Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix S4
  • Rilis April 2019
  • Layar 6.2 inci IPS LCD ~271 ppi
  • Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 6/64 GB
  • Kamera Belakang 13 MP, 8MP, 2MP
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5200 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4
Dalam dunia persaingan ponsel di kelas harga Rp2 jutaan, Infinix S4 memperkenalkan dirinya melalui tagar kampanye #TabrakBatas. Ponsel ini dihadirkan oleh Infinix, yang konsisten membawa inovasi baru ke pasar Indonesia setiap tahunnya. Namun, seberapa menarik Infinix S4 ini? Apakah ponsel ini benar-benar menabrak batas, sesuai dengan tagar kampanye yang diusungnya?

Mari kita telaah 10 poin yang terdiri dari 6 kelebihan dan 4 kekurangan dari Infinix S4.

Kelebihan Infinix S4

Infinix S4 menonjol dengan sejumlah kelebihan yang dapat menjadi daya tarik bagi calon konsumen. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimilikinya:

Desain Bodi yang Ringan

Infinix S4 menampilkan desain gradasi warna yang mengkilap, sangat populer di kalangan konsumen. Meskipun terbuat dari plastik, desainnya terkesan elegan dan memiliki bobot ringan, hanya 154 gram, sehingga nyaman digenggam dengan satu tangan.

Baterai Berkapasitas Besar

Meskipun dibekali dengan baterai 4.000 mAh, Infinix S4 memiliki daya tahan baterai yang mengesankan. Pengujian GadgetsNDTV menunjukkan bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga 36 jam dengan penggunaan WhatsApp, Google Maps, pemakaian kamera, dan benchmark. Tes video loop HD juga menunjukkan daya tahan baterai yang baik, mencapai 17 jam 35 menit.

Modul Tiga Kamera yang Mumpuni

Infinix S4 menonjol dengan tiga kamera utama di bagian belakang: kamera utama 13 MP, kamera wide-angle 8 MP, dan kamera efek kedalaman 2 MP. Hasil foto di siang hari terlihat bagus dengan fokus cepat dan exposure yang tepat. Kemampuan kamera untuk foto macro dan bokeh juga diapresiasi, meskipun ada sedikit distorsi pada lanskap yang lebih luas.

Dilengkapi Kamera Depan 32 MP

Kamera depan Infinix S4 dengan sensor 32 MP dan berbagai fitur, seperti HDR, night, portrait, dan lainnya, menghasilkan foto selfie yang bagus. HDR membantu dalam menghasilkan eksposur yang tepat, meskipun pengambilan video cenderung tidak stabil karena kurangnya stabilisasi.

Dilengkapi Fingerprint dan Face Unlock

Ponsel ini dilengkapi dengan sensor sidik jari dan pengenalan wajah. Sensor sidik jari di bagian belakang memberikan respons cepat, sementara pengenalan wajah juga terbukti efisien, menambah nilai tambah pada keamanan pengguna.

Kapasitas Memori Internal dan RAM Besar

Keunggulan lainnya adalah kapasitas memori internal yang luas, dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ini memungkinkan Infinix S4 berjalan dengan lancar, tanpa hambatan dalam multitasking, serta menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk pengguna.

Kekurangan Infinix S4

Infinix S4, meskipun memiliki sejumlah keunggulan, juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa poin kekurangan dari Infinix S4:

Performa Tergolong Biasa Saja

Meskipun dibekali dengan RAM 6 GB, Infinix S4 menggunakan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis PowerVR GE8320 di dalamnya menempatkannya di kelas terjangkau. Hasil pengujian Antutu sekitar 75 ribu menunjukkan performa yang pas-pasan, terutama saat menjalankan game seperti Asphalt 9 dan PUBG Mobile dengan lag yang cukup signifikan.

Kualitas Layar Biasa Saja Tetapi Tidak Jelek

Layar Infinix S4 berukuran 6,2 inci dengan panel IPS LCD dan resolusi HD+ 720 x 1520 piksel. Meskipun layarnya tidak jelek, resolusi HD+ tergolong biasa untuk kelas harga Rp2 jutaan. Beberapa pesaing menawarkan resolusi Full HD, seperti Redmi Note 7 atau Asus Zenfone Max Pro M1.

Pengisian Daya Kurang Cepat

Meskipun memiliki daya tahan baterai yang baik, Infinix S4 tidak mendukung teknologi pengisian daya cepat. Meski proses pengisian tidak terlalu lambat, dengan 31% dalam 30 menit dan waktu penuh sekitar 2 jam, tetapi tidak memanfaatkan fitur fast charging yang umumnya tersedia pada beberapa pesaingnya.

Kamera Kurang Mumpuni di Kondisi Kurang Cahaya

Hasil tangkapan kamera belakang Infinix S4 pada kondisi malam tergolong kurang memuaskan. Dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, seperti Realme 3, kualitas foto malam hari terlihat jelek. Kamera tidak mampu menghasilkan foto dengan detail yang baik dan kejelasan cahaya yang memadai dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Kesimpulan

Infinix S4 menarik perhatian dengan fitur unik seperti tiga kamera dan RAM 6 GB. Meskipun tagar #TabrakBatas kurang menjelaskan konsep "menabrak batas," ponsel ini menawarkan daya tarik utama melalui kamera depan 32 MP. Meski performa Infinix S4 tergolong pas-pasan, kehadiran RAM 6 GB dan memori internal 64 GB dapat menjadi poin penjualan yang menarik.

Meskipun memiliki kelebihan, seperti desain yang ringan, layar yang memadai, dan daya tahan baterai yang baik, Infinix S4 juga memiliki beberapa kekurangan, seperti performa yang tergolong biasa, layar dengan resolusi standar, pengisian daya yang tidak cepat, dan kemampuan kamera yang kurang di kondisi kurang cahaya.

Dengan pertimbangan ini, Infinix S4 tetap menarik bagi mereka yang mengutamakan kualitas foto selfie tinggi dan membutuhkan kapasitas RAM dan memori internal yang besar. Namun, calon pembeli diharapkan untuk mempertimbangkan kekurangan yang ada sebelum membuat keputusan pembelian.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn