Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Setelah sukses dengan Galaxy A52 Series, tahun ini Samsung meluncurkan jajaran Galaxy A53 Series yang siap unjuk keunggulan. Samsung Galaxy A53 5G adalah salah satu pilihan worth it to buy jika kalian ingin menjajal performa kuat ponsel 5G menengah dari Samsung.

Samsung Galaxy A53 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G
  • Rilis Maret 2022
  • Layar 6.5" FHD+ Super AMOLED 120Hz Infinity O display
  • Chipset Exynos 1280
  • GPU Mali-G68
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 6.000.000 - 6.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G dan Harganya
Ponsel anyar nan cantik ini membawa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A53 5G

Jika ditilik dari deretan spesifikasinya, Samsung Galaxy A53 5G memang cukup menarik. Kalian akan mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini.

Layar AMOLED 120 Hz

Kelebihan pertama yang disuguhkan oleh Samsung Galaxy A53 5G ada pada sektor layar. Samsung Galaxy A53 5G mengusung panel AMOLED dengan rentang ukuran 6.5 inci yang sudah beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Menariknya, display Infinity-O ini membawa kecepatan refresh yang telah ditingkatkan dari 90 Hz pada Galaxy A52 ke 120 Hz pada Samsung Galaxy A53 5G.

Menariknya lagi, Samsung Galaxy A53 5G sudah dibekali dengan sensor in-display atau sidik jari di dalam layar dan AoD sehingga dapat digunakan dengan efisien. Selain itu terdapat pula sertifikasi Widevine L1 yang artinya ia memiliki kemampuan menampilkan visualisasi resolusi Full HD Plus pada platform streaming seperti Netflix. Soal ketahanan layar, Samsung sudah melapisinya dengan Gorilla Glass 5 dari Corning.

Jaringan 5G dan Performa Kuat

Kelebihan yang satu ini dapat dengan mudah disadari karena langsung tersemat pada namanya. Dukungan jaringan 5G pada Galaxy A53 5G hadir lantaran perangkat ini diotaki oleh chipset Exynos 1280 (5G) buatan Samsung sendiri. Ia mengusung kinerja apik dari CPU Octa-core yang terbagi menjadi dua kluster dengan masing-masing clock speed 2.4 GHz dan 2 GHz.

Samsung menyokong performa kuatnya dengan kapasitas besar RAM hingga 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Masih kurang? Jangan khawatir karena Samsung Galaxy A53 5G mempunyai dukungan memori eksternal dengan daya tampung up to 1 TB! Jika sudah begini, kalian hanya perlu menikmati gesitnya kinerja Samsung Galaxy A53 5G saja.

Baterai Awet

Seperti para saudaranya, tentu Samsung Galaxy A53 5G tidak ingin ketinggalan dalam hal ketahanan daya. Baterai berkapasitas 5.000 mAh pada perangkat ini siap menemani aktivitas hingga dua hari lho. Jika memilih Samsung Galaxy A53 5G sebagai daily driver, dijamin tak akan mudah kehabisan daya.

Konektivitas Lengkap

Tak ingin rugi dan ingin menjajal konektivitas serta fitur lengkap? Nah, Samsung Galaxy A53 5G wajib menjadi opsi utama untuk kalian. Bukan smartphone 5G biasa, ia juga menawarkan speaker stereo dengan output suara mantap yang turut didukung oleh Dolby Atmos. Selain itu, Samsung tak lupa menyertakan fitur NFC sehingga dapat dikatakan sebagai paket lengkap untuk pengguna masa kini.

Setup Kamera Unggul

Punya hobi membuat konten? Samsung Galaxy A53 5G juga siap unjuk kebolehan. Kombinasi kamera belakangnya terdiri dari sensor utama 64 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP. Quad-kamera tersebut didampingi oleh flash LED dan tentu saja tergolong unggul di kelasnya sehingga dapat memotret dengan hasil yang lebih solid.

Selain fitur fotografi yang lengkap, kamera Samsung Galaxy A53 5G dibekali dukungan Optical Image Stabilization alias OIS pada sensor utama. Bahkan menurut klaimnya, kemampuan video recording kamera utama perangkat ini mencapai resolusi UHD 4K (3840 x 2160 piksel) pada 30 frame per detik. Sementara untuk keperluan video call atau selfie, Galaxy A53 5G menyediakan kamera depan beresolusi besar 32 MP.

Bodi Ramping dan Kuat

Dimensi Samsung Galaxy A53 5G masuk dalam golongan smartphone ramping dan elegan. Tidak hanya desainnya saja yang enak dipandang, bobot 189 gram yang dimilikinya pun menjamin ergonomis yang nyaman. Ia juga lebih tipis dari suksesornya karena hanya memiliki ketebalan 8.1 mm saja. Disamping itu, Samsung Galaxy A53 5G ternyata sudah mengantongi sertifikasi IP67 untuk jaminan anti air dan debu.

Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Setelah membahas mengenai kelebihan Samsung Galaxy A53 5G, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini.

Tanpa Kepala Charger

Ada plus minus dari absennya kepala charger dalam paket penjualan Samsung Galaxy A53 5G. Bagi yang sudah menggunakan ponsel Samsung sebelumnya atau bersedia membeli paket charger terpisah, tentu tidak masalah dengan hal tersebut. Namun bagi yang baru saja menggunakan smartphone Android, absennya kepala charger ini akan sedikit merepotkan.

Tipe Slot Hybrid

Meski perangkat ini mendukung ekspansi microSD, namun tipe slot yang diusung adalah slot hybrid. Artinya, kalian harus memilih antara dual SIM stand-by atau single SIM + microSD.

Terlepas dari dua kekurangan yang tersembunyi, Samsung Galaxy A53 5G sangat worth it to buy untuk para pencinta smartphone mid-range.