Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom
  • Rilis Juni 2019
  • Layar 6.6" AMOLED ~387 ppi
  • Chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm)
  • GPU Adreno 640
  • Internal 8/256 GB
  • Eksternal Tersedia slot MicroSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4065 mAh, Fast charging 20W
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom
Oppo Reno 10x Zoom menjadi salah satu yang paling diperbincangkan pada tahun 2019, dan tak hanya sekadar populer, tetapi juga dijuluki sebagai "primadona." Keistimewaan ini dapat dijelaskan melalui kombinasi spesifikasi tinggi, teknologi canggih, desain kelas atas, dan elemen lainnya yang menjadikan Oppo Reno 10x Zoom sebagai perangkat unggulan dari Oppo.

Berada dalam kelas yang setara dengan Oppo Find X dan bahkan lebih tinggi dibanding Oppo R17 Pro, Oppo Reno 10x Zoom hadir secara resmi di Indonesia bersama dengan varian standarnya, Oppo Reno.

Apa yang membuat Oppo Reno 10x Zoom menjadi begitu istimewa? Berikut adalah enam poin keunggulan yang menarik dari ponsel pintar ini. Namun, tak luput dari kekurangan, ada juga empat aspek yang perlu diperhatikan. Mari kita telaah bersama kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 10x Zoom.

Kelebihan Oppo Reno 10x Zoom Berminat untuk membeli Oppo Reno 10x Zoom? Jika iya, penting untuk mengetahui beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh ponsel andalan Oppo di kelas flagship ini.

Desain Menawan dan Build Quality Unggul Oppo terkenal dengan desain yang menarik, dan hal ini juga tercermin pada Oppo Reno 10x Zoom. Dengan desain yang membulat khas Oppo, ponsel ini menawarkan kecantikan yang disokong oleh kualitas rancang bangun yang tinggi. Bingkai logam, lapisan kaca belakang, dan perlindungan Corning Gorilla Glass 6 memberikan kesan solid dan berkualitas.

Layar AMOLED yang Memesona Layar 6,6 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340 piksel pada Oppo Reno 10x Zoom menampilkan visual yang memukau. Dengan rasio 19,5:9 dan bezel tipis, layar AMOLED ini memberikan tampilan cerah dengan tingkat kecerahan sebesar 440 nits. Meskipun tidak secerah panel OLED Samsung, layarnya tetap jelas dan memukau, seperti yang diakui oleh AndroidAuthority.

Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa dan Teknologi VOOC Kapasitas baterai 4.065 mAh pada Oppo Reno 10x Zoom memberikan daya tahan yang mengesankan. Hasil uji GSMArena menunjukkan skor 107 jam, yang luar biasa untuk ponsel kelas atas. Pocket-lint menyebutkan bahwa ponsel ini bisa bertahan hingga dua hari dengan penggunaan sedang, bahkan dengan sisa baterai sekitar 50%. Dukungan pengisian cepat VOOC 3.0 20W juga menambah nilai dengan 52% baterai terisi dalam waktu 30 menit.

Kamera Depan dengan Teknologi Motorized Pop-Up 16 MP Kamera depan Oppo Reno 10x Zoom memiliki daya tarik tersendiri dengan teknologi motorized pop-up 16 MP. Dikenal sebagai "Pivot Rising Camera," teknologi ini memberikan sentuhan unik pada desain ponsel, sementara kemampuan menangkap gambar yang tajam memenuhi kebutuhan selfie. Mode HDR Otomatis juga memberikan performa yang baik, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah menjelang malam hari, seperti yang diulas oleh GSMArena.

Sistem Kamera Belakang yang Canggih Kamera belakang Oppo Reno 10x Zoom menjadi sorotan utama dengan tiga lensa yang berfungsi berbeda. Kamera utama 48 MP dengan bukaan f/1.7 dan dukungan Laser/PDAF dan OIS menonjolkan kualitas tangkapan yang superior. Penggunaan sensor Sony IMX586 Quad Bayer menghasilkan gambar berkualitas 12 MP.

Kamera lainnya melibatkan kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan kamera telefoto 13 MP dengan teknologi Periscope. Kamera Periscope ini menarik perhatian dengan kemampuan 5x optical zoom, Laser/PDAF, dan OIS. Bahkan, kemampuan hybrid zoom 10x memberi alasan Oppo Reno 10x Zoom mendapat julukan "Zoom."

Kualitas Foto yang Luar Biasa Digitalcameraworld.com dan GSMArena memberikan apresiasi tinggi terhadap kualitas foto yang dihasilkan oleh Oppo Reno 10x Zoom. Ketiga kamera belakang membuktikan kemampuan menghasilkan foto dengan kualitas dinamis yang baik. Bahkan, beberapa ulasan menyebutkan kualitasnya bisa bersaing dengan ponsel sekelas Huawei P30 Pro.

Mode malam atau "night mode" juga menjadi daya tarik tersendiri. GSMArena memberikan penilaian positif terhadap hasil tangkapan "night mode," yang mampu menjaga detail foto dengan baik dan menyeimbangkan pencahayaan dengan sempurna.

4. Performa Handal dengan Snapdragon 855 Oppo Reno 10x Zoom membuktikan bahwa kehadiran chipset Snapdragon 855 pada sebuah ponsel tidak hanya sekadar formalitas. Seiring dengan Xiaomi Mi 9, OnePlus 7 Pro, Asus Zenfone 6, dan pesaing lainnya yang menggunakan Snapdragon 855, Oppo Reno 10x Zoom menonjolkan performa kencangnya.

Bukti performa tinggi terlihat dari hasil benchmark yang mencapai skor luar biasa. Dalam uji Benchmark Geekbench 4, Oppo Reno 10x Zoom mencapai skor 3.082 untuk single-core dan 11.218 untuk multi-core. Selain itu, nilai pada benchmark OpenGL mencapai 5.666, sementara skor Antutu mencapai 355.179.

Menurut AndroidAuthority, performa Oppo Reno 10x Zoom saat digunakan untuk bermain game tergolong luar biasa. Teknologi yang memastikan pengeluaran panas yang efisien juga membuatnya terhindar dari masalah overheating. Ulasan dari Pocket-lint juga menyebutkan bahwa performanya secara umum sangat cepat, lancar, dan mampu menjalankan game dengan grafis tinggi tanpa hambatan.

6. Sensor Sidik Jari di Layar yang Cepat Oppo Reno 10x Zoom tidak hanya menonjolkan performa tinggi, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi sensor sidik jari di bawah layar. Meskipun teknologi ini umumnya ditemui pada ponsel kelas menengah, Oppo Reno 10x Zoom membuktikan keunggulannya.

Menurut AndroidAuthority, sensor sidik jari di layar Oppo Reno 10x Zoom sangat cepat dan akurat. Respon kecepatan yang hampir sama dengan sensor sidik jari konvensional memastikan pengguna mendapatkan pengalaman penggunaan yang mulus dan tanpa hambatan. Hal serupa disampaikan oleh Pocket-lint, yang menyebutkan bahwa sensor sidik jari di layar ponsel ini tergolong cepat dan fantastis. Peningkatan kemampuan sensor optik diyakini oleh tim Pocket-lint sebagai kunci kecepatan dan keandalan pembacaan sidik jari.

Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom Walaupun Oppo Reno 10x Zoom menjadi salah satu pilihan unggulan di kelas atas dan memiliki sejumlah kelebihan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah rangkuman penjelasan mengenai kekurangan Oppo Reno 10x Zoom yang perlu diperhatikan:

Tidak Memiliki Sertifikasi Anti Air Meskipun Oppo Reno 10x Zoom termasuk dalam kategori HP kelas atas dengan spesifikasi yang mentereng, sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan sertifikasi anti-air. Hal ini menjadi sebuah kekurangan yang mencolok, terutama jika dibandingkan dengan beberapa pesaing sekelasnya, seperti Samsung Galaxy S10 series, yang memiliki perlindungan terhadap air. Sertifikasi anti-air menjadi penting, namun mungkin sulit diterapkan pada ponsel dengan teknologi kamera tersembunyi yang menjadi ciri khas Oppo Reno 10x Zoom.

Tidak Ada 3.5mm Jack atau Adapternya Kehilangan port audio jack 3.5mm adalah suatu trend yang diikuti oleh Oppo Reno 10x Zoom. Namun, kekurangan lainnya terletak pada absennya adapter USB Type-C to audio jack dalam paket penjualan. Meskipun USB Type-C dapat memenuhi beberapa fungsi, kehilangan port audio jack dan ketiadaan adapter pengganti menjadi kendala bagi pengguna yang masih mengandalkan perangkat audio dengan jack kabel.

Tidak Mendukung Wireless Charging Salah satu kekurangan lain Oppo Reno 10x Zoom adalah ketiadaan dukungan untuk teknologi pengisian baterai tanpa kabel alias wireless charging. Dalam era di mana teknologi ini semakin umum digunakan pada ponsel kelas atas, absennya fitur ini mungkin menjadi suatu kekurangan yang dirasakan oleh sebagian pengguna.

Masalah Harga Harga Oppo Reno 10x Zoom di Indonesia mencapai Rp12,999,000, atau hampir Rp13 juta. Meskipun ponsel ini termasuk dalam kelas atas, kehadiran beberapa kekurangan, seperti ketiadaan sertifikasi anti-air dan wireless charging, dapat membuat harga tersebut terasa tidak sebanding. Dalam kisaran harga yang sama, ada pesaing dengan fitur lebih unggul, sehingga harga Oppo Reno 10x Zoom mungkin perlu dipertimbangkan dengan lebih seksama oleh calon pembeli.

Kesimpulan Oppo Reno 10x Zoom muncul sebagai perangkat kelas atas dari Oppo dengan membawa sejumlah fitur dan teknologi yang menarik. Keberadaan kamera periscope telefoto, kamera depan tersembunyi, serta keunggulan dalam performa dan daya tahan baterai memberikan nilai tambah yang signifikan.

Meskipun demikian, aspek harga menjadi pertimbangan yang penting. Oppo Reno 10x Zoom mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama mengingat harganya yang tinggi. Ponsel ini mungkin lebih ditujukan bagi mereka yang memiliki anggaran yang cukup besar dan tertarik dengan inovasi teknologi yang ditawarkan oleh Oppo.

Bagi mereka yang menginginkan kualitas kamera yang unggul, performa kencang, dan daya tahan baterai yang handal, Oppo Reno 10x Zoom bisa menjadi pilihan menarik. Namun, penting untuk mempertimbangkan kekurangan seperti ketiadaan sertifikasi anti-air, absennya port audio jack 3.5mm, serta tidak mendukung wireless charging.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjadikan Oppo Reno 10x Zoom sebagai pilihan? Keputusan ini akan sangat tergantung pada prioritas dan kebutuhan Anda, serta sejauh mana Anda siap menghadapi trade-off antara fitur inovatif dengan harganya yang cukup tinggi.

Ponselhub.com.