Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno10 Pro 5G

Gambar Oppo Reno10 Pro 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno10 Pro 5G
  • Rilis Agustus 2023
  • Layar 6.7 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 32 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4600 mAh, Fast charging 80W
  • Harga Rp 8.000.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno10 Pro 5G dan Harganya
Pada bulan Agustus 2023, OPPO secara resmi mengumumkan kehadiran seri Reno10 di pasar Indonesia, mencakup tiga varian utama: OPPO Reno10 5G, OPPO Reno10 Pro 5G, dan OPPO Reno10 Pro+ 5G. Informasi terkait ketersediaan ketiga ponsel ini dapat ditemukan di laman resmi OPPO Indonesia.

Ketiga varian ini menarik perhatian dengan fitur unggulan, terutama kemampuan kamera yang andal dan kualitas layar yang memukau. Fokus artikel ini akan difokuskan pada OPPO Reno10 Pro 5G, yang menempati posisi tengah di antara kedua varian lainnya.

OPPO Reno10 Pro 5G menawarkan kombinasi spesifikasi yang seimbang dengan harga yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang tepat bagi mereka yang menganggap OPPO Reno10 Pro+ 5G terlalu mahal, namun ingin lebih dari fitur yang ditawarkan oleh OPPO Reno10 5G versi reguler.

Keunggulan OPPO Reno10 Pro 5G dapat ditemukan pada beberapa sektor, terutama di bidang layar, performa, dan tentu saja kamera. Desain yang elegan dipadukan dengan teknologi 5G untuk menjamin konektivitas yang cepat, memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna yang mengutamakan kualitas visual dan performa.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO Reno10 5G dan OPPO Reno10 Pro+ 5G, silakan simak artikel terpisah yang membahas masing-masing varian. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi fitur inovatif dari OPPO melalui situs resmi mereka.

Kelebihan OPPO Reno10 Pro 5G

OPPO Reno series selalu dikenal sebagai pilihan unggul di kelas menengah, terutama dalam hal kemampuan fotografi dan desain. Bagaimana tanggapan Anda terhadap OPPO Reno10 Pro 5G? Temukan kelebihannya dalam poin-poin berikut:

Layar Berkualitas Tinggi dengan Akurasi Warna yang Unggul

Layar OPPO Reno10 Pro 5G menawarkan pengalaman visual yang luar biasa dengan ukuran 6,7 inci dan resolusi 1080 x 2412 piksel. Menggunakan teknologi panel AMOLED, layar ini tidak hanya hemat daya, tetapi juga memberikan reproduksi warna yang sangat akurat, melampaui panel IPS LCD.

Ketajaman layar yang mencapai 394 ppi dan aspek rasio 20:9 menjamin pengalaman visual yang memukau. Dengan refresh rate 120 Hz, tampilan layar menjadi dua kali lebih mulus daripada standar 60 Hz, membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas sehari-hari seperti browsing, bermain gim, dan menonton konten streaming.

Dengan dukungan untuk lebih dari 1 miliar warna dan teknologi HDR10+, layar 10-bit OPPO Reno10 Pro 5G memberikan kedalaman warna yang memukau. Sertifikasi Widevine L1 memastikan pengguna dapat menikmati konten berkualitas tinggi di platform streaming seperti Netflix. Fitur-fitur tambahan seperti 01 Ultra Vision Engine dengan Video Color Enhancer dan Bright HDR semakin meningkatkan pengalaman multimedia.

Meskipun tingkat kecerahan layarnya mungkin tidak secerah beberapa pesaingnya, kekuatan layar ini terletak pada kedalaman warna dan kemampuan HDR-nya, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk hiburan multimedia.

Kamera Berkualitas Tinggi untuk Pengalaman Fotografi yang Luar Biasa

OPPO Reno10 Pro 5G tidak hanya unggul dalam hal layar, tetapi juga menawarkan pengalaman fotografi yang luar biasa. Kamera utama 50 MP dengan sensor lebar 1/1.56 inci menangkap detail dengan sempurna, didukung oleh fitur OIS untuk hasil yang stabil bahkan dalam kondisi bergerak.

Kamera telefoto 32 MP dengan pembesaran optis 2x memungkinkan pemotretan jarak jauh dengan kualitas yang tetap tajam. Tambahkan kamera ultrawide 8 MP dengan sudut pandang 112 derajat, dan Anda memiliki konfigurasi kamera yang kuat tanpa kehadiran sensor "bonus" seperti makro dan depth.

Kamera depan 32 MP dengan fitur autofokus dan desain punch hole memberikan hasil selfie yang memuaskan serta mendukung video calling. Kemampuan merekam hingga resolusi 4K pada kamera belakang, bersama dengan fitur 1080p di 60 FPS, membuat OPPO Reno10 Pro 5G cocok untuk kebutuhan kreasi konten profesional.

Meskipun kualitas foto pada kondisi siang hari tergolong baik, kemampuan kamera ultrawide memunculkan kebingungan mengenai kecerahan warna yang lebih punchy dibandingkan dengan mode default. Namun, keseluruhan, OPPO Reno10 Pro 5G memberikan hasil foto yang memuaskan, sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Ketahanan Baterai Memuaskan Meski Dengan Kapasitas yang Sedikit Lebih Rendah

Meskipun OPPO Reno10 Pro 5G hadir dengan kapasitas baterai 4.600 mAh, yang sedikit di bawah rata-rata ponsel pada umumnya (5.000 mAh), namun ketahanan baterainya masih dapat diandalkan di kelasnya.

Pilihan OPPO untuk menggunakan baterai dengan kapasitas lebih rendah bertujuan untuk menjaga bobot perangkat agar tetap ringan. Desain yang ramping dan ringan menjadi fokus OPPO, dan hal ini tercermin dalam pilihan kapasitas baterai yang lebih kecil.

Meski demikian, hasil pengujian oleh GSM Arena mencatatkan skor ketahanan yang tinggi, yakni 104 jam. Angka ini menempatkan OPPO Reno10 Pro 5G sebagai pilihan yang layak di kelasnya, meskipun tidak menjadi yang paling unggul.

Dengan skor tersebut, pengguna dapat mengandalkan ponsel ini untuk panggilan telepon selama 36 jam 22 menit, browsing pada refresh rate 120 Hz selama 14 jam 34 menit, dan pemutaran video pada refresh rate 60 Hz selama 18 jam 10 menit.

Menariknya, skor ketahanan OPPO Reno10 Pro 5G bahkan melampaui Redmi Note 12 Pro (dengan kapasitas baterai 5.000 mAh) yang mencapai skor 97 jam.

OPPO Reno10 Pro 5G juga mendukung pengisian cepat 80 W, dengan charger yang sesuai disertakan dalam paket penjualan, menghilangkan kebutuhan untuk membeli secara terpisah. Charger ini juga mendukung protokol USB Power Delivery 3 dan Quick Charge 4, mengisi daya ponsel dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Performa Snapdragon 778G yang Cukup Tangguh untuk Bermain Game

Meskipun Snapdragon 778G yang digunakan pada OPPO Reno10 Pro tergolong chipset yang sudah ada sejak beberapa waktu, namun tetap menawarkan kinerja yang baik di kelas menengah. Dengan fabrikasi 6 nm, chipset ini efisien energi, dan mengalami peningkatan hingga 40 persen dalam kemampuan CPU dan GPU dibandingkan dengan pendahulunya.

Snapdragon 778G dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, termasuk Qualcomm FastConnect 6700 untuk mendukung Wi-Fi 6 multi-gigabit, modem RF Snapdragon X53 5G terintegrasi, prosesor AI Qualcomm Hexagon 770 dengan dukungan operasi 12 TOPS, dan banyak lagi.

Dengan delapan inti prosesor, termasuk satu unit Cortex A78 (2.4 GHz), tiga inti berkinerja tinggi Cortex A78 (2.2 GHz), dan empat unit prosesor hemat daya Cortex A55 (1.9 GHz), serta GPU Adreno 642L, OPPO Reno10 Pro 5G memberikan kinerja yang memadai.

Konfigurasi memori 12 GB RAM LPDDR4x dan penyimpanan 256 GB UFS 2.2 memastikan kinerja yang responsif. Hasil benchmark yang baik, seperti AnTuTu v9 sebesar 495.040 poin dan AnTuTu v10 sebesar 571.870 poin, menunjukkan kemampuan yang memadai di kelasnya.

Dalam pengujian gaming, OPPO Reno10 Pro 5G dapat menjalankan gim populer seperti Genshin Impact dengan nyaman, meskipun mungkin dengan pengaturan grafis medium dan low untuk mendapatkan frame rate yang lancar. Meskipun kemampuannya kalah dengan POCO F5 dalam skor AnTuTu v9, OPPO Reno10 Pro tetap mampu memberikan pengalaman gaming yang memuaskan untuk pengguna kelas menengah.

Dilengkapi dengan Infrared dan NFC, Sensor Sidik Jari Cepat dan Akurat

Uniknya, OPPO Reno10 Pro 5G tidak hanya menawarkan teknologi canggih, tetapi juga fitur-fitur tambahan yang berguna. Ponsel ini menyematkan infrared, sebuah fitur yang biasanya ditemukan pada ponsel Xiaomi dan POCO. Dengan adanya port infrared, pengguna dapat dengan mudah mengontrol kanal dan volume suara TV layaknya menggunakan remote konvensional.

Selain itu, OPPO Reno10 Pro 5G juga dilengkapi dengan fitur NFC, memudahkan pengguna untuk mengisi saldo eMoney tanpa repot. Sebagai tambahan, ponsel ini menawarkan sensor sidik jari di layar yang responsif dan akurat. Menurut pengujian dari GSM Arena, sensor sidik jari ini dapat membuka layar dengan cepat dan mengenali sidik jari dengan akurasi tinggi, menjadikannya solusi keamanan yang handal.

Desain Stylish yang Memukau

OPPO Reno10 Pro 5G tidak hanya menonjol dalam hal kinerja, tetapi juga menarik perhatian dengan desainnya yang stylish dan unik. Ponsel ini menampilkan modul kamera yang berbentuk pil, dengan kamera utama ditempatkan dalam bulatan besar di bagian atas, sementara dua kamera kecil diletakkan di bawahnya. Aksen visual latar hitam yang berbentuk setengah lonjong menambah sentuhan estetis pada desainnya, lengkap dengan LED Flash di antara dua partisi.

Dengan bobot 185 gram, ponsel ini tergolong ringan, meskipun bukan yang paling ringan di pasaran. Dimensinya yang proporsional, dengan panjang 162,3 mm, lebar 74,2 mm, dan ketebalan 7,9 mm, memberikan kesan elegan dan nyaman di genggaman.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bodi belakang cenderung mudah terkena noda sidik jari, sehingga perawatan berkala diperlukan untuk menjaga tampilan ponsel tetap bersih. OPPO Reno10 Pro 5G tersedia dalam varian warna Silvery Grey dan Glossy Purple.

Kekurangan OPPO Reno10 Pro 5G

Walau OPPO Reno10 Pro 5G memiliki banyak kelebihan, tetapi tidak bisa dianggap sebagai yang terbaik di kelasnya. Terdapat setidaknya empat kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, yaitu:

Tidak Dilengkapi Stereo Speaker

Kekurangan pertama pada OPPO Reno10 Pro 5G adalah ketiadaan stereo speaker. Dengan hanya satu speaker di bagian bawah, pengalaman audio terkendali dan kurang imersif, terutama saat menonton konten multimedia. Sebagian pesaing di kelas menengah sudah mengadopsi stereo speaker, sehingga absennya fitur ini pada OPPO Reno10 Pro 5G mungkin mengecewakan beberapa pengguna. Meski ponsel ini memiliki fitur Real Sound Technology, pengujian menunjukkan bahwa kualitas suaranya hanya mencapai tingkat rata-rata.

Tidak Ada IP Rating

OPPO Reno10 Pro, meskipun dilapisi dengan kaca proteksi yang cukup baik, tidak memiliki sertifikasi IP Rating. Kekurangan ini membuatnya rentan terhadap kerusakan akibat air atau debu. Hal ini dapat menjadi kendala bagi pengguna yang menginginkan tingkat perlindungan ekstra terhadap elemen lingkungan.

Kemampuan Foto Malam Hari Kurang Memadai

Meskipun dilengkapi dengan mode malam otomatis dan mode malam terdedikasi, kemampuan OPPO Reno10 Pro 5G dalam menghasilkan foto pada kondisi minim cahaya kurang memadai. Beberapa pengujian menunjukkan bahwa foto malam sering kali terlihat lebih gelap dibandingkan dengan versi reguler, menjadikannya kurang kompetitif dibandingkan dengan ponsel sekelasnya yang menawarkan hasil foto malam yang lebih baik.

Sering Problem Throttling

Chipset Snapdragon 778G yang digunakan pada OPPO Reno10 Pro 5G memang memiliki kinerja yang layak, namun isu throttling dapat menjadi masalah. Throttling yang cukup signifikan terlihat pada pengujian yang dilakukan selama 60 menit, di mana performa ponsel mengalami penurunan hingga 64 persen dari kinerja maksimalnya. Hal ini dapat memengaruhi pengalaman bermain gim, terutama pada sesi permainan yang panjang, dan mungkin memerlukan aksesori pendingin tambahan untuk menjaga kinerja tetap stabil.

Kesimpulan

OPPO Reno10 Pro 5G resmi hadir di Indonesia pada Agustus 2023 dengan harga sekitar Rp7.999.000. Meskipun menawarkan kualitas unggulan dalam performa, kamera, baterai, dan desain, persaingan di segmen mid-range sangat ketat.

Sejumlah pesaing seperti Samsung Galaxy A54 dan POCO F5 menawarkan fitur yang lebih baik dibandingkan OPPO Reno10 Pro 5G. Bahkan, Samsung Galaxy A34 saja telah menghadirkan paket yang lebih lengkap.

Bagi yang mengutamakan desain yang stylish, memilih OPPO Reno10 Pro 5G tetap menjadi pilihan yang valid. Namun, perlu diingat bahwa beberapa kekurangan, seperti ketiadaan stereo speaker, absennya IP Rating, dan keterbatasan dalam menghasilkan foto malam hari yang memukau, perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli.