Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro 5G

Realme 9 Pro 5G merupakan smartphone kelas menengah yang tidak kalah unggul dari pendahulunya, Realme 8 Pro. Rilis pada kuartal pertama tahun 2022, Realme 9 Pro 5G hadir bersamaan dengan versi Pro Plus yang juga sudah memiliki dukungan jaringan 5G.

Realme 9 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Realme 9 Pro 5G
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 6/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 3.400.000 - 3.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 9 Pro 5G dan Harganya
Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh ponsel yang satu ini? Simak informasi dalam tulisan ini selengkapnya.

Kelebihan Realme 9 Pro 5G

Realme 9 Pro 5G punya harga banderol sekitar 3 jutaan saja. Berikut ini beberapa kelebihan Realme 9 Pro 5G yang menjadikannya pantas disebut sebagai salah satu ponnsel worth it to buy tahun ini.

Desain Menarik

Realme 9 Pro 5G membawa desain unik yang disebut dengan Light Shift, yakni konsep desain yang bisa berubah warna saat terkena bias cahaya UV. Jika ingin menikmati keindahan perubahan bias warna ini, kalian dapat memilih varian Sunrise Blue yang dapat berubah dari warna biru menjadi kemerahan saat terkena sinar matahari.

Ponsel ini memiliki finishing panel belakang agak glossy sehingga cukup mengikuti standar trend saat ini. Bodinya pun tampak kompak di ukuran bobot 195 gram dan ketebalan 8.5 mm sehingga menjamin ergonomis yang nyaman ketika digunakan seharian.

Layar Full HD Plus dan High Refresh Rate

Kelebihan selanjutnya dapat kalian temui pada sektor display. Realme 9 Pro 5G mengusung layar Full HD Plus (1080 x 2412 piksel) berukuran 6.6 inci. Visualisasinya memang dijamin oleh Realme karena layar ponsel ini membawa kepadatan piksel hingga 400 ppi. Selain itu, ada kecepatan refresh cukup tinggi pada Realme 9 Pro 5G, yakni 120 Hz. Ia dikombinasikan dengan touch sampling rate hingga 240Hz yang menjadikannya cukup unggul.

Lebih lanjut, Realme 9 Pro 5G juga sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 yang berarti dapat memutar konten favorit di platform Netflix dengan resolusi Full HD. Kalian tidak perlu ragu dengan ketahanan layarnya karena ada proteksi dari Corning Gorilla Glass 5.

Dapur Pacu Oke

Realme 9 Pro 5G diotaki salah satu chipset kelas menengah andalan Qualcomm, yakni Snapdragon 695 (6 nm). SoC 5G yang satu ini menjamin performa lancar tanpa kendala dengan memadukan dua kluster CPU Octa-core. Dua core yang dibawanya merupakan Kryo 660 Gold yang menjadi inti performa dengan clock speed 2.2 GHz. Sementara enam lainnya merupakan Kryo 660 Silver yang menjadi core efisien dengan kecepatan 1.7 GHz.

Snapdragon 695 memiliki pengolah grafis berupa GPU Adreno 619 yang dapat menangani proses dengan smooth. Pada Realme 9 Pro 5G, kinerja jeroannya mendapat sokongan dari RAM LPDDR4X berukuran 6/8GB dan memori internal UFS 2.2 sebesar 128 GB. Menariknya, Realme 9 Pro 5G sudah memiliki dukungan DRE atau Dynamic RAM Expansion hingga 5 GB. Masih kurang? Tenang, ada slot microSD juga kok.

Baterai Besar

Keunggulan Realme 9 Pro 5G yang sayang dilewatkan adalah kapasitas dayanya yang besar. Kalian bisa mengandalkan baterai 5.000 mAh pada perangkat ini yang lengkap dengan dukungan teknologi fast charge hingga 33W.

Kamera Mumpuni

Untuk melengkapi keunggulan di atas, maka sektor kamera Realme 9 Pro 5G juga tak ingin ketinggalan dengan menyajikan setup triple kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Sementara di bagian depan tersemat kamera selfie beresolusi 16MP. Sejumlah fitur andalan Realme yang paling disukai diantaranya adalah Dual-view, Night Mode, dan Starry Mode. Mau coba yang mana nih?

Kekurangan Realme 9 Pro 5G

Membahas kelebihan sebuah produk memang menyenangkan. Namun agar tidak bias, pertimbangkan beberapa kekurangan Realme 9 Pro 5G berikut ini.

Layar Masih IPS LCD

Realme 9 Pro 5G tidak ikut serta dalam persaingan visualisasi tingkat atas yang mengandalkan panel AMOLED di kelas menengah. Ya, kalian hanya bisa menikmati tampilan yang tidak sepekat AMOLED dari panel IPS LCD perangkat ini. Sebagai penawarnya, Realme menyuguhkan kecepatan refresh dan dukungan fitur lain agar tampilan display tetap menyenangkan.

Speaker Mono

Performa Realme 9 Pro 5G memang tergolong apik dan cocok untuk bermain game dengan lancar. Namun sayangnya aktivitas gaming yang kalian jalankan akan terasa kurang karena absennya speaker stereo. Meski speaker mono Realme 9 Pro 5G diklaim cukup lantang dan berkualitas, apakah ketiadaan dual speaker pada ponsel ini bisa dimaklumi?

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro 5G yang wajib diketahui. Jika menurut kalian poin minus berupa speaker tunggal dan teknologi layarnya masih bisa ditoleransi, Realme 9 Pro 5G sangat affordable untuk dipilih sebagai daily driver terbaru kalian tahun ini.