Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10

Xiaomi sukses menjajakan Redmi Note 10 di pasar smartphone Indonesia sejak 2021 lalu. Spesifikasinya yang meningkat dari Note 9 membuat ponsel yang satu ini mempunyai banyak kelebihan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi Note 10
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm)
  • GPU Adreno 612
  • Internal 4/64 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi Note 10 dan Harganya
Apakah kalian berniat meminang Redmi Note 10 dalam waktu dekat? Mari simak dengan seksama kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Redmi Note 10

Dari rilis spesifikasinya saja, sudah banyak yang tertarik dengan Redmi Note 10. Keunggulannya sangat menggoda mulai dari layar yang memanjakan mata hingga performa yang terjamin kencang di kelasnya. Inilah daftar kelebihan Redmi Note 10 yang wajib kalian jajal tahun ini.

Rancang Bodi Oke Punya

Redmi Note 10 hadir dengan ergonomi yang terjamin nyaman digenggam meski hanya menggunakan satu tangan saja. Xiaomi menciptakan ponsel ini pada dimensi solid berukuran 160.5 x 74.5 x 8.3 mm dengan bobot hanya 178.8 gram saja. Dengan kata lain, ia mudah dimasukkan ke dalam kantong atau poket.

Bodinya diklaim tahan terhadap debu dan semburan air karena Xiaomi membekali Redmi Note 10 dengan sertifikasi rating IP53. Sangat menarik bukan?

Display AMOLED FHD+

Xiaomi tidak lagi menggunakan panel IPS pada perangkat ini. Ya, kalian sudah bisa menikmati kualitas display yang memanjakan mata dengan panel AMOLED berukuran 6.43 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) disertai kerapatan piksel mencapai angka 409 ppi. Jangan risau soal ketahanan layarnya karena Xiaomi telah memberikan proteksi berupa Corning Gorilla Glass 3.

Dot Display Redmi Note 10 juga dibekali tingkat kecerahan yang tinggi hingga 1100 nits. Ia juga menawarkan sertifikat cahaya biru rendah SGS sehingga tidak akan mudah lelah saat menggunakannya seharian.

Performa Mantap

Redmi Note 10 juga menjamin performa andal untuk tugas dan game yang berat. Pasalnya, pada sektor dapur pacu Redmi Note 10 terbenam Snapdragon 678 yang memiliki CPU 8 inti dengan clock speed hingga 2.2 GHz dan GPU Adreno 612 sebagai kartu grafisnya. Chip dengan proses fabrikasi 11 nanometer ini memang dikenal sebagai salah satu jagoan Qualcomm untuk ponsel kelas menengah yang menawarkan kerja gesit.

Performa Redmi Note 10 juga disokong oleh kehadiran ruang penyimpanan lega dengan varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kalian bisa memilih kombinasi RAM dan memori internal antara 4/64 GB, 4/128 GB, atau varian 6/128 GB.

Kombinasi Kamera Unggul

Bagi kalian yang ingin menyalurkan hobi memotret, Redmi Note 10 dapat diandalkan kok. Di punggungnya terdapat empat buah kamera yang tersusun dalam modul kotak persegi panjang yang tampak futuristik. Kombinasinya terdiri dari sensor utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor depth 2 MP. Sementara kamera selfienya memuat resolusi 13 MP.

Baterai Jumbo Tahan Lama

Redmi Note 10 tidak lupa menawarkan keunggulan dari sektor daya baterai. Di balik kapnya yang ringan dan ramping, ternyata Redmi Note 10 mengemas daya baterai berkapasitas 5.000 mAh lho! Penggunaan layar AMOLED dan teknologi Snapdragon membantu perangkat ini untuk menyajikan durasi pakai yang lebih lama karena lebih hemat daya.

Ia dibekali dukungan pengisi daya cepat hingga 33 Watt yang berarti kalian tak perlu membuang waktu lama saat mengisi ulang daya. Menurut klaimnya, perangkat ini bisa mengisi daya dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

Kekurangan Redmi Note 10

Jangan dahulu terlena dengan kelebihan yang disuguhkan oleh Redmi Note 10. Siapa tahu kekurangan Redmi Note 10 berikut ini jadi deal breaker kalian.

Belum Ada In-display Fingerprint

Layar Redmi Note 10 memang tampak sangat memanjakan mata. Namun ia belum memuat sidik jari di dalam layar sehingga kalian harus puas dengan sidik jari yang disematkan di samping bodinya saja. Padahal, ekspektasi kebanyakan pencinta AMOLED adalah hadirnya sensor sidik jari yang disematkan di dalam layar sehingga lebih efisien dan responsif ketika digunakan.

Tidak Ada NFC

Siapa nih yang sedang mencari ponsel dengan dukungan fitur NFC? Kalian tidak bisa menemukan fitur tersebut di dalam Redmi Note 10. Di range harga yang sama, para rivalnya juga sedang bersaing untuk menghadirkan fitur terkini yang sangat membantu transaksi dan aktivitas digital tersebut sehingga Redmi Note 10 masih kalah saing jika menyangkut tentang dukungan fitur NFC.

Itulah kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 yang tidak boleh kalian lewatkan. Terlepas dari dua kekurangan di atas, perangkat ini sangat worth it to buy bagi kalian yang ingin upgrade ponsel ke smartphone mid-range yang punya spesifikasi lebih mentereng. Di Indonesia, Redmi Note 10 dibanderol hanya dengan harga Rp 2 jutaan saja kok.

Redmi Note 10
Rilis : Maret 2021
4/64 GB - Rp 2.500.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn