Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 T 5G

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 T 5G
Tidak hanya merilis OPPO Reno8 ke pasar, perusahaan smartphone asal Tiongkok ini juga meluncurkan varian alternatif dengan desain bodi dan spesifikasi yang lebih segar, yaitu OPPO Reno8 T 5G.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno8 T 5G
  • Rilis Februari 2023
  • Layar 6.7 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 619
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 2 MP (microscope), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4800 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 6.000.000 - 6.500.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno8 T 5G dan Harganya
Meskipun namanya mirip, nyatanya OPPO Reno8 T 5G adalah ponsel yang berbeda dengan OPPO Reno8 5G yang telah dirilis sebelumnya. Meskipun keduanya mendukung jaringan 5G, keduanya menggunakan chipset yang berbeda, berada di kisaran harga yang berbeda, dan memiliki fitur kamera yang bervariasi.

Dilihat dari makna huruf "T" yang merupakan kependekan dari topped up, seharusnya OPPO Reno8 T 5G menawarkan sejumlah peningkatan yang membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan varian standar.

Kelebihan OPPO Reno8 T 5G

Jangan lewatkan untuk mengetahui beberapa kelebihan berikut ini. OPPO Reno8 T 5G menawarkan berbagai fitur menarik dan teknologi canggih yang sangat menarik.

Performa Mengagumkan dengan Snapdragon 695 5G

Sebagai varian ponsel yang mendukung jaringan 5G, OPPO Reno8 T 5G dilengkapi dengan chipset Snapdragon 695 5G dari Qualcomm. Dengan fabrikasi 6 nm, chipset ini menawarkan efisiensi daya yang tinggi dan performa yang hebat.

Chipset ini memiliki konfigurasi delapan inti prosesor yang terdiri dari dua inti Kryo 660 Gold berbasis Cortex A78 dengan kecepatan hingga 2,2 GHz, serta enam inti Kryo 660 Silver berbasis Cortex A55 dengan frekuensi 1,7 GHz untuk efisiensi daya.

Snapdragon 695 5G juga dilengkapi dengan GPU Qualcomm Adreno 619 yang mampu mengolah grafis dengan baik. Selain itu, terdapat juga komponen lain seperti ISP Spectra 346T untuk pemrosesan foto, fitur Qualcomm Quick Charge 4+, dan kecepatan clock memori 2133 MHz.

Snapdragon 695 5G memiliki kompatibilitas yang baik dengan sinyal 5G mmWave atau Sub-6 berkat kehadiran modem 5G X51 Modem-RF System. Modem ini mendukung mode stand-alone dan non-stand-alone, DSS, FDD, dan TDD.

Snapdragon 695 5G yang menggerakkan OPPO Reno8 T 5G mencapai skor benchmark 399.762 poin dalam pengujian AnTuTu v9. Ponsel ini juga menggunakan penyimpanan internal tipe UFS 2.2 dan RAM LPDDR4x. Tersedia dalam dua opsi kapasitas, yaitu RAM 8/128 GB dan RAM 8/256 GB.

Dengan performa yang tinggi tersebut, OPPO Reno8 T 5G dapat menjalankan gim berat seperti Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan grafis rendah. Sebuah video pengujian di lctfix.net di YouTube menunjukkan bahwa tidak ada penurunan frame rate saat memainkan gim open world tersebut.

Frame rate cenderung stabil antara 38 hingga 47 FPS. Namun, saat dimainkan dengan pengaturan tertinggi (60 FPS), frame rate bisa turun menjadi 22 FPS. Untuk pengalaman yang seimbang antara frame rate dan kualitas grafis, sebaiknya pilih pengaturan High atau Medium.

Selain mampu menjalankan Genshin Impact, OPPO Reno8 T 5G juga mampu memainkan berbagai gim populer lainnya seperti Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile. Dapat dikatakan bahwa OPPO Reno8 T 5G tidak hanya unggul dalam fotografi, tetapi juga cocok sebagai perangkat gaming yang nyaman.

Tampilan yang Menakjubkan dengan Desain Layar Lengkung

OPPO Reno8 T 5G sekarang lebih unggul dengan refresh rate 120 Hz. Ini merupakan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan OPPO Reno8 5G reguler dan OPPO Reno8 T 4G, keduanya menggunakan refresh rate 90 Hz.

Dengan laju penyegaran yang lebih tinggi, layar dapat menampilkan animasi dengan lebih mulus dibandingkan dengan standar 60 Hz. Anda dapat menikmati pengalaman bermain game dengan performa yang lebih lancar.

Layar ponsel menggunakan panel AMOLED yang menawarkan kecerahan dan kualitas tampilan warna yang lebih baik daripada IPS LCD. Sementara varian OPPO Reno8 reguler dan Reno 8T 4G memiliki ukuran layar 6,4 inci, Anda akan menemukan panel layar yang lebih besar yaitu 6,7 inci.

Dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel) dan rasio aspek 20:9, layar dengan kerapatan piksel 394 ppi ini memberikan kualitas ketajaman, reproduksi warna, dan rentang dinamis yang sangat baik dalam kelasnya.

Layar smartphone ini mendukung tampilan dengan 1,07 miliar warna, yang merupakan 64 kali lipat lebih banyak daripada kebanyakan ponsel lainnya. Layar juga dapat mencapai tingkat kecerahan tipikal hingga 500 nit, kecerahan HBM hingga 800 nit, dan puncak kecerahan hingga 950 nit. Anda tidak perlu khawatir lagi ketika berada di bawah sinar matahari karena tulisan di layar tetap terbaca.

Desain melengkung dari layar ini juga memberikan pengalaman menonton yang baik, dengan bezel yang sangat tipis di setiap sisinya. Tidak heran bahwa rasio antara bodi dan layar mencapai 93%.

OPPO Reno8 T 5G juga sangat memperhatikan kenyamanan visual saat melihat layar dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ponsel ini dilengkapi dengan sistem perlindungan adaptif AI yang melibatkan fitur anti-flickering PWM dengan frekuensi 2160 Hz.

Dilengkapi dengan Slot Memori Eksternal Terpisah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, OPPO Reno8 T 5G dilengkapi dengan pilihan penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB dengan standar UFS 2.2. Untuk memastikan bahwa semua ruang penyimpanannya dapat digunakan khusus untuk game dan aplikasi, Anda dapat menggunakan memori eksternal untuk menyimpan file multimedia seperti lagu, gambar, dan video.

Ya, ponsel ini menyediakan slot microSD khusus yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan memori eksternal tanpa harus mengorbankan slot SIM 2. Dengan begitu, file dapat disimpan dengan aman di memori eksternal dan dapat dengan mudah dipindahkan antara perangkat.

Kamera Utama dengan Resolusi 108 MP

Bagian ini nampaknya menjadi salah satu alasan utama mengapa orang memilih OPPO Reno8 T 5G. Mengapa? Karena perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama beresolusi super tinggi, yaitu 108 MP, yang mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Fungsi utama dari resolusi kamera yang besar adalah untuk menjaga detail yang baik meskipun hasil foto diperbesar beberapa kali. Jika Anda tidak ingin menggunakan mode resolusi penuh, Anda juga dapat mengambil foto dalam mode reguler yang menghasilkan gambar dengan resolusi 12 MP.

Hal ini dimungkinkan karena ponsel ini menggunakan teknologi pixel binning 9-in-1, di mana sembilan piksel yang berdekatan digabungkan menjadi satu piksel besar. Dengan demikian, jumlah cahaya yang diambil oleh lensa menjadi lebih banyak dan meningkatkan kualitas foto secara keseluruhan, termasuk detail yang lebih kaya, noise yang lebih sedikit, dan pencahayaan yang lebih terang.

Kamera 108 MP ini memiliki sensor berukuran besar, yaitu 1/1,67 inci, dengan peningkatan penangkapan cahaya sebesar 96% lebih besar dari generasi sebelumnya. Ukuran pikselnya adalah sebesar 1,92 mikron setelah proses binning.

Berbagai fitur pemotretan turut hadir untuk meningkatkan pengalaman fotografi, seperti AI Portrait Retouching, Selfie HDR, Bokeh Flare Portrait, AI Colour Portrait, dan masih banyak lagi. Perangkat ini juga dilengkapi fitur AI Portrait Super Resolution yang diklaim dapat mengurangi noise dan buram pada wajah, serta meningkatkan hasil akhir ketika memotret dalam kondisi gelap.

Pada kamera kedua, terdapat sensor microlens dengan resolusi 2 MP, yang mampu melakukan pembesaran hingga 40 kali untuk menghasilkan foto close-up pada subjek, bahkan memperlihatkan serat-serat tekstur seperti yang terlihat melalui mikroskop.

Rentang dinamis pada hasil foto terlihat sangat baik. Warna langit terlihat jelas dan memiliki perbedaan yang baik dengan warna awan. Hal ini ditampilkan tanpa membuat warna gedung menjadi gelap, yang sering terjadi pada ponsel dengan harga terjangkau (terkena masalah backlight).

Begitu juga dengan foto potret, efek bokeh yang memukau dapat terlihat. Latar belakang benar-benar kabur namun subjek utama tetap tajam.

Dilengkapi dengan Speaker Stereo

Sekarang Anda tidak perlu lagi mencari earphone di dalam tas ketika menemukan konten menarik di TikTok. Pasalnya, HP ini dilengkapi dengan konfigurasi speaker stereo, yaitu satu speaker di bagian atas dan satu speaker di bagian bawah bodi.

Fitur ini patut diapresiasi, karena OPPO Reno8 5G hanya memiliki speaker mono. Jadi, dapat dikatakan bahwa fitur ini merupakan peningkatan lain yang hadir pada seri ini.

Pengguna juga dapat meningkatkan volume suara melebihi batas maksimal, hingga 200 persen. Fitur ini memastikan Anda tetap dapat mendengarkan pesan suara penting meskipun berada di tempat yang ramai.

Baterai Unggul dengan Pengisian SuperVOOC 67 W

Pengguna dapat merasakan penggunaan smartphone yang tahan lama, karena OPPO Reno8 T 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.800 mAh. Meskipun sedikit lebih rendah daripada rata-rata HP lain dengan baterai 5.000 mAh, tetapi tetap menawarkan masa pakai yang lama.

Berdasarkan video YouTube dari lctfix.net, baterai OPPO Reno8 T 5G hanya berkurang dari 73% menjadi 67% setelah memainkan Genshin Impact selama 15 menit. Dengan variasi pengaturan grafis dari terendah hingga tertinggi, penurunan baterai sebesar 7% tergolong impresif.

Perangkat OPPO ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya SuperVOOC 67 W, lengkap dengan charger dan kabelnya di dalam kotak penjualan. Menurut Lim Reviews, OPPO Reno8 T 5G dapat mengisi daya baterai hingga 100% dalam waktu 44 menit saja.

OPPO Reno8 T 5G juga dilengkapi dengan teknologi Battery Health Engine yang menjaga kesehatan baterai agar tidak mudah terdegradasi meskipun telah digunakan selama beberapa tahun. Baterai HP ini diklaim dapat bertahan hingga 1600 siklus pengisian daya, dengan menggunakan kontrol pengisian cerdas untuk mengurangi risiko kerusakan pada sel litium.

Desain Bodi Menarik, Bobot Sangat Ringan

OPPO Reno8 T 5G memiliki desain bodi dengan konsep dual micro-curved yang menarik, dengan sisi yang ergonomis sehingga nyaman digenggam. Bahkan, HP ini memiliki bobot bodi hanya 171 gram, menjadikannya salah satu smartphone dengan bodi paling ringan di kelas harga menengah.

Tebal ponsel ini juga tidak lebih dari 7,7 mm, membuatnya nyaman digunakan oleh anak-anak maupun lansia. Bodi dengan layar yang melengkung dirancang untuk memberikan pengalaman genggaman yang nyaman.

HP ini juga memiliki penampilan yang menawan dengan konsep desain OPPO Glow, dengan modul kamera berbentuk pil yang berisi dua lingkaran besar yang berisi susunan kamera dan LED Flash. Anda dapat memilih varian warna Sunrise Gold dan Midnight Black.

Jaminan Kelancaran Setelah Penggunaan 48 Bulan

OPPO Labs telah melakukan berbagai pengujian ketat untuk memastikan bahwa HP ini akan tetap berjalan dengan normal setelah digunakan selama 48 bulan, atau 4 tahun. Biasanya, setiap teknologi akan mengalami penurunan kinerja setelah penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Namun, berbeda dengan OPPO Reno8 T 5G yang diklaim akan tetap memberikan performa yang seperti baru ketika membuka aplikasi dan menjelajahi antarmuka. Hal ini cocok bagi Anda yang jarang mengganti HP dan cenderung menggunakan HP yang sama selama belum rusak.

Kekurangan OPPO Reno8 T 5G

Tidak ada teknologi yang sempurna. Oleh karena itu, penting untuk melihat juga kekurangan yang dimiliki oleh OPPO Reno8 T 5G agar informasi yang diperoleh menjadi lebih lengkap.

Tidak Memiliki Sertifikasi Tahan Air

Meskipun OPPO Reno8 T 5G memiliki desain yang cantik, namun tidak dilengkapi dengan ketahanan terhadap percikan air. Sementara banyak ponsel lain sudah dilengkapi dengan sertifikasi tahan air (seperti POCO X5 Pro dengan IP53 atau Samsung Galaxy A52s dengan IP67), HP ini tidak memiliki IP Rating sama sekali.

Tidak Mendukung Kamera Ultrawide, Fitur Perekaman Video Terbatas

Bagi yang menginginkan pengalaman memotret pemandangan secara maksimal, mungkin akan kecewa dengan kekurangan ini. OPPO Reno8 T 5G tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide sehingga memiliki keterbatasan dalam bidang pandang saat melakukan pemotretan.

Selain itu, ponsel ini juga tidak memiliki fitur perekaman video yang lengkap seperti OPPO Reno8 5G. Pada varian reguler, terdapat fitur stabilisasi gyro EIS pada kamera belakang dan depan sehingga mampu merekam video tanpa efek goyang. OPPO Reno8 5G reguler juga memiliki dukungan perekaman 4K dan 1080p pada 60 FPS.

Di sisi lain, OPPO Reno8 T 5G hanya mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS. Saat ini, platform video pendek vertikal sedang populer, sehingga fitur perekaman yang lengkap menjadi penting untuk menghindari penurunan kualitas video setelah diunggah.

Kesimpulan

OPPO Reno8 T 5G merupakan salah satu HP kelas menengah dengan kualitas fotografi yang kompetitif. Kamera dengan resolusi 108 MP menjadi keunggulan utama dari seri OPPO Reno ini, membuka berbagai kemungkinan dalam aktivitas fotografi.

Harga perangkat ini saat diluncurkan di Vietnam adalah 10 juta Dong, yang setara dengan sekitar Rp6,3 juta. Dalam kisaran harga ini, terdapat beberapa fitur yang membuat HP ini layak untuk dibeli, seperti jaminan penggunaan yang awet hingga 4 tahun dengan performa yang tetap terjaga. Jarang ada merek lain yang berani memberikan klaim seperti ini, terutama untuk HP yang bukan flagship.

Performanya juga dianggap cukup tangguh untuk menjalankan gim populer yang biasanya membutuhkan daya komputasi yang tinggi. Bahkan untuk gim seberat Genshin Impact, ponsel ini masih mampu memainkannya dengan lancar pada pengaturan grafis selain yang terendah.

Jika Anda membutuhkan HP 5G dari OPPO yang tidak hanya unggul dalam fotografi tetapi juga memiliki performa yang baik, maka saya dengan percaya diri merekomendasikan OPPO Reno8 T 5G. Namun, perlu diperhatikan bahwa ponsel ini kurang cocok untuk membuat konten TikTok atau vlogging. Apa pendapat Anda? Mau beli atau tidak?

Oppo Reno8 T 5G
Rilis : Februari 2023
8/128 GB - Rp 6.000.000
8/256 GB - Rp 6.500.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn