Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12

Gambar Redmi Note 12
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Redmi Note 12
  • Rilis Maret 2023
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 685 (6 nm)
  • GPU Adreno 610
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/128 GB, 6/128 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.100.000 - 2.500.000 [Lihat Update]
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi Note 12 dan Harganya
Xiaomi kembali memanjakan Mi Fans dengan merilis seri terbaru dari Redmi Note pada akhir Maret 2023. Kehadiran Xiaomi Redmi Note 12 Series mencuri perhatian masyarakat Indonesia, khususnya para pencinta produk Xiaomi. Seri ini dikenal sebagai penyedia berbagai fitur dan spesifikasi unggul dengan harga yang tetap terjangkau.

Dalam peluncuran kali ini, Xiaomi memperkenalkan model andalannya, yaitu Xiaomi Redmi Note 12 4G LTE. Meskipun termasuk sebagai model paling terjangkau, Redmi Note 12 tetap menghadirkan kemampuan dan spesifikasi yang tidak kalah menarik dengan model lain dalam seri ini.

Tentu, sebagai varian entry-level, Xiaomi Redmi Note 12 menawarkan harga yang lebih bersahabat. Namun, pertanyaannya, apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa diidentifikasi pada Redmi Note 12 ini? Mari kita telaah lebih lanjut.

Kelebihan Redmi Note 12

Redmi Note 12 menawarkan sejumlah kelebihan yang patut dipertimbangkan, mulai dari kualitas layar yang impresif, spesifikasi kamera unggulan, hingga kelengkapan fitur lainnya. Xiaomi bahkan dengan bangga menyebut Redmi Note 12 Series sebagai "Jawara Tanpa Batas". Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

Desain Menarik yang Disertifikasi IP53

Redmi Note 12 mengusung desain yang lebih sederhana namun menarik. Modul kamera yang diperbesar dan warna senada dengan bodi menambah pesona visual. Meskipun desain bodinya lebih datar, sudut yang sedikit melengkung memberikan kenyamanan saat digenggam. Dimensi yang tipis, yaitu 165,66 x 75,96 x 7,85 mm dengan bobot 183,5 gram, membuatnya menjadi salah satu HP Redmi Note yang ringan.

Kelebihan lainnya, Redmi Note 12 memiliki sudut yang sedikit melengkung di setiap frame, memberikan kenyamanan ekstra. Dengan sertifikasi IP53, ponsel ini tahan terhadap debu dan cipratan air. Di bagian depan, tampilan layar biasa dengan desain punch hole dan bezel tipis untuk kamera selfie.

Peningkatan Kinerja Layar Dibanding Redmi Note 11

Redmi Note 12 memperlihatkan peningkatan signifikan pada sektor layarnya dibanding pendahulunya, Redmi Note 11. Dengan panel AMOLED berukuran 6,67 inci, layar ini memberikan pengalaman visual yang memukau. Bezelnnya yang tipis dan rasio layar ke bodi mencapai 85,3 persen menambah kesan luas. Resolusi Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel tetap terjaga meskipun layarnya luas.

Salah satu poin unggulan adalah refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Meski tidak adaptif, fitur ini meningkatkan responsivitas layar. Berbagai fitur pendukung lainnya seperti kecerahan hingga 1200 nit, DCI-P3, scratch resistant, dan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 turut menyempurnakan pengalaman visual pengguna.

Kinerja Kamera Mumpuni dengan Kamera Ultrawide

Redmi Note 12 mempertahankan keberadaan tiga kamera di bagian belakang, meskipun tanpa peningkatan signifikan dari pendahulunya. Modul kamera yang lebih besar menampung kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan sensor Samsung ISOCELL JN1, meskipun tanpa dukungan OIS, hanya PDAF. Kamera ultrawide tetap ada dengan resolusi 8 MP (f/2.2) dan sudut pandang 120 derajat. Kamera makro 2 MP (f/2.4) juga turut melengkapi setup kamera belakang.

Sayangnya, kualitas perekaman video masih terbatas pada 1080p dengan 30 fps, tanpa peningkatan dari Redmi Note 11. Kamera depan sebesar 13 MP (f/2.5) juga tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Performa Handal untuk Harian

Redmi Note 12 4G menunjukkan peningkatan performa yang memadai dibandingkan pendahulunya, Redmi Note 11. Didukung oleh chipset Snapdragon 685 dengan proses manufaktur 6 nm, ponsel ini menawarkan prosesor octa-core yang terdiri dari empat core Cortex A73 (2,8 GHz) untuk performa dan empat core Cortex A53 (1,9 GHz) untuk efisiensi.

Hasil pengujian sintetis menunjukkan peningkatan skor AnTuTu v9 menjadi 287.964, sedikit di atas Snapdragon 680 milik Redmi Note 11. Dalam pengujian GeekBench 5, skor single-core mencapai 374 dan multi-core mencapai 1600, melampaui hasil Snapdragon 680. Benchmark game menunjukkan kinerja stabil dengan tingkat frame yang baik, menjanjikan pengalaman bermain game yang lebih lancar dan stabil.

Sensor dengan Hardware Gyro dan Proximity

Redmi Note 12 menonjolkan kelengkapan sensor yang diinginkan oleh banyak pengguna. Keberadaan sensor gyroscope hardware memberikan pengalaman bermain game yang lebih mendalam, terutama untuk game racing atau perang. Sensor lainnya meliputi fingerprint di tombol power, akselerometer, sensor cahaya, proksimitas, dan kompas.

Konektivitas Redmi Note 12 juga cukup lengkap dengan NFC, WiFi dual-band 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, dan fitur Infrared sebagai pengganti remote. Tetap hadirnya port audio jack dan FM Radio juga menambah nilai tambah bagi beberapa pengguna.

Daya Tahan Baterai Panjang dengan Pengisian Cepat

Redmi Note 12 menjamin pengalaman pengguna dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan menggunakan teknologi Li-Polymer, baterai ini memberikan daya tahan yang handal. Fitur pengisian cepat 33W memastikan pengisian daya hingga 100 persen dalam waktu sekitar 60 menit.

Harga Tetap Terjangkau dengan Varian RAM 8 GB

Redmi Note 12 menawarkan fleksibilitas dengan opsi RAM 8 GB, memberikan pengalaman multitasking yang lebih lancar. Harga yang tetap terjangkau membuatnya menjadi pilihan menarik, dengan varian RAM 8 GB dijual seharga Rp2.999.000. Varian RAM 6 GB dan 4 GB juga tersedia dengan harga masing-masing Rp2.799.000 dan Rp2.599.000.

Kekurangan Redmi Note 12

Setelah mengenal berbagai kelebihannya, terdapat beberapa kekurangan yang juga perlu diperhatikan sebelum membeli Redmi Note 12. Beberapa kekurangan ini dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli. Mari kita simak beberapa kekurangan Redmi Note 12 berikut ini.

Perekaman Video Terbatas

Meskipun Redmi Note 12 menonjolkan sektor kameranya dengan kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 8 MP, kekurangan terdapat pada kemampuan perekaman videonya. Baik kamera depan maupun belakang hanya mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 30 fps. Faktanya, hal ini menjadi kelemahan, terutama jika dibandingkan dengan beberapa model sebelumnya, seperti Redmi Note 10 yang mampu merekam video 4K pada 30 fps.

Iklan MIUI yang Dirasa Menyebalkan

Salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan ketika menggunakan Redmi Note 12 adalah keberadaan iklan di MIUI. Meskipun bukan hanya masalah Redmi Note 12, kehadiran iklan dalam antarmuka pengguna MIUI sering kali menjadi pertimbangan. Alasan ekonomi untuk menekan harga produk membuat iklan tetap hadir. Meskipun bisa diatasi dengan menghilangkan rekomendasi iklan, hal ini masih menjadi kenyamanan yang kurang bagi beberapa pengguna.

Menggunakan Mono Speaker

Redmi Note 12 menghadirkan pengalaman audio dengan satu speaker saja, tanpa dukungan speaker stereo seperti pendahulunya. Meskipun memiliki dual mic yang memengaruhi rekaman suara, kekurangan ini dapat menjadi kendala bagi pengguna yang menginginkan kualitas audio yang lebih baik. Meski tidak menjadi masalah besar, pengguna dapat memilih alternatif audio eksternal untuk pengalaman mendengarkan yang lebih memuaskan.

Kinerja Gaming Kurang Maksimal

Meski Redmi Note 12 menunjukkan peningkatan performa dengan Snapdragon 685 untuk multitasking, namun untuk keperluan gaming berat seperti Genshin Impact, performa tetap tidak optimal. Penggunaan cip ini dapat menghasilkan ketidakstabilan fps dan memerlukan kompromi dalam pengalaman bermain game secara konsisten. Sebagai informasi, Snapdragon 685 di Redmi Note 12 mungkin tidak memberikan performa yang seoptimal untuk gaming berat.

Kesimpulan

Redmi Note 12 hadir sebagai pilihan menarik dalam Redmi Note Series, mengakhiri penantian para penggemar dengan penawaran yang cukup memikat. Meskipun tidak dilengkapi dengan jaringan 5G, Redmi Note 4G ini mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik.

Keberhasilan Redmi Note 12 dalam menjalankan tugasnya dapat diatributkan pada penggunaan chipset Snapdragon 685 yang tangguh. Pengalaman pengguna juga ditingkatkan oleh layarnya yang imersif, berkat panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Refresh rate yang tinggi, yaitu 120 Hz, semakin menambah daya tariknya.

Sektor kamera pada Redmi Note 12 juga cukup komprehensif, termasuk keberadaan kamera ultrawide. Meskipun kamera utamanya tetap pada resolusi 50 MP seperti pendahulunya, Redmi Note 11, kekurangan terletak pada kemampuan perekaman video yang terbatas pada 1080p dengan 30 fps. Hal ini mungkin menjadi catatan penting, terutama jika dibandingkan dengan kemampuan perekaman video Redmi Note 10 yang mencapai 4K dengan 30 fps.

Dalam hal kelengkapan, Redmi Note Series tetap menjadi pilihan yang dapat diandalkan. Berbagai port, sensor, dan konektivitas tersedia dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa kehadiran iklan di MIUI masih menjadi salah satu ciri khas Xiaomi, termasuk pada Redmi Note 12. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk menjadikan Redmi Note 12 sebagai salah satu pilihan HP Redmi Note Series? Keputusan berada di tangan Anda.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn