Aplikasi Baca Komik Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki hobi membaca? Sering dengan perkembangan zaman, membaca menjadi kegiatan yang sangat asyik karena saat ini telah tersedia banyak media mulai dari fisik hingga elektronik. Salah satu jenis bacaan yang ramai peminatnya adalah komik dan manga. Keduanya dibanjiri penggemar Negeri Sakura dan para kutu buku yang menyukai alur cerita lewat visual.

XAXAXAXAImage via play.google.com

Saat ini komik bisa kamu baca dari smartphone saja lho. Beberapa platform atau aplikasi menyajikan segudang judul komik dan manga yang bisa diakses dengan bebas. Artinya, kamu bisa sedikit menghemat pengeluaran daripada membeli versi cetak. Yuk, simak beberapa rekomendasi aplikasi baca komik dan manga berikut ini.

1. Line Webtoon

Tak disangkal, popularitas Webtoon terus meroket karena para artist dan author berkolaborasi dengan apik untuk menyuguhkan komik yang seru. Tidak tanggung-tanggung, Line Webtoon juga menghadirkan cerita fan fiction dan kolaborasi dengan boy group ternama seperti BTS, TXT, dan Enhypen.

Kamu juga pasti tidak asing lagi dengan drama dan film yang diangkat dari kisah di Webtoon fenomenal seperti True Beauty dan semacamnya. Semua jenis cerita komik dan manga disediakan oleh Line Webtoon sehingga kamu bisa memilih sesuai minat saja. Bahkan jika berbakat menggambar atau membuat alur cerita, kamu juga akan mendapatkan kesempatan menerbitkan cerita.

2. MangaToon

Puluhan juta user MangaToon menjadi bukti bahwa aplikasi yang satu ini adalah aplikasi baca komik recommended. Biasanya di aplikasi lain banyak cerita yang dikunci sehingga kamu harus membayar sejumlah koin untuk melanjutkan bacaan. Namun di MangaToon justru mayoritas ceritanya gratis dan sangat seru sehingga tak heran banyak yang menyukainya.

Di aplikasi baca manga ini kamu akan mendapatkan update setiap hari dari judul yang berbeda. Bahkan ada juga kok beberapa judul yang memberikan update episode setiap harinya. Kalau begini dijamin hari-hari kamu terasa lebih berwarna karena episode manga kesukaan siap dibaca.

3. Kakaopage

Nah, kalau yang satu ini adalah aplikasi baca komik yang pas untuk kamu yang suka genre romance. Ya, sudah jadi rahasia umum bahwa Kakaopage memiliki banyak judul komik yang sukses membuat baper pembacanya. Apalagi dengan layanan berupa update episode yang teratur, Kakaopage tidak akan membuat kamu kecewa.

Ketika kuota sedang sekarat, kamu tetap bisa menikmati episode cerita yang telah diunduh hingga 10 hari lamanya. Meskipun ada beberapa yang dibatasi dan mengharuskan penukaran poin atau tiket, Kakaopage juga tidak pelit membagi tiket gratis setiap harinya melalui event yang seru. Apa komik favoritmu dalam Kakaopage?

4. Manga Plus by Shueisha

Jangan ngaku pencinta manga kalau belum mengunduh Manga Plus by Shueisha. Semua manga populer Jepang ada di dalam aplikasi ini sehingga kamu tidak akan ketinggalan jalan ceritanya. Sangking lengkapnya koleksi manga Jepang di dalam aplikasi ini, user globalnya sudah mencapai angka jutaan lho.

One Piece, Dragon Ball Super, Dr. Stone, dan segudang judul familiar lainnya dihadirkan secara gratis dan spesial untuk kamu pencinta manga. Ada pun maga legendaris lainnya seperti Naruto, Tokyo Ghoul, dan lainnya juga bisa dengan bebas kamu akses kok. Karena banyaknya pencinta manga global, konten dari kreator di aplikasi ini berbahasa Inggris.

5. Bilibili Comics

Aplikasi baca komik selanjutnya yang cocok untuk mengisi waktu luang kamu adalah Bilibili Comics. Pihak pengembang aplikasi ini mengklaim ada ratusan judul komik yang siap dibaca dengan kualitas tampilan HD lho. Menariknya lagi kualitas tinggi tersebut bisa diunduh sehingga kamu bisa membacanya secara offline.

Bilibili Comics tersedia di PC, H5, dan via aplikasi yang berarti mudah diakses lewat media apa saja. Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan dan kamu dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store dengan ukuran 40 MB.

6. Pocket Comics

Suka membaca komik webtoon premium? Kalau begitu kamu wajib mengunduh Pocket Comics agar bisa menjelajahi perpustakaan komik premium hanya dengan satu kali klik saja. Platform aplikasi ini dikuratori oleh komik web berlisensi resmi sehingga tak perlu ragu dengan kualitas ceritanya.

Pocket Comics cocok untuk kamu yang ingin membaca sekaligus melatih keterampilan berbahasa Inggris karena cerita di dalamnya didominasi oleh bahasa Inggris. Sebagaimana sistem platform komik premium lainnya, Pocket Comics bisa diakses awal secara gratis dan selanjutnya menggunakan tiket harian atau membeli koin untuk membuka episode cerita.

7. Manta

Manta juga tidak ingin ketinggalan dalam mengisi list rekomendasi aplikasi baca komik terbaik. Ya, bagaimana tidak karena berbagai komik yang sedang tren di kancah global bisa dengan leluasa diakses melalui platform digital yang satu ini.

Jika kamu masuk ke dalam versi Manta Unlimited, benefit yang akan didapatkan sangat sepadan dan asyik. Mulai dari notifikasi update setiap series per hari, membaca episode selanjutnya lebih cepat dari yang lain, hingga bisa membaca semua judul komik tanpa batas setiap harinya di mana pun dan kapan pun. Kamu suka judul komik populer yang mana nih?

8. WebComics

Semua genre komik yang kamu suka bisa dengan mudah ditemukan pada aplikasi baca komik yang satu ini. Ceritanya juga dijamin semakin seru karena di antara judul-judul di dalam WebComics, ada 1.000 episode baru yang rilis setiap hari lho. Untuk mendapatkan komik eksklusif yang tidak membosankan, platform yang digemari jutaan user ini menandatangani kontrak tunggal dengan para komikus di seluruh penjuru dunia.

Untuk mempermudah penggunaan, developer aplikasi telah menyediakan pengaturan bahasa yang bisa kamu pilih dengan opsi bahasa Inggris, Mandarin, Thailand, dan Indonesia.

9. Tappytoon

Aplikasi baca komik yang satu ini sangat unik karena memiliki logo kucing. Selain itu, ia juga sangat digemari oleh pengguna yang mencari manga dan komik seru dengan kualitas HD. Jangan khawatir soal, meskipun menyediakan ticket baca setiap hari untuk konten komik dan manga sesuai preferensi, namun ketika kamu ketinggalan episode maka tiket gratis tersebut bisa kamu klaim untuk mengunlock episode baru.

10. Marvel Unlimited

Agak berbeda dari rekomendasi sebelumnya di atas, Marvel Unlimited ditujukan untuk kamu yang menyukai komik Marvel. Dengan mengunduh Marvel Unlimited, kamu akan mendapatkan akses instan ke 27.000 komik digital Marvel 80 tahun buku komik Marvel secara gratis selama 7 hari trial. Tak hanya itu, setiap minggunya ada edisi baru yang langsung bisa dibaca dengan asyik.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi baca komik yang wajib diunduh jika kamu adalah penggemar cerita visual para komikus. Aplikasi baca manga dan komik memang sangat mengesankan sehingga tak heran banyak yang rela merogoh kocek dalam demi menikmati setiap episode yang ditayangkan oleh author. Kamu sendiri suka membaca manga dan komik apa?