Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11

Anda sebaiknya menyiapkan "seat belt" saat membaca artikel ini. Kali ini, tim Ponselhub akan membahas mengenai Apple iPhone 11. Seri ini merupakan penerus dari iPhone XR yang dianggap sebagai salah satu iPhone terlaris. Menurut Macworld, iPhone 11 telah terjual dalam jumlah puluhan juta unit hanya dalam dua tahun setelah dirilis.

Gambar iPhone 11
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi iPhone 11
  • Rilis September 2019
  • Layar 6.1' Liquid Retina IPS LCD
  • Chipset Apple A13 Bionic (7 nm+)
  • GPU Apple GPU (4-core graphics)
  • Internal 4/64GB, 4/128GB, 4/256GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3110 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 12.000.000 - 15.000.000 [Update]
Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 11 dan Harganya
Bagaimanakah fitur-fitur dari Apple iPhone 11 ini? Berdasarkan ringkasan dari berbagai sumber, mari kita simak kelebihan dan kekurangan dari Apple iPhone 11 ini.

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangannya, mari kita lihat spesifikasi dari Apple iPhone 11 ini terlebih dahulu.

Kelebihan Apple iPhone 11

Setelah mengetahui spesifikasi Apple iPhone 11, mari kita bahas kelebihannya. Sebagai ponsel kelas atas, Apple iPhone 11 menawarkan banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa poin kelebihan yang dimilikinya.

Layar dengan Tingkat Kecerahan yang Baik

Apple iPhone 11 adalah salah satu ponsel dengan tingkat kecerahan layar yang baik. GSMArena menyatakan bahwa layar ponsel ini menampilkan foto dan video dengan kualitas yang baik. Meskipun tidak terlalu istimewa, layar dengan dimensi 6,1 inci dan resolusi 828 x 1792 piksel mampu menampilkan kualitas yang cukup baik. Layar ponsel ini dilengkapi dengan pelindung anti gores dan juga teknologi true-tone dan wide color gamut. Dengan layar yang baik ini, Anda dapat menonton konten video dengan nyaman pada iPhone 11.

Desain Tangguh dan Tahan Air

Apple iPhone 11 memiliki desain yang tangguh. Hal ini terbukti dengan kemampuannya bertahan setelah direndam air. Ponsel ini memiliki sertifikasi anti air IP68, sehingga dapat bertahan di kedalaman air hingga 2 meter selama 30 menit. Anda tidak perlu khawatir jika ponsel ini terkena hujan saat dalam perjalanan, karena ponsel ini tetap dapat berfungsi dengan baik.

Chipset dengan Kinerja Tinggi di Kelasnya

Apple iPhone 11 menggunakan chipset Apple A13 Bionic. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 7nm+ dan dilengkapi dengan prosesor hexa-core. Prosesornya terdiri dari dua core Lightning 2,65 GHz dan empat core Thunder 1,8 GHz. Untuk pengolahan grafis, ponsel ini menggunakan Apple GPU dengan empat inti core graphics.

Bagaimana dengan performa Apple iPhone 11? Dengan dukungan RAM 4 GB, ponsel ini mencapai skor AnTuTu sebesar 400 ribuan, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Dengan skor AnTuTu yang tinggi tersebut, iPhone 11 tidak akan mengalami masalah dalam menjalankan berbagai game dengan grafis berat. Ponsel ini juga mampu menjalankan aplikasi sehari-hari dengan lancar, seperti yang diungkapkan oleh Digitaltrends.com yang mencoba menjalankan aplikasi Twitter dan Instagram serta beberapa game di Apple Arcade seperti Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm dan Skate City, semuanya berjalan dengan lancar tanpa masalah.

Daya Tahan Baterai yang Panjang

Apple iPhone 11 dilengkapi dengan baterai Li-Ion berkapasitas 3.110 mAh. Kapasitas baterai ini mungkin tergolong kecil untuk ukuran ponsel Android, tetapi untuk iPhone, kapasitas ini sudah cukup. Hasil pengujian dari GSMArena menunjukkan endurance rating sebesar 94 jam.

Berdasarkan data tersebut, iPhone 11 dapat bertahan hingga 17 jam 45 menit dalam mode bicara, 15 jam 29 menit dalam mode internet, dan 18 jam 43 menit dalam pemutaran video.

Apple sendiri mengklaim bahwa daya tahan baterai iPhone 11 lebih baik satu jam dibandingkan iPhone XR. Menurut pengalaman Julian Chokkattu, seorang penulis dari Digitaltrends, baterai iPhone 11 dapat bertahan sepanjang hari dan tersisa 15% pada pukul 10 malam dengan penggunaan sedang seperti berselancar di internet, menonton YouTube, dan merespons notifikasi.

Audio Berkualitas

Apple iPhone 11 memiliki speaker stereo. Speaker pertama terletak di bagian bawah ponsel, sedangkan yang kedua ada di bagian earpiece. Speaker ini menghasilkan suara yang seimbang.

GSMArena menyatakan bahwa suara yang dihasilkan oleh speaker iPhone 11 cukup kaya dengan bass yang baik. Kualitas audio ini menjadi salah satu keunggulan lain yang ditawarkan ponsel ini. Kualitas audio dari iPhone 11 dianggap mampu memenuhi semua kebutuhan, termasuk untuk menonton video atau mendengarkan musik.

Kinerja Kamera Depan dan Belakang yang Unggul

Apple iPhone 11 dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8, sedangkan kamera kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP dengan bukaan f/2.8. Kedua kamera ini dilengkapi dengan Quad-LED dual-tone flash dan HDR. Selain itu, ponsel ini juga dapat merekam video dengan resolusi 2160p.

Bagaimana dengan hasil foto yang diambil menggunakan kamera iPhone 11? Berikut adalah contoh hasil tangkapan kamera dari Apple iPhone 11.

Dari hasil foto yang diambil dengan kamera ini, terlihat bahwa kualitas fotonya cukup bagus, baik dalam kondisi siang maupun dalam kondisi kurang cahaya atau malam hari. Menurut Mashable SEA, hasil foto dari iPhone 11 mampu menangkap gambar dengan kualitas yang fantastis.

Selain itu, hasil foto dari kamera iPhone 11 juga menampilkan warna yang lebih realistis, rentang dinamis yang luar biasa, dan detail yang tajam. Hal menariknya, fitur mode malam pada kamera iPhone 11 dikatakan luar biasa, bahkan hasilnya lebih baik daripada Google Night Sight yang ada pada Google Pixel.

Selain kamera belakang, kamera depan iPhone 11 juga memiliki kualitas yang baik. Kamera depan ini memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/2.2 dan dilengkapi dengan kamera 3D.

Kehadiran kamera depan 12 MP ini patut diapresiasi, mengingat pada iPhone XR hanya memiliki kamera depan 7 MP. Menurut Digitaltrends, hasil selfie dari iPhone 11 secara keseluruhan cukup bagus, terutama dalam mode potret.

Berdasarkan berbagai pernyataan tersebut, jelas bahwa kamera belakang dan kamera depan iPhone 11 memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, kualitas kamera ini juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan seri sebelumnya, yaitu iPhone XR.

Kekurangan Apple iPhone 11

Telah dibahas sebelumnya mengenai enam kelebihan dari Apple iPhone 11. Sekarang, kita akan membahas kekurangannya. Mengapa membahas kekurangan? Karena tidak ada ponsel yang benar-benar sempurna. Berikut ini adalah kekurangan dari Apple iPhone 11.

Desain Notch dan Bezel tidak Menarik

Masalah utama iPhone 11 adalah ukuran notch yang terlalu besar. Apple terus mempertahankan desain ini, padahal banyak ponsel Android yang menawarkan layar tanpa notch atau poni.

Selain itu, kekurangan lain dari Apple iPhone 11 adalah bezel yang masih tergolong tebal. Untuk ponsel kelas atas, sebaiknya iPhone 11 memiliki bezel yang lebih tipis agar desainnya lebih sempurna dan menarik.

Adapun desain dari Apple iPhone 11 secara keseluruhan tidak memiliki yang spesial. Desainnya masih terlihat mewah dan menarik, tetapi hal tersebut sudah menjadi ciri khas Apple yang kemudian menjadi biasa.

Charger Bawaan Berkapasitas 5W

Kekurangan lain dari iPhone 11 adalah charger bawaannya yang hanya mendukung pengisian daya 5W. Dengan charger bawaan ini, waktu pengisian baterai ponsel ini memakan waktu lama.

Menurut GSMArena, dalam waktu 30 menit, baterai hanya terisi 18% saja (dari 0%). Dibutuhkan waktu hingga 4 jam untuk mengisi baterai ponsel ini sepenuhnya.

Waktu pengisian baterai yang lama ini merupakan kekurangan tersendiri. Namun, berita baiknya adalah waktu pengisian dapat dipercepat dengan membeli charger asli Apple yang mendukung pengisian daya 18W. Dengan charger tersebut, Apple iPhone 11 dapat terisi hingga 55% dalam waktu 30 menit.

Layar Bukan Panel OLED dan Tidak Didukung HDR

Apple iPhone 11 hanya menggunakan layar IPS LCD dan bukan OLED. Meskipun penggunaan layar IPS LCD bukan masalah besar karena kualitas layarnya masih baik, akan lebih baik jika ponsel ini menggunakan layar OLED.

Selain itu, Apple iPhone 11 juga tidak mendukung layar HDR. Dalam kelas harga yang sama, akan lebih baik jika ponsel ini mendukung layar HDR.

Layar dengan HDR akan memberikan pengalaman menonton konten video atau serial di Netflix dengan kualitas yang lebih baik.

Harga yang Tinggi

Kekurangan lain dari Apple iPhone 11 adalah harganya yang tetap tinggi bagi sebagian konsumen, bahkan untuk varian termurahnya.

Hal ini mungkin wajar karena merek Apple sudah terkenal dan memiliki kesan eksklusif yang membuat ponsel ini terlihat mahal. Bagi sebagian orang, harga ponsel ini tergolong mahal.

Akibatnya, banyak konsumen memilih untuk beralih ke ponsel pesaing yang memiliki harga lebih terjangkau dengan kualitas yang sebanding.

Kesimpulan

Apple iPhone 11 adalah ponsel yang menarik, tetapi tidak cocok untuk semua orang. Dengan harga yang tinggi, ponsel ini mungkin kurang menarik jika dibandingkan dengan ponsel Android di kelas harga yang sama.

Namun, ponsel ini masih layak dibeli, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran yang cukup besar dan merupakan penggemar Apple serta fitur dan teknologi yang ditawarkannya.

Apakah Anda tertarik dengan Apple iPhone 11? Silakan berikan pendapat Anda mengenai ponsel ini melalui kolom komentar di bawah ini.

iPhone 11
Rilis : September 2019
5/512 GB - Rp 15.000.000
4/256 GB - Rp 12.500.000
4/64 GB - Rp 12.000.000
[Update]
Beli di Shopee

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn