Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02

Samsung Galaxy A02 bisa menjadi jawaban jika kalian menginginkan smartphone berfitur standar lengkap untuk dihadiahkan kepada orang tua atau adik yang baru saja ingin menggunakan Android.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A02
  • Rilis Januari 2021
  • Layar 6.5 inci PLS IPS ~270 ppi
  • Chipset Mediatek MT6739W (28 nm)
  • GPU PowerVR GE8100
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (mcro)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.350.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A02 dan Harganya
Dibanderol tidak lebih dari Rp 1.5 juta, Samsung Galaxy A02 siap menyuguhkan keunggulannya. Siap mengenal perangkat ini lebih jauh? Ini dia kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A02.

Kelebihan Samsung Galaxy A02

Di balik harganya yang sangat bersahabat, siapa sangka Samsung Galaxy A02 justru memiliki segudang kelebihan lho! Berikut deretan kelebihan Samsung Galaxy A02 yang sayang untuk dilewatkan.

Baterai Jumbo

Kelebihan pertama yang dibawa oleh Samsung Galaxy A02 adalah kapasitas dayanya yang jumbo. Dengan kapasitas 5.000 mAh, Samsung Galaxy A02 dapat menemani aktivitas kalian lebih dari 24 jam jika digunakan dengan intensitas ringan. Alhasil, kalian tak perlu buru-buru mengisi ulang daya jika memilihnya sebagai daily driver.

Layar Lapang 6.5 inci

Kelebihan Samsung Galaxy A02 selanjutnya ada pada sektor display-nya yang memiliki bentang ukuran 6.5 inci. Dengan layar lapang tersebut, tentu saja pengguna Samsung Galaxy A02 dapat menikmatinya dengan leluasa untuk berbagai penggunaan mulai dari scrolling sosial media, bermain gim, hingga sekadar mengakses aplikasi perpesanan.

Display 6.5 inci pada Samsung Galaxy A02 mengusung desain Infinity-V yang memiliki resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel). Samsung memang masih menggunakan panel PLS LCD namun kualitas visualnya pun tak kalah bagus dari para rivalnya di segmen level entri.

Dapur Pacu Cukup Mumpuni

Samsung Galaxy A02 mampu menjamin performa yang cukup mumpuni dengan dapur pacu yang ditenagai oleh MediaTek MT6739W yang memiliki CPU Quad-Core dengan clock speed hingga 1.5 GHz. Spesifikasi dapur pacunya turut disokong oleh kehadiran RAM hingga 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB.

Serupa dengan perangkat lainnya yang bersaing di harga low budget, perangkat ini juga memiliki opsi ekspansi microSD yang dapat menambah kapasitas eksternal tambahan hingga 1 TB lho. Cukup melegakan bukan?

Konfigurasi Kamera Dapat Diandalkan

Samsung cukup berbaik hati dengan menyediakan konfigurasi kamera yang dapat diandalkan pada Samsung Galaxy A02. Pada bagian notch layar Infinity-V yang disematkan di bagian depan, Samsung Galaxy A02 membawa kamera selfie dengan resolusi 5 MP (aperture f/2.0) yang lengkap dengan fitur fotografi mendukung.

Sementara di bagian punggungnya kalian akan menemukan setup dual kamera yang terdiri dari sensor utama 13 MP (aperture f/1.9) dan lensa sekunder makro dengan resolusi 2 MP (aperture f/2.4). Bahkan menurut klaimnya, Samsung Galaxy A02 juga memiliki kemampuan rekaman video yang bersaing dengan resolusi maksimum Full HD (1080 piksel) pada kecepatan 30 frame per detiknya.

Punya Triple Slot Kartu

Nah, kelebihan Samsung Galaxy A02 yang juga tak kalah menggiurkan adalah hadirnya tiga slot kartu. Dengan kata lain, kalian bisa mengaktifkan 2 kartu SIM dan memasukkan microSD secara bersamaan. Mengingat saat ini banyak ponsel kekinian yang hanya menyediakan slot hybrid, tentu saja triple slot pada Samsung Galaxy A02 patut diapresiasi.

Kekurangan Samsung Galaxy A02

Selain memiliki beberapa kelebihan, tentu saja Samsung Galaxy A02 juga menyimpan kekurangan yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Penasaran? Berikut ini kekurangan Samsung Galaxy A02.

Tidak Ada Sensor Fingerprint

Adalah sebuah standar bagi perangkat masa kini untuk memiliki sensor fingerprint meskipun tersemat di belakang bodinya. Namun sayang sekali Samsung Galaxy A02 belum memenuhi standar tersebut karena tidak ada sensor sidik jari apa pun pada perangkat ini. Meskipun sistem face unlock pada Samsung Galaxy A02 diklaim sangat responsif, namun akan lebih efektif apabila Samsung juga menyertakan sensor fingerprint.

Hadir Tanpa Dukungan Fast Charging

Selain tidak memiliki sensor sidik jari, ternyata Samsung Galaxy A02 juga hadir tanpa dukungan teknologi pengisi daya cepat. Alhasil, baterai berkapasitas 5.000 mAh pada Samsung Galaxy A02 harus diisi ulang dengan memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan ponsel masa kini yang sudah memiliki dukungan fast charging. Setidaknya kalian membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk mengisi baterai Samsung Galaxy A02 dari 0 hingga 100%.

Bodi Tebal dan Berat

Samsung Galaxy A02 juga memiliki kekurangan berupa bodi yang relatif tebal dan berat. Samsung memang tidak membekali perangkat ini dengan konsep ergonomi yang slim. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A02 memiliki ketebalan 9.1 mm dan berat total mencapai 206 gram. Tentu karena ukurannya tersebut Samsung Galaxy A02 tidak akan nyaman apabila digunakan hanya dengan satu genggaman tangan saja.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A02 yang wajib kalian catat. Overall, Samsung Galaxy A02 masih affordable kok untuk pengguna yang tidak ingin menguras kantong.

Samsung Galaxy A02
Rilis : Januari 2021
3/32 GB - Rp 1.350.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn