Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04e

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04e
Ingin HP baru tapi budget terbatas? Tenang, ada Samsung Galaxy A04e yang bisa diboyong pulang meskipun kalian sedang low-budget. Ya, Samsung membanderolnya dengan harga Rp 1,2 juta saja sehingga dijamin tidak akan menguras kantong.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A04e
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.5 inci PLS LCD
  • Chipset Octa-core (2.3 GHz & 1.8 GHz)
  • GPU -
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 3/32 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.250.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A04e dan Harganya
Penasaran dengan Samsung Galaxy A04e? Simak informasi kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A04e

Samsung meluncurkan Samsung Galaxy A04e sebagai versi paling terjangkau dari seri Galaxy A04 tahun 2022 lalu. Kendati demikian, perangkat ini mampu menyuguhkan deretan kelebihan berikut.

Layar 6.5 inci HD Plus

Samsung Galaxy A04e mengusung tampilan HD Plus (720 x 1600 piksel) dengan panel PLS LCD berukuran 6.5 inci. Kerapatan pikselnya memenuhi standar smartphone level entri di angka 270 ppi sehingga mampu menampilkan visual yang mendukung. Untuk streaming konten atau hanya sekadar scrolling sosial media, tentu Samsung Galaxy A04e bisa menjamin kualitas gambar yang jernih.

Desain Simpel dan Bodi Kompak

Samsung Galaxy A04e membawa desain yang tidak terkesan murahan dengan bodi belakang menggunakan material polikarbonat yang nyaman digenggam. Apalagi dengan bobot yang hanya berukuran 188 gram, Samsung Galaxy A04e akan nyaman digunakan hanya dengan satu genggaman saja dengan sisi ponsel yang melengkung.

Selain itu, kalian bisa memilih salah satu di antara tiga variasi warna Samsung Galaxy A04e yang sama-sama menarik perhatian, yakni Copper, Light Blue, dan Hitam.

Baterai Jumbo 5.000 mAh

Samsung dengan senang hati membekali Samsung Galaxy A04e baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang sudah pasti awet dan tahan lama. Kalian bisa dengan bebas mengoptimalkan fungsinya sebagai perangkat harian tanpa khawatir dayanya akan cepat terkuras. Mengingat resolusi layar Samsung Galaxy A04e hanya HD Plus, maka ketahanan dayanya pun juga akan lebih lama.

Selain itu Samsung Galaxy A04e ternyata membawa port USB Type-C 2.0 sehingga proses transfer data dan pengisian daya pun lebih optimal dibandingkan dengan port microUSB.

Performa Dapat Diandalkan

Kelebihan Samsung Galaxy A04e juga ada pada performanya. Kendati bukan yang paling kencang di kelasnya, kehadiran MediaTek Helio P35 pada dapur pacu Samsung Galaxy A04e mampu memberikan jaminan bahwa perangkat ini bisa diandalkan.

Apalagi jika mengingat harganya yang dibanderol Rp 1.2 juta saja, tentu kinerja Samsung Galaxy A04e terbilang baik dengan bekal chip tersebut. SoC 4G ini memiliki 8 inti CPU dengan empat inti Cortex A53 berkecepatan hingga 2.3 GHz dan empat inti Cortex A53 dengan clock speed 1.8 GHz.

Ada Fitur RAM Plus

Siapa sangka bahwa ponsel murah yang satu ini juga turut didukung oleh fitur RAM Plus? Samsung Galaxy A04e memiliki kombinasi yang cukup apik dari RAM 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB. Samsung menyertakan fitur RAM Plus atau RAM virtual hingga 3 GB pada perangkat ini agar kinerja semakin gesit. Tak hanya itu saja, kalian bahkan masih dapat memanfaatkan slot microSD pada Samsung Galaxy A04e dengan daya tampung hingga 1 TB jika membutuhkan ruang penyimpanan tambahan lagi.

Konfigurasi Kamera Bersaing

Tak lupa, Samsung Galaxy A04e pun menyuguhkan kelebihan dari sektor fotografi. Di punggung ponsel ini bertengger dual kamera yang terdiri dari sensor utama 13 MP yang ditemani oleh lensa sekunder 2 MP. Terdapat fitur autofocus yang menyertainya dan klaim kemampuan rekaman video hingga resolusi 1080 piksel pada 30 fps sehingga tampak memenuhi standar kelasnya.

Sementara di bagian depan, Samsung Galaxy A04e memiliki lensa selfie tunggal dengan resolusi 5 MP yang tak kalah ciamik.

Kekurangan Samsung Galaxy A04e

Jangan dahulu terlena dengan kelebihan-kelebihan yang disajikan oleh Samsung Galaxy A04e. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Samsung Galaxy A04e yang wajib dipertimbangkan kembali.

Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Kelebihan-kelebihan yang disajikan oleh Samsung Galaxy A04e dianggap kurang lengkap bagi sebagian pengguna Android karena absennya sensor sidik jari. Ya, Samsung Galaxy A04e memang belum mengusung dukungan fingerprint untuk sistem biometrinya sehingga kalian hanya dapat memanfaatkan opsi buka kunci lainnya seperti PIN, Pola, atau face unlock.

Konfigurasi Penyimpanan Tidak Variatif

Samsung Galaxy A04e hanya muncul dalam versi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB saja di pasar smartphone Indonesia. Alhasil, calon konsumen yang tertarik tidak bisa memilih sesuai kebutuhan atas konfigurasi penyimpanan Samsung Galaxy A04e. Meskipun memiliki opsi ekspansi microSD dan RAM Plus, akan lebih baik jika Samsung Galaxy A04e menyediakan variasi penyimpanan yang lebih beragam.

Itu dia kelebihan dan kekuranagn Samsung Galaxy A04e yang tidak boleh kalian lewatkan. Semoga informasi ini dapat membantu kalian menentukan pilihan smartphone baru tahun ini ya.

Samsung Galaxy A04e
Rilis : Oktober 2022
3/32 GB - Rp 1.250.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn