihak juga menilai bahwa harga tersebut sebanding dengan kelebihan dan kekurangan Samsung A52. Sekali lagi, bagaimana pendapat kalian?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn