Beberapa Pertimbangan yang Harus Dilakukan Saat Akan Membeli Kamera DSLR

Memotret kini jadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Berkembangnya teknologi yang canggih membuat banyak orang bisa dengan mudah mengabadikan momen melalui kamera, baik yang ada di ponsel atau kamera profesional seperti kamera Canon 1500D. Tak heran, kini banyak masyarakat Indonesia yang memiliki hobi fotografi.

Cara Agar Server VPS AmanFoto oleh Michael Dupuis dari Pexels

Menurut pendapat sebagian orang, fotografi harus ditekuni dengan serius. Bahkan sebagian orang menekuni kegiatan tersebut sebagai sumber pendapatan.

Boomingnya hobi yang satu ini membuat kamera professional menjadi ramai peminat. Tidak sedikit orang membeli kamera yang canggih dengan segala perlengkapannya. Namun, jangan salah pilih. Sebenarnya masing-masing kamera memiliki spesifikasi yang berbeda serta fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya harus dicocokkan kembali dengan budget yang dimiliki.

Jika Anda ingin membeli kamera yang tepat dan bagus, maka Anda bisa simak tips di bawah ini.

Pikirkan Tujuan Membeli Kamera

Salah satu tips dalam membeli kamera profesional adalah dengan memikirkan alasan dan tujuan Anda membeli sebuah kamera. Tentukan lebih dahulu tujuannya, apakah untuk sekedar hobi, pekerjaan sampingan, atau pekerjaan tambahan. Tidak jarang, banyak orang yang hanya ikut-ikutan atau ingin terlihat keren jika memiliki kamera profesional.

Tujuan tersebut tidak tidak salah, namun Anda perlu berpikir ulang jika hanya membeli untuk mengikuti tren yang sedang berkembang. Apakah Anda ingin membeli kamera karena ingin memotret pemandangan? Apakah Anda ingin membeli kamera agar dapat memotret saat traveling keluar kota? Atau apakah Anda penasaran dan baru ingin mencoba untuk melakukan seni fotografi? Nah, Anda bisa jawab pertanyaan-pertanyaan 1tersebut sembari mempertimbangkan untuk tujuan apa Anda membeli kamera profesional tersebut.

Tentukan Jenis Fotografi yang Disukai

Saat akan membeli kamera, coba untuk memutuskan jenis fotografi apa yang Anda sukai. Hal ini tentunya akan disesuaikan dengan spesifikasi kamera yang Anda beli. Ada beberapa jenis fotografi yang bisa Anda ketahui, yaitu fotografi pemandangan, still life, human interest, atau pemandangan air laut. Jika sudah mengetahui jenis fotografi yang Anda sukai, maka sangat mudah menentukan spesifikasi dan peralatan kamera yang diinginkan. Hal ini jadi salah satu pertimbangan penting untuk menentukan merk, jenis, hingga spesifikasi kamera profesional. Karena setiap kamera tentunya memiliki keunggulan masing-masing.

Sesuaikan Budget

Hal yang tidak kalah penting saat membeli kamera adalah pertimbangan budget atau anggaran. Ingatlah untuk tidak mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan tersier dan mengganggu kebutuhan primer.

Dikutip dari plazakamera, budget yang bisa disiapkan untuk membeli sebuah kamera profesional adalah sekitar Rp 6 juta hingga Rp 10 juta. Namun, jika Anda memang ingin membeli kamera yang lebih canggih secara model dan spesifikasinya, maka siapkan budget dengan rentang mulai Rp10 juta hingga Rp20 juta. Apalagi jika Anda ingin membeli kamera yang lebih canggih, maka bisa-bisa Anda merogoh kocek hingga lebih dari Rp 20 juta.

Kenali Merk Kamera

Membeli kamera profesional berarti Anda menjalin ikatan dengan satu merk. Perlengkapan kamera akan bekerja dengan baik ketika menggunakan satu merek yang sama. Misalnya lensa dari merek Nikon tidak akan cocok dengan kamera Canon yang Anda beli di Blibli. Hal ini adalah hal sederhana namun jangan sampai luput dari pemahaman Anda saat membeli kamera.

Supaya mengetahui merk kamera, maka sebaiknya Anda banyak mencari referensinya di internet, teman yang menggeluti bidang fotografi sejak lama, atau bisa langsung datang ke toko kamera. Ada beberapa merk kamera yang top di pasaran seperti Canon. Tentunya pilihan kamera ini akan disesuaikan lagi dengan kebutuhan fotografi yang Anda butuhkan.

Pelajari Fitur

Salah satu cara terbaik saat memutuskan membeli kamera adalah dengan mempelajari fitur di dalam kamera dari masing-masing merk. Jika sudah paham betul dengan fitur umum dari satu merk kamera, maka Anda akan lebih mudah mempelajari fitur lain untuk merk lainnya. memahami fitur kamera ini akan membantu Anda dalam memutuskan merk mana yang cocok saat dibeli. Misalnya bagaimana sensor, sistem ISO, hingga megapiksel kameranya. Inilah aspek-aspek yang bisa diperhatikan saat pembelian kamera profesional.

Ketahui Service Center Merk yang Dipilih

Pastikan service center dari merk kamera yang Anda pilih mudah dijangkau di kota Anda. Biasanya hal ini sangat sering dilupakan oleh para pembeli. Anda boleh saja terpaku dengan merk karena fitur dan spesifikasinya. Namun, jangan lupa juga untuk bertanya di mana lokasi service center dari merek tersebut.

Keberadaan service center sangat penting untuk memudahkan Anda di masa depan jika terjadi masalah atau gangguan pada kamera. Jangan sampai sudah membeli dan Anda malah baru tahu jika service center merk tersebut jauh dari lokasi rumah dan membutuhkan ongkos yang besar. Selain mengeluarkan biaya untuk service, Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam untung ongkos perjalanan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kamera profesional. Pastikan dahulu tujuan sebelum membeli kamera supaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memilih toko yang tepat baik offline atau online seperti Blibli sebelum membeli agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.