Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find N2 Flip

Pada masa lalu, ponsel lipat dianggap sebagai barang baru, namun persaingan ponsel lipat kini semakin memanas berkat kehadiran berbagai foldable phone dari merek-merek terkenal. Awalnya, Samsung yang mempopulerkan konsep ponsel lipat, baik dalam bentuk clamshell (Galaxy Z Flip4) maupun ponsel lipat yang dapat dijadikan tablet (Galaxy Z Fold).

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Find N2 Flip
  • Rilis Mei 2023
  • Layar 6.8 inci Foldable LTPO AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Mediatek Dimensity 9000+ (4 nm)
  • GPU Mali-G710 MC10
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 44W
  • Harga Rp 15.000.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Find N2 Flip dan Harganya
Sekarang merek lain seperti Motorola dan OPPO juga ikut serta. Terutama bagi OPPO, mereka baru pertama kali meluncurkan ponsel lipat secara vertikal setelah sebelumnya hanya merilis ponsel lipat secara horizontal ke pasar.

Bersamaan dengan OPPO Find N2, perusahaan asal Tiongkok ini juga merilis OPPO Find N2 Flip pada 15 Desember 2022 di pasar Cina, dengan fitur dan harga yang kompetitif.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find N2 Flip

Kelebihan OPPO Find N2 Flip

Keunikan dari ponsel lipat secara vertikal memang tidak ada duanya. Selain lebih kompak, OPPO Find N2 Flip dengan berat hanya 191 gram juga memiliki fitur-fitur menarik yang sayang untuk dilewatkan. Ingin tahu apa saja? Simak di bawah ini.

Fitur Pemotretan Lengkap

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

OPPO Find N2 Flip dilengkapi dengan dua kamera belakang, yaitu sensor Sony IMX 890 dengan resolusi 50 MP wide angle (PDAF, f/1.8, dan focal length 23 mm) dan sensor Sony IMX 355 dengan resolusi 8 MP (ultrawide, FOV 112 derajat). Smartphone ini tidak memiliki kamera telefoto seperti OPPO Find N2 biasa.

Meskipun hanya memiliki dua kamera belakang, ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari. Dua pesaingnya, Samsung Galaxy Z Flip4 5G dan Motorola Razr 2022, juga hanya dilengkapi dengan dua kamera belakang dengan fungsi yang sama.

Secara spesifikasi, kamera depan OPPO Find N2 Flip unggul dengan resolusi 32 MP. Lebih tinggi daripada kamera 10 MP pada Samsung Galaxy Z Flip4 5G.

Namun, jika dilihat dari tabel perbandingan spesifikasi dari GSM Arena, sayangnya OPPO Find N2 Flip tidak mendukung perekaman video 4K menggunakan kamera depan, hanya hingga 1080p (30 FPS). Berbeda dengan pesaingnya dari Samsung yang dapat merekam video 4K.

Jika Anda membutuhkan perekaman video dengan resolusi 4K, masih bisa dilakukan menggunakan kamera belakang OPPO Find N2 Flip. Bahkan, kamera belakang ini mendukung frame rate hingga 60 FPS.

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

OPPO Find N2 Flip juga memiliki fitur kamera yang unik, yaitu kemampuan untuk mengambil foto selfie menggunakan kamera belakang. Hal ini dapat dilakukan dengan menampilkan tampilan pandangan pada layar eksternal.

Di daerah yang kurang cahaya, kamera belakang mampu menangkap lebih banyak detail. Selain itu, rentang dinamisnya juga lebih baik. Anda dapat melihat logo lampu di belakang lebih jelas dengan kamera belakang. Detail pada bagian yang rumit, seperti bulu halus pada jaket yang dikenakan subjek, juga terlihat lebih baik dengan kamera belakang.

Konsep ponsel lipat secara vertikal memang unik. Tidak hanya menarik bagi mereka yang mencari desain ponsel yang kompak, tetapi juga menarik bagi pecinta fotografi yang ingin merasakan kualitas kamera belakang saat mengambil selfie.

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

OPPO Find N2 Flip memiliki kapasitas baterai sebesar 4.300 mAh, jauh lebih besar daripada ponsel lipat dari Samsung yang hanya memiliki 3.700 mAh dan Motorola Razr 2022 dengan kapasitas 3.500 mAh. Dengan begitu, pengguna dapat mengharapkan daya tahan baterai yang lebih lama.

Selain itu, OPPO Find N2 Flip juga mendukung pengisian cepat dengan daya 44 W. Seperti halnya OPPO Find N2, charger juga disertakan dalam paket penjualan ponsel lipat ini. OPPO mengklaim bahwa baterai HP ini dapat mendukung pemutaran video hingga 11 jam, video pendek hingga 9,46 jam secara terus-menerus, dan durasi panggilan telepon hingga 6,71 jam.

Dengan daya tahan baterai yang lebih lama, pengguna dapat merasakan penggunaan yang lebih lama secara keseluruhan. Jika Anda pernah menggunakan Samsung Galaxy Z Flip4 namun tidak puas dengan daya tahan baterainya, Anda dapat mempertimbangkan OPPO Find N2 Flip ini.

Performa Gaming dengan Dimensity 9000 Plus

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Siapa bilang ponsel lipat tidak cocok untuk bermain game? Ternyata, OPPO Find N2 Flip hadir dengan salah satu chipset terkemuka di dunia, yaitu Dimensity 9000+. Ini adalah pertama kalinya chipset tersebut digunakan pada ponsel lipat.

Chipset tersebut diproduksi oleh MediaTek dan memiliki daya yang setara dengan Snapdragon 8+ Gen 1. Bahkan di beberapa ponsel, chipset Dimensity ini bisa lebih kuat daripada Snapdragon.

Contohnya, ASUS ROG Phone 6D yang menggunakan Dimensity 9000+ mampu mengungguli ASUS ROG Phone 6 dengan Snapdragon 8+ Gen 1 dalam hal skor benchmark AnTuTu v9 (1.123.036 poin vs 1.111.200 poin), seperti dilansir oleh Gizmochina.

Namun, jika Anda lebih memilih menggunakan chipset Qualcomm, Anda dapat memilih varian OPPO Find N2 yang menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1. Secara praktis, perbedaan performa kedua chipset ini tidak akan terlalu terasa dalam kehidupan sehari-hari, dan keduanya akan memberikan kinerja yang luar biasa untuk sebagian besar aktivitas berat.

Dimensity 9000+ ini dibangun dengan proses fabrikasi 4 nm dan memiliki delapan inti prosesor yang terbagi menjadi formasi 1 + 3 + 4. Pada inti utama, terdapat satu unit Cortex X2 dengan kecepatan clock hingga 3,20 GHz. Pada inti kinerja tinggi, terdapat tiga inti Cortex A170 dengan kecepatan 3,20 GHz.

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Terakhir, terdapat inti hemat daya (efficiency core/small core) yang terdiri dari empat unit Cortex A510, dengan kecepatan 1,8 GHz untuk mendukung aktivitas yang lebih ringan, seperti navigasi, media sosial, browsing, chatting, dan sebagainya.

Untuk mendukung aktivitas yang membutuhkan grafis berat, seperti bermain game dan rendering, chipset ini dilengkapi dengan GPU Mali G710 MC10. OPPO Find N2 Flip juga tidak berbeda dengan ponsel flagship lainnya dengan menyediakan penyimpanan internal UFS 3.1 mulai dari 256 GB hingga 512 GB. Sedangkan untuk RAM, tersedia dalam varian 8 GB, 12 GB, dan 16 GB dengan tipe LPDDR5.

Dilansir dari Gizmochina, skor benchmark Geekbench 5 dari OPPO Find N2 Flip telah beredar. Ponsel lipat ini mencetak skor 1306 poin untuk single core dan 4293 poin untuk multi-core. Selain itu, situs Kimovil mengungkapkan bahwa ponsel ini memperoleh skor AnTuTu v9 sebesar 1.055.000 poin.

Pada saat artikel ini ditulis, belum diketahui secara pasti performanya dalam kehidupan sehari-hari saat bermain game tertentu. Namun, jika melihat ponsel lain yang menggunakan chipset yang sama, Dimensity 9000+ dapat menjalankan game berat seperti Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi tanpa masalah.

Perlu diingat bahwa Dimensity 9000+ dalam ponsel ini kemungkinan sudah dioptimalkan untuk ponsel lipat, sehingga performanya mungkin tidak sebaik ponsel lain dengan chipset yang sama.

Meskipun begitu, pengalaman bermain game di ponsel ini tetap menyenangkan, meskipun cenderung cepat panas dan mengalami throttling. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memaksakan bermain game berat selama berjam-jam, karena akan menyebabkan penurunan kinerja.

Kanal YouTube Say Yes To Compare menunjukkan gameplay yang lancar saat memainkan COD Mobile, Genshin Impact, dan Mobile Legends. Bahkan, Anda dapat memainkan Genshin Impact pada layar eksternal dengan lancar tanpa penurunan frame rate.

Layar yang Lebih Luas dari Kompetitor

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

OPPO Find N2 Flip memiliki ukuran layar yang sangat kompetitif, terutama pada layar lipat eksternalnya. Layar utama (internal) pada ponsel ini memiliki ukuran 6,8 inci dengan panel Foldable AMOLED. Sedikit lebih besar dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G dan Motorola Razr 2022 yang memiliki ukuran 6,7 inci.

Layar lipat smartphone ini juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2520 piksel) dengan kepadatan piksel 403 ppi dan rasio aspek 21:9. Beberapa fitur yang ditawarkan termasuk refresh rate 120 Hz, kecerahan puncak lokal hingga 1600 nit, dan sertifikasi HDR10+.

Ponsel ini menggunakan gamut warna P3 yang luas, sehingga meningkatkan reproduksi warna pada tampilan konten. Selain itu, layar juga dilapisi dengan Nano AR Anti-Reflection Coating yang mengurangi pantulan pada layar.

Menurut seorang YouTuber bernama Vincent Zhong, bekas lipatan pada layar internal ponsel ini tidak terlalu terlihat dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Layar ponsel ini juga dapat dilipat pada berbagai sudut yang diinginkan, sehingga terlihat seperti memiliki layar ganda.

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Ukuran layar internal pada OPPO Find N2 Flip sedikit lebih tinggi dari beberapa pesaingnya, tetapi perbedaannya tidak terlalu signifikan. Namun, layar eksternalnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Samsung Galaxy Z Flip4 hanya memiliki layar lipat eksternal dengan ukuran 1,9 inci, sementara OPPO Find N2 Flip memiliki ukuran 3,26 inci, atau 50% lebih luas. Ukuran ini juga lebih besar daripada Motorola Razr 2022 yang hanya memiliki layar lipat eksternal 2,7 inci.

Layar lipat pada OPPO Find N2 Flip memiliki resolusi 382 x 720 piksel dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang mengurangi risiko tergores. Layar lipat ini juga mendukung mode HBM dengan kecerahan hingga 800 nit, dan kecerahan puncak hingga 900 nit.

Vincent Zhong menyatakan bahwa resolusi layar lipat tidak begitu tinggi, sehingga terkadang terlihat sedikit buram jika diperhatikan dengan cermat. Namun, dalam kondisi umum, tampilan layar lipat ini masih terlihat baik. Selain itu, pengguna dapat menggunakan wallpaper bergerak yang estetik untuk membuat tampilan layar lipat menjadi lebih menarik.

Orientasi layar lipat eksternal pada OPPO Find N2 Flip berbeda dari yang lain, karena berorientasi potret alih-alih lanskap. Hal ini membuatnya lebih ideal untuk menampilkan tampilan pandangan saat mengambil selfie.

Perbandingannya dengan Samsung Galaxy Z Fold4 yang memiliki layar lipat eksternal dalam orientasi lanskap. Saat ingin mengambil selfie dengan menggunakan kamera belakang, tampilan pandangan tetap berorientasi potret dan menyisakan area hitam di sekitarnya. Selain itu, ukuran layar lipat eksternal pada OPPO Find N2 Flip memberikan pengalaman yang lebih luas dibandingkan dengan pesaingnya. Sebagai ponsel lipat clamshell pertama dari OPPO, OPPO Find N2 Flip benar-benar menarik.

Fitur Konektivitas yang Lengkap

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Aspek lain yang penting dalam sebuah smartphone adalah konektivitasnya. OPPO Find N2 Flip menawarkan paket konektivitas yang lengkap seperti jaringan seluler 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.3, dan NFC.

NFC pada OPPO Find N2 Flip mendukung protokol eSE, HCE, dan NFC-SIM, serta memiliki fitur membuka kunci pintu mobil. Meskipun Wi-Fi di HP ini hanya mendukung Wi-Fi 6, sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 5G sudah mendukung Wi-Fi 6E yang dapat terhubung ke jaringan pita 6 GHz.

Smartphone lipat OPPO ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor. Selain pengenalan wajah untuk membuka kunci layar, pengguna juga dapat menggunakan pemindai sidik jari yang terletak di samping ponsel.

Selain itu, terdapat juga sensor gyro ganda dan proximity ganda yang memungkinkan ponsel untuk mengenali orientasi dan jarak dengan lebih baik. Ketika Anda menggunakan tombol volume untuk mengatur suara, pemetaan tombol akan menyesuaikan posisi ponsel. Ketika ponsel dibalik, menekan tombol yang berada di atas akan meningkatkan volume, sementara saat ponsel dalam posisi awal, tombol yang sama akan menurunkan volume.

OPPO Find N2 Flip juga menggunakan port pengisian daya USB Type-C 2.0 yang mendukung antarmuka on-the-go, sehingga dapat terhubung ke perangkat-perangkat peripheral seperti keyboard, mouse, gamepad, flashdisk, dan lainnya. Selain itu, port ini juga mendukung pengisian daya terbalik sehingga dapat digunakan sebagai power bank.

UI Menarik dengan Fitur Layar Cover yang Unik

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layar lipat eksternal pada ponsel lipat OPPO Find N2 Flip memiliki ukuran yang lebih luas dan lebih nyaman digunakan untuk menampilkan viewfinder saat selfie. Namun, manfaat ini hanya "puncak gunung es" karena masih ada banyak fitur lain dari layar eksternal yang dapat memudahkan hidup Anda.

Pertama-tama, antarmuka pengguna yang dapat disesuaikan sangatlah hebat, dengan kemampuan untuk menampilkan live wallpaper interaktif dan menerima input sentuhan dari pengguna. Anda bahkan dapat memainkan gim ringan seperti pac-man, puzzle gambar, dan lainnya.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan layar eksternal seolah-olah menggunakan layar internal. Anda dapat melakukan swipe ke bawah untuk membuka pusat kontrol, swipe ke atas untuk mengakses bar notifikasi, dan swipe ke kanan dan kiri untuk mengganti widget (cuaca, timer, dll).

Selain itu, OPPO juga dapat menampilkan rekomendasi konten dari platform RED (platform mirip TikTok di Cina) di layar eksternalnya. Ketika ponsel dalam keadaan terlipat, Anda tidak hanya dapat melakukan panggilan telepon tetapi juga dapat membalas pesan masuk menggunakan respons cepat atau pengenalan suara ke teks. Sungguh keren, bukan?

Terkadang, Anda perlu menampilkan kode QR di layar untuk dipindai oleh mesin transaksi. Kini Anda dapat menampilkan QR Code di layar eksternal saat Anda menggunakan layar utama. Anda tidak perlu menghentikan aktivitas yang sedang Anda lakukan hanya untuk melakukan check-in atau bertransaksi.

Sepertinya sekarang memungkinkan bagi Anda untuk menghabiskan sehari penuh tanpa membuka lipatan ponsel. Hampir semua aktivitas umum dapat dilakukan pada layar cover, termasuk memainkan Genshin Impact. Hal ini tidak hanya berkat ukuran layar yang lebih besar, tetapi juga karena optimasi perangkat lunak yang matang dari OPPO. Sungguh keren OPPO ini.

Dirilis dengan Harga Kompetitif

Gambar Oppo Find N2 FlipImage Credit : youtube.com/@GSMArenaOfficial

OPPO merilis ponsel lipat ini pada tanggal 15 Desember 2022 di pasar Cina, bersamaan dengan OPPO Find N2 yang merupakan ponsel lipat dengan ukuran yang lebih besar. OPPO menyatakan bahwa hanya satu di antara kedua ponsel lipat ini yang akan dirilis secara global, yaitu OPPO Find N2 Flip.

Sementara itu, OPPO Find N2 mengikuti jejak pendahulunya, OPPO Find N, dengan hanya tersedia secara eksklusif di Cina. Hal ini membuka kemungkinan OPPO Find N2 Flip untuk masuk ke pasar Indonesia, meskipun saat artikel ini ditulis belum ada informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia.

Saat pertama kali diluncurkan, OPPO Find N2 Flip dibanderol dengan harga mulai dari 5.999 yuan atau sekitar Rp13,5 juta setelah dikonversi. Varian termurah memiliki kombinasi penyimpanan internal 256 GB dan RAM 8 GB.

OPPO Find N2 Flip juga tersedia dalam dua varian lain, yaitu RAM 12 GB/256 GB (6.399 yuan, sekitar Rp14,4 juta) dan RAM 16 GB/512 GB (6.999 yuan, sekitar Rp15,8 juta).

Jika harganya tidak jauh berbeda ketika masuk ke pasar global, berarti ponsel ini lebih terjangkau daripada Samsung Galaxy Z Flip4 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp14 juta (harga resmi di Indonesia).

Kekurangan OPPO Find N2 Flip

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih OPPO Find N2 Flip. Setelah melihat poin-poin di bawah ini, Anda dapat menentukan mana yang menjadi hal yang tidak dapat ditoleransi dan mana yang masih dapat ditolerir.

Kamera Tanpa OIS

Ada kesamaan antara Samsung Galaxy Z Flip4 5G dan Motorola Razr 2022, yaitu kedua ponsel tersebut dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera belakang. Sayangnya, OPPO Find N2 Flip tidak memiliki fitur OIS, seperti yang dikonfirmasi oleh GSM Arena.

Alasan mengapa OPPO memilih untuk tidak menghadirkan fitur OIS pada HP ini belum diketahui. Namun, OIS merupakan fitur kamera yang penting pada ponsel flagship. Tanpa OIS, hasil foto saat bergerak cenderung menjadi buram, dan rekaman video akan terlihat bergoyang.

Tanpa Sertifikasi Tahan Air

OPPO Find N2 Flip memiliki kekurangan yang sama dengan OPPO Find N2, yaitu tidak memiliki sertifikasi IP Rating seperti yang dimiliki Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Samsung Galaxy Z Flip4 5G telah dilengkapi dengan sertifikasi IPX8 yang membuatnya lebih tahan terhadap air dan tidak mudah rusak jika terkena air hujan atau terendam di air.

Teknologi ponsel lipat masih tergolong baru, dan komponen-komponen di dalamnya sangat rumit, oleh karena itu wajar jika OPPO Find N2 Flip tidak memiliki sertifikasi tahan air.

Namun, beberapa orang mungkin tidak merasa nyaman mengeluarkan biaya yang tinggi untuk ponsel flagship yang lebih rentan rusak jika terkena air. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersebut, memilih Samsung Galaxy Z Flip4 5G mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat.

Tanggal Rilis yang Agak Terlambat

OPPO Find N2 Flip dirilis pada akhir tahun 2022, di mana sebagian pengguna mungkin sudah membeli ponsel lipat lain sebelumnya. Samsung Galaxy Z Flip4 merupakan kandidat yang paling mungkin, terutama karena ponsel lipat tersebut telah memiliki pasar yang masif di Indonesia. Bahkan menjadi sponsor acara Indonesian Next Top Model.

Jika Anda ingin beralih dari Galaxy Z Flip4 ke OPPO Find N2 Flip, mungkin terlambat sedikit. Mengingat, pada tahun 2023 akan banyak ponsel flagship lain yang menawarkan inovasi yang lebih baru. Misalnya, chipset Dimensity 9200 atau Snapdragon 8 Gen 2 yang mendukung ray tracing pada gim mobile.

Jika OPPO Find N2 Flip dirilis dengan chipset flagship terbaru tahun 2023, pengguna Samsung Galaxy Z Flip4 akan memiliki alasan lebih untuk beralih ke OPPO Find N2 Flip. Atau, jika OPPO ingin tetap menggunakan Dimensity 9000+, lebih baik jika ponsel ini dirilis lebih awal, misalnya pada kuartal dua atau tiga.

Kesimpulan

"Sangat disayangkan" adalah pemikiran yang muncul dalam pikiran saya saat mengevaluasi ponsel lipat OPPO Find N2 Flip. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki banyak keunggulan, mulai dari layar cover yang lebih luas dan mendukung penggunaan yang beragam, baterai yang lebih tahan lama, hingga fitur fast charging yang cepat.

Namun, jika ponsel ini dilengkapi dengan chipset flagship terbaru tahun 2023, seperti Dimensity 9200 atau Snapdragon 8 Gen 2, calon pembeli tidak akan ragu untuk membelinya. Meskipun Dimensity 9000+ di ponsel ini bukanlah hal yang buruk, bahkan masih lebih baik daripada Snapdragon 8+ Gen 1 di merek lain.

Hanya saja, jika Anda khawatir akan ketinggalan teknologi terbaru dan ingin memiliki yang terkini, mungkin lebih baik menunda pembelian dan menunggu ponsel lipat yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2.

Berdasarkan kabar yang beredar, Samsung kemungkinan akan merilis Galaxy Z Flip5 5G pada bulan Agustus atau September 2023. Saya cukup yakin Samsung akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 atau Dimensity 9200, atau bahkan versi Plus-nya.

Melihat sejarah, seri ponsel lipat Samsung selalu menggunakan chipset flagship terbaik pada saat itu, seperti Flip3 dan Fold3 dengan Snapdragon 888 serta Fold2 dengan Snapdragon 865 Plus. Jadi, apa pendapat Anda tentang ponsel lipat OPPO Find N2 Flip? Selamat memilih, ya.

Oppo Find N2 Flip
Rilis : Mei 2023
8/256 GB - Rp 15.000.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn