Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno8 T

Tidak puas hanya dengan meluncurkan OPPO Reno8 4G di pasar, kini perusahaan asal Tiongkok ini juga menawarkan OPPO Reno8 T 4G. Meskipun keduanya masih menggunakan jaringan 4G, huruf "T" pada versi ini memiliki makna "topped up" atau peningkatan. Konsumen dapat mengharapkan peningkatan spesifikasi dan fitur pada versi ini.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno8 T
  • Rilis Februari 2023
  • Layar 6.43 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset Mediatek Helio G99 (6nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 100 MP (wide), 2 MP (microscope), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 4.900.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno8 T dan Harganya
Ponsel ini merupakan tambahan dalam seri OPPO Reno8 series dan telah dibekali dengan SoC (System on Chip) populer, yaitu Helio G99, yang cocok untuk kisaran harga menengah. Kamera utamanya juga ditingkatkan agar dapat menangkap detail yang lebih baik, terutama saat hasil foto diperbesar.

Selain itu, layar dan daya tahan baterainya juga unggul untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Kelebihan OPPO Reno8 T

Minimal ada sembilan poin keunggulan yang perlu Anda kenali tentang OPPO Reno8 T ini. Apa saja itu? Jangan sampai Anda melewatkannya.

Performa Mengagumkan, Hadir dengan Chipset Helio G99

Jika Anda adalah penggemar smartphone gaming, pasti sudah tidak asing dengan performa yang ditawarkan oleh Helio G99. Chipset buatan MediaTek ini telah menarik banyak perhatian di dunia gadget sejak diperkenalkan melalui Tecno POVA 4 Pro di Indonesia.

Dengan fabrikasi 6 nm, ini merupakan kali pertama dalam seri Helio G bahwa terdapat chipset dengan ukuran litografi yang begitu kecil. Ponsel yang menggunakan chipset ini dapat mempertahankan performa terbaiknya dalam jangka waktu yang lebih lama, karena cenderung tidak mudah panas dan tidak mudah mengalami throttling.

Helio G99, yang menjadi kekuatan di balik OPPO Reno8 T, hadir dengan konfigurasi prosesor delapan inti yang terdiri dari klaster performa tinggi dan klaster hemat daya. Di dalamnya, terdapat dua unit Cortex A76 berkecepatan 2,2 GHz yang bekerja secara efisien dalam menyediakan kinerja gaming yang layak.

Mengiringi inti tersebut, terdapat enam unit Cortex A55 hemat daya dengan kecepatan 2,0 GHz untuk menangani aktivitas yang lebih ringan. Untuk meningkatkan kinerja dalam tugas berat, terutama yang berkaitan dengan grafis, chipset ini didukung oleh unit pemrosesan grafis (GPU) Mali G57 MC2.

Helio G99 ini juga dilengkapi dengan RAM LPDDR4x berkapasitas memadai, yaitu 8 GB. Untuk menyimpan file dan aplikasi, smartphone ini menawarkan satu varian dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 256 GB yang menggunakan standar UFS 2.2.

Dalam sistem operasi yang digunakan, ColorOS 13 juga menyediakan fitur unik bernama Dynamic Computing Engine yang dapat meningkatkan kinerja lebih lanjut. Dengan melibatkan aspek perangkat lunak dan perangkat keras, teknologi ini diklaim mampu mengoptimalkan alokasi sumber daya secara lebih baik, sehingga ponsel dapat bekerja lebih stabil dan hemat daya.

Terlihat dalam video yang diunggah di kanal YouTube GadgetIn, OPPO Reno8 T bahkan mampu menjalankan Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan grafis terendah. Rata-rata frame rate yang dicapai adalah 45 FPS, yang merupakan frame rate yang cukup halus untuk memberikan pengalaman bermain yang nyaman.

Tentu saja, karena sudah mampu menjalankan Genshin Impact, smartphone buatan perusahaan di bawah BBK Electronics ini juga dapat mendukung dengan lancar game-game populer lainnya, seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

OPPO Reno8 T 4G juga mencatat skor AnTuTu v9 yang cukup tinggi, yaitu sekitar 360 ribu. Angka ini setara dengan beberapa ponsel kelas menengah lainnya yang menggunakan chipset yang sama.

Layar AMOLED yang Mengesankan

OPPO Reno8 T 4G tentu tidak ingin ketinggalan dalam menyajikan pengalaman tampilan terbaik dengan hadirnya panel AMOLED berkualitas yang mendukung refresh rate 90 Hz.

Layar ponsel ini memiliki resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dengan ukuran diagonal 6,43 inci, yang memastikan tampilan yang tajam. Layar ini memiliki rasio aspek 20:9 yang umum, dengan kerapatan piksel sekitar 409 ppi.

OPPO menyebutkan bahwa layar ini dapat mencapai kecerahan tipikal hingga 430 nit dan kecerahan maksimum mencapai 800 nit. Artinya, pengguna tidak akan kesulitan melihat isi layar di luar ruangan pada siang hari.

Tak lupa, OPPO juga melengkapi layar ini dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 agar layar terhindar dari risiko kerusakan akibat jatuh atau tergores oleh benda tajam. Namun, tetap diingat bahwa ini tidak berarti sengaja menjatuhkannya ya. Meskipun begitu, ketahanan ponsel ini masih lebih terbatas dibandingkan dengan ponsel khusus yang dirancang untuk kegiatan outdoor dengan bodi tahan banting.

Dalam review video dari GadgetIn di YouTube, layar ponsel ini mampu menampilkan warna yang sangat baik. Bahkan, bagian depannya terlihat sangat elegan karena menggunakan desain punch hole sebagai tempat kamera selfie.

Namun, sayangnya, bagian bawah layar terlihat agak tebal sedangkan bagian atasnya terlihat lebih tipis. Hal ini mungkin bisa memicu rasa ketidaksenangan bagi pengguna yang memiliki sifat OCD dan tidak menyukai hal-hal yang tidak simetris. Tetapi sebenarnya, sebagian besar orang dapat menerima hal ini karena bukan hanya ponsel ini saja yang memiliki desain seperti itu.

Peningkatan yang Signifikan pada Resolusi Kamera

Saat OPPO Reno8 sudah menggunakan kamera dengan resolusi 64 MP yang besar, perusahaan meningkatkan angka tersebut menjadi lebih tinggi lagi pada OPPO Reno8 T. Bayangkan, kini resolusinya mencapai 100 MP! Ini adalah salah satu resolusi kamera terbesar dalam kisaran harga sekitar 4 jutaan.

Kamera 100 MP ini memiliki bukaan standar f/1.7 dengan panjang fokus 26 mm dan tentunya dilengkapi dengan autofokus. Pada kamera pendampingnya, smartphone ini dilengkapi dengan kamera mikroskop 2 MP dengan bukaan f/3.3 dan kamera depth 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, "Apa manfaatnya memiliki resolusi kamera yang besar?". Begini, memiliki resolusi kamera yang besar tidak menjamin hasil foto akan menjadi lebih baik. Hal ini tergantung pada ukuran sensor, kemampuan chipset, dan tuning dari ponsel itu sendiri.

Belum lagi, mode kamera dengan resolusi penuh akan menghasilkan foto dengan ukuran file yang sangat besar, yang akan memakan banyak ruang penyimpanan. Terlebih lagi, jika dibandingkan antara mode Auto dan mode resolusi penuh, tidak terlihat banyak perbedaan kualitas yang signifikan.

Namun, menggunakan kamera dengan resolusi besar memiliki keuntungannya sendiri. Bagi smartphone yang tidak dilengkapi kamera telefoto, Anda masih bisa mengambil foto dari jarak jauh dengan detail yang cukup lengkap. Caranya adalah dengan tidak melakukan zoom pada tampilan, tetapi memotret terlebih dahulu, kemudian hasilnya dapat di-crop sesuai keinginan.

Dengan resolusi yang besar, foto yang di-crop masih tetap terlihat tajam dan detail. Cara ini bermanfaat dalam beberapa skenario penggunaan, seperti saat menghadiri konser dari jarak jauh, ingin memotret satwa liar, atau hanya ingin melihat menu restoran cepat saji tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

David dari kanal YouTube GadgetIn juga menyatakan bahwa foto dalam mode 100 MP memiliki detail yang lebih baik, meskipun di-zoom secara ekstensif. Namun, menurutnya, kualitas foto dalam mode 12 MP cenderung kurang berwarna dan rentang dinamisnya tidak terlalu luas untuk ponsel dalam kisaran harga sekitar 4 jutaan. Berikut ini adalah beberapa contoh sampel fotonya.

Disebutkan juga bahwa fitur mode malam tidak begitu nyaman digunakan. Anda perlu menjaga ponsel tetap stabil karena OPPO Reno8 T 4G cenderung rentan terhadap guncangan. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diasumsikan bahwa ponsel ini belum dilengkapi dengan stabilisasi gyro-EIS.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera selfie dengan resolusi 32 MP dan bukaan f/2.4. Seperti kamera belakang, kamera depan juga hanya dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS.

Dilengkapi dengan NFC dan Fitur Konektivitas Lainnya

OPPO Reno8 T 4G mungkin tidak mendukung jaringan seluler 5G, sesuai dengan namanya. Namun, ponsel ini sebenarnya memiliki varian 5G dengan nama OPPO Reno8 T 5G. Jika Anda membutuhkan jaringan seluler terkini, Anda bisa memilih varian 5G tersebut.

Namun, varian 4G-nya juga memiliki fitur-fitur konektivitas yang lengkap. Ponsel ini dilengkapi dengan NFC yang memungkinkan pengguna untuk melakukan cek saldo eMoney dan melakukan pengisian saldo.

Selain itu, OPPO Reno8 T 4G juga mendukung Bluetooth versi 5.3, yang merupakan salah satu versi tertinggi dalam industri smartphone. Dengan versi ini, penggunaan earphone nirkabel dan aksesori lainnya lebih terhindar dari delay.

Untuk konektivitas nirkabel, ponsel ini menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, yang dapat terhubung ke jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di dalam layar atau yang biasa disebut underdisplay fingerprint.

Daya Tahan Baterai yang Cukup

Seperti ponsel kelas menengah pada umumnya, OPPO Reno8 T 4G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur penghematan daya yang efektif saat digunakan untuk menghemat daya.

Dengan chipset dan layar yang hemat daya, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Menurut sumber HungryGeeks.com.ph, OPPO Reno8 T 4G memiliki daya tahan baterai selama 14 jam dalam pengujian benchmark PCMark Work 3.0, dengan volume suara dan kecerahan layar yang sedang.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan charger dalam kotak penjualan, dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33 W yang dapat mengisi daya dengan cepat. Menurut pengujian yang dilakukan oleh sumber yang sama, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dari 1 hingga 100% hanya sedikit lebih dari 60 menit.

Desain Bodi yang Segar, Tersedia Varian Fiberglass Leather

Tampilan ponsel ini terlihat seperti ponsel flagship dengan desain bodi yang unik. Di bagian belakang, terdapat dua lingkaran besar yang tersusun secara vertikal. Lingkaran pertama berisi kamera utama 100 MP, sedangkan lingkaran kedua berisi kamera pendamping dan lampu LED Flash.

Hal ini memberikan tampilan yang minimalis dan rapi tanpa adanya lubang kamera yang tersebar. Untuk menambah kesan keren, terdapat bidang berbentuk lonjong yang membentang dari atas ke bawah, mencakup sekitar 60% permukaan bagian atas.

OPPO juga mengombinasikan desain dari OPPO Reno dengan varian warna Sunset Orange yang menggunakan bahan fiberglass leather. Bahan kulit sintetis ini awalnya hanya ada pada ponsel flagship, tetapi kini dapat dirasakan pada ponsel kelas menengah. Dengan tekstur matte yang halus, panel belakang tidak mudah terkena sidik jari.

Sedangkan untuk varian warna lainnya, yaitu Black Starlight, menggunakan bahan plastik polikarbonat di bagian belakang bodi. OPPO Reno8 T 4G juga memiliki dimensi bodi yang tidak terlalu besar, dengan ukuran panjang x lebar x tebal sekitar 160,8 x 73,8 x 7,8 mm.

Dengan bobot sekitar 180 gram untuk varian fiberglass, OPPO Reno8 T 4G tergolong ringan untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari. Terdapat fitur desain yang cukup fungsional yaitu Orbit Light, yang mengelilingi lensa kamera dan akan menyala saat menerima notifikasi, proses pengisian baterai, atau panggilan telepon masuk.

Dilengkapi dengan Speaker Stereo

Ingin memiliki HP OPPO dengan kualitas suara yang bagus? OPPO Reno8 T 4G adalah pilihan yang tepat karena dilengkapi dengan speaker stereo. Artinya, terdapat dua speaker yang ditempatkan di bagian bawah dan atas bodi smartphone.

Hasil suaranya tidak mengecewakan. Anda dapat mendengar elemen audio dengan jelas dan jelas, dengan volume, bass, dan kejernihan suara yang baik secara keseluruhan. Anda tidak perlu segera mengambil earphone.

Tentunya, tidak lengkap tanpa adanya port audio jack 3,5 mm pada ponsel ini. Anda dapat menyambungkan earphone ke ponsel tanpa perlu menggunakan adaptor tambahan.

Diluncurkan dengan Android 13

OPPO Reno8 T 4G diluncurkan dengan sistem operasi Android 13 yang dilapisi dengan antarmuka ColorOS 13. Ini merupakan hal yang unik karena masih ada beberapa ponsel kelas menengah yang diluncurkan dengan Android 12.

ColorOS 13 juga termasuk antarmuka yang memiliki tampilan yang menarik, serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang menguntungkan pengguna. Misalnya, ponsel dapat menampilkan mode always on dengan fitur yang ditingkatkan, pengontrol pemutar musik meskipun layar terkunci.

Terdapat juga fitur keamanan canggih yang secara otomatis dapat memblur bagian layar untuk menjaga privasi data pengguna, serta tempat khusus untuk menyimpan file sensitif dengan keamanan berstandar AES.

Menjamin Kelancaran Penggunaan Setelah 4 Tahun

OPPO Reno8 T 4G adalah smartphone yang cocok digunakan dalam jangka waktu yang panjang hingga bertahun-tahun. Ya, ponsel ini dijamin akan tetap lancar digunakan meskipun telah digunakan selama 48 bulan atau 4 tahun.

Kelancaran di sini berarti pengguna dapat menjelajahi antarmuka tanpa adanya keterlambatan, membuka aplikasi dengan kecepatan yang sama seperti pada tahun pertama penggunaan, serta performa gaming yang tetap baik. Dalam kelasnya, jarang ada merek HP lain yang dapat menjanjikan hal yang sama.

Kekurangan OPPO Reno8 T

Jika Anda berencana untuk membeli, penting juga untuk mengetahui dua kelemahan dari OPPO Reno8 T. Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini!

Tidak Memiliki Sertifikasi Tahan Air

Meskipun layar HP ini dilapisi dengan Gorilla Glass 5 agar lebih tahan terhadap benturan, namun ponsel ini tidak dilengkapi dengan sertifikasi tahan air apa pun. Tidak ada sertifikasi IP68 yang memungkinkannya bertahan di dalam air selama 30 menit pada kedalaman 1,5 meter.

Tidak ada juga sertifikasi IP53 atau IP54 yang membuatnya cukup tahan terhadap percikan air hujan atau cipratan minuman. Oleh karena itu, perlu berhati-hati saat menggunakan OPPO Reno8 T 4G di daerah dengan curah hujan tinggi.

Tidak Mendukung Perekaman 1080p dan 4K pada 60 FPS

Meskipun resolusi kamera pada ponsel ini besar, bahkan meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan OPPO Reno8 4G, varian ini kurang nyaman untuk kegiatan pembuatan konten. Bagaimana tidak, perekaman video hanya dapat dilakukan pada resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Seharusnya setidaknya mendukung perekaman hingga 60 FPS jika tidak menyediakan perekaman 4K. Frame rate yang tinggi cukup penting jika ingin mengunggah video ke TikTok atau Instagram. Dikhawatirkan video akan terlihat patah-patah saat diunggah dengan frame rate 30 FPS karena proses kompresi algoritma platform yang dapat mengurangi kualitasnya.

Ketersediaan Jaringan 4G dalam Kisaran Harganya Perlu Diperhatikan

Dari namanya saja sudah jelas bahwa ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah mengingat ketersediaan jaringan 5G belum merata. Namun, untuk ponsel dengan harga sekitar 4 jutaan pada tahun 2023, akan lebih baik jika chip atau SoC yang digunakan sudah mendukung jaringan 5G.

Jika tetap menggunakan chip 4G, mungkin harga ponsel dapat diturunkan lebih rendah.

Kesimpulan

OPPO Reno8 T 4G dibanderol dengan harga Rp4.899.000,- di Indonesia dan telah tersedia sejak tanggal 7 Februari 2023. Dengan harga tersebut, ponsel ini masuk dalam kategori mid-range dan cocok untuk digunakan dalam aktivitas gaming, fotografi, dan produktivitas.

Ponsel ini dilengkapi dengan kamera mikroskop yang lebih berfungsi untuk kegiatan yang menyenangkan, seperti menangkap serat kecil pada permukaan objek. Kamera utamanya memiliki resolusi 100 MP, meskipun bukan yang terbaik di kelasnya, namun sudah cukup untuk membagikan foto di media sosial. Terutama jika Anda memiliki niat untuk melakukan fotografi jarak jauh, fitur Full Resolution akan sangat membantu.

Namun, jika Anda berniat untuk membuat konten TikTok di ponsel ini, kemungkinan hasilnya tidak akan maksimal karena tidak ada perekaman pada 60 FPS. Kamera juga rentan terhadap efek guncangan, sehingga disarankan untuk menggunakan gimbal agar lebih stabil.

Oppo Reno8 T
Rilis : Februari 2023
8/256 GB - Rp 4.900.000
[Update]
Beli di Shopee